PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Diare Pelancong (Bali Belly) Tips Kesehatan: Apa Yang Harus Dihindari dan Cara Pengobatan

3 min read

Diare pelancong

Penjelasan Diare Pelancong

Diare pelancong adalah penyakit paling umum yang mempengaruhi pelancong. Ini mudah menyebar dari orang ke orang atau dengan mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Diare wisatawan disebabkan oleh banyak bakteri yang berbeda (termasuk E. coli, Salmonella, Shigella dan Campylobacter), parasit (termasuk Giardia, Crytosporidium, Cyclospora, dan lainnya) dan virus (seperti norovirus dan rotavirus).

Bali Belly, Delhi Belly, The Pharaoh’s Curse, Montezuma’s Revenge, The Rangoon Runs atau Travelers Diare, Diare Pelancong, Diare Musafir: apapun sebutannya. Juga tidak peduli di mana Anda berada di dunia. Diare pelancong dapat membuat Anda terjebak di kamar mandi atau lebih buruk lagi, di ranjang rumah sakit.

Bagaimana cara penularannya?

Diare pelancong menyebar dengan makan makanan atau air minum yang terkontaminasi atau melalui kontak orang ke orang karena kebersihan yang buruk.

Baca juga: Diare atau Mencret Tanda, Gejala, Penyebab, Perawatan, Pengobatan, Pencegahan

Apa saja gejalanya?

  • Gejala tergantung pada bakteri, parasit atau virus yang menyebabkan penyakit.
  • Selain diare, mereka biasanya termasuk demam, mual, muntah, kembung, kram perut dan kebutuhan mendesak untuk ke kamar mandi.
  • Umumnya, gejala hilang dalam beberapa hari tanpa pengobatan.
  • Dalam kasus yang lebih parah dan jarang terjadi, diare perjalanan dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian. Ini adalah perhatian khusus untuk anak-anak, orang tua dan individu dengan penyakit kronis atau sistem kekebalan yang lemah.
  • Jika Anda memiliki darah di tinja Anda, Anda harus mencari perhatian medis, bahkan jika gejala Anda yang lain tidak terlalu parah.

Bisakah diare pelancong diobati?

Sebagian besar gejala hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Perawatan yang paling penting adalah untuk menjaga hidrasi:

  • Minum banyak cairan. Hal ini sangat penting untuk anak-anak, orang dengan masalah kesehatan yang ada dan orang tua. Dalam kasus sedang hingga parah, gunakan larutan rehidrasi oral.
  • Ingatlah untuk selalu menggunakan air yang aman (direbus, didesinfeksi, atau dari botol yang disegel secara komersial) untuk diminum atau untuk mencampur larutan hidrasi oral Anda.
  • Dalam beberapa kasus, obat anti-motilitas dapat meredakan gejala (kebutuhan yang sering dan mendesak untuk ke kamar mandi). Jenis obat ini tidak boleh diminum jika Anda mengalami diare berdarah atau demam. Penting untuk hati-hati mengikuti petunjuk pada setiap obat serta saran dari penyedia layanan kesehatan Anda.

Penyedia layanan kesehatan (Dokter, Apotek, Rumah Sakit…) Anda mungkin mendiskusikan kemungkinan penggunaan antibiotik untuk mengobati diare sedang hingga berat.

Di mana diare pelancong menjadi perhatian?

Risiko diare pelancong terjadi di seluruh dunia.

Destinasi berisiko tinggi termasuk negara berkembang di Amerika Tengah dan Selatan, Meksiko, Afrika, Timur Tengah dan Asia.

Risiko sedang di Eropa Timur dan beberapa bagian Karibia.

Risikonya lebih rendah di Eropa Utara dan Barat, Australia, Selandia Baru, Jepang, Amerika Serikat, dan Kanada.

Rekomendasi

Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan atau kunjungi klinik kesehatan perjalanan sebaiknya enam minggu sebelum Anda bepergian.

  1. Lakukan tindakan pencegahan makanan dan air yang aman.
  2. Sering cuci tangan.
  3. Cuci tangan Anda dengan sabun di bawah air hangat yang mengalir setidaknya selama 20 detik, sesering mungkin.
  4. Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol jika sabun dan air tidak tersedia. Merupakan ide yang baik untuk selalu membawa beberapa saat Anda bepergian.
  5. Bawa larutan rehidrasi oral.
  6. Diskusikan pilihan pencegahan dan pengobatan diare pelancong dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum Anda bepergian.
  7. Pantau kesehatan Anda
    • Cari pertolongan medis jika Anda mengalami diare berdarah, demam tinggi, muntah terus-menerus, sakit perut parah, berkeringat banyak, atau tanda-tanda dehidrasi. Dalam beberapa kasus, diare mungkin merupakan tanda infeksi lain (misalnya, malaria), jadi penting untuk menemui penyedia layanan kesehatan, mendiskusikan gejala Anda dan ingat untuk memberi tahu mereka di mana Anda telah bepergian atau tinggal.
    • Segera cari pertolongan medis jika bayi atau anak kecil Anda mengalami tanda-tanda dehidrasi, diare berdarah, demam, atau muntah terus-menerus.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini: untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini: untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Diare atau Mencret Tanda, Gejala, Penyebab, Perawatan, Pengobatan, Pencegahan


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: VillaCarissaSeminyak, CleverlySmart, Mayo Clinic, The Johns Hopkins Hospital, Web MD

Sumber foto: Pxhere (CC0 Public Domain)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *