fbpx

Alfred Nobel Bermuka 2: Penemu Penghargaan Nobel Dan Penjual Senjata Dinamit

Sisi Gelap Alfred Nobel Yang Bermuka 2: Penemu Penghargaan Nobel Dan Penjual Senjata

Alfred Nobel yang dikenal publik sebagai  penemu Penghargaan Nobel. Tetapi yang kurang dikenal adalah bahwa dia adalah seorang kimiawan dan penemu, pembuat dan produsen senjata khusus dalam bahan peledak yang disebut dinamit.

 

Alfred Nobel Penemu Dinamit

Setelah menemukan dinamit pada tahun 1876, ia menulis dalam surat wasiatnya pada tahun 1895 bahwa  ia mewariskan seluruh kekayaannya untuk pembentukan Penghargaan Nobel (Nobel Prize) dan juga untuk memberikan citra positif pada dirinya setelah kematiannya.


Malapetaka Yang Terjadi

Dinamit tidak hanya membuat keberuntungan untuk Alfred Nobel, itu juga merupakan sumber ketidakbahagiaan; saudaranya, Emil, meninggal pada saat percobaan dengan memanipulasi nitrogliserin(larutan yang mudah meledak, berminyak, tak berwarna dan berat) yang meledak. Alfred sangat terpengaruh dengan meninggalnya saudaranya, kemudian ia mengembangkan dinamit peledak yang lebih aman dan stabil.


Sekilas Tentang Alfred Nobel

Alfred Bernhard Nobel (lahir di Stockholm, 21 Oktober 1833 – meninggal di Norra begravningsplatsen, Stockholm, 10 Desember 1896 pada umur 63 tahun). Dia menggunakan kekayaannya dari 355 paten untuk membentuk lembaga Penghargaan Nobel.


Apakah Penghargaan Nobel?

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi yang luar biasa kepada masyarakat. Hal ini saat ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia.


Penghargaan “Nobel” Pertama

Pada tahun 1901, hadiah pertama Nobel dalam fisika, kimia, sastra, fisiologi dan obat-obatan dibagikan di Stockholm, Swedia dan Hadiah Nobel Perdamaian di Kristiania (sekarang Oslo), Norwegia.


Acara Penghargaan Nobel Tahunan

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, yaitu tanggal Alfred Nobel wafat. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.


Kategori Penghargaan Nobel

Penghargaan dianugrahkan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam:

  • Fisika (ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia).
  • Kimia (ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia).
  • Fisiologi atau Kedokteran (ditentukan oleh the Karolinska Institute).
  • Sastra (ditentukan oleh the Swedish Academy).
  • Perdamaian (ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting).
    Setelah Nobel meninggal ternyata dia belum meminta badan penentuan apakah mereka bersedia menjalani tugasnya; mereka memutuskan untuk melakukannya setelah begitu banyak keraguan. Dalam 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia, menambah “Penghargaan dalam Sains Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel”.
  • Ekonomi (ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences).
    Oleh karena penghargaan ini tidak berdasarkan keinginan Nobel dan tidak dibayar dengan uangnya, secara teknis ini bukan Penghargaan Nobel (dan keluarga Nobel sekarang juga tidak menerimanya). Tetapi penghargaan ini diberikan bersamaan dengan penghargaan Nobel.


Keputusan Untuk Tidak menambah Penghargaan Lainnya

Pada tahun 1968, ditetapkan keputusan untuk tidak menambah penghargaan lainnya “untuk mengenang Nobel”. Dalam Februari 1995, penghargaan ekonomi dinamai penghargaan ilmu sosial, membuka kesempatan bagi bidang ilmu politik, psikologi, dan sosiologi. Komite penghargaan ekonomi ini juga memasukkan 2 orang non-ekonom, di mana sebelumnya terdiri dari 5 orang ekonom.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Nobel Prize, Brain Pickings, Biography, Live Science

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T09:29:48+00:00 April 27th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment