Bangunan Unik Masjid Al-Irsyad Bandung

1 min read

Masjid Al-Irsyad Bandung

Masjid Al-Irsyad Bandung

Masjid Al-Irsyad Bandung, bangunannya unik, megah & kokoh. Ruang salat mampu menampung sekitar 1500 jamaah.

Masjid ini diresmikan pada 17 Ramadan 1431 H (27 Agustus 2010), bangunan yang terletak di kawasan Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Gedung Masjid ini dirancang oleh salah seorang arsitek ternama Indonesia, Ridwan Kamil, ini didesain mirip seperti Kabah.
National Frame Building Association telah menobatkan masjid ini sebagai satu-satunya bangunan tempat peribadatan di Asia yang masuk ke dalam 5 besar jajaran “Building the Year 2010” terpilihnya masjid Al Irsyad dilakukan melalui polling di situs ArchDaily.com untuk kategori rumah ibadah.

Masjid ini telah mampu menyisihkan persaingan ketat diantara 15 ribu karya arsitektur yang mencoba masuk ke dalam ArchDaily setiap tahunnya.

Masjid Al-Irsyad Bandung

Pencahayaan Natural Masjid Al-Irsyad Bandung

Pada siang hari di Masjid Al-Irsyad, tidak memerlukan banyak penerangan dari lampu. Sinar matahari dapat masuk dan berpendar ke dalam ruang masjid melalui celah-celah yang ada pada dinding. Berpindah ke sisi depan dari tempat di mana mihrab dan juga mimbar berada. Mihrab yang terbuka sehingga pemandangan hijau di belakang mihrab dapat terlihat dengan jelas. Sebagai sutrah (penghalang) untuk tempat imam dan jamaah di belakangnya, digunakanlah sebuah batu yang berbentu bulat dengan bertuliskan lafaz Allah.

Mimbar Masjid Al-Irsyad
Mimbar Masjid Al-Irsyad

Interior Masjid Al-Irsyad Bandung

Di dalam interior masjid dipasang 99 buah lampu, sebagai simbol 99 nama Allah atau (asmaul husna). Tiap lampu yang berbentuk kotak itu memiliki sebuah tulisan nama Allah.

Interior Masjid Al-Irsyad
Interior Masjid Al-Irsyad

Tempat Wisata Bandung

Kota Bandung dan tempat wisata Bandung tercatat berbagai sejarah penting. Contohnya: Gedung Sate dan Merdeka, Museum Konferensi Asia Afrika, shopping… Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut list tempat wisata di Bandung (akan membuka layar baru).

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber: Arch Daily

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing