PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Milia atau MikroKist Milium | Bintik-Bintik Kecil Seperti Jerawat Putih | Cara Terbaik Mengobati dan Mencegah

3 min read

Milia milium

Milia atau MikroKist Milium | Bintik-Bintik Kecil Seperti Jerawat Putih

Bintik-bintik milium muncul di wajah (sering dikira seperti whiteheads). Milia adalah mikrokista yang dibentuk oleh sekelompok sel kulit mati, atau lebih tepatnya lamela keratin, zat dari kelenjar minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit. Mereka sering terjadi terutama di wajah, tetapi juga di seluruh tubuh (termasuk area genital). Mereka bukan penyakit kulit, tetapi masalah kosmetik murni.

Penyebab bintik-bintik milia

Penyebab butir milium masih belum jelas. Pembentukan butiran milia akan disebabkan oleh obturasi folikel rambut: aplikasi krim yang terlalu kaya, paparan sinar UV yang berlebihan, penggunaan produk abrasif atau gerakan (scrub) yang berlebihan… Milia dapat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat atau dari gumpalan puing-puing seluler dan sel-sel sebasea yang membentuk benjolan putih di bawah kulit. Penyebab utama berasal dari kenyataan bahwa orang tersebut tidak dapat mengevakuasi keringat secara optimal.

Penyakit dermatologis tertentu atau perawatan kulit tertentu juga dapat menyebabkan munculnya penyakit tersebut. Ini adalah kasus epidermolisis bulosa, penyakit genetik yang menyebabkan penyembuhan kulit yang buruk, dan retinoid, yang membuat kulit menjadi atrofi. Secara umum, butiran milium dapat menyertai banyak penyakit kulit genetik, kata dokter kulit tersebut.

Pada anak-anak, butir milium bisa berasal dari bawaan dan muncul sejak minggu-minggu pertama kehidupan. “Ini cukup umum, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, terutama karena mikrokista ini menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau beberapa minggu”, meyakinkan spesialis.

Kadang-kadang bintik-bintik milium muncul di mulut (dikenal sebagai “manik-manik Epstein”) atau di hidung, tetapi kedua bentuk khusus ini sama-sama jinak dan umumnya tidak memerlukan perawatan.

Umumnya, butir-butor kecil milia terjadi saat kelenjar keringat tersumbat. Diameternya sangat tipis, mereka memiliki lubang kecil dan keringat dapat dengan mudah tersangkut di saluran yang dimaksudkan untuk mengevakuasinya. Saat menyumbat, keratin yang keluar membentuk bola putih kecil yang tidak sedap dipandang mata ini.

Diagnosis klinis sederhana

Pemeriksaan kulit biasanya cukup untuk mendiagnosis butir milium. Terkadang, bagaimanapun, beberapa jerawat kecil secara keliru menyarankan biji-bijian millet. Ini adalah kasus dengan hiperplasia sebaceous pada bayi baru lahir, yang dibedakan oleh kulit berminyak dan lesi yang lebih kekuningan, atau pustulosis, terkait dengan ragi (jamur).

Butir milium: pengobatan apa?

Perawatan butir milium tidak penting, sejauh mereka menghilang secara spontan dalam banyak kasus. “Yang terbaik adalah menunggunya hilang dengan sendirinya,” dokter kulit menegaskan.

Bagi orang-orang yang lebih tidak sabar atau tidak tahan dengan tanda-tanda yang dianggap tidak sedap dipandang ini, konsultasi dengan dokter kulit dapat dipertimbangkan. “Dokter kulit akan menusuk kulit dengan jarum yang sangat halus dan menghilangkan bintik milium.”

Memperingatkan terhadap godaan untuk mengatasinya sendiri. “Anda seharusnya tidak pernah mencoba menembus sebutir milium, itu bukan hanya hampir tidak mungkin tetapi Anda berisiko terkena infeksi.” Sebuah nasihat: bersabarlah dan hindari cermin untuk sementara waktu!

BISAKAH KITA MENCEGAH Milia?

Sayangnya, tidak mungkin untuk sepenuhnya mencegah munculnya butir-butir milium. Di sisi lain, beberapa tindakan pencegahan dan rutinitas perawatan yang baik dapat membantu membatasi penampilan mereka. Beberapa refleks pencegahan juga bermanfaat bagi penampilan kulit secara keseluruhan. Efek bonus: mereka juga memperlambat munculnya komedo, memainkan peran penting dalam pancaran kulit dan membantu mencegah penuaan kulit dini.

1. Pilih kosmetik non-comedogenic, yang formulanya tidak menyumbat pori-pori kulit.
2. Pilih produk pembersih lembut yang menghormati jenis kulit Anda.
3. Jangan membebani kulit dengan formula yang terlalu kaya atau produk yang menutupi terlalu banyak. Kecuali jika jenis kulit Anda membutuhkannya, pilihlah formula all-in-one yang tidak berminyak. Batasi penggunaan foundation.
4. Mengadopsi rutinitas sederhana namun teratur untuk menghilangkan sel-sel mati.

5. Bersihkan wajah Anda setiap malam. Juga bersihkan kulit dengan lembut pagi dan sore hari. 6. Sekali seminggu, eksfoliasi epidermis dengan scrub lembut.
Hindari gerakan abrasif dan pengupasan. Pilih scrub yang lembut dan batasi frekuensinya. Hindari pengelupasan dan laser.

7. Jangan menggunakan produk tubuh pada wajah dan mengeringkan kulit dengan cara mengoleskannya daripada menggosoknya.
8. Melembabkan dan menutrisi kulit Anda untuk memfasilitasi pembaharuan sel. Oleskan pelembab pada wajah pagi dan sore hari. Pilih formula yang menutrisi untuk kulit kering atau menenangkan untuk kulit sensitif.
9. Berikan perawatan khusus untuk kontur mata. Untuk mendukung area rapuh ini, pilih perawatan yang sesuai tanpa Krim yang terlalu kaya atau padat.
10. Lindungi kulit dan diri Anda dari UV Hindari kabin UV, kenakan topi di bawah sinar matahari, batasi waktu paparan dan jangan pernah keluar tanpa tabir surya, bahkan di musim dingin.

Yang paling penting: Jaga gaya hidup Anda, refleks penting untuk kulit bercahaya. Tidur yang cukup, batasi stres, latih aktivitas fisik secara teratur, hindari alkohol dan tembakau sebanyak mungkin, kelebihan lemak dan gula.


Struktur Kulit dan Perannya | Terbuat dari apa kulit kita?


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, WebMD, HealthLine, DermNet NZ

Penjelasan foto: struktur kulit manusia.

Sumber foto: Wikimedia Commons (Public Domain). Author
Original uploader was Silver442n at en.wikipedia

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.