PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kanker Retina | Melanoma koroid, Metastasis koroid, Retinoblastoma, Gejala, Diagnostik, Pengobatan | Sains Kedokteran

3 min read

Retinoblastoma kanker retina

Kanker Retina

Retina adalah membran transparan dan peka cahaya di bagian belakang mata. Kanker retina biasanya dimulai di koroid, lapisan vaskular padat yang memberi nutrisi pada retina. Koroid terletak di antara retina dan sklera (bagian luar, selubung putih mata). Karena vaskularisasi retina bergantung pada koroid, perubahan koroid oleh proses kanker dapat mempengaruhi penglihatan.

Kanker retina dan melanoma koroid adalah dua jenis kanker mata

Kanker retina, juga dikenal sebagai retinoblastoma, adalah kanker langka yang berkembang di retina, yaitu jaringan yang melapisi bagian belakang mata yang bertanggung jawab untuk merasakan cahaya dan mengirimkan sinyal visual ke otak. Retinoblastoma biasanya menyerang anak kecil dan bisa bersifat herediter atau non-herediter. Gejala mungkin termasuk pupil putih atau perbedaan mencolok dalam penampilan atau warna mata. Perawatan untuk retinoblastoma mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, atau kemoterapi.

Melanoma koroid, di sisi lain, adalah jenis kanker yang berkembang di koroid, yaitu lapisan pembuluh darah yang memasok nutrisi dan oksigen ke retina. Melanoma koroid adalah kanker langka yang menyerang orang dewasa dan lebih sering terjadi pada orang dengan kulit cerah dan mata cerah. Gejala mungkin termasuk penglihatan kabur, bintik hitam pada iris atau kehilangan penglihatan. Perawatan untuk melanoma koroid dapat berupa pembedahan, terapi radiasi, atau kombinasi keduanya.

Baik kanker retina dan melanoma koroid adalah kondisi serius yang memerlukan diagnosis dan pengobatan segera oleh dokter spesialis mata atau spesialis kanker mata. Deteksi dini penting untuk hasil yang lebih baik dan pelestarian penglihatan.

Melanoma koroid

Melanoma koroid adalah kanker yang muncul dari sel-sel yang menghasilkan pigmen koroid (melanosit). Ini adalah kanker mata yang paling umum. Ini lebih sering terjadi pada orang dengan kulit putih. Paling sering terjadi antara usia 55 dan 60 tahun.

Gejala

Pada tahap awal, ketajaman visual paling sering normal. Kemudian, dapat mengaburkan penglihatan atau menyebabkan ablasi retina, dengan gejala seperti kilatan, atau selubung atau tirai melintasi bidang visual, atau peningkatan tiba-tiba atau perubahan floaters (objek yang tampak bergerak melintasi bidang penglihatan). Melanoma, terutama yang berukuran besar, dapat menyebar ke rongga mata atau menyebar melalui darah (metastasis) ke bagian tubuh lain dan dapat berakibat fatal.

Diagnostik

Pemeriksaan mata klinis
Tes lainnya
Diagnosis dini melanoma koroid penting karena tumor yang lebih kecil lebih mudah diobati.

Diagnosis dibuat dengan oftalmoskop dan tes termasuk ultrasound, angiografi fluorescein, dan fotografi serial.

Perawatan

Untuk tumor kecil, laser, radioterapi atau implan
Untuk tumor besar, pengangkatan mata
Jika melanoma kecil, perawatan laser, radiasi, atau injeksi zat radioaktif dapat mempertahankan ketajaman visual dan menyelamatkan mata.

Bila kankernya besar, mata harus diangkat.

Metastasis koroid

Metastasis koroid adalah tumor kanker yang berasal dari bagian tubuh lain dan menyebar ke mata. Karena vaskularisasinya yang kaya, koroid sering menjadi tempat metastasis dari organ lain. Pada wanita, penyebab utamanya adalah kanker payudara. Pada pria, kanker paru-paru dan prostat lebih sering terlibat.

Gejala

Seringkali, metastasis koroid tidak menimbulkan gejala ketika mereka tidak dalam stadium lanjut. Gejalanya, ketika muncul, sering berupa hilangnya ketajaman penglihatan atau gejala ablasi retina seperti floaters, kilatan cahaya, penglihatan kabur dan kabut di bidang penglihatan. Kehilangan penglihatan dapat bervariasi dari ringan hingga berat.

Diagnostik

Pemeriksaan mata klinis
USG
Biopsi
Kadang-kadang diagnosis metastasis koroid dibuat dengan oftalmoskop selama pemeriksaan oftalmologis rutin. Diagnosis dikonfirmasi dengan USG.

Konfirmasi diagnosis dapat dilakukan dengan mengeluarkan, dengan jarum halus, sepotong kecil tumor yang akan diperiksa di bawah mikroskop (biopsi).

Perawatan

Kemoterapi dan/atau radioterapi

Kemoterapi atau radioterapi, atau keduanya secara bersamaan, adalah pengobatan yang biasa dilakukan untuk jenis metastasis koroid ini dan bergantung pada jenis kanker primer.

Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah tumor ganas retina, jarang terjadi (satu dari 15 hingga 20.000 anak akan terkena) dan berasal dari genetik, biasanya muncul sebelum usia 5 tahun.

Gejala

Dua tanda yang diketahui menunjukkan risiko retinoblastoma pada seseorang:

– leukocoria (pantulan pupil keputihan, muncul – pada sudut tertentu, dan terkadang disorot dalam foto yang diambil dengan lampu kilat)
strabismus (mata juling).

Diagnostik

Diagnosis retinoblastoma dilakukan oleh dokter mata. Ini melakukan pemeriksaan fundus dengan pelebaran pupil dan, jika dicurigai retinoblastoma, merujuk anak ke pusat khusus yang akan melakukan pemeriksaan fundus dilatasi baru dan pemeriksaan retina, lebih sering di bawah anestesi umum. .

Pemeriksaan oftalmologi dapat dilengkapi dengan MRI dan ultrasonografi okular. Dalam kasus tumor yang sangat besar, invasi retina atau saraf optik, pencarian metastasis jauh mungkin diperlukan.

Perawatan

Perawatannya bisa berupa pembedahan dengan terkadang operasi pengangkatan mata, kemoterapi (cisplatin, etoposide dan vincristine), laser dioda, termo-kemoterapi, cryotherapy, radioterapi atau fotokoagulasi.

Enukleasi seringkali merupakan satu-satunya pilihan dalam bentuk yang tidak menyebar di negara berkembang. Pemeriksaan anatomopatologi mata memungkinkan untuk melihat apakah tumor tetap intraokular.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Penyakit Retina | Berbagai Jenis Penyakit Retinopati


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Harvard UniversityAssociated Retina Consultants

Sumber foto: Morleyj / Wikimedia Commons (Public Domain)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *