PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Solusi Untuk Mengurangi Konsumsi Listrik

5 min read

Solusi untuk mengurangi konsumsi listrik

Solusi Untuk Mengurangi Konsumsi Listrik

Terdapat banyak solusi untuk mengurangi konsumsi listrik dan tagihan. Setiap rumah tangga rata-rata memiliki ratusan perangkat listrik dan elektronik. Pemborosan, peralatan berlebih, kurangnya perawatan… dapat menambah tagihan listrik Anda. Beberapa solusi untuk mengurangi konsumsi listrik dapat membuat perbedaan yang banyak.

1. Matikan semua peralatan yang standby

Kemajuan signifikan telah dibuat untuk membatasi konsumsi standby: peraturan beberapa negara, contohnya di Eropa untuk membatasi daya mereka hingga 0,5 W untuk sejumlah perangkat tertentu. Namun, tetap 2 W untuk perangkat yang terhubung ke Internet atau jaringan data.

Mematikan standby dapat menghemat hingga 10% dari tagihan listrik (tidak termasuk pemanas), tetapi juga melestarikan peralatan.

Menjaga peralatan audiovisual dan komputer, peralatan memasak dan peralatan rumah tangga kecil (pembuat kopi, mesin roti, dll.) dalam keadaan siaga tidak terlalu berguna. Untuk mesin cuci dan mesin pencuci piring, jam tangan sering digunakan untuk mendeteksi kebocoran air dan tidak bijaksana untuk melepasnya.

Langkah yang baik: gunakan soket ekstensi dengan sakelar yang memungkinkan Anda menyambungkan beberapa perangkat dan mematikan semuanya secara bersamaan.

Baca juga: Menghitung Biaya Listrik | Rumus, Cara Hitung, Contoh, Soal dan Jawaban

2. LED, ya tapi tidak untuk dekorasi

Lampu LED mengkonsumsi sedikit listrik dan bertahan lama (hingga 40.000 jam), cukup untuk mengimbangi harga pembeliannya. Mereka adalah solusi pencahayaan rumah terbaik, asalkan mereka bertahan lebih dari 20.000 jam dan dinilai baik pada label energi.

Lampu LED memungkinkan Anda memainkan warna cahaya untuk menciptakan suasana yang disesuaikan dengan ruangan yang berbeda (dapur, ruang tamu, kamar tidur, dll.). Pilih warna putih hangat 2700 hingga 3500 Kelvin untuk ruang tamu dan kamar tidur dan pilih pencahayaan yang lebih dinamis di dapur atau kamar mandi (3500 hingga 4500 Kelvin).

Waspadai efek “deco LED” yang semakin marak muncul pada furnitur. LED ini tidak berguna untuk penerangan tetapi tetap mengkonsumsi listrik.

Jangan biarkan lampu yang tidak perlu menyala
Matikan lampu saat meninggalkan ruangan.

Pilih warna terang untuk menghiasi interior Anda (dinding, lantai, kap lampu, dll.) karena mereka memantulkan cahaya lebih baik sementara warna gelap menyerapnya.

Tempatkan sofa, meja di dekat jendela dan nikmati cahaya alami selama mungkin.

3. Mendukung program “Eco” dari mesin cuci dan mesin pencuci piring

Program “Eco” menghemat air dan energi meskipun waktu siklus lebih lama. Waktu perendaman dan pencucian lebih lama tetapi air yang dipanaskan lebih sedikit. Namun, pemanasan airlah yang paling banyak menghabiskan listrik.

4. Jalankan mesin cuci dan mesin pencuci piring Anda hanya saat penuh

Setengah memuat mesin cuci mengkonsumsi lebih sedikit air tetapi sama banyak listriknya! Sebaliknya, tunggu sampai drum penuh untuk mengoperasikan perangkat Anda.

Kami menggunakan mesin pencuci piring kami rata-rata 3 sampai 5 kali seminggu dan 18% rumah tangga bahkan menggunakannya setiap hari. Mungkin juga membuatnya berfungsi hanya jika sudah penuh.

5. Jangan menggunakan pengering baju secara sistematis

Jika bisa, biarkan cucian Anda mengering. Terlepas dari kemajuan yang dibuat oleh produsen dalam beberapa tahun terakhir, pengering tetap menjadi alat rumah tangga yang intensif energi (sekitar 200 kWh per tahun).

6. Tutup panci saat memasak

Saat Anda menutup panci dan wajan, memasak lebih cepat. Untuk merebus air atau memasak hidangan Anda, menutupnya akan menghabiskan energi 25% lebih sedikit.

7. Batasi ukuran TV

Televisi yang lebih besar yang berada di ruang keluarga, tetapi mengkonsumsi lebih banyak listrik: televisi 160 cm (diagonal) mengkonsumsi sebanyak 3 atau 4 televisi 80 cm.

8. Jangan biarkan komputer dan konsol game terpasang saat Anda tidak menggunakannya

Seringkali dibiarkan dalam keadaan standby atau dijeda, perangkat ini mengkonsumsi listrik secara tidak perlu. Lebih baik untuk mematikannya sepenuhnya saat Anda tidak lagi menggunakannya.

9. Matikan kotak internet saat Anda tidak membutuhkannya

Sebuah kotak sering bertahan selama 24 jam sehari dan dapat mengkonsumsi lebih dari 200 kWh per tahun, yang sama banyaknya dengan mesin cuci.

