Cara Menghilangkan Komedo di Pipi, Hidung, Dagu, Dahi – Secara Alami dan dengan Obat-Obatan

6 min read

Cara menghilangkan komedo hitam putih

Cara menghilangkan komedo (hitam & putih) di Pipi, Hidung, Dagu, Dahi

Terdapat banyak cara untuk menghilangkan komedo hitam dan putih. Terdapat cara alami dan non-alami.

Jika komedo masih juga membandel, konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar dapat diberikan perawatan yang sesuai kondisi kulit Anda.

Cara menghilangkan komedo dengan Baby Oil

Menghilangkan komedo menggunakan baby oil cukup mudah. Caranya keringkan wajah terlebih dahulu, kemudian usapkan baby oil ke wajah dan tunggu selama 30-60 menit. Setelah itu wajah dilap hingga bersih dari minyak, lalu bilas dengan air hangat.

Cara menghilangkan komedo dengan Pasta Gigi

Cara ini sangat mudah. Caranya, cukup dengan oleskan pasta gigi secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lebih direkomendasikan menggunakan pasta gigi yang berbahan herbal.

Cara menghilangkan komedo dengan Lidah Buaya

Oleskan gel yang ada di tengah lidah buaya secukupnya dan secara merata pada kulit area berkomedo, kemudian diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lidah buaya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah, dan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan Air Hangat

Cuci wajah atau tempatkan handuk hangat ke atas permukaan wajah berkomedo. Hal ini akan membuat pori-pori kulit membesar sehingga komedo jadi lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain itu, handuk hangat juga bisa mengurangi risiko adanya infeksi akibat pengangkatan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air. Oleskan ramuan baking soda tersebut ke permukaan wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri, serta menghilangkan komedo membandel.

Cara menghilangkan komedo hitam putih
Cara Menghilangkan Komedo di Pipi, Hidung, Dagu, Dahi – Secara Alami dan dengan Obat-Obatan. Ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia Commons

Cara menghilangkan komedo dengan Putih Telur dan Madu

Oleskan campuran putih telur dan madu pada wajah, biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini efektif untuk menghilangkan dan mencegah komedo.

Putih telur mengandung nutrisi yang baik untuk kulit dan dapat digunakan sebagai masker wajah. Selain itu bahan tersebut dapat mengencangkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Perawatan ini akan memakan waktu banyak.

Cara menghilangkan komedo dengan Lemon dan Garam

Aduk air perasan jeruk lemon dan air garam. Kemudian usapkan pada area wajah yang banyak komedo, tunggu selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lemon dan garam dapat secara halus mengikis kulit dan air hangat akan membuka pori-pori. Dampaknya komedo jadi lebih mudah dibersihkan.

Cara menghilangkan komedo dengan Kayu Manis

Campurkan 1 sendok teh kayu manis dengan jus lemon. Lalu oleskan campuran tersebut ke wajah yang berkomedo dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dan ulangi setiap hari sampai komedo hilang.

Kayu manis memiliki begitu banyak manfaat untuk bagian dalam dan luar tubuh, salah satunya adalah menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan Tomat

Kupas tomat dan oleskan di daerah yang berkomedo sebelum tidur. Biarkan semalaman, kemudian bersihkan dengan air bersih di pagi harinya.

Tomat memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menghilangkan komedo. Tomat juga mengandung lycopene yang memberikan efek antioksidan pada kulit dan menghilangkan semua radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Madu, lemon dan gula jawa (brown sugar)

Campuran yang terdiri dari madu, perasan lemon, dan brown sugar adalah bahan scrub alami yang cukup ampuh membersihkan sel-sel kulit mati serta menghilangkan komedo. Tidak sulit untuk membuatnya, sebab Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan brown sugar, dua sendok makan perasan lemon, dan satu sendok makan madu murni.

Setelah semua bahan tercampur dengan rata, oleskan campuran bahan tersebut pada wajah Anda dengan gerakan melingkar. Pijat selama lima menit, lalu bilas wajah Anda hingga bersih. Setelah kering, oleskan pelembap pada wajah Anda.

Cara menghilangkan komedo dengan Cuka Sari Apel

Yang terakhir, lakukan ini setiap malam. Bersihkan wajah terlebih dahulu, celupkan kapas ke cuka sari apel lalu tempelkan kapas di wajah. Fokuskan di daerah yang memiliki komedo dan biarkan mengering. Anda dapat membiarkannya tanpa membilas selama beberapa jam atau bahkan semalam. Jika memiliki kulit sensitif, campurkan cuka sari apel dengan air.

Minyak tea tree

Minyak tea tree mengandung senyawa antiradang dan antimikroba sehingga diyakini dapat mengatasi masalah komedo. Cara kerjanya adalah dengan membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo yang sedang menumpuk.

Minyak esensial ini dapat digunakan secara langsung di area yang bermasalah dengan komedo, termasuk wajah berikut hidung dan dagu. Atau, Anda juga bisa menggunakan produk sabun pembersih, masker, ataupun krim yang dilengkapi dengan kandungan minyak esensial ini.

Kunyit dan minyak kelapa

Cara yang satu ini cukup berpotensi karena kunyit mengandung senyawa antibakteri, antijamur, dan antiradang yang dibutuhkan untuk menghilangkan komedo. Namun, kunyit juga memiliki efek samping, yaitu dapat membuat kulit tampak berwarna kuning sehingga Anda harus cermat dalam menggunakannya.

Ambillah satu sendok makan bubuk kunyit asli, lalu tambahkan satu sendok makan air atau minyak kelapa. Campurkan keduanya hingga rata dan teksturnya membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta kunyit pada area kulit yang memiliki komedo. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Selamat mencoba!

