Iodin (yodium) adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang I dan nomor atom 53

4 min read

Iodin adalah

Iodin

Iodin adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang I dan nomor atom 53

Unsur ini diperlukan oleh hampir semua mahkluk hidup. Iodin adalah halogen yang reaktivitasnya paling rendah dan paling bersifat elektropositif. Sebagai catatan, seharusnya astatin lebih rendah reaktivitasnya dan lebih elektropositif daripada iodin, tetapi kelangkaan astatin membuat sulit untuk mengkonfirmasikan hal ini.

Iodin (Yodium) Untuk Kesehatan

Manfaat

Mengobati infeksi
Mendesinfeksi air
Meningkatkan fungsi kognitif (proses berpikir manusia)
Mengelola kelenjar tiroid yang terlalu aktif
Mengurangi risiko untuk beberapa penyakit gondok
Meningkatkan kesehatan tiroid

Berapa banyak iodin (yodium) yang kita butuhkan untuk kesehatan setiap hari?

Batas harian yang direkomendasikan untuk asupan yodium adalah 150 mikrogram untuk pria dan wanita tidak hamil. Asupan harian yang direkomendasikan adalah 220 hingga 250 mikrogram untuk ibu hamil dan 250 hingga 290 mikrogram untuk wanita yang sedang menyusui.

Yodium membantu membuat hormon tiroid, yang membantu menjaga sel-sel dan laju metabolisme (kecepatan di mana reaksi kimia terjadi di dalam tubuh) tetap sehat.

Sumber yodium yang baik

Sumber makanan yodium yang baik meliputi:

rumput laut
ikan laut
kerang
telur
Yodium juga dapat ditemukan dalam makanan nabati, seperti sereal dan biji-bijian, tetapi kadarnya bervariasi tergantung pada jumlah yodium di tanah tempat tanaman ditanam.

Berapa banyak yodium yang saya butuhkan?

Orang dewasa membutuhkan 140 mikrogram (μg) yodium sehari.

Kebanyakan orang seharusnya bisa mendapatkan semua yodium yang mereka butuhkan dengan makan makanan yang bervariasi dan seimbang.

Jika Anda mengikuti pola makan vegan yang ketat dan tidak makan ikan apa pun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yodium. Beberapa jenis susu nabati juga diperkaya dengan yodium. Jika Anda mempertimbangkan untuk mengambil suplemen, mintalah nasihat dari profesional perawatan kesehatan.

Masyarakat Vegan memiliki lebih banyak informasi tentang pola makan yodium dan vegan.

Apa yang terjadi jika saya mengonsumsi terlalu banyak yodium?

Mengonsumsi yodium dosis tinggi untuk jangka waktu yang lama dapat mengubah cara kerja kelenjar tiroid Anda.

Ini dapat menyebabkan berbagai gejala berbeda, seperti penambahan berat badan.

Jika Anda mengonsumsi suplemen yodium, jangan mengonsumsi terlalu banyak karena dapat berbahaya.

Mengonsumsi suplemen yodium 0,5mg atau kurang sehari kemungkinan tidak akan membahayakan.

Fisik Iodin

Padatan Iodin berwarna abu-abu yang berubah menjadi uap ungu ketika dipanaskan.

Kegunaan Iodin Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. I2 dalam alkohol, digunakan sebagai antiseptik luka agar tidak terkena infeksi.
  2. KIO3, sebagai tambahan Iodin dalam garam dapur.
  3. I2, digunakan untuk mengetes amilum dalam industri tepung.
  4. NaI, bila ditambahkan pada garam dapur dapat digunakan untuk mengurangi kekurangan Iodin yang akan menyebabkan penyakit gondok.
  5. Iodoform (CHI3), sebagai disinfektan untuk mengobati luka/borok.

Beberapa orang mengembangkan hipersensitivitas terhadap produk dan makanan yang mengandung yodium. Aplikasi tinktur yodium atau Betadine dapat menyebabkan ruam, kadang-kadang parah. Penggunaan agen kontras berbasis yodium secara komersial, dapat menyebabkan reaksi mulai dari ruam ringan hingga anafilaksis fatal.

Iodin
Contoh Iodin / Yodium.

Senyawa Iodin

Senyawa iodin yang paling banyak ditemukan adalah NaNIO3 yang bercampur dengan NaNO3. Iodin meskipun padat, tetapi mudah menyublim karena mempunyai tekanan uap yang tinggi. Dalam skala industri, iodin diperoleh dengan mereaksikan NaIO3 dengan natrium bisulfit (NaHSO3). Endapan I2 yang didapat, disaring dan dimurnikan.

Reaksi: 2 NaIO3 + 5 NaHSO→ 3 NaHSO4 + 2 Na2SO+ H2O + I2

Energi ikatan halogen (kJ/mol)

X

XX

HX

BX3

AlX3

CX4

F159574645582456
Cl243428444427327
Br193363368360272
I151294272285239

Isotop Iodin

Dari tiga puluh tujuh isotop yodium yang diketahui, hanya satu yang terjadi di alam, yodium-127. Yang lainnya bersifat radioaktif dan memiliki waktu paruh terlalu pendek untuk menjadi primordial. Dengan demikian, yodium monoisotopik dan berat atomnya diketahui sangat presisi, karena sifatnya konstan.

Isotop Iodin terstabil

Iso­top

Kelim­pahan

Waktu paruh(t1/2)

Moda peluruhan

Pro­duk

123Isyn13 jamε, γ123Te
127I100%127I stabil dengan 74 neutron
129Isisa15.7×106thnβ129Xe
131Isyn8.02070 hrβ, γ131Xe

Sejarah Iodin

Iodin ditemukan pada tahun 1811 oleh kimiawan Perancis Bernard Courtois (1777-1838). Unsur ini terdapati pada air laut dan padatan terbentuk ketika air laut menguap.

iodin
Kristal iodin / yodium terbentuk oleh kondensasi. Mereka tumbuh di bagian dalam silinder kaca, tempat gas mendingin dan membentuk kristal.


Efek yodium pada kesehatan

Yodium ditambahkan ke hampir semua jenis garam yang digunakan. Ini adalah komponen dari roti, ikan laut, dan tumbuhan laut. Yodium secara alami ada di laut dan beberapa ikan dan tanaman air menyimpannya di jaringan mereka.

Banyak obat dan pembersih kulit mengandung yodium. Ini juga merupakan komponen tablet pemurnian air yang digunakan untuk menyiapkan air minum.

Yodium merupakan komponen penting dari hormon tiroid yang penting untuk pertumbuhan, sistem saraf dan metabolisme. Pria yang makan sedikit atau tidak sama sekali mungkin mengalami kekurangan yodium. Fungsi kelenjar tiroid kemudian melambat dan kelenjar akan mulai tumbuh.

Terlalu banyak yodium dapat berbahaya bagi kelenjar tiroid yang kemudian bekerja terlalu aktif. Ini mempengaruhi seluruh tubuh, menyebabkan gangguan detak jantung dan penurunan berat badan.

Efek yodium pada lingkungan

Yodium dapat ditemukan secara alami di udara, air dan tanah. Sumber yodium yang paling penting adalah lautan. Di udara, yodium dapat bergabung dengan partikel air dan mengendap menjadi air atau tanah. Yodium dalam tanah bergabung dengan bahan organik dan tetap di tempat yang sama untuk waktu yang lama. Tanaman yang tumbuh di tanah ini dapat menyerap yodium.

Ternak dan hewan menyerap yodium ketika mereka memakan tumbuhan.
Yodium di permukaan air dapat menguap dan mengudara kembali. Manusia juga melepaskan gas yodium ke udara dengan membakar batu bara atau bahan bakar untuk energi. Namun jumlah yodium yang masuk ke udara akibat aktivitas manusia cukup kecil dibandingkan dengan jumlah yodium yang berasal dari laut.

Yodium dapat bersifat radioaktif. Isotop radioaktif terbentuk secara alami selama reaksi di atmosfer. Sebagian besar isotop radioaktif memiliki waktu paruh yang sangat pendek dan berubah menjadi senyawa yodium stabil dengan cukup cepat.

Namun, ada bentuk radioaktif yang waktu paruhnya mencapai jutaan tahun dan sangat berbahaya bagi lingkungan. Isotop ini memasuki udara melalui pembangkit listrik tenaga nuklir, di mana ia terbentuk selama reaksi dengan uranium dan plutonium. Kecelakaan di pembangkit listrik tenaga nuklir telah melepaskan sejumlah besar yodium radioaktif ke udara.


Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: NHS, WikipediaWeb Elements

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”. Diterima pada 17...
PinterPandai
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *