PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Ekosistem Lokal di Bali

3 min read

Ekosistem lokal di bali

Ekosistem Lokal di Bali

Populer di kalangan peselancar, penyelam, dan penggemar yoga, terkenal dengan sawahnya yang indah, budaya Hindunya yang tersebar di mana-mana, pantai pasir putih dan hitamnya, pulau Bali adalah salah satu pulau paling wisata di Indonesia. Namun ekosistem lokal di Bali kini menjadi korban kesuksesannya sendiri.

Sejak tahun 1970-an, aktivitas pariwisata tumbuh lebih cepat dari perkiraan pemerintah Indonesia, terutama di bagian selatan pulau. Dengan bonus tambahan dari pemanasan global, Bali menderita dari situasi ini.

Pengolahan limbah adalah kekesalan hewan peliharaan pertama. Sebelumnya masyarakat Bali menggunakan kemasan daun lontar yang bisa dibuang kemana saja karena bersifat biodegradable. Saat ini, dengan hampir 10 juta kantong plastik yang didistribusikan di Bali setiap hari, tidak mungkin lagi mempertahankan kebiasaan tersebut. Ledakan di industri pariwisata menambah masalah ini. Saat ini, lebih dari setengah dari 10.000 meter kubik sampah yang dihasilkan di Bali dibuang begitu saja di sepanjang jalan dan sungai, di dasar jurang atau di tempat pembuangan sampah ilegal. Kurangnya infrastruktur yang didedikasikan untuk pengelolaan limbah menyebabkan polusi tanah, air dan udara yang berbahaya bagi kesehatan.

Sumber daya air dan ekosistem laut juga terancam. Pemanasan global telah memperpendek musim hujan, meningkatkan curah hujan, kekeringan berkepanjangan, dan juga menghangatkan lautan secara perlahan membunuh terumbu karang laut. Peningkatan tajam dalam permintaan air untuk mengairi 4 juta orang Bali, dan hampir sebanyak turis, mengeringkan sumber daya bersih di bagian utara dan tengah pulau. Ketegangan antara pemilik hotel dan petani mulai muncul.

Pekerjaan jangka panjang harus dilakukan untuk membuat orang Bali, tetapi juga wisatawan, sadar akan rasa hormat terhadap lingkungan Bali. Untungnya, komunitas lokal dan ekspatriat yang kuat sedang menerapkan solusi untuk menghadapi urgensi situasi. Green School Village menuju ke arah ini dengan konstruksi tempat yang cukup luar biasa, ekologis, dekat dengan alam dan 100% terbuat dari bambu!

FAUNA DAN FLORA BALI | Ekosistem Lokal di Bali

Salah satu ciri khas fauna dan flora Bali terletak pada keanekaragamannya. Iklim, geografi Bali, karakteristik bentang alam, selalu menjadi hal yang dapat dikagumi di Bali spesies hewan dan tumbuhan yang luar biasa. Dengan taman alamnya yang indah, Bali adalah surga di mana banyak hewan seperti monyet bisa bebas bergerak!

FLORA BALI

Flora Bali dicirikan oleh keanekaragamannya yang luar biasa dengan khususnya sangat banyak spesies tanaman tropis. Di taman alam Bali Barat orang akan dapat mengamati jumlah spesies yang berbeda paling banyak.

Pohon

Di antara berbagai jenis pohon, yang paling mewakili Bali adalah bakau di Selatan, tetapi juga pohon kelapa yang terdiri dari selusin spesies berbeda atau bambu yang spektakuler. Dianggap sebagai pohon suci, Banyan adalah salah satu pohon yang paling mengesankan di Bali. Itu dihiasi oleh orang Bali dengan kain kotak-kotak sebagai tanda pemujaan dan kontemplasi keagamaan.

Banyak spesies pohon memiliki kegunaan, kadang-kadang bahkan tujuan ekonomi. Bambu, misalnya, dengan kekokohan dan diameternya yang mengesankan, digunakan dalam dekorasi, furnitur atau untuk produksi alat musik. Lontar (pohon palem borasse) disulap menjadi kertas.

Tumbuhan dan bunga

Di Bali, aroma bunga sangat halus dan bercampur sesuai dengan tanaman dan bunga yang bisa dilihat. Magnolia, kembang sepatu, melati, bugenvil, begitu banyak jenis bunga beraroma lembut yang mengharumkan lubang hidung. Di banyak taman juga ditemukan, seperti di kuil, bunga-bunga mewah seperti anggrek, teratai atau bahkan kamboja.

Bunga sangat hadir dalam dekorasi terutama di kuil-kuil, di patung-patung atau di semua monumen lainnya. Mereka juga digunakan sebagai persembahan selama upacara keagamaan.

SATWA DI BALI

Satwa liar di Bali dapat berupa terestrial dan akuatik. Di tikungan jalur pendakian Anda dapat menemukan kera, kerbau, atau bahkan babi hitam. Spesies laut, pada bagian mereka, paling spektakuler!

Kera

Hewan penting dan sangat hadir dalam agama Hindu, kera dan lebih khusus lagi kera ekor panjang sangat banyak jumlahnya di Bali. Selain itu, di hutan monyet Ubud konsentrasi mereka adalah yang paling penting. Mereka berevolusi dengan bebas di tengah pepohonan dan kuil. Mereka juga menghuni pura Pura Pulaki dalam jumlah besar.

Hewan lain

Taman-taman alam Bali, seperti Bali Barat, merupakan tempat penyambutan bagi jenis-jenis satwa yang dikatakan lebih “domestik”. Dengan demikian, Anda akan dapat melihat kerbau, reptil, babi hitam, dan ayam jantan. Pulau Bali juga memiliki sekitar 300 spesies burung yang berbeda.

Spesies laut

Dasar laut Bali sangat murni, yang selain karang, merupakan ekosistem yang kaya bagi banyak spesies laut. Pulau Menjagan merupakan tempat perlindungan penyu yang kini menjadi salah satu spesies yang dilindungi. Pari manta sendiri berkembang biak di perairan Nusa Penida.

Perairannya juga dihuni oleh Mola Mola, ikan bulan atau ikan-ikan dengan tampilan spektakuler seperti ikan kodok, ikan daun atau bahkan ikan mandarin.

Jika Bali adalah tujuan surgawi bagi para pelancong yang datang untuk menemukannya, demikian juga dengan fauna dan floranya yang sangat kaya. Berkembang dalam pengaturan dan lingkungan yang istimewa, spesiesnya hidup bebas dan bahkan sebagian besar spesies yang dilindungi. Penggemar menyelam akan dapat menemukan ikan yang indah dengan penampilan yang sangat istimewa!

Sumber bacaan: Villa Carissa Seminyak, CleverlySmart, Green School Bali

Sumber foto: Pxhere (CC0 Public Domain)

Bacaan Lainnya


Tren Perubahan Iklim | Iklim sedang berubah dan ini adalah sebuah kenyataan


Sumber bacaan: Live Science, EPACarbon GlobeThe GuardianEco Score

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *