PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Jerawat (Acne) | Kapan dan bagaimana mengobatinya?

4 min read

Jerawat (Acne) | Kapan dan bagaimana mengobatinya?

Jerawat (Acne)

Jerawat adalah patologi kulit yang sangat umum, terutama mempengaruhi remaja dan dewasa muda dari kedua jenis kelamin.

Masalah jerawat:

  • lebih dari 3 dari 4 remaja (menurut penelitian, antara 75 dan 95%)
    dan antara 25 dan 58 tahun, 12% wanita dan 3% pria
  • Dalam 20% kasus, itu adalah jerawat sedang hingga sangat parah.

Apa itu jerawat?

Jerawat adalah penyakit kulit kronis yang terjadi selama perubahan hormonal, terutama pada masa remaja. Ini mempengaruhi kelenjar yang mengeluarkan sebum di akar rambut, yang disebut “folikel pilosebaceous“.

Fungsi folikel ini terganggu: sekresi sebum (yang fungsinya melindungi kulit) menjadi berlebihan dan sintesis keratin tidak berfungsi.

Ini menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit dan penampilan:

komedo hitam (komedo terbuka) atau komedo putih (komedo tertutup atau “mikrokista”);
whiteheads ini dapat menjadi meradang karena bakteri (Propionibacterium acnes) dan menjadi tidak bernanah (papula), purulen (pustula) merah “jerawat[1]” atau umumnya lebih besar “jerawat” menyakitkan dan tertanam jauh di dalam kulit (nodul).
Manifestasi yang berbeda ini – yang terutama ditemukan pada wajah, punggung, bahu dan bagian depan dada – dapat muncul bersamaan pada pasien yang sama.

Jerawat adalah penyakit yang dapat memiliki dampak psikologis yang nyata dan mengubah kualitas hidup: gangguan mood, depresi, perubahan citra diri, kesulitan hubungan… Dalam kasus yang parah, jerawat juga dapat menyebabkan pembentukan lesi jaringan parut yang menyebabkan sebagian besar kasus serius penampilan wajah bopeng.

Tingkat keparahan

Kita dapat membedakan 6 tingkat keparahan yang berbeda pada jerawat, tergantung pada permukaan kulit yang terkena (dan lebih khusus lagi wajah) dan sifat “jerawat” yang ada.

Tingkat atau derajat keparahan

Tanda-tanda

0. Tidak ada lesi (luka)Pigmentasi sisa dan kemerahan (eritema) mungkin ada
1. Hampir tidak ada lesiKomedo atau whitehead (komedo putih) yang tersebar jarang dan “jerawat” (papula) yang jarang dan tidak bernanah
2. RinganKurang dari setengah wajah terpengaruh

Beberapa komedo atau whiteheads (komedo) dan beberapa “jerawat” (papulo-pustula)

3. SedangLebih dari setengah permukaan wajah terpengaruh

Banyak “jerawat” (papulo-pustula) dan komedo atau whiteheads (komedo).

Sebuah “jerawat” yang lebih besar tertanam di bawah kulit (nodul) mungkin ada

4. ParahSeluruh wajah terpengaruh

Itu ditutupi dengan banyak lesi (papulo-pustula), dengan komedo atau whiteheads (komedo) dan “jerawat” yang lebih besar dan jarang tertanam di bawah kulit (nodul)

5. Sangat parahJerawat yang meradang parah menutupi wajah dengan “jerawat” yang lebih besar tertanam di bawah kulit (nodul)

FOKUS: kekhususan perawatan jerawat

Perawatan tidak menyembuhkan jerawat (kecuali dalam beberapa kasus setelah pengobatan isotretinoin oral). Mereka meringankan gejala dan perlu untuk melanjutkan pengobatan lokal setelah mendapatkan remisi untuk menghindari atau setidaknya menunda terjadinya kekambuhan.
Tidak ada pengobatan yang langsung efektif, dibutuhkan beberapa minggu sebelum memperoleh perbaikan.
Tindak lanjut yang baik dari perawatan jerawat adalah jaminan keberhasilannya. Namun, hanya 32 hingga 50% pasien yang mengikutinya dengan benar.

Pengobatan dan penanganan

Unsur-unsur yang secara khusus mendorong untuk mengobati jerawat adalah:

  • keparahan jerawat
  • risiko jaringan parut (kebanyakan disebabkan oleh nodul);
  • dampak psikososial, jika jerawat mempengaruhi kualitas hidup atau jika mengganggu hubungan dengan orang lain.

Derajat keparahan

Pengobatan dan perawatan

Jerawat ringan
  • Pengobatan lokal

Pengobatan serangan lini pertama adalah lokal (krim atau gel). Benzoil peroksida dan retinoid adalah dua jenis molekul utama yang ditawarkan dalam pengobatan lokal.

Jerawat sedang hingga parah
  • Pengobatan lokal

or

  • Pengobatan lokal yang berhubungan dengan terapi antibiotik

Kita bisa segera memulai dengan pengobatan lokal yang dikombinasikan dengan terapi antibiotik (doksisiklin atau lymecycline) secara oral.

Jerawat yang sangat parah
  • Isotretinoin

Jika ada risiko jaringan parut yang signifikan atau bekas luka, dokter mungkin meresepkan isotretinoin lini pertama (lebih dikenal dengan salah satu nama pemasaran sebelumnya Roaccutane®, lihat pertanyaan di atas).Preferensi pasien juga harus dipertimbangkan untuk mempromosikan tindak lanjut pengobatan yang baik.

