Doa Protestan Pada Saat Kesulitan Untuk Mohon Bantuan

Doa Protestan Pada Saat Kesulitan Untuk Mohon Bantuan

Berikut adalah beberapa kumpulan doa Protestan pada saat kesulitan untuk memohon bantuan:

Doa untuk Bantuan Melawan Bahaya

Jadilah terang kami dalam kegelapan, ya Tuhan, dan dalam belas kasihan-Mu lindungi kami dari semua bahaya dan bahaya malam ini; untuk kasih Putra satu-satunya, Juruselamat kita Yesus Kristus. Amin.

— Buku Doa Umum 1979 (Book of Common Prayer 1979)

Doa Keluarga Malam

Tuhan, lihatlah keluarga kami berkumpul di sini.
Kami berterima kasih atas tempat kami tinggal ini,
untuk cinta yang menyatukan kita,
untuk kedamaian yang diberikan kepada kita hari ini,
untuk harapan yang kita harapkan esok hari;
untuk kesehatan, pekerjaan,
makanan dan langit cerah
yang membuat hidup kita menyenangkan;
untuk teman-teman kita di seluruh belahan bumi. Amin.

— Robert Louis Stevenson

Mazmur Dua Puluh Tiga

Tuhan adalah gembalaku, aku tidak akan mau.
Dia membuatku berbaring di padang rumput hijau;
dia membawaku ke samping air yang tenang;
dia memulihkan jiwaku.
Dia membimbing saya ke jalan yang benar demi namanya.
Meski aku berjalan melewati lembah tergelap,
Saya tidak takut pada kejahatan;
karena kamu bersamaku;
tongkat dan tongkat Anda – mereka menghibur saya.
Anda menyiapkan meja sebelum saya
di hadapan musuh saya;
Anda mengurapi kepala saya dengan minyak;
cangkirku meluap.
Sesungguhnya kebaikan dan belas kasihan akan mengikutiku
sepanjang hari dalam hidupku,
dan saya akan tinggal di rumah Tuhan
seluruh hidupku panjang.

— Mazmur 23: 1-6

Doa Kristen Dalam Menghadapi Masalah Rumit

Tuhan, terimakasih atas kehidupan yang Engkau berikan. Saya sungguh senang karena menjalani kehidupan yang berwarna, perpaduan antara senang dan sedih dapat membuat saya mempelajari banyak hal dalam hidup ini.

Termasuk apa yang tengah saya hadapi. Tuhan, saat ini saya sedang menghadapi masalah yang cukup rumit, keluarga saya mengalami masalah ekonomi, hutang menumpuk, usaha tidak lancar, sedangkan tanggungan anak dan istri terus meningkat.

Tuhan, saya tahu bahwa segala sesuatu adalah Engkau yang merencanakan, dan saya paham betul bahwa Engkau lebih tahu mana yang terbaik untuk saya. Maka dari itu, dengan segala kerendahan hati bimbinglah saya agar kuat dalam melewati pencobaan ini.

Bimbinglah saya agar selalu ditenangkan hatinya sehingga dapat berpikir jernih untuk menemukan solusi tepat agar saya dapat keluar dari masalah yang membuat kehidupan rumah tangga saya berantakan. Tuhan, hanya kepada-Mu aku sanggup berdoa. Dalam nama Yesus yang Kristus saya berdoa, Amin.

Doa Kristen untuk Melunasi Hutang

Bapa, aku datang ke hadirat-Mu saat ini. Aku sungguh mengucap syukur ketika hari ini aku boleh ada di sini, menghadap Engkau, Bapa yang Maha Kuasa. Terima kasih karena Engkau sudah memberikan satu hari yang luar biasa. Terima kasih karena Engkau sudah memberikanku kesempatan baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Di dalam doaku ini, ya Bapa, aku mau menyatakan permohonan ampunku. Aku manusia yang berdosa, penuh dengan kedagingan. Aku datang kepada-Mu untuk memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah segala dosa-dosaku supaya aku tetap kudus di hadapan-Mu. Aku mau, ya Tuhan, belajar semakin serupa dengan-Mu. Berikanku Roh Kudus-Mu yang akan selalu menuntun dan menegurku.

Bapa, Engkau adalah Allah yang Maha Tahu. Engkau tahu pergumulanku saat ini yang sedang dililit hutang. Hutang itu aku ambil karena kebutuhanku yang penting, Bapa. Saat ini, hamba-Mu sedang bekerja keras, berusaha untuk melunasi hutang tersebut. Aku mau menjadi pribadi yang bertanggung jawab, Tuhan. Kiranya Engkau tuntun hamba-Mu. Berkati pekerjaanku, segala usahaku.Aku juga mau berdoa untuk segenap keluargaku yang tak hentinya mendukungku. Berikan mereka kesehatan, Bapa. Berkati mereka seperti Engkau memberkatiku dengan luar biasa. Berikan mereka kebijaksanaan, hati yang tidak lelah untuk mengasihiku ya, Bapa, karena aku pun mengasihi mereka. Engkau juga berkati kerabat yang telah memberikan pinjaman kepadaku.

Terima kasih karena Engkau telah memberikan mereka kasih hingga mau menolongku. Berkati ia berlimpah-limpah, Tuhan, penuhi segala kebutuhannya. Bapa, inilah doa kami. Kiranya Engkau berkenan untuk menggenapi doa kami. Terima kasih, Tuhan. Dalam nama-Mu, Yesus Kristus, aku berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Doa Protestan Pada Saat Kesulitan Uang – Doa untuk Bantuan Keuangan

Tuhan,
Saya menyerahkan urusan keuangan dan kekhawatiran saya tentang uang kepada kepedulian dan cinta Ilahi-Mu.
Saya meminta Engkau untuk menghilangkan kekhawatiran, kecemasan, dan ketakutan saya tentang keuangan, dan menggantinya dengan iman.
Saya tahu dan percaya bahwa hutang saya akan terbayar dan uang akan mengalir ke dalam hidup saya.
Saya hanya perlu melihat ke alam untuk melihat bukti kelimpahan yang Anda berikan.
Saya melepaskan semua pikiran negatif tentang uang, dan tahu bahwa kemakmuran adalah keadaan saya yang sebenarnya.
Saya berkomitmen untuk bersyukur atas semua yang saya miliki sekarang dalam hidup saya.
Saya belajar untuk mengelola keuangan saya dengan bijaksana, mencari bantuan jika diperlukan.
Dan akhirnya, saya meminta Engkau untuk membantu saya memahami tujuan hidup saya dan bertindak untuk tujuan itu dengan keberanian dan kekuatan. Saya tahu bahwa kemakmuran akan datang, sebagian, dengan melakukan pekerjaan yang saya sukai. Tolong bantu saya menggunakan keterampilan dan pengetahuan saya untuk melayani dunia.
Terima kasih Tuhan.
Haleluya, Amin
— Lynn Robinson

Doa Penenang Hati Yang Sedih

Ya Bapa, pertama-tama saya mengucap terima kasih yang tak terhingga atas segala penyertaan yang Engkau berikan sehingga ada banyak hari di mana saya memperoleh sukacita, kegembiraan dan kesedihan. Semua hal yang berlawanan tersebut membuat hati-hari saya menjadi lebih berwarna.

Sukacita mengajarkan saya untuk bersyukur, kesedihan mengajarkan saya untuk tabah dan berusaha lebih keras. Keduanya memiliki makna positif namun kali ini, saya benar-benar merasa bahwa pencobaan yang Engkau berikan berada di luar batas kemampuan saya.

Doa Penenang Hati

Bapa, dengan segala hormat mohon ampuni saya yang berpikir bahwa apa yang saya alami saat ini tidak memiliki manfaat apapun, padahal barang pasti ini merupakan salah satu hal yang telah Engkau rencanakan kepada saya dan ada hikmah di balik ini semua.

Untuk itu, dengan segala kerendahan hati saya memohon agar dijauhkan dari segala pikiran negatif, rasa gelisah dan khawatir yang terus menyelimuti saya pada akhir-akhir ini. Saya ingin kembali menjalani hari esok dengna sukacita bersama kawan-kawan. Tolong kabulkan doa saya ya Bapa, kepada-Mu saya berdoa. Amin.

Doa Ketika Dalam Kesusahan

Tuhan yang maha baik, terima kasih telah banyak memberi penyertaan kepada saya. Terima kasih pula telah memberikan kehidupan yang penuh warna sehingga setiap harinya, saya dapat memperoleh pelajaran untuk bagaimana menjadi manusia yang lebih baik.

Tuhan, dengan segala kerendahan hati saya ingin memberi tahu, dan saya yakin bahwa Engkau sudah terlebih dahulu tahu tentang apa yang ada di dalam pikiran saya bahwa  saya merasa tidak sanggup dengan kesulitan yang saya hadapi.

Tuhan, mohon bimbinglah saya untuk dapat melewati kesusahan ini, bantulah anak-Mu yang lemah ini untuk menemukan jalan keluar, tolonglah anak-Mu agar hatinya selau tenang. Hanya Engkau, yang bisa menolong saya dalam kesulitan ini. Tuhan Yesus, hanya kepada-Mu aku berdoa, Amin.

Doa Protestan Pada Saat Kesulitan dan Ketika Teraniaya

Tuhan yang maha mulia, kehidupan ini berjalan begitu penuh warna. Saat ini saya tengah berada dalam masa sulit, teraniaya dan direndahkan karena ketidakmampuan dalam hal apapun.

Ya Tuhan, ampunilah mereka yang merendahkan dan menganiaya saya, mereka hanya dirasuki kuasa kegelapan. Roh-roh jahat masih menguasai jiwa dan pikiran mereka.

Biarlah Tuhan bantu agar mereka bebas dari kuasa kegelapan. Tunjukkan jalan terang dan sukacita. Berkatilah mereka dengan pertolongan-Mu yang tulus. Hanya kepada Yesus Kristus saya berdoa. Haleluya, Amin.

Doa untuk Penghiburan dan Harapan

Berikan kepada kami, Tuhan Yang Mahakuasa, di sepanjang waktu kesusahan yang menyakitkan, penghiburan dari pengampunan dosa-dosa kami.

Di saat kegelapan beri kami harapan yang diberkati, di saat sakit tubuh beri kami keberanian yang tenang; dan ketika hati tertunduk, dan jiwa sangat berat, dan hidup adalah beban, dan kesenangan menjadi kelelahan, dan matahari terlalu terang, dan hidup terlalu gembira, maka semoga Roh itu, Roh Penghibur, datang atas kita, dan setelah kegelapan kita semoga ada cahaya terang surgawi; agar, ditinggikan kembali oleh belas kasih-Mu, kami dapat melewati kehidupan fana kami dengan keberanian yang tenang, harapan yang sabar, dan kepercayaan yang tak tergoyahkan, berharap melalui cinta kasih-Mu dan belas kasihan yang lembut untuk dilepaskan dari kematian ke dalam kehidupan besar tahun yang kekal.

Dengarkan kami tentang belas kasih-Mu, melalui Yesus Kristus Tuhan kami – Amin.

— George Dawson

Tuhan Adalah Harapan Kami

Tuhan adalah harapan dan kekuatan kita,
bantuan yang sangat hadir dalam kesulitan.

Oleh karena itu kita tidak akan takut, meskipun bumi akan dipindahkan,
dan meskipun bukit-bukit dibawa ke tengah-tengah laut;

Meskipun airnya mengamuk dan membengkak,
dan meskipun gunung-gunung berguncang karena badai yang sama.

Ada sungai, yang alirannya menyenangkan kota Allah,
tempat suci Kemah Yang Mahatinggi.

— Mazmur 46: 1-4

Doa untuk Percaya pada Yesus

O Kristus Yesus,
saat semuanya gelap
dan kami merasakan kelemahan dan ketidakberdayaan kami,
beri kami rasa kehadiran-Mu,
Cintamu, dan kekuatanmu.
Bantu kami untuk memiliki kepercayaan yang sempurna
dalam cinta melindungi Anda
dan memperkuat kekuatan,
agar tidak ada yang bisa membuat kita takut atau khawatir,
karena, tinggal dekat denganmu,
kami akan melihat tanganmu,
Tujuan Anda, keinginan Anda melalui semua hal.

— St Ignatius dari Loyola

Baca juga 👉 Doa Aku – 12 Pengakuan Iman Rasuli versi Kristen Protestan

Doa Agar Hati Tenang

Bapa yang penuh Kasih. Terima kasih atas segala kebaikan yang Engkau berikan kepada saya sehingga saya dapat menikmati banyak hari dengan berbagai warna kehidupan, mulai dari senang hingga sedih, marah hingga gembira, kecewa hingga bersuka cita. Semuanya menjadi warna hidup yang sangat saya syukuri.

Setiap kejadian memiliki manfaat, setiap peristiwa buruk memiliki hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik. Setiap apa yang saya alami merupakan bagian dari rencana-Mu untuk menguatkan saya, membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik.

Termasuk apa yang tengah saya alami akhir-akhir ini. Salah satu masalah yang membuat saya cukup gelisah, saya merasa apa yang terjadi saat ini sangat sulit untuk diatasi, saya tidak bisa menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada. Padahal justru sebaliknya.

Saat ini, saya benar-benar merasa kacau, merasa tidak ada yang peduli terhadap saya, merasa apa yang saya kerjakan saat ini sia-sia, saya sungguh merasa terpuruk sehingga terus berpikir negatif bahwa masalah ini tidak dapat saya selesaikan.

Tuhan, bantulah saya, bimbinglah saya agar terhindar dari perasaan gelisah, tenangkan hati saya, lebarkan pikiran saya agar dapat menemukan jalan keluar dari masalah ini. Jauhkan saya dari prasangka buruk yang selalu ada dalam pikiran.

Hanya kepada Engkau saya memohon. Dengan segala kerendahan hati, saya berharap doa ini dapat segera dikabulkan. Haleluya, Amin.

Untuk Mereka yang Mencari Tuhan

Ya Tuhanku,
Ajari hatiku hari ini dimana dan bagaimana melihatmu,
Di mana dan bagaimana menemukan Anda.
Anda telah membuat saya dan membuat saya kembali,
Dan kamu telah melimpahkan kepadaku
Semua hal baik yang saya miliki,
Dan tetap saja aku tidak mengenalMu.
Saya belum melakukan itu
Untuk itulah aku dibuat.
Ajari aku untuk mencariMu,
Karena aku tidak bisa mencariMu
Kecuali Anda mengajari saya,
Atau temukan Engkau
Kecuali jika Engkau menunjukkan diriMu kepada saya.
Biarkan saya mencariMu dalam keinginan saya,
Izinkan saya menginginkanMu dalam pencarianku.
Biarkan saya menemukanMu dengan mencintaiMu,
Biarkan aku menyayangiMu saat aku menemukanMu.

— St. Anselmus

Doa untuk Kesembuhan

Dan Tuhan akan menghapus semua air mata dari mata mereka;
dan tidak akan ada lagi kematian,
bukan kesedihan, atau tangisan,
tidak akan ada lagi rasa sakit:
karena yang sebelumnya telah berlalu.
Wahyu 21: 4

Doa Protestan Pada Saat Kesulitan Untuk Saat-saat Ketakutan

Tuhan Yang Mahakuasa, Perlindungan dari semua yang tertekan, berikan kepada kami bahwa, dalam semua masalah dari kehidupan fana kami ini, kami dapat melarikan diri kepada pengetahuan tentang kasih setia-Mu dan belas kasihan yang lembut; agar, dengan melindungi diri kita di dalamnya, badai kehidupan dapat melewati kita, dan tidak mengguncang kedamaian Tuhan yang ada di dalam kita.

Apa pun yang diberikan kehidupan ini kepada kami, terimalah bahwa itu tidak akan pernah mengambil dari kami keyakinan penuh bahwa Engkau adalah Bapa kami. Berilah kami terang-Mu, agar kami dapat memiliki hidup, melalui Yesus Kristus Tuhan kami. Haleluya, Amin.

— George Dawson

Baca juga 👉 Sakramen Kristen Protestan – Baptisan Kudus dan Perjamuan Kudus

Doa Protestan Pada Saat Kesulitan untuk Mohon Bantuan

Ya Tuhan, Tuhanku, Engkau adalah tempat berlindung dan kekuatanku. Anda adalah bantuan saya yang selalu hadir di saat-saat sulit. Ketika tampaknya dunia saya runtuh di sekitar saya dan saya terlempar oleh badai hidup saya, singkirkan ketakutan saya. Ketika saya lemah, Anda adalah kekuatan saya.

Ketika saya rentan, Engkau adalah tempat berlindung saya. Ketika saya menangis minta tolong, Engkau akan menjawab. Ingatkan saya Tuhan bahwa Engkau selalu bersama saya, Engkau tidak akan pernah meninggalkan atau meninggalkan saya. Melalui Yesus Kristus, Tuhan kita. Haleluya, Amin.

Doa Protestan Pada Saat Kesulitan untuk Menenagkan Ketakutan Saya

O Tuhan, Engkau tahu masa lalu saya, sekarang dan masa depan, tidak ada yang tidak Engkau ketahui. Ketika aku khawatir tentang apa yang ada di depan saya, tolong tenangkan ketakutanku dengan pengetahuan bahwa Engkau pergi sebelumku. Aku tidak akan pernah sendiri karena Engkau akan selalu bersamaku.

Engkau telah berjanji bahwa Engkau tidak akan mengecewakanku atau meninggalkanku dan Engkau setia untuk menepati semua janjiMu. Singkirkan ketakutanku dan gantikan dengan keyakinan pada cinta tanpa batasMu. Melalui Yesus Kristus, Tuhan kita. Haleluya, Amin.

Doa Kristen Untuk Mematahkan Kuasa Kegelapan

Allah yang maha kasih dan maha baik, Engkau telah menghendaki putra-Mu menanggung derita di kayu salib untuk kami. Untuk membantu kami melenyapkan diri dari kekuatan musuh. Sungguh aku di sini berdiri sebagai manusia yang hina.

Aku mohon ampun atas segala dosa yang pernah kuperbuat, mungkin kurang baik, namun dengan segala kekuraganku, dengan segala kerendahan hati aku mohon sudilah Engkau menangis seragan si jahat.

Hindarkan aku dari kuasa kegelapan, bantulah aku untuk menghadapi setiap kejahatan yang mencoba masuk dalam tubuh, limpahkanlah berkat-Mu kepadaku, yang sudah Engkau baharui dalam bejana pembaptisan. Tuhan, inilah doaku, sudilah sekiranya Engkau menanggapinya. Amin.

Doa Kristen Untuk Melawan Kuasa Kegelapan – jika Anda memiliki firasat akan terjerumus ke dalam dunia kegelapan

Allah yang maha kasih dan mulia, Engkau telah mencipakan manusia menurut kehendak-Mu, dan juga telah menciptakan kembali menurut rahmat pembaptisan sehingga menjadi lebih baik. Pandanglah aku, hamba-Mu yang penuh dosa ini.

Kabulkanlah setiap doa-doaku, termasuk pergumulanku pada hari ini. Engkau pasti sudah tahu, aku mohon semoga terbitkanlah terang dalam hatiku oleh-Mu yang cemerlang. Bantulah aku agar segala kecemasan, kegelisahan dan kegundahan dapat dilenyapkan.

Sehingga aku, keluargaku, saudaraku dan teman-temanku dapat memuji Engkau di dalam gereja-Mu, bantulah aku dan bimbinglah aku menjadi hamba yang lebih baik lagi untuk memuji-Mu. Demi Kristus, inilah doa yang kupanjatkan. Haleluya, Amin.

