Fakta Kelelawar – Yang mungkin Anda belum ketahui

Kelelawar

Kelelawar adalah mamalia (binatang menyusui) yang dapat terbang yang berasal dari bangsa “Chiroptera” dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap.

Ada 1.200 spesies kelelawar di seluruh dunia, membentuk seperempat dari mamalia dunia.

 

Kelelawar Choeronycteris Mexico

Kelelawar lidah panjang Meksiko (Choeronycteris mexicana) minum dari kaktus. Sumber foto: Wikimedia

 

Fakta Kelelawar

1. Mereka dapat hidup lebih dari 30 tahun dan dapat terbang dengan kecepatan hingga 100 km/jam.

Sayap adalah membran yang sangat bervaskularisasi, pembuluh darah yang lebih besar terlihat terhadap cahaya. Sumber foto: Wikipedia

 

2. Mereka dapat menemukan makanan mereka dalam kegelapan total. Mereka menemukan serangga dengan mengeluarkan teriakan suara bernada tinggi yang tidak terdengar, 10-20 beep per detik dan mendengarkan pantulan gema. Mereka “melihat” menggunakan echolocation.

 

3. Banyak kelelawar makan serangga. Mereka dapat memakan hingga 1.200 nyamuk dalam satu jam dan sering mengonsumsi berat badan mereka pada serangga setiap malam, membantu menjaga populasi serangga tetap terkendali.

Yang lainnya memakan buah atau nektar dan dapat memainkan peran penting sebagai penyerbuk.

 

4. Hanya ada 3 spesies “kelelawar vampir” – yang hidup dari spesies hewan. Jenis mereka adalah: ommon vampire bat (Desmodus rotundus), the hairy-legged vampire bat (Diphylla ecaudata), and the white-winged vampire bat (Diaemus youngi).

Ketiga spesies ini berasal dari Amerika, mulai dari Meksiko hingga Brasil, Chili, Uruguay dan Argentina.

 

Kelelawar vampir

Kelelawar vampir (Desmodus rotundus) memakan darah (hematophagy). Sumber foto: Wikipedia

 

5. Kebanyakan mereka hanya memiliki satu ekor bayi per tahun, membuat mereka sangat rentan terhadap kepunahan. Ibu-ibu kelelawar dapat menemukan bayi mereka di antara ribuan atau jutaan kelelawar lainnya dengan suara dan aroma unik mereka.

 

6. Yang terbesar di dunia adalah “flying fox” atau Pteropus yang hidup di pulau-pulau di Pasifik Selatan. Ia memiliki lebar sayap hingga 183 cm.

 

7. Yang terkecil di dunia adalah jenis “lebah” Thailand, yang lebih kecil dari ukuran kecil dan beratnya kurang dari koin satu Rp 100.

 

8. Dia hanya seorang mamalia yang bisa terbang. Seperti semua mamalia sejati, pada saat bayi diberi susu dari ibu mereka. Tetapi tidak ada mamalia lain yang bisa terbang seperti kelelawar. “Tupai terbang” dan mamalia sejenis hanya bisa meluncur dengan baik.

 

9. Untuk memungkinkan terbang, kelelawar mencerna makanan mereka dengan sangat cepat, terkadang mengeluarkan makanan dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah makan. Itu membantu mereka menjaga berat badan mereka.

 

Kelalawar besar - flying fox

Kelelawar golden fox besar (Acerodon Jubatus). Sumber foto: Wikimedia

 

10. Kelelawar terkenal menggantung terbalik dengan kaki mereka dari cabang dan atap gua. Mereka tidak jatuh ketika mereka tertidur atau berhibernasi karena kaki mereka dalam posisi terjepit ketika otot-ototnya rileks.

Ada beberapa ide tentang mengapa kelelawar digantung terbalik. Salah satunya adalah membuatnya mudah bagi mereka untuk terbang di udara dengan cepat – mereka hanya harus melepaskannya. Bahwa mereka juga menghemat energi dalam posisi itu.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: NatureLive ScienceBBC

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-04T23:25:55+07:00 Juni 4th, 2018|IPA, Top 10|0 Comments

Leave A Comment