PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Manfaat Olahraga Untuk Lansia | Pada sistem kardiorespirasi, saraf, massa otot, pernapasan, pertahanan kekebalan dan kesehatan mental

3 min read

Manfaat olahraga untuk lansia

Manfaat Olahraga Untuk Lansia

Memulai aktivitas fisik atau olahraga sejak usia 55 tahun menawarkan manfaat kesehatan yang nyata. Manfaat olahraga untuk lansia sangat banyak; pada sistem kardiorespirasi, sistem saraf, massa otot, sistem pernapasan, pertahanan imun… berikut beberapa contohnya:

Manfaat olahraga untuk manula pada sistem kardiorespirasi

Sistem kardiorespirasi terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Ini bekerja bersama-sama dengan sistem pernapasan, yang terdiri dari paru-paru serta saluran udara. Kedua sistem tubuh ini mengangkut oksigen ke otot dan organ tubuh. Mereka baik untuk:

  • peningkatan ventilasi paru;
  • peningkatan irigasi dan efisiensi jantung;
  • pencegahan penyakit jantung koroner;
  • melawan tekanan darah tinggi;
  • melawan kelebihan berat badan.

Penuaan dan Sistem gerak Lokomotor

Manfaat senam lansia pada sistem lokomotif lansia:

  • pelestarian tonus dan massa otot;
  • pelestarian tendon dan fleksibilitas sendi;
  • pelestarian koordinasi dan refleks motorik;
  • menjaga keseimbangan dan merasakan tubuh di luar angkasa (mencegah jatuh);
  • mempertahankan massa dan kepadatan tulang.

Manfaat olahraga untuk lansia pada sistem saraf

Itu menjaga keterampilan memori. Saat aliran darah meningkat, otak Anda terpapar lebih banyak oksigen dan nutrisi. Olahraga juga menginduksi pelepasan protein bermanfaat di otak. Protein bergizi ini menjaga sel-sel otak (juga dikenal sebagai neuron) tetap sehat, dan mendorong pertumbuhan neuron baru. Neuron adalah blok bangunan kerja otak.

Manfaat olahraga pada seksualitas senior

Pencegahan disfungsi ereksi (impotensi).

Manfaat olahraga bagi kesehatan fisik lansia

  • pengaturan tidur;
  • melawan depresi dan kecemasan, kepercayaan diri yang lebih baik pada kemampuan seseorang;
  • memperkuat ikatan sosial
  • melawan isolasi, kesepian dan kebosanan.

Apa manfaat dari aktivitas fisik secara teratur pada orang di atas 65 tahun?

Manfaat kesehatan yang terkait dengan praktik aktivitas olahraga teratur sangat banyak, baik untuk orang muda maupun orang tua.

Latihan aktivitas fisik mencegah keadaan merapuh

Meskipun latihan aktivitas fisik tidak akan membantu menghilangkan perubahan yang disebabkan oleh penuaan tubuh, namun tetap memungkinkan untuk membatasi hilangnya kapasitas fisik, dan oleh karena itu untuk mengurangi risiko ketergantungan dengan meningkatkan kapasitas otot, kardio- pernapasan dan keseimbangan orang tua.

Aktivitas fisik membantu mempertahankan keterampilan motorik yang baik, dan oleh karena itu, untuk menjaga otonomi manula. Ini juga memperlambat efek penuaan pada otot dan memperkuat kapasitas jantung dan pernapasan. Untuk menua dengan baik, beberapa sesi olahraga per minggu adalah terapi terbaik.

Manfaat pada sistem kardiovaskular

Sebagai bagian dari latihan aktivitas fisik, otot-otot tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk bekerja dengan baik. Untuk memenuhi permintaan ini, sistem jantung diminta untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil.

Oleh karena itu, bergerak setiap hari setelah usia 50 tahun, terutama selama masa pensiun, memungkinkan lansia untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau penyakit kardiovaskular. Olahraga juga membatasi munculnya gangguan tertentu seperti gula darah atau kolesterol.

Pemeliharaan massa otot

Penuaan disertai dengan penurunan progresif massa otot, lebih dikenal sebagai “sarcopenia”. Selain penurunan kemampuan fungsional, sindrom geriatri ini juga meningkatkan risiko terkena penyakit metabolik seperti diabetes.

Aktivitas fisik adalah cara yang bagus untuk membatasi sarkopenia, meningkatkan kekuatan otot dan tetap bugar. Memang, itu meningkatkan kekuatan ekstensor lutut sebesar 180% dan massa otot orang tua sebesar 11%.

Manfaat pada sistem pernapasan

Dengan mempraktekkan aktivitas fisik secara teratur, orang tua sangat meningkatkan fungsi pernapasan mereka dengan memastikan oksigenasi yang baik dari paru-paru dan bronkus.

Ini menghasilkan lebih sedikit sesak napas dan ventilasi otot yang lebih baik.

Pertahanan kekebalan tubuh yang ditingkatkan

Aktivitas fisik yang teratur juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dihadapkan dengan munculnya patologi baru yang disebabkan oleh pola makan dan lingkungan kita, bermain olahraga adalah cara terbaik untuk melindungi diri kita dari penyakit ini.

Pencegahan kanker dan penambahan berat badan yang berlebihan

Aktivitas fisik juga memainkan peran pencegahan terhadap obesitas dan kanker tertentu seperti kanker paru-paru atau kanker prostat.

Manfaat kesehatan mental yang cukup besar

Aktivitas fisik tidak hanya membawa manfaat fisik bagi manula. Ini juga meningkatkan kesejahteraan emosional, harga diri dan kualitas hidup.

Berlatih olahraga dalam kelompok atau klub memungkinkan orang tua untuk melawan isolasi sosial. Peran sosial ini tidak bisa diabaikan. Memang, olahraga menciptakan ikatan sosial dan mengurangi risiko depresi. Stimulasi sosial ini juga memiliki efek nyata pada memori dan fungsi kognitif.

Aktivitas fisik apa yang direkomendasikan untuk lansia?

Ketika tubuh menua, penting untuk memilih aktivitas fisik yang sesuai. Dari usia tertentu, tidak mungkin lagi untuk melatih semua aktivitas fisik dan olahraga. Oleh karena itu perlu untuk memilih mereka dengan hati-hati.

Berikut beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan seiring bertambahnya usia:

Olahraga untuk Lansia dan Manfaatnya | Apa Aktivitas Olahraga dan Fitness untuk Lansia?

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.