fbpx

Tips Makan Sehat untuk Diabetes

Makan Sehat untuk Diabetes

Membuat pilihan makanan diabetes untuk mengontrol gula darah adalah kunci keberhasilan bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2. Berikut beberapa contoh makanan dibetes yang baik:

1. Bluberi

Makan buah bluberi adalah cara mendapatkan nutrisi dan juga untuk mendapatkan beberapa karbohidrat harian Anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan blueberry secara teratur – serta buah lainnya – meningkatkan sensitivitas insulin. Ini berarti sel-sel tubuh lebih mudah menerima insulin tubuh sendiri. Para peneliti juga mengkredit efek anti-inflamasi dari phytochemical dalam buah beri sebagai kemungkinan mengurangi beberapa risiko kardiovaskular yang terlihat dengan diabetes tipe 2.

 

2. Jeruk

Jeruk, grapefruit, clementine adalah salah satu makanan diabetes yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah jeruk memiliki efek jangka panjang yang positif terhadap gula darah, serta kadar kolesterol, berkat senyawa anti-inflamasi hesperidin dan dosis serat larut yang sehat. Penelitian tambahan dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa makan buah utuh, daripada jus, dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes Tipe 2.

 

Tips makan diabetes

Ilustrasi artikel makanan diabetes. Sumber foto: Pexels

 

3. Buncis

Kacang buncis, serta kacang-kacang, adalah makanan terkenal dengan indeks glikemik rendah, membuat pilihan yang baik bagi mereka yang terkena diabetes. Dalam studi 2012 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, individu dengan diabetes tipe 2 mengkonsumsi satu cangkir kacang polong setiap hari sebagai bagian dari asupan karbohidrat mereka selama 3 bulan.

Ketika dibandingkan dengan peserta penelitian lainnya, pemakan kacang-kacangan harian menunjukkan penurunan yang lebih besar pada nilai A1c hemoglobin dan penurunan tekanan darah. Lihat juga: Makanan Penurun Darah Tinggi & Terbukti Secara Sains

 

4. Cokelat hitam

Dapatkah mengobati dan mengendalikan kencing manis dengan glukosa? Beberapa studi penelitian menemukan bahwa sejumlah kecil cokelat hitam berkualitas tinggi yang dimakan setiap hari menurunkan tingkat insulin puasa dan tekanan darah. Efek yang terlihat dikaitkan dengan senyawa yang disebut polifenol.

Selalu diskusikan perubahan dan penambahan diet Anda dengan profesional medis terlebih dahulu, tetapi mengkonsumsi sedikit cokelat hitam berkualitas tinggi sebagai pengganti karbohidrat. Coklat hitam yang ditambah gula, sangat tidak baik untuk diabetes Anda! Lihat juga: Perbedaan Cokelat Hitam dan Putih

 

5. Makanan vegetarian

Vegetarian memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Sebuah studi 2012 di Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa menjadi vegetarian – pada dasarnya memusatkan asupan harian di sekitar buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan; memiliki dampak besar positif pada mereka dengan diabetes. Bahkan, setelah mengikuti diet  selama tujuh bulan, peserta penelitian mengalami penurunan yang signifikan dalam HgbA1c, tekanan darah dan trigliserida, peningkatan yang signifikan dalam tingkat HDL dan 62% memiliki kadar glukosa darah dalam kisaran normal.

 

6. Minyak zaitun (olive oil)

Mengganti lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh (zaitun) yang lebih sehat adalah rekomendasi utama untuk semua individu, tetapi jenis lemak yang dikonsumsi dapat memainkan peran yang lebih besar dalam kesehatan mereka dengan diabetes tipe 2. Itu karena diabetes dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Mengontrol berat badan, menjadi aktif berolahraga dan memantau kadar glukosa melalui diet dapat membantu. Tetapi penting bahwa lemak dan minyak yang sehat adalah penyumbang utama untuk kesehatan. Konsumsi minyak zaitun extra virgin tidak hanya dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, tetapi beberapa penelitian menunjukkan itu juga dapat meningkatkan penggunaan glukosa oleh sel-sel berkat efek anti-inflamasi. Gunakan minyak zaitun pada saat memasak dan dapat dituangkan sebagai bumbu saladdan pastikan untuk menambah kacang-kacangan, alpukat dan ikan setiap minggunya. Lihat juga: Minyak Goreng Mana Yang Lebih Baik Digunakan Untuk Kesehatan?

 

7. Sayuran hijau

Asupan tinggi sayuran hijau dan non-pati, sayuran hijau pada penderita diabetes tipe 2 usia 65 dan lebih tua dikaitkan dengan penurunan kadar HgbA1c dan penurunan yang signifikan dalam faktor risiko kardiovaskular.

Masih dipelajari apakah efek ini disebabkan oleh kepadatan nutrisi sayuran – khususnya vitamin A, C dan E, dan magnesium yang asupannya telah dikaitkan dengan kontrol glikemik yang lebih baik – atau substitusi sayuran ini di tempat kurang makanan padat nutrisi. Hasil terbaik terlihat ketika setidaknya 200 gr sayuran dikonsumsi setiap hari (sekitar 3 hingga 3 ½ gelas), dengan setidaknya 70g dari sayuran hijau (sekitar ¾ hingga 1 cangkir).

 

8. Kacang dan selai Kacang

Makan 5 porsi per minggu kacang (1 porsi = 1 ons kacang atau 1 sendok selai kacang) dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam penyakit jantung dan risiko stroke pada wanita dengan diabetes tipe 2 dalam Studi Kesehatan Perawat yang berjalan lama, sementara sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa mereka yang menderita diabetes telah meningkatkan kendali gula darah dan lipid darah ketika mereka makan 2 ons kacang setiap hari sebagai ganti karbohidrat.

Pertimbangkan untuk mengganti beberapa kalori karbohidrat olahan untuk kenari, kacang almond atau selai kacang. Pastikan untuk melihat ukuran porsi dan garam!

9. Probiotik (bakteri baik)

Selama beberapa tahun terakhir, beberapa penelitian telah meneliti efek yang mungkin ditimbulkan oleh bakteri “baik” pada regulasi glukosa, dengan beberapa fokus pada asupan yogurt dan yang lainnya memfokuskan asupan probiotik.Temuan awal pada semua studi menunjukkan bahwa makan makanan tinggi probiotik, seperti yoghurt, secara signifikan meningkatkan kadar glukosa puasa dan / atau HgbA1c ketika dikonsumsi secara teratur dan lebih lama dari delapan minggu.

 

10. Makan lebih banyak ikan

Semua jenis ikan sehat, asalkan mereka tidak dilapisi dengan adonan atau digoreng, tetapi ikan berminyak seperti mackerel, sarden, salmon, dan trout sangat baik untuk Anda. Mereka kaya omega-3 (lemak tak jenuh ganda) yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung, yang penderita diabetes berisiko lebih tinggi. Usahakan makan dua porsi ikan berminyak seminggu.

11. Kayu manis

Kayu manis rempah-rempah-manis tampaknya meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu mengurangi gula darah. Mekanisme yang tepat untuk bagaimana rempah-rempah manis melakukan ini, serta asupan yang disarankan, masih diselidiki, tetapi sebagian besar poin penelitian terhadap kemampuan kayu manis untuk membantu dalam kendali glukosa darah setiap hari dan jangka panjang, dan tidak muncul untuk memiliki potensi efek samping selain menambahkan sedikit rasa. Cobalah memercikkan sedikit pada makanan yang sudah Anda makan, seperti oatmeal dan yogurt.

 

Diabetes dengan diet & perencanaan makanan

Mempertahankan cara makan yang baik juga merupakan bagian penting dari menjaga kontrol ketat kadar gula darah, itu sendiri penting untuk meminimalkan risiko komplikasi diabetes. Makanan diabetes tidak berbeda jauh dengan makanan biasa. Hanya porsi dan jenis-jenis makanan tertentu yang harus dijaga.

Kabar baik bagi orang yang hidup dengan diabetes adalah bahwa kondisi tersebut tidak menghalangi jenis makanan tertentu atau memerlukan diet yang setengah mati – tujuannya sama saja dengan orang yang ingin makan makanan yang sehat dan seimbang gizi.

 

Diet atau makanan apa yang terbaik untuk makanan diabetes?

Sapi dan susu merupakan salah satu makanan diabetes yang terbaik.

Pilih susu skim dan produk susu rendah lemak untuk membantu mengurangi asupan lemak.
Mengidap diabetes tidak melibatkan tuntutan diet yang sangat sulit, dan sementara makanan manis jelas memengaruhi kadar glukosa darah, pola makannya tidak harus benar-benar bebas gula.

Kekhawatiran diet sedikit berbeda untuk orang dengan berbagai jenis diabetes. Untuk orang-orang dengan diabetes tipe 1, diet adalah tentang mengelola fluktuasi kadar glukosa darah sedangkan untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2, itu adalah tentang menurunkan berat badan dan membatasi asupan kalori.

Untuk orang dengan diabetes tipe 1, waktu makan sangat penting dalam hal kontrol glikemik dan dalam kaitannya dengan efek injeksi insulin.

Bagaimanapunjuga, menjaga makanan atau diet yang seimbang untuk makanan diabetes, tidak terbatas pada makanan diabetes saja. Pola makan sehat biasanya mencakup berbagai buah dan sayuran, biji-bijian atau kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, unggas tanpa kulit dan ikan beromega-3. Baca juga: Pengertian & Penjelasan Diabetes / Kencing Manis

 

Diabetes – Kencing Manis: Fakta, gejala, tanda, penyebab dan perawatan

Diabetes, sering disebut oleh dokter sebagai diabetes mellitus, menggambarkan sekelompok penyakit metabolik di mana orang tersebut memiliki glukosa darah tinggi (gula darah), baik karena produksi insulin tidak memadai atau karena sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin, atau keduanya. Klik disini untuk mengetahui ebih lanjut tentang diabetes (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

 

Diabetes kencing manis

Ilustrasi artikel diabetes. Sumber foto: Pexels

 

Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus?

Sejarahnya, nama penyakit ini berasal dari bahasa Yunani dan itu berarti “siphon”. Aretus the Cappadocian, seorang dokter Yunani pada abad ke-2 M… Selanjutnya mohon klik disini (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

 

Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus

Ilustrasi “Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus”. Sumber foto: Pexels

 

Tips untuk Hidup Tetap Sehat Dengan Diabetes

Berikut ini adalah beberapa kiat diet atau menjaga makanan umum untuk tetap sehat dengan diabetes dengan gaya hidup yang sehat. Jika Anda melarang diri Anda sendiri terlalu keras, dengan tidak boleh makan ini dan itu, akhirnya Anda dapat stress sendiri. Klik disini untuk membaca lebih lanjut tentang artikel ini (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

 

Hidup tetap sehat dengan diabetes

Ilustrasi artikel. Sumber foto: Pixabay

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: BBC Good FoodCooking LightIndependentNDTVNews Medical

Artikel ini diperbaharui pada tanggal: 14/02/2019.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-14T18:45:09+07:00 Juni 12th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment