fbpx

Gelombang Radio – Manfaat – Tabel Frekuensi Radio

Gelombang Radio

Gelombang radio adalah jenis radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang dalam spektrum elektromagnetik lebih lama dari cahaya inframerah.

Frekuensi radio mengacu kepada spektrum elektromagnetik di mana gelombang elektromagnetik dapat dihasilkan oleh pemberian arus bolak-balik ke sebuah antena. Frekuensi seperti ini termasuk bagian dari spektrum seperti dalam tabel di bawah ini.

Manfaat gelombang radio

Penggunaan paling dikenal gelombang radio adalah untuk mengirim foto, audio, dan teks dalam bentuk sinyal. Frekuensi terendah gelombang radio umum digunakan untuk komunikasi dengan kapal selam karena memiliki energi yang rendah – tidak mudah dideteksi – namun memiliki daya tembus tinggi.

1. Ponsel

Ponsel adalah barang elektronik yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan seiring perkembangan teknologi kehadiran ponsel semakin sulit untuk dilepaskan sebagai kebutuhan utama. Karena melalui ponsel semua sarana komunikasi jarak jauh dapat diatasi dengan baik.

Ditambah dengan media dan aplikasi yang bisa diinstall diponsel untuk memudahkan kenyamanan dalam komunikasi. Namun dalam kinerjanya yang cepat untuk berbagi informasi dengan jarak yang jauh ponsel memerlukan gelombang radio sebagai pancaran sinyal.

2. Radio

Radio adalah  media untuk komunikasi dan informasi. Penemu radio adalah seorang ilmuwan fisika yang berasal dari Italia bernama gaglieso marconi. Cara kerja radio dengan memanfaatkan gelombang radio dan mengirimkan sinyal dengan cara radiasi dan modulasi.

Berbeda dengan radio, alat media lainnya untuk menyampaikan informasi melalui suara dan gambar adalah televisi. Kehadiran televisi mulai perlahan menggeser radio namun para pecinta radio tetap ada hingga sekarang ini.

Televisi juga menggunakan bantuan dari gelombang radio untuk dapat tayang dan ditonton oleh seluruh lapisan masyarakat dunia. Seiring dengan kemajuan teknologi televisi dari negara lain juga sudah bisa langsung ditonton di Indonesia.

3. Teleskop

Teleskop merupakan alat yang berguna untuk mengamati luar angkasa secara lebih detail. Alat ini bekerja dengan menangkap gelombang radio dari luar angkasa sehingga banyak akitifiatas dari luar angkasa yang terekam yang tidak bisa diketahui melalui teleskop biasa.

4. Radar

Manfaat gelombang radio berikutnya adalah untuk mengoptimalkan kinerja radar. Radar juga banyak digunakan untuk sistem pesawat terbang dan kapal selam. Tujuannya adalah untuk mengetahui objek lain yang berada disekitar mereka. Paling utama sekali sistem radar ini sangat bermanfaat saat cuaca buruk untuk pesawat dan kapal selam.

5. Ilmu astronomi

Ilmu atronomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang luar angkasa. Bumi sendiri termasuk kedalam jajaran galaksi bimasakti. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai ilmu astronomi diperlukan gelombang radio yang berfungsi untuk memudahkan memahami alam semesta.

Walkie talkie merupakan alat genggam serupa hp yang menggunakan gelombang radio. Cara kerja dari walkie-talkie adalah dengan merambatnya gelombang ke dalam walkie talkie dan mengubahnya menjadi suara sehingga alat ini bisa menjadi sarana komunikasi. Walkie talkie banyak digunakan oleh aparat keamanan dalam menjalankan tugasnya.

6. Satelit

Satelit adalah benda yang berputar sesuai dengan rotasi bumi. Rotasi bumi yang terjadi menyebakan adanya siang dan malam hari.

Kegunaan dari satelit sangat banyak sekali dan salah satu cara kerja satelit adalah dengan memanfaatkan gelombang radio. Berdasarkan jenisnya sendiri satelit terbagi menjadi dua jenis yaitu satelit alami dan satelit buatan.

7. Media informasi

Manfaat utama dari gelombang radio dalam kehidupan manusia adalah sebagai pembawa informasi. Informasi yang menggunakan gelombang radio dapat direntang dalam jarak yang jauh. Itu sebabnya banyak yang memanfaatkan gelombang radio sebagai media informasi yang aman dan cepat dalam menyampaikan informasi.

8. Kecantikan kulit

Ternyata gelombang radio juga bermanfaat di bidang kecantikan terutama kulit. Cara kerjanya dengan memanfaatkan osilasi untuk mengencangkan kulit wajah. Jadi kulit wajah yang kendur bisa dikencangkan dengan menggunakan gelombang radio secara medis.

Bagaimana cara kerja gelombang radio?

Cara Kerja Radio:

1. Sinyal radio dipancarkan dengan menggunakan gelombang pembawa.
2. Gelombang radio yang merupakan sebuah bagian dari spektrum elektromagnetik.
3. Panjang gelombang paling panjang yang dipantulkan oleh lapisan udara yang juga berada tinggi di dalam atmosfer bumi yang disebut ionosfer.

Tabel Frekuensi Gelombang Radio

Frekuensi Panjang gelombang Nama band Singkatan
3 – 30 Hz 104 – 105 km Extremely low frequency ELF
30 – 300 Hz 103 – 104 km Super low frequency SLF
300 – 3000 Hz 100 – 103 km Ultra low frequency ULF
3 – 30 kHz 10 – 100 km Very low frequency VLF
30 – 300 kHz 1 – 10 km Low frequency LF
300 kHz – 3 MHz 100 m – 1 km Medium frequency MF
3 – 30 MHz 10 – 100 m High frequency HF
30 – 300 MHz 1 – 10 m Very high frequency VHF
300 MHz – 3 GHz 10 cm – 1 m Ultra high frequency UHF
3 – 30 GHz 1 – 10 cm Super high frequency SHF
30 – 300 GHz 1 mm – 1 cm Extremely high frequency EHF
300 GHz – 3000 GHz 0.1 mm – 1 mm Tremendously high frequency THF

Rough plot of Earth’s atmospheric transmittance (or opacity) to various wavelengths of electromagnetic radiation, including radio waves.

Catatan: di atas 300 GHz, penyerapan radiasi elektromagnetik oleh atmosfer bumi begitu besar sehingga atmosfer secara efektif menjadi “opak” ke frekuensi lebih tinggi dari radiasi elektromagnetik, sampai atmosfer menjadi transparan lagi pada yang disebut jangka frekuensi infrared dan jendela optikal.

Band ELF, SLF, ULF, dan VLF bertumpuk dengan spektrum AF, sekitar 20–20,000 Hz. Namun, suara disalurkan oleh kompresi atmosferik dan pengembangan, dan bukan oleh energi elektromagnetik.

Penghubung listrik didesain untuk bekerja pada frekuensi radio yang dikenal sebagai Penghubung RF. RF juga merupakan nama dari penghubung audio/video standar, yang juga disebut BNC (Bayonet Neill-Concelman).

Rumus Fisika Lainnya

Fisika banyak diisi dengan persamaan dan rumus fisika yang berhubungan dengan gerakan sudut, mesin Carnot, cairan, gaya, momen inersia, gerak linier, gerak harmonik sederhana, termodinamika dan kerja dan energi. Klik disini untuk melihat rumus fisika lainnya (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: PhysicsTutor Vista

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-01-21T15:04:27+07:00 Januari 21st, 2020|Fisika, IPA|0 Comments

Leave A Comment