Baca juga 👉 Doa Pengakuan Dosa Kristen Protestan

Doa Kristen Untuk Menghancurkan Roh Jahat

Doa untuk menghancurkan roh jahat yang dinamai dengan doa untuk Mikail Sang Malaikat Agung, merupakan doa pengusir roh jahat yang sumbernya berasal dari Alkitab Efesus nomor 12 dan Wahyu nomor 2 sampai 3. Berikut adalah teks doanya.

Atas nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin. Mikail Sang malaikat Agung, yang paling berjaya di antara para tentara surga, melindungi kita dalam “perjuangan melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Efesus 6:12)

Datang untuk menolong manusia yang Tuhan ciptakan dengan kemiripan-Nya dan yang telah Dia tebus dari iblis yang tiran dengan harga mahal. Gereja suci memuliakanmu sebagai pelindung dan penjaganya; untukmu, Tuhan telah mempercayakan jiwa-jiwa yang bertobat untuk berada di surga.

Berdoalah pada Tuhan Perdamaian untuk menghancurkan setan di bawah kakimu, bahwa dia mungkin tidak bisa menawan manusia lagi dan merusak gereja. Persembahkan doa-doa kita pada yang Maha Tinggi, yang tanpa menunda mereka mungkin akan memberikan ampunan-Nya pada kita; menahan “naga, ular tua, yang merupakan penjelmaan iblis dan setan,” mengikat dan mengusirnya ke lubang tak berdasar “yang dia sudah tidak bisa merayu manusia lagi.” (Wahyu 20:2-3).

2 Timotius 4: 16-18

Pada pertahanan pertama saya, tidak ada yang datang untuk berdiri di dekat saya, tetapi semua meninggalkan saya. Semoga itu tidak dikenakan biaya terhadap mereka! Tetapi Tuhan berdiri di dekat saya dan menguatkan saya, sehingga melalui saya pesan itu dapat diberitakan sepenuhnya dan semua orang bukan Israel dapat mendengarnya. Jadi saya diselamatkan dari mulut singa. Tuhan akan menyelamatkan saya dari setiap perbuatan jahat dan membawa saya dengan selamat ke kerajaan surgawinya. Baginya jadilah kemuliaan selamanya. Amin. 2 Timotius 4: 16-18

Pada awalnya tidak ada orang yang dapat saya andalkan untuk dengan setia berdiri bersama saya — mereka semua lari dan meninggalkan saya — tetapi jangan berpegang pada mereka. Karena terlepas dari ini, Tuhanku sendiri berdiri bersama saya, memberdayakan saya untuk menyelesaikan pelayanan saya berkhotbah kepada semua negara non-Yahudi sehingga mereka semua dapat mendengar pesan dan disampaikan dari mulut singa! Dan Tuhanku akan terus membebaskanku dari segala bentuk kejahatan dan memberiku kehidupan di kerajaan surgawinya. Semoga semua kemuliaan pergi kepada-Nya sendiri untuk semua usia kekekalan! 2 Timotius 4: 16-18

Bapa, terima kasih bahwa bahkan ketika semua yang lain pergi dan meninggalkan saya, Anda tetap tinggal.

Terima kasih bahwa bahkan ketika orang yang saya pikir akan ada selamanya memilih untuk pergi, saya dapat percaya bahwa Anda akan mendukung saya.

Bapa, saya datang kepadaMu dengan kepedulian dan kekhawatiran saya tentang pencobaan yang saya hadapi ini.

Maukah Anda mengingatkan saya bahwa saya tidak sendiri? Maukah Anda memberi tahu saya bahwa Anda peduli tentang ini dan hasilnya?

Bapa, saya berterima kasih kepada Anda karena telah berdiri bersama saya, dan saya menerima kekuatan Anda untuk berdiri di lain hari.

Terima kasih bahwa saya dapat mempercayai Anda untuk menyelamatkan saya dari ini dan setiap cobaan yang akan saya hadapi dalam hidup ini. Haleluya, Amin.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: The GodWeb, Connect Us Fund, Beliefnet

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-07T01:50:33+07:00 Oktober 13th, 2019|AGAMA, Protestan|0 Comments

Leave A Comment