Mengelola Bisnis di Tengah Krisis Ekonomi – Serangan COVID-19 – Terus melaju dan Bertahan di Tengah Gempuran Virus Corona (COVID-19)

Cara mengelola bisnis di tengah krisis ekonomi

Perkuat bisnis Anda dalam kemerosotan ekonomi. Berikut cara mengelola bisnis di tengah krisis ekonomi. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sekarang.

Semakin kuat bisnis Anda, semakin kecil kemungkinannya untuk dipengaruhi oleh risiko – jika mereka benar-benar terjadi – atau peristiwa yang tidak terduga. Memperkuat bisnis Anda tidak hanya melibatkan manajemen keuangan. Ini juga mencakup strategi untuk mempertahankan dan memperluas basis pelanggan Anda, memasarkan bisnis Anda dengan harga terjangkau, menjaga semangat tinggi di antara staf Anda dan meningkatkan praktik bisnis. Anda juga harus mencari peluang untuk membangun jaringan dan membentuk aliansi; ini akan membantu meminimalkan paparan risiko Anda.

Untuk memperkuat bisnis Anda selama krisis ekonomi, Anda harus mempertimbangkan strategi berikut.

Apa yang dapat dilakukan bisnis untuk bertahan dari krisis ekonomi?

Rahasia untuk bertahan dari ekonomi yang menurun adalah arus kas.
Mengurangi dan memperlambat arus kas keluar. Tingkatkan dan percepat arus kas masuk. Posisikan bisnis Anda untuk lingkungan resesi. Buat tim Anda menjadi lebih produktif daripada sebelumnya. Baca juga 👉 Laporan Arus Kas – Pengertian, Cara Membuat dan Contoh (cash flow statement)

1. Jaga kesehatan dan jangan ketinggalan informasi.

Terus pantau informasi terbaru tentang ekonomi dan kesehatan dengan mengikuti sumber berita yang kredibel dan resmi, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta dinas kesehatan setempat agar Anda dapat dengan cepat dan tepat menindaklanjuti perubahan yang mungkin akan memengaruhi pelanggan Anda.

Mengelola bisnis di tengah serangan COVID-19

Kunjungi Pusat Sumber Informasi Bisnis kami yang baru saja diluncurkan untuk mendapatkan sumber informasi tambahan mengenai bagaimana caranya mempersiapkan diri dan mengelola bisnis guna menghadapi gangguan seperti COVID-19.

Hampir semua orang paham bahwa bisnis Anda mungkin mengalami gangguan akibat wabah global COVID-19.

2. Menjadikan pelanggan sebagai prioritas dan siapkan rencana pelayanan pelanggan (costumer service).

Layanan pelanggan adalah menyediakan pelanggan dengan apa yang mereka inginkan, ketika mereka menginginkannya. Jika bisnis Anda menyediakan layanan pelanggan yang berkualitas, Anda cenderung mempertahankan pelanggan yang ada. Ini juga berarti Anda memiliki peluang lebih besar untuk mempertahankan dan meningkatkan basis klien Anda.

Menjadikan pelanggan prioritas dalam penurunan ekonomi juga dapat melibatkan:

  • menjalankan program loyalitas atau insentif pelanggan
  • mengadaptasi produk dan layanan Anda agar lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda saat ini
  • diversifikasi bisnis Anda untuk meminimalkan potensi kerusakan dari kehilangan pelanggan yang signifikan.
  • Selama krisis keuangan, sangat penting untuk menemukan cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memberikan layanan purna jual yang baik.

Contohnya:

Siapkan rencana pelayanan pelanggan (costumer service).

Agar cepat tanggap dan transparan melayani pelanggan selama masa sulit seperti ini, siapkan tanggapan untuk pertanyaan dan permintaan yang mungkin muncul.

Cobalah membuat draft template balasan untuk email Anda, atau setel balasan instan berisi informasi yang kemungkinan akan dibutuhkan oleh pelanggan.

Berkomunikasilah dengan pelanggan secara gratis dan real-time menggunakan Direct Messages Instagram , Messenger atau siapkan profil WhatsApp Business. Baca juga 👉 Barter – Penjelasan, Contoh, Sejarah, Definisi, Penggunaan, Keuntungan dan Kerugian

3. Mengelola staf

Pastikan Anda memiliki sumber daya manusia (SDM). Gunakan rencana Anda untuk merinci biaya staf Anda, yang pada gilirannya akan memungkinkan Anda untuk menentukan biaya produk atau layanan Anda secara akurat.

Bangun moral dan motivasi dengan berkomunikasi secara jelas dengan staf Anda tentang apa yang terjadi dalam bisnis. Cobalah untuk melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan dan mencari solusi.

Selama penurunan ekonomi, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan kepegawaian Anda. Jika jam perlu dikurangi, coba temukan solusi yang fleksibel (mis. Anda bisa meminta beberapa staf penuh waktu Anda untuk bekerja selama 4 hari seminggu, atau menggunakan pengaturan pembagian kerja). Jika Anda perlu membiarkan beberapa staf pergi untuk menghemat uang, pastikan Anda memahami kewajiban Anda untuk mengakhiri pekerjaan.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melatih karyawan Anda untuk melakukan lebih banyak tugas. Anda dapat melakukan penilaian keterampilan staf untuk mengidentifikasi pelatihan yang mungkin dibutuhkan staf Anda.

4. Strategi pemasaran dan jalankan bisnis Anda secara online.

Meninjau strategi pemasaran Anda dapat membantu Anda menghasilkan ide-ide baru untuk meningkatkan penjualan dan menemukan cara yang lebih baik dalam menggunakan dolar pemasaran Anda. Anda harus fokus pada mengomunikasikan keunggulan kompetitif Anda.

Proposisi penjualan unik Anda juga harus membantu Anda menonjol dari kerumunan. Bersamaan dengan ini, penting untuk mengembangkan strategi untuk mengukur efektivitas pemasaran Anda.

Memasarkan bisnis Anda bisa menjadi latihan yang mahal, dan selama kemerosotan ekonomi, sangat penting untuk mengeksplorasi alat pemasaran gratis yang tersedia untuk Anda, termasuk media sosial dan iklan dari mulut ke mulut.

Jalankan bisnis Anda secara online.

Jika memungkinkan, cara mengelola bisnis di tengah krisis ekonomi, coba bawa produk atau layanan Anda ke ranah online.

Promosikan kartu hadiah digital untuk bisnis Anda di Facebook. Buat kartu hadiah dengan salah satu mitra agar pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mendukung bisnis Anda.

Adakan webinar atau sesi siaran langsung lewat saluran-saluran sosial, seperti Facebook atau Instagram seandainya Anda terpaksa menunda atau membatalkan acara yang sudah terjadwal sebagai akibat dari wabah.

Jangan mengurangi pemasaran.

Dalam masa-masa sulit, banyak bisnis kecil membuat kesalahan dengan memotong anggaran pemasaran mereka sampai habis atau bahkan menghilangkannya sama sekali. Tapi banyak kali bisnis kecil paling membutuhkan pemasaran.

Konsumen gelisah dan ingin melakukan perubahan dalam keputusan pembelian mereka. Anda perlu membantu mereka menemukan produk dan layanan Anda dan memilih mereka daripada yang lain dengan mengeluarkan nama Anda di sana. Jadi jangan berhenti pemasaran. Bahkan, jika mungkin, tingkatkan upaya pemasaran Anda.

5. Pertahankan komunikasi dengan pelanggan dan berkomunikasi proaktif secara digital.

Jaringan selama penurunan ekonomi dapat berguna untuk memahami bagaimana bisnis lain mengatasi. Anda juga dapat menemukan peluang baru, pelanggan, staf, pemasok, dan mitra bisnis dengan biaya minimal untuk bisnis Anda.

Pertimbangkan untuk membentuk aliansi dengan bisnis lain, misalnya, dengan menawarkan layanan dan diskon tambahan.

Pelajari lebih lanjut tentang jaringan dalam bisnis.

Mengembangkan praktik inovatif
Mengembangkan praktik inovatif dapat membantu Anda beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar dan tetap berada di depan pesaing Anda. Sebagai bagian dari proses ini, Anda harus meninjau apakah menggunakan teknologi akan meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya dan membuat bisnis Anda lebih kompetitif, misalnya menginstal sistem manajemen pelanggan, atau melakukan bisnis online.

Komunikasi proaktif secara digital

Bagikan informasi penting kepada pelanggan secara proaktif melalui email, situs web, Halaman Facebook, Profil Instagram Business, atau jalur lain tempat Anda biasa berkomunikasi dengan mereka.

Jangan lupa, Anda dapat menyematkan postingan penting di bagian paling atas Halaman Facebook Anda agar mudah dilihat. Anda dapat memasukkan informasi tentang tindakan apa saja yang diambil untuk mengamankan tempat atau produk, atau cara yang akan Anda gunakan untuk menangani pertanyaan pelanggan apabila terjadi keterlambatan pengiriman.

Anda juga dapat memperbarui jam operasional Halaman untuk memberitahukan kepada pelanggan cara dan waktu ketersediaan bisnis Anda. Beri tahu pelanggan terkait perubahan atau modifikasi ketersediaan atau layanan dengan memperbarui Info Halaman dan memilih Buka dengan Perubahan Layanan atau Tutup untuk Sementara. Silakan sesuaikan dengan situasi Anda sekarang.

Buat daftar pertanyaan umum.

Siapkan daftar jawaban atas pertanyaan yang kemungkinan pelanggan sampaikan, dan sebisa mungkin usahakan jawaban Anda terperinci serta meyakinkan. Berikut adalah contoh Pertanyaan Umum:

T: Bisakah pesanan saya dibatalkan (tiket perjalanan/program kursus/keanggotaan gym)?

J: Tentu. Kami akan membatalkan pesanan Anda/mengatur ulang jadwal atau membatalkan perjalanan/menonaktifkan sementara keanggotaan Anda sesuai permintaan. Setelah pesanan dibatalkan, jumlah yang telah terpakai dari tarif semula akan dikembalikan ke rekening Anda. Kami nantikan kedatangan Anda di toko kami.

6. Pahami kekuatan keuangan Anda dan cari bantuan pada penasihat keuangan atau penasihat bisnis.

Berbicaralah dengan penasihat keuangan atau penasihat bisnis jenis lain, seperti akuntan dan konsultan, untuk membantu Anda selamat dari krisis ekonomi. Cari tahu layanan dukungan apa yang tersedia untuk membantu Anda. Berikut beberapa contoh penting untuk mengelola bisnis di tengah krisis ekonomi:

1. Lindungi Arus Kas

Arus kas adalah sumber kehidupan bisnis Anda; untuk menjaga bisnis kecil Anda sehat, uang tunai harus terus mengalir. Sekarang, betapa pun sulitnya mendapatkan, memiliki arus kas keluar dari bisnis Anda tidak akan pernah menjadi masalah.

Selama bisnis Anda ada, Anda akan memiliki pengeluaran. Tetapi semakin sulit, semakin sulit untuk menjaga arus kas masuk. Resesi-bukti bisnis Anda dengan menerapkan strategi untuk menjaga arus kas bergerak. Lihat juga 5 Cara Cepat untuk Meningkatkan Arus Kas Anda.

2. Tinjau Praktik Manajemen Inventaris

Lihat apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi biaya persediaan tanpa mengorbankan kualitas barang atau membuat pelanggan tidak nyaman. Apakah Anda memesan terlalu banyak barang tertentu? Bisakah barang bersumber di tempat lain dengan harga yang lebih baik? Apakah ada alternatif pengiriman-drop yang akan bekerja untuk Anda, menghilangkan biaya pengiriman dan pergudangan?

Hanya karena Anda selalu memesan sesuatu dari pemasok tertentu atau melakukan hal-hal dengan cara tertentu tidak berarti Anda harus terus melakukannya dengan cara itu – terutama ketika cara-cara lain itu dapat menghemat uang Anda.

3. Fokus pada Kompetensi Inti

Saya telah melihat banyak artikel tentang diversifikasi sebagai strategi untuk kesuksesan bisnis kecil. (Saya bahkan sudah menulis beberapa!) Tetapi terlalu sering pemilik usaha kecil menyederhanakan konsep “diversifikasi” menjadi “berbeda”.

Hanya menambahkan produk atau layanan lain ke penawaran Anda bukanlah diversifikasi. Paling-paling, ini buang-buang waktu dan uang. Lebih buruk lagi, itu dapat merusak bisnis inti Anda dengan mengambil waktu dan uang Anda dari apa yang Anda lakukan terbaik dan / atau merusak merek dan reputasi Anda.

Jatuhkan ekstra dan fokus pada apa yang Anda lakukan terbaik yang paling menguntungkan untuk membuktikan resesi bisnis Anda.

4. Mengembangkan dan Menerapkan Strategi untuk Memenangkan

Pelanggan Kompetisi
Jika bisnis kecil Anda akan makmur di masa-masa sulit, Anda harus terus memperluas basis pelanggan / klien Anda – dan itu berarti menarik pelanggan dari pesaing.

Bagaimana kamu bisa melakukan ini? Dengan menawarkan sesuatu yang lebih atau sesuatu yang berbeda dari yang dilakukan pesaing. Teliti pesaing Anda dan lihat apa yang dapat Anda tawarkan untuk membujuk pelanggan agar menjadi pelanggan Anda.

(Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik sering disebut-sebut sebagai salah satu cara termudah untuk mengalahkan persaingan. Berikut adalah 4 Cara untuk Menyediakan Layanan Pelanggan yang Mengungguli Pesaing Anda.)

5. Jaga Kredit Pribadi dalam Kondisi Baik

Masa sulit membuat lebih sulit untuk meminjam dan pinjaman usaha kecil sering di antara yang pertama menghilang. Dengan kredit pribadi yang baik, Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk dapat meminjam uang yang dibutuhkan untuk menjaga bisnis Anda tetap terapung jika perlu.

Untuk membuktikan resesi bisnis Anda, awasi peringkat kredit pribadi Anda dan juga bisnis Anda dan lakukan apa yang diperlukan untuk menjaga peringkat kredit Anda dalam kondisi yang baik.

Sama sekali tidak ada yang akan membuat bisnis kecil seratus persen bertahan pada saat krisis ekonomi. Tetapi menerapkan praktik-praktik di atas untuk membuktikan resesi bisnis Anda akan membantu memastikan bisnis kecil Anda bertahan di masa-masa sulit dan bahkan mungkin dapat mengambil untung dari itu.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: The Balance Small Business, The State of Queensland

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2020-06-27T12:17:01+07:00 Juni 20th, 2020|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment