PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Edema Makula | Gangguan Mata | Gejala, Penyebab, Perawatan, Pencegahan

3 min read

Macular edema edema makula

Apakah itu edema makula?

Makula adalah area pusat retina atau fundus dan merupakan titik di mana ketajaman visual berada pada puncaknya. Makula yang utuh memungkinkan penglihatan sentral yang jelas, membedakan detail, membaca dan mengenali, misalnya, wajah orang. Edema makula adalah peningkatan volume makula, area pusat retina, yang bertanggung jawab atas ketajaman visual. Gejala visual melumpuhkan kehidupan jutaan pasien dengan edema makula akibat penyakit retina kronis dan terkadang akut.

Edema makula adalah patologi yang sering terjadi dan terdiri dari akumulasi abnormal cairan atau “banjir” di area makula karena perubahan permeabilitas pembuluh darah yang memberinya makan.

Gejala

Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan ditandai dengan penglihatan sentral kabur, distorsi gambar atau bergelombang, perubahan warna (penglihatan berubah warna atau berbeda) dan disertai dengan kesulitan dalam membaca.

Penyebab

Ada berbagai patologi mata yang dapat menyebabkan edema makula, termasuk: retinopati diabetik (paling umum), trombosis atau oklusi vena, uveitis (radang intraokular), setelah operasi mata, distrofi retina seperti retinitis pigmentosa, degenerasi makula terkait usia, tumor intraokular, fenomena traksi seperti membran epiretinal (jaringan yang tumbuh di permukaan makula dan mengubah morfologi normalnya) atau bahkan obat tetes mata topikal tertentu untuk pengobatan glaukoma (analog prostaglandin).

Cystoid Macular Edema (CME)

Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat terjadi setelah operasi mata. Ketika edema makula muncul setelah operasi katarak, itu disebut Cystoid Macular Edema (CME).

Meskipun kondisi visual ini juga dapat dikaitkan dengan penyakit mata lainnya, seperti:

  • Retinopati diabetik
  • Degenerasi Makula Terkait Usia
  • Uveitis
  • Beberapa jenis retinitis
  • Jenis tumor tertentu di mata
  • Kelainan genetik, seperti beberapa bentuk distrofi makula
  • Gangguan ini juga bisa disebabkan oleh cedera mata atau efek samping obat-obatan tertentu.

Bagi penderita diabetes, edema makula biasanya merupakan penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan.

Perawatan

Ada berbagai pilihan untuk mengobati edema makula, tergantung pada pasien, penyebab edema, serta tingkat keparahannya. Perawatan terbaik akan menjadi perawatan yang dipersonalisasi untuk setiap kasus.

Dalam beberapa kasus, penggunaan obat tetes mata antiinflamasi mungkin sudah cukup. Bentuk pengobatan lain terdiri dari suntikan obat baik di daerah periokular (sekitar bola mata) dan intraokular (suntikan obat ke dalam mata).

Obat-obatan ini, yang mungkin kortikosteroid atau anti-angiogenik, bekerja secara lokal pada makula untuk mengurangi peradangan dan ekstravasasi cairan.

Fotokoagulasi laser juga berguna untuk mengobati beberapa kasus edema makula dengan “menyegel” titik kebocoran cairan. Akhirnya, dalam beberapa kasus, mungkin perlu untuk melakukan operasi retina dan vitreous untuk mengobati edema makula yang disebabkan oleh traksi makula, di mana jaringan yang ada di permukaan retina bertanggung jawab atas perubahan makula.

Perawatan Cystoid Macular Edema (CME)

Penyebabnya harus diobati bila memungkinkan (diabetes, uveitis) dan/atau pengobatan terkait dengan acetazolamide (Diamox®), dan obat antiinflamasi nonsteroid atau steroid lokal.

Pencegahan

Strategi pencegahan yang berbeda akan tergantung pada penyebab edema makula.

Orang dengan diabetes harus memastikan metabolisme dan kontrol glikemik yang baik, dan memperhitungkan bahwa komplikasi ini dapat muncul pada setiap tahap retinopati diabetik dan tidak hanya pada stadium lanjut.

Karena edema makula sering dikaitkan dengan patologi vaskular, dianjurkan juga untuk menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat (diet sehat, olahraga teratur, dll.) yang menghindari faktor predisposisi seperti tekanan darah tinggi dan kelebihan lemak, kolesterol.

Demikian juga, untuk menghindari kerusakan makula yang ireversibel, penting untuk melakukan pemeriksaan oftalmologis secara teratur yang memungkinkan pemeriksaan lengkap fundus dan pembuluh darahnya untuk mendeteksi kelainan sesegera mungkin. Dalam hal ini, pemeriksaan tahunan dianjurkan meskipun tidak ada gejala.

Dalam beberapa kasus Edema makula, dikaitkan dengan patologi lain seperti diabetes. Dalam kasus ini, perlu untuk mengendalikan penyakit ini dengan memastikan bahwa kadar gula benar.

Edema makula tidak dapat dicegah, meskipun dapat dideteksi dengan cepat jika dilakukan pemeriksaan oftalmologis secara berkala, terutama dengan adanya faktor predisposisi.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, National Eye InstituteAmerican Academy of OphthalmologyThe American Society of Retina SpecialistsRetina UK

Sumber foto utama: Community Eye Health / Flickr (CC BY-NC 2.0)
Title: Clinically significant macular oedema with hard exudates encroaching on the fovea. Photo: Sangita Sagar.

Penjeasan foto utama: foto menunjukkan edema makula yang signifikan secara klinis dengan eksudat keras yang masuk ke fovea, diidentifikasi menggunakan skrining fotografis pada pasien tanpa gejala. Foto: Sangita Sagar. Diterbitkan di: Jurnal Kesehatan Mata Komunitas Vol. 21 No. 66 JUNI 2008 www.cehjournal.org

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.