Manfaat Kunyit Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

4 min read

Manfaat kunyit putih

Manfaat Kunyit Putih

Produk alaminya banyak digunakan dalam industri parfum, pewarna untuk industri pangan, dan sebagai obat atau campuran obat. Khasiatnya bermacam-macam, tetapi biasanya terkait dengan pencernaan. Manfaat kunyit putih pada kecantikan dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit dan rambut.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Manfaat kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu memerangi peradangan, terutama bagi orang yang menderita radang sendi. Bahkan, ia juga mengobati luka dan penyakit kulit lainnya. Ini mengurangi rasa sakit, berkat curcumenol, senyawa yang diperoleh dari rimpang ini.

Lebih lengkapnya, rimpangnya dipakai sebagai obat kudis, radang kulit, pencuci darah, perut kembung, dan gangguan lain pada saluran pencernaan serta sebagai obat pembersih dan penguat (tonik) sesudah nifas. Penelitian menunjukkan bahwa temu putih juga memiliki aktivitas antitumor, hepatoprotektif, anti-peradangan dan analgesik.

1. Bantuan pencernaan

Kunyit putih dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah pencernaan, terutama di saluran pencernaan. Ini juga dapat membantu perut kembung, buang air besar tidak teratur, gangguan pencernaan, dll.

2. Mengurangi peradangan

Kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu memerangi peradangan, terutama bagi orang yang menderita radang sendi. Bahkan, ia juga mengobati luka dan penyakit kulit lainnya. Ini mengurangi rasa sakit, berkat curcumenol, senyawa yang diperoleh dari rimpang ini.

3. Memiliki berbagai antioksidan

Karena adanya berbagai antioksidan, ia menghambat pertumbuhan radikal bebas, yang menghancurkan sel-sel tubuh yang menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Senyawa curcumin bertindak sebagai anti-alergen, lebih lanjut mencegah pelepasan bahan kimia yang memicu reaksi alergi.
Baca juga ? Alergi – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Contoh Alergi Umum

4. Dapat memperkuat sistem pernapasan

Masalah pernapasan umumnya disebabkan oleh cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dan area tubuh lainnya. Lendir dan dahak memblokir saluran hidung dan yang menyebabkan kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma, batuk dan pilek.
Baca juga ? Batuk biasa dan Batuk Rejan Penularan, Penyebab, Gejala, Perawatan dan Pencegahan

Manfaat kunyit putih
Manfaat Kunyit Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan. Sumber foto: Pixabay

Manfaat kunyit putih bagi kecantikan

1. Mengurangi stretch mark

Kunyit memiliki kekuatan antioksidan untuk menembus dan meningkatkan fungsi sel-sel membran kulit, yang akan membantu mencegah dan mengobati stretch mark.

Para ahli merekomendasikan untuk membuat pasta stretch mark penyembuhan Anda sendiri dengan satu sendok makan minyak zaitun extra virgin, satu sendok teh kunyit dan perasan irisan lemon (sekitar seperdelapan buah). Gosokkan campuran ini ke bagian stretch mark dua kali sehari.

2. Melembabkan kulit kering

Kunyit dapat menghidrasi dalam dan merevitalisasi kulit sekaligus mengurangi gejala kekeringan. Secara alami mempercepat proses menghilangkan sel kulit mati untuk mengungkapkan kulit yang sehat dan lembut, dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

3. Mencerahkan kulit

Jika Anda ingin mendapatkan kulit bercahaya secara alami, tidak perlu mencari yang lain selain manfaat kunyit putih ini untuk kulit. Rempah-rempah alami ini mengandung antioksidan kuat dan anti-inflamasi yang disebut curcumin dalam kunyit, manfaatnya untuk kulit termasuk mencerahkan, memperbaiki kulit, dan meremajakan kulit yang tampak kusam.

Masker wajah kunyit untuk mencerahkan kulit
  • Campurkan 1 sendok makan madu mentah dengan 1 sendok teh bubuk kunyit.
  • Tambahkan beberapa tetes jus lemon jika diinginkan.
  • Campur menjadi pasta kental dan oleskan ke kulit.
  • Bilas dengan air hangat setelah 10 hingga 15 menit.
4. Melawan jerawat

Kunyit sangat baik untuk jerawat karena bukan hanya antiseptik alami untuk mencegah bakteri menyebar, tetapi juga anti-inflamasi, yang menghilangkan kemerahan dan pembengkakan jerawat.

Ini terutama efektif bila dikombinasikan dengan cuka sari apel yang memiliki sifat astringen, yang berarti ia memainkan peran yang sama dengan toner rata-rata Anda. “Kunyit juga mempercepat penyembuhan, yang dapat membantu mengatasi luka jerawat yang lebih besar dan terbuka.

Resep dan cara:

Untuk membuat sendiri perawatan bintik-bintik Anda menggunakan kunyit, ia merekomendasikan untuk mencampurkan kunyit dan madu dengan bagian yang sama dan mengoleskannya sedikit selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

5. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari & penuaan

Penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-68 Akademi Dermatologi Amerika (AAD: American Academy of Dermatology) menunjukkan bahwa krim pelembab yang mengandung kunyit memiliki kemampuan untuk meningkatkan penampilan garis-garis halus dan bintik-bintik coklat yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

Ini juga membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit karena paparan UVB jangka panjang. Direkomendasikan untuk mengoleskan kunyit secara topikal atau menelannya secara internal untuk mendapatkan manfaat ini.

Untuk resepnya, campur setengah sendok teh dengan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

6. Menyingkirkan ketomber rambut

Ketika Anda memikirkan manfaat kunyit untuk kulit, jangan lupakan kulit kepala Anda. Lagipula, itu juga kulit. Ada banyak kemungkinan alasan untuk kulit kepala kering dan gatal, tetapi seringkali kunyit dapat menyelamatkan. Kualitas antiseptik dan anti-inflamasi yang dikandungnya dapat membantu menenangkan dan menghilangkan ketombe.

Sekali seminggu, campur setengah sendok teh bubuk kunyit organik dengan empat sendok makan minyak kelapa organik dan biarkan di rambut kering selama sekitar 30 menit. Kemudian cuci dengan sampo dan bilas bersih dan keringkan dengan handuk.

Catatan: terbaik untuk rambut hitam, karena kunyit dapat menodai rambut pirang atau berwarna terang.

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Sama seperti manfaat kunyit untuk memperbaiki kulit, itu juga dapat membantu menyembuhkan masalah yang Anda alami di kulit kepala Anda. Bahkan, Tiffany Anderson, ahli rambut alami terkemuka dan ahli trikologi bersertifikat, mengatakan bahwa kunyit memiliki kemampuan mencegah rambut rontok yang berasal dari infeksi kulit kepala dan ketombe tertentu.

Rambut dan kulit kepala Anda memberi Anda tanda-tanda yang membuat Anda tahu ada sesuatu yang tidak benar, yang pertama adalah gatal. Jika Anda mengabaikan rasa gatal, rambut akan mulai rontok, dan ketika Anda mengabaikan rontokan, rambut akan mulai menipis.

Untuk perawatan kulit kepala DIY, direkomendasikan campuran yang mengandung bagian kunyit dan minyak zaitun yang sama. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas. Kemudian cuci dengan sampo alami dan bilas bersih dan keringkan dengan handuk.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: NDTV Convergence, Standard Media, Best Health Mag, Medscape (pdf), Greatist

Informasi: Jika Anda mengonsumsi obat apa pun secara teratur, bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan ramuan atau obat-obatan alami, karena ada kemungkinan mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan dan suplemen lainnya. PINTERpandai.com bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan medis lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya | Business & Marketing