Baca juga: Daya Listrik – Rumus, Penjelasan, Contoh Soal dan Jawaban

10. Untuk setiap pembelian baru, periksa label energi (jika ada)

Penghematan energi yang dapat dicapai dengan peralatan berperingkat terbaik jauh dari anekdot. Setiap perbedaan dari satu kelas mewakili sekitar 15 sampai 20% penghematan energi. Selama masa pakai perangkat, ini penting.

Tabel di bawah ini memungkinkan Anda dengan cepat mengidentifikasi peralatan dengan nilai tertinggi dan terendah pada label energi yang tersedia untuk dijual di toko dan online. Dengan label energi baru yang diberlakukan sejak 1 Maret, peralatan tertentu tidak lagi ditemukan di kelas A.

11. Hemat air panas juga berarti hemat listrik!

Jangan biarkan mixer dalam posisi tengah. Air hangat digunakan setiap saat, sedangkan untuk mencuci sayuran, mencuci tangan, membilas spons … air dingin baik-baik saja.
Pasang aerator atau pengurang aliran pada keran. Hand shower hemat air dapat menghemat air hingga 75%.
Jangan biarkan tangki air panas beroperasi selama periode ketidakhadiran yang berkepanjangan.
Atur suhu tangki air panas listrik
Pemrograman suhu antara 55 dan 60 sudah cukup untuk membatasi perkembangan bakteri patogen dan membatasi konsumsi listrik yang dibutuhkan untuk memanaskan air.

12. Isolasi pipa dan tangki air panas

Dengan mengelilingi tangki air panas dan pipa dengan isolasi, Anda menghindari kehilangan panas. Isolasi semakin diperlukan ketika tangki air panas dipasang di tempat yang tidak dipanaskan (garasi, ruang bawah tanah, dll.) dan titik air jauh dari tangki air panas.

13. Kontrol suhu pemanasan ruangan

Tidak perlu memanaskan semua ruangan dengan suhu yang sama. Beberapa kamar ditempati sepanjang hari, tetapi yang lain, seperti kamar tidur atau kamar mandi, tidak memerlukan suhu tinggi yang konstan. Sekitar 20℃ di ruang tamu, 17℃ di kamar tidur, Anda akan mengurangi konsumsi pemanas.

Dan untuk efisiensi lebih, pasang pengaturan dan pemrograman pemanas.

14. Blok saluran masuk udara dingin

Tutup sisipan perapian, pintu menuju kamar yang tidak dipanaskan (ruang bawah tanah, ruang bawah tanah, dapur…). Jika perlu, dempul pintu yang mengarah ke luar atau ke kamar yang tidak dipanaskan dengan pengecualian draf. Di sisi lain, jangan pernah menghalangi kisi-kisi ventilasi, kisi-kisi itu penting untuk menjaga kualitas udara yang baik di rumah Anda.

15. Turunkan pemanas rumah saat Anda pergi

Tidak perlu memanaskan ruangan ke suhu yang sama seperti jika Anda berada di sana. Saat Anda pergi seharian, turunkan suhu rumah Anda beberapa derajat. Jika Anda pergi selama beberapa hari, ingatlah untuk menempatkan sistem pemanas Anda pada posisi bebas embun beku.

Berkat pemrograman dan regulasi, Anda dapat menyesuaikan dan mengantisipasi kebutuhan pemanas Anda. Beberapa sistem yang terhubung bahkan memungkinkan Anda untuk bertindak dari jarak jauh.

16. Jauhkan panas di dalam rumah Anda

Selalu tutup jendela Anda segera setelah malam tiba dan suhu mendingin. Tarik tirai. Ini akan mencegah hawa dingin memancar ke dalam rumah dan suasana di dalam ruangan akan lebih nyaman tanpa harus menyalakan pemanas.

Selama periode yang sangat dingin, tutup daun jendela bahkan di siang hari jika Anda tidak di rumah. Ini akan mengurangi kehilangan panas melalui jendela.

Pasang sistem cadangan yang efisien: pemanas kayu
Ada berbagai pilihan kompor yang bekerja dengan kayu atau pelet yang dapat membantu Anda mengurangi tagihan listrik Anda dengan memanaskan bagian dari rumah Anda.

Kayu adalah energi terbarukan dan murah.

Untuk penyejuk udara (AC) Anda: pilihlah penyejuk udara alami sesegera mungkin, dengan menutup daun jendela Anda, gorden Anda, kerai Anda di sisi yang cerah atau di mana saja di rumah jika Anda pergi di siang hari; menanam pohon untuk menaungi dan mendinginkan rumah Anda.

17. Berencana untuk lebih mengisolasi rumah Anda

Untuk tinggal di rumah yang nyaman dan membatasi tagihan pemanas Anda (jika Anda berada di negara yang memiliki 4 musim), solusi #1 adalah mengisolasi atap, dinding, lantai rendah, dan jendela. Jika Anda berada di negara dengan musim panas, mengisolasi atap, dinding, lantai rendah, dan jendela juga sangat penting!

Solusi kami untuk mengurangi konsumsi listrik tidak rumit sekaligus menyederhanakan hidup Anda.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Energy SaverHarvard UniversityBonkers Money Ltd.Energy Sage

Sumber foto: Qimono / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.