Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda Tumor (Tumor Marker)

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Zat ini, yang juga disebut biomarker, dapat disebabkan oleh tumor. Mereka juga dapat dibuat oleh sel-sel sehat sebagai respons terhadap tumor. Tes penanda tumor dapat memberitahu apakah Anda memiliki zat-zat ini di dalam tubuh Anda dan berapa jumlahnya. Penanda tumor seringkali berupa protein. Selain itu, perubahan genetik tertentu sekarang digunakan sebagai penanda tumor.

Penanda tumor dapat diproduksi langsung oleh tumor atau oleh sel non-tumor sebagai respons terhadap keberadaan tumor.

Terdapat banyak tumor marker yang berbeda, masing-masing menunjukkan proses penyakit tertentu dan digunakan dalam onkologi untuk membantu mendeteksi keberadaan kanker, jika penanda marker di atas jumlah normal. Peningkatan level pada tumor marker dapat mengindikasikan adanya kanker; Namun, ada juga penyebab lain dari peningkatan (nilai positif palsu).

Ada banyak sekali penanda tumor yang saat ini digunakan oleh dokter untuk menunjang diagnosis atau pemantauan pasien penderita kanker. Sebagian penanda tumor hanya spesifik ditemukan pada satu jenis kanker tertentu, namun sebagian lainnya dapat ditemukan pada beberapa jenis tumor.

Umumnya, pemeriksaan tumor marker harus dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter dan hasilnya dianalisis bersama dengan riwayat kesehatan pasien, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium lainnya. Hal ini dikarenakan, pemeriksaan penanda marker memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu sehingga tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya penentu diagnosis kanker pada pasien.

Jenis Tes Penanda Tumor

Meskipun tes darah, mamografi, ultrasonografi, computed tomography, scan magnetic resonance imaging, PET scan dan pemeriksaan penanda tumor membantu dalam penentuan stadium dan pengobatan kanker, pemeriksaan ini biasanya bukan merupakan uji diagnostik definitif. Diagnosis sebagian besar dikonfirmasi dengan biopsi.

Ada berbagai jenis penanda tumor untuk berbagai jenis kanker. Tumor marker tertentu hanya dikaitkan dengan 1 jenis kanker. Tumor marker lainnya dikaitkan dengan lebih dari 1 kanker. Namun, banyak kanker tidak memiliki penanda tumor yang diketahui, jadi pengujian penanda tumor mungkin bukan pilihan mutlak. Para peneliti terus mencari tumor marker yang baru dan yang lebih efektif.

Ada berbagai cara untuk menguji penanda tumor:

Tes darah

Adalah jenis tes penanda tumor yang paling umum. Tes urine atau biopsi juga dapat digunakan untuk memeriksa penanda tumor. Biopsi adalah prosedur kecil yang melibatkan pengangkatan sebagian kecil jaringan untuk pengujian.

Jika Anda menjalani tes darah, ahli kesehatan akan mengambil sampel darah dari pembuluh darah di lengan Anda, menggunakan jarum kecil. Setelah jarum dimasukkan, sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung reaksi atau vial. Anda mungkin merasa sedikit perih saat jarum masuk atau keluar. Ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit.

Tes urine (kencing)

Jika Anda mendapatkan tes urine, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda untuk petunjuk tentang cara memberikan sampel Anda.

Biopsi

Jika Anda melakukan biopsi, penyedia layanan kesehatan akan mengambil sepotong kecil jaringan dengan memotong atau mengikis kulit. Jika mereka  perlu menguji jaringan dari dalam tubuh Anda, dia mungkin menggunakan jarum khusus untuk menarik sampel.

Baca juga 👉 Kanker Vagina – Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

Penanda Tumor - Tumor Marker - Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Situs utama metastasis untuk jenis kanker yang umum. Kanker primer dilambangkan dengan “… kanker” (kecuali untuk melanoma kulit) dan situs metastasis utamanya dilambangkan dengan “… metastasis”.. Kanker paru-paru, terutama ke kelenjar adrenal, otak, dan tulang. Kanker payudara, terutama ke tulang, hati, paru-paru dan otak. Kanker usus besar, terutama ke hati. Kanker pankreas, terutama ke hati dan paru-paru. Melanoma, terutama ke otak. Kanker ovarium, terutama ke rongga pleura dan hati. Tidak termasuk informasi yang sangat penting. Kanker prostat (pada pria) biasanya bermetastasis ke tulang. Artikel: Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui. Ilustrasi dan sumber foto: Mikael Häggström / Wikimedia Commons

Apa fungsi tes penanda tumor?

Tes ini berfungsi untuk mencari penanda tumor, terkadang disebut penanda kanker, di dalam darah, urin, atau jaringan tubuh. Penanda kanker atau tumor adalah zat yang dibuat oleh sel kanker atau oleh sel normal sebagai respons terhadap kanker di dalam tubuh. Beberapa penanda kanker / tumor hanya dikhususkan untuk satu jenis kanker.