Cara Lain dalam Membersihkan Komedo

Daripada membersihkan komedo dengan pasta gigi yang berisiko membuat kulit iritasi, lebih baik Anda menerapkan cara lain yang lebih aman, yaitu dengan:

1. Eksfoliasi (scrub) wajah

Lakukan eksfoliasi wajah secara rutin, misalnya dengan scrub khusus untuk wajah. Eksfoliasi juga bisa dilakukan oleh dokter dengan mikrodermabrasi atau chemical peeling. Eksfoliasi wajah dapat mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.

Scrub pada pembersih muka bersifat sebagai eksfoliator yang bisa menyingkirkan sel-sel kulit mati. Cara yang satu ini tidak hanya berguna untuk menghilangkan komedo, tapi juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih lembut. Saat memilih produk pembersih muka, pilihlah produk yang mengandung scrub lembut berukuran kecil untuk mencegah iritasi dan kulit kering. Namun perlu diingat jangan menggunakan scrub pada saat kulit Anda meradang.

2. Masker tanah liat

Masker tanah liat mampu mengangkat komedo, sekaligus membersihkan pori-pori yang tersumbat. Anda dianjurkan untuk menggunakan masker tanah liat seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Sikat pembersih wajah

Bersihkan wajah dengan sikat pembersih khusus wajah seminggu sekali. Sikat pembersih wajah mampu mengangkat komedo, sekaligus sel kulit mati penyebab wajah kusam.

4. Ekstrator komedo

Untuk mengangkat dan membersihkan komedo di wajah, Anda juga dapat menggunakan ala ekstraktor komedo. Namun, hati-hati dalam menggunakannya agar tidak mencederai kulit.

Nah, sekarang Anda sudah tahu fakta di balik cara membersihkan komedo dengan pasta gigi, kan? Sebaiknya, gunakan 4 cara alternatif di atas yang lebih aman. Jika komedo masih juga membandel, konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar dapat diberikan perawatan yang sesuai kondisi kulit Anda.

Baca juga ? Cara Mengenali Jenis Jerawat – Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Medis

Cara menghilangkan komedo dengan obat

Asam AHA dan BHA

Asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) adalah salah satu contoh eksfoliator terbaik untuk kulit. Keduanya bekerja dengan cara mengelupaskan lapisan teratas kulit yang kusam sekaligus membersihkan pori-pori dan membuat kulit Anda tampak lebih lembut. Gunakan produk mengandung AHA atau BHA sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Obat jerawat yang dijual bebas

Obat jerawat yang dijual bebas umumnya mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan resorcinol. Ketiganya bekerja dengan membunuh bakteri, mengurangi produksi minyak berlebih, dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Obat-obatan ini dapat berbentuk gel, krim, atau ditempel langsung pada kulit.

Obat khusus yang diresepkan

Dokter kulit dapat meresepkan obat-obatan yang lebih kuat jika cara sebelumnya tidak cukup ampuh untuk menghilangkan komedo. Contoh obat yang diresepkan secara khusus untuk mengatasi komedo antara lain tretinoin, tazarotene, adapalene, dan obat mengandung vitamin A.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang bertujuan untuk memperbarui keseluruhan tekstur dan warna kulit. Selain digunakan untuk mengatasi komedo, metode ini juga bertujuan untuk mengatasi masalah kerutan, garis halus, bercak hitam, bekas luka, dan kerusakan lainnya. Mikroabrasi dilakukan dengan menggosokkan alat khusus yang memiliki permukaan kasar pada permukaan kulit Anda sehingga komedo dapat terkikis.

Pengeluaran komedo secara manual

Beberapa jenis komedo hitam terkadang perlu dibersihkan menggunakan teknik tertentu. Dokter kulit ataupun tenaga profesional yang berpengalaman dengan masalah kulit biasanya menggunakan alat khusus berbentuk melengkung untuk mengeluarkan komedo. Sebelumnya, mereka harus membuat bukaan terlebih dulu di sekitar area ekstraksi.

Chemical peeling

Chemical peeling merupakan cara yang bertujuan untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori dan membuang sel-sel kulit mati sehingga wajah Anda bersih dari komedo. Untuk melakukannya, Anda memerlukan produk khusus berbentuk cairan yang dioleskan langsung pada kulit. Lapisan teratas kulit akan mengelupas, lalu tergantikan oleh lapisan baru yang lebih halus dan bersih.

Terapi laser dan terapi cahaya

Seperti namanya, terapi laser dan cahaya dilakukan dengan menyorotkan cahaya pada kulit. Sorotan cahaya tersebut dapat mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kedua terapi ini merupakan cara alternatif untuk menghilangkan komedo dan jerawat tanpa merusak lapisan teratas kulit Anda.

Bagaimana cara menyingkirkan komedo di zona T saya?

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo dari zona-T Anda adalah dengan menggunakan strip hidung. Dengan menggunakan nose strip dapat mengangkat ujung komedo dan mencabutnya dari intinya. Dengan cara ini kotoran yang tersumbat dihilangkan dalam sekali jalan tanpa banyak kerusakan pada pori-pori kulit.

Cara mencegah komedo muncul kembali

Bagi sebagian besar orang, obat-obatan dan produk perawatan kulit mungkin efektif untuk membasmi komedo. Namun, Anda juga perlu melakukan upaya pencegahan agar masalah kulit ini tidak muncul kembali dan membuat usaha Anda menghilangkan komedo menjadi sia-sia. Berikut adalah beberapa cara mencegah komedo muncul kembali ? Cara mencegah komedo muncul kembali

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Health Line, Allure, Health, Be Beautiful

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.