Ilusi Optik Yang Dapat Mengubah Cara Anda Dalam Melihat Realita

Apakah Ilusi Optik?

Ilusi optik adalah gambar atau objek yang kita lihat berbeda dari keadaan yang sebenarnya. Dengan kata lain ilusi optik terjadi ketika mata kita mengirimkan informasi ke otak dan yang akhirnya terkecoh dan yang tidak sesuai dengan kenyataan.


Bagaimana Terjadinya Ilusi Optik?

Ilusi optik terjadi disebabkan karena otak kita tidak dapat mentafsir dengan tepat, objek yang dilihat oleh mata kerana gangguan keadaan di sekitar objek. Ilusi visual yang terjadi karena sifat dari daerah visual otak pada saat mereka menerima dan memproses informasi. Dengan kata lain, persepsi Anda tentang ilusi memiliki kaitan yang kurang lebihnya dengan bagaimana otak Anda bekerja terhadap optik mata Anda.

Kecohan ini dapat menggunakan warna, cahaya dan pola untuk membuat gambar yang bisa menipu atau menyesatkan untuk otak kita. Informasi yang dikumpulkan oleh mata diproses oleh otak, yang secara otomatis menciptakan persepsi bahwa dalam kenyataannya, tidak sesuai dengan gambar yang benar.


Fisiologis

Beberapa ilusi optik merupakan hal yang fisiologis. Ini berarti bahwa mereka disebabkan oleh semacam sarana fisik di mata atau otak.

The Mach Band ilusi adalah contoh dari ilusi fisiologis. Garis di tengah gambar adalah salah satu warna yang solid. Namun, karena bagaimana retina mata menyaring nuansa yang berbeda di kedua sisi garis, sisi kanan garis muncul lebih gelap, sementara sisi kiri garis muncul dan terlihat lebih ringan.


Kognitif

Ilusi optik lainnya adalah kognitif. Ilusi kognitif, seperti ambigu (membingungkan atau objek bisa ditafsirkan secara berlainan), distorsi (membolak-balik) dan ilusi paradoks (fantasi), terjadi ketika otak kita secara otomatis membuat asumsi berdasarkan informasi yang dikirim dari mata. ilusi ini kadang-kadang disebut “pikiran permainan.”


Keyakinan Para Ilmuwan Dan Contoh Ilusi Optik Lainnya

Para ilmuwan yakin bahwa ilusi optik yang mungkin karena otak kita begitu baik mengenali pola dan “melihat” benda-benda asing. Otak kita mulai bekerja dengan cepat untuk membuat dan menarik kesimpulan “seluruh” gambar dari bagian yang terpisah-pisah.

 



Apakah yang dapat Anda lihat pada gambar hitam putih diatas?

Contoh lainnya: #120 circle optical illusion, #122 optical illusion hidden man, can you spot Spongebob?, dan masih banyak lagi…


Bacaan Lainnya

 

Sumber: Wonderpolis, ABC News, Optics 4 Kids

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2017-07-30T15:34:11+00:00 Februari 28th, 2017|Lainnya|7 Comments

7 Comments

  1. […] Optik Yang Dapat Mengubah Cara Anda Dalam Melihat Realita! https://www.pinterpandai.com/ilusi-optik *Bila perlu, perbesar gambarnya […]

  2. Firman Hidayat 23/03/2017 at 4:03 pm - Reply

    Wah jadi tau sekarang..

  3. Jessica Nite 24/03/2017 at 2:47 pm - Reply

    Iya ok nih artikelnya. Bener-bener bisa mengubah cara melihat realita.

  4. Bagas 29/01/2018 at 7:21 pm - Reply

    Keren euy contentnya membuat saya jadi pintar Dan kreatif makasih team pintar pandai

Leave A Comment