FOKUS: kekhususan perawatan jerawat

Perawatan tidak menyembuhkan jerawat (kecuali dalam beberapa kasus setelah pengobatan isotretinoin oral). Mereka meringankan gejala dan perlu untuk melanjutkan pengobatan lokal setelah mendapatkan remisi untuk menghindari atau setidaknya menunda terjadinya kekambuhan.
Tidak ada pengobatan yang langsung efektif, dibutuhkan beberapa minggu sebelum memperoleh perbaikan.
Tindak lanjut yang baik dari perawatan jerawat adalah jaminan keberhasilannya. Namun, hanya 32 hingga 50% pasien yang mengikutinya dengan benar.

Dalam kasus kegagalan

Pertama-tama, perlu untuk memastikan bahwa perawatan yang ditentukan telah diikuti oleh pasien, karena ini tidak terjadi di hampir separuh situasi.

Jika pengobatan diikuti dengan benar, modifikasi pengobatan tergantung pada tingkat keparahan dan kemungkinan kesulitan yang dihadapi pasien dengan pengobatannya.

Dalam semua kasus, tujuannya adalah untuk mencapai remisi selama mungkin hanya melalui pengobatan lokal dengan benzoil peroksida dan/atau retinoid lokal untuk membatasi penggunaan antibiotik.

Dalam kasus kegagalan pengobatan lokal dalam kasus jerawat ringan

Bila terjadi kegagalan dalam 3 bulan meskipun pengobatan lokal dimonitor dengan baik, pengobatan ini dapat dimodifikasi, ditingkatkan (misalnya, peningkatan dosis krim, konsentrasi, jumlah aplikasi, dll.) atau terapi antibiotik dengan rute oral dapat diperkenalkan di samping pengobatan lokal.

Jika terjadi kegagalan pengobatan yang menggabungkan pengobatan lokal dan terapi antibiotik oral dalam kasus jerawat sedang atau parah

Dalam hal ini, pengobatan dengan isotretinoin (lebih dikenal dengan salah satu nama pemasaran sebelumnya Roaccutane®) akan dipertimbangkan.

Tindakan pencegahan yang harus diambil

1. Tentang perawatan lokal

Perawatan topikal sering memiliki efek iritasi terkait dengan cara kerjanya yang dapat dikurangi dengan penggunaan pembersih ringan dan krim emolien.

2. Tentang antibiotik

Seperti halnya dalam pengobatan penyakit lain, penggunaannya harus dibatasi pada situasi di mana mereka dibutuhkan karena peningkatan strain bakteri yang resisten.

3. Tentang isotretinoin (lebih dikenal dengan salah satu nama dagang sebelumnya Roaccutane®)

Pada wanita hamil: penggunaan isotretinoin dilarang, karena menyebabkan malformasi serius bagi janin. Oleh karena itu, wanita dalam keadaan apa pun tidak boleh hamil selama pengobatan dengan obat ini atau dalam bulan setelah penghentiannya. Dengan demikian diminta untuk mengikuti kontrasepsi yang efektif dan untuk melakukan tes kehamilan sebelum resep isotretinoin, tes diulang setiap bulan selama pengobatan dan 5 minggu setelah berhenti.

Baca juga: Jerawat (Acne) | Kapan dan bagaimana mengobatinya?

Resep hanya dapat dibuat dalam waktu 3 hari dari tes kehamilan dan pengiriman oleh apoteker dalam waktu 7 hari. Semua langkah ini diikuti dan dicatat dalam buku catatan yang diberikan oleh dokter.

Pada populasi umum: bahkan jika penelitian pada sampel populasi besar tidak menunjukkan peningkatan risiko gangguan depresi, fakta bahwa gangguan tersebut telah diamati secara luar biasa pada pasien yang menjalani pengobatan dengan isotretinoin membenarkan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan terhadap risiko ini. Oleh karena itu dianjurkan agar pasien berkomunikasi dengan dokternya sebelum memulai pengobatan, semua kemungkinan riwayat pribadi dan keluarga dari gangguan psikologis dan kejiwaan.

Tindakan pencegahan untuk wanita hamil

Jika pengobatan jerawat tidak dapat ditunda, penggunaan molekul berikut dimungkinkan selama kehamilan dan pada wanita menyusui:

  • benzoil peroksida terlepas dari jangka waktu kehamilan;
  • seng dari trimester ke-2, dengan mempertimbangkan kemungkinan asupan seng lainnya (khususnya suplemen “polivitamin dan elemen pelacak”) agar tidak overdosis;

Gangguan Spesifik

Secara umum, tidak ada penyakit terkait yang harus dicari pada jerawat yang terisolasi. Namun, jika terjadi gangguan siklus menstruasi atau hirsutisme atau timbulnya jerawat dini, penilaian hormonal serta pengobatan oleh ahli endokrinologi atau ginekolog harus ditawarkan.

Selain itu, jerawat terkadang dapat memiliki dampak psikologis yang besar yang memerlukan perhatian khusus dan memerlukan perawatan khusus.

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber foto: CleverySmart, HealthLine, Mayoclinic, NHS UK

Sumber foto: Yiyiphotos / Pixabay

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.