Daftar Penanda Tumor yang umum digunakan

Tumor marker seringkali memiliki lebih dari satu tujuan dan dapat dikaitkan dengan lebih dari satu jenis kanker. Tabel ini mencantumkan contoh tumor marker yang ditemukan di situs web ini dan kegunaannya yang berbeda.

Tumor Marker

Jenis tumor terkait

Alpha fetoprotein (AFP) Tumor sel germinal testis, kanker hati (hepatocellular carcinoma)
CA15-3 Kanker payudara (breast cancer)
CA27-29 Kanker payudara (breast cancer)
CA19-9 Terutama kanker pankreas, tetapi juga kanker kolorektal (usus besar) dan jenis kanker gastrointestinal lainnya.
CA-125 Terutama kanker ovarium, tetapi dapat juga meningkat misalnya kanker endometrium, kanker tuba falopi, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus atau saluran cerna. Mungkin juga meningkatkan endometriosis.
Calcitonin medullary thyroid carcinoma
Calretinin mesotheliomasex cord-gonadal stromal tumour, adrenocortical carcinomasynovial sarcoma
Carcinoembryonic antigen gastrointestinal cancercervix cancerlung cancer, ovarian cancerbreast cancerurinary tract cancer
CD34 hemangiopericytoma/solitary fibrous tumorpleomorphic lipoma,
gastrointestinal stromal tumordermatofibrosarcoma protuberans
CD99MIC 2 Ewing sarcomaprimitive neuroectodermal tumor, hemangiopericytoma/solitary fibrous tumor, synovial sarcomalymphoma,
leukemia, sex cord-gonadal stromal tumour
CD117 gastrointestinal stromal tumormastocytosisseminoma
Chromogranin neuroendocrine tumor
Chromosomes 3, 7, 17, and 9p21 kanker kandung kemih
Cytokeratin (various types: TPA, TPS, Cyfra21-1) Many types of carcinoma, some types of sarcoma
Desmin smooth muscle sarcomaskeletal muscle sarcoma, endometrial stromal sarcoma
Epithelial membrane antigen (EMA) many types of carcinomameningioma, some types of sarcoma
Factor VIIICD31 FL1 vascular sarcoma
Glial fibrillary acidic protein (GFAP) glioma (astrocytomaependymoma)
Gross cystic disease fluid protein (GCDFP-15) kanker payudara, kanker ovarium, kanker kelenjar air liur (ludah)
hPG80 kanker payudara, kanker ovarium, kanker prostat, kanker ginjal (kidney), kanker kolorektal (usus besar), kanker hati (liver)
HMB-45 melanomaPEComa (for example angiomyolipoma),
clear cell carcinomaadrenocortical carcinoma
Human chorionic gonadotropin (hCG) gestational trophoblastic diseasegerm cell tumor, choriocarcinoma
immunoglobulin lymphomaleukemia
inhibin sex cord-gonadal stromal tumouradrenocortical carcinoma,
hemangioblastoma
keratin (various types) carcinoma, some types of sarcoma
lymphocyte marker (various types lymphomaleukemia
MART-1 (Melan-A) melanoma, steroid-producing tumors
(adrenocortical carcinomagonadal tumor)
Myo D1 rhabdomyosarcomasmall, round, blue cell tumour
muscle-specific actin (MSA) myosarcoma (leiomyosarcoma,
rhabdomyosarcoma)
neurofilament neuroendocrine tumorsmall-cell carcinoma
of the lung
neuron-specific enolase (NSE) neuroendocrine tumorsmall-cell carcinoma
of the lung, breast cancer
placental alkaline phosphatase (PLAP) seminomadysgerminomaembryonal carcinoma
prostate-specific antigen (PSA) prostate
PTPRC (CD45) lymphomaleukemiahistiocytic sarcoma
S100 protein melanomasarcoma (neurosarcomalipoma,
chondrosarcoma), astrocytomagastrointestinal stromal tumorsalivary gland cancer, some types of adenocarcinomahistiocytic tumor (dendritic cellmacrophage)
smooth muscle actin (SMA) gastrointestinal stromal tumorleiomyosarcomaPEComa
synaptophysin neuroendocrine tumor
thymidine kinase lymphoma, leukemia, lung cancer, prostate
thyroglobulin (Tg) post-operative marker of thyroid cancer
(but not in medullary thyroid cancer)
thyroid transcription factor-1 (TTF-1) all types of thyroid cancerlung cancer
Tumor M2-PK colorectal cancer, Breast cancer, renal cell carcinoma, lung cancer, pancreatic cancer, esophageal cancer, stomach cancer,
cervical cancer, ovarian cancer
vimentin sarcomarenal cell carcinomaendometrial cancerlung carcinomalymphomaleukemiamelanoma


Penanda Tumor Pada Darah, Kelenjar Endokrin, Sistem Saraf, Kardiovaskular, Sistem Pencernaan, Reproduksi / kencing / payudara, Histologi umum dan Muskuloskeletal

Darah
(Blood)
Kelenjar Endokrin [Yang menghasilkan Hormon]
(Endocrine)
Sistem Saraf
(Nervous system)
Kardiovaskular
[jantung dan pembuluh darah, pernapasan] (Cardiovascular/
respiratory)
Sistem Pencernaan (Digestive)
Reproduksi /
kencing /
payudara (Reproductive/
urinary/
breast)
Histologi Umum [mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis] (General histology)
Musculoskeletal

Musculoskeletal adalah gangguan fungsi pada ligamen, otot, saraf, sendi dan tendon, serta tulang belakang. Sistem muskuloskeletal tubuh sendiri adalah struktur yang mendukung anggota badan, leher, dan punggung.

Apa saja batasan tes penanda tumor?

Tes penanda tumor dapat memberikan banyak informasi yang berguna, tetapi tes tersebut tidak aman. Hanya karena seseorang memiliki penanda tumor, itu tidak selalu berarti kanker hadir atau telah kembali. Kondisi selain kanker dapat meningkatkan kadar penanda tumor. Batasan lain termasuk:

  • Hasil tes penanda tumor dapat naik dan turun seiring waktu, sehingga sulit untuk mengukurnya secara konsisten.
  • Tingkat pembuat tumor mungkin tidak akan naik sampai kankernya sudah lanjut.
  • Beberapa kanker tidak membuat penanda tumor yang dapat ditemukan dengan tes saat ini.
  • Beberapa orang tidak memiliki tingkat penanda tumor yang lebih tinggi meskipun jenis kanker yang mereka derita biasanya membuat penanda tumor.

Mengapa tes penanda tumor digunakan?

Bersamaan dengan tes lainnya, tes penanda tumor dapat membantu dokter mendiagnosis kanker dan merekomendasikan rencana perawatan untuk seseorang. Mengapa, kapan, dan seberapa sering tes ini dilakukan sangat bervariasi dari orang ke orang. Jarang, obat ini digunakan untuk membantu menyaring jenis kanker tertentu pada orang dengan risiko tinggi penyakit sebelum mereka memiliki tanda dan gejala. Tetapi dokter terutama menggunakan tes penanda tumor untuk:

  • Tentukan jenis pengobatan atau kombinasi pengobatan yang paling cocok untuk jenis kanker tertentu.
  • Cari tahu seberapa baik pengobatan bekerja.
  • Memprediksi peluang pemulihan seseorang.
  • Memprediksi seberapa besar kemungkinan kanker akan kembali setelah perawatan dan temukan jika terjadi.

Bagaimana pengujian penanda tumor dapat memandu perawatan kanker? apa saja contohnya?

Memahami bagaimana tumor dapat memengaruhi pilihan pengobatan Anda bisa jadi rumit, tetapi marker meminta contoh dapat membantu. Misalnya, kanker payudara stadium awal memiliki penanda tumor khusus yang dapat membantu dokter menyesuaikan perawatan individu. Jika seseorang didiagnosis dengan penyakit ini, dokter mungkin menguji tumor marker yang dikenal sebagai reseptor estrogen (ER: estrogen receptor) dan reseptor progesteron (PR: progesterone receptor). Jika hasil tesnya positif, dokternya tahu bahwa pasien lebih mungkin berhasil diobati dengan terapi hormon.

Jika dokter Anda menyarankan pengujian penanda tumor, tanyakan penanda tumor mana yang akan Anda uji dan seberapa sering. Juga, tanyakan apa yang diharapkan dokter dari pengujian tersebut.

Bagaimana tes penanda tumor dilakukan?

Ada 3 cara dokter Anda dapat menguji penanda tumor: tes darah, tes urin, atau biopsi. Seorang anggota tim perawatan kesehatan Anda akan mengirimkan sampel darah atau urin Anda ke laboratorium untuk dianalisis. Jika biopsi selesai, dokter akan mengangkat sedikit jaringan yang akan diperiksa oleh ahli patologi di bawah mikroskop. Anda mungkin perlu mengulangi tes tumor marker Anda, karena kadar tumor marker Anda dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Apa yang perlu saya ketahui tentang hasil tes penanda tumor?

Ada kemungkinan tes penanda tumor dapat memberikan “positif palsu“. Itu berarti hasil menunjukkan bahwa seseorang mengidap kanker atau kanker itu berkembang, bahkan padahal sebenarnya tidak.

Penanda tumor juga dapat memberikan “negatif palsu“, yang berarti hasil menunjukkan bahwa seseorang tidak menderita kanker saat sebenarnya. Atau dapat menyarankan pengobatan berhasil padahal tidak. Itulah mengapa tes diagnostik lain biasanya dilakukan bersamaan dengan tes tumor marker.

Di mana saya dapat mempelajari lebih lanjut tentang penanda tumor dan pengujian penanda tumor?

Minta dokter Anda untuk memberikan informasi umum tentang penanda tumor dan pengujiannya, serta informasi khusus untuk jenis kanker Anda. Pada umumnya, Ongkolog (dokter kanker) akan meresepkan tes apa saja untuk mengetahui jenis tumor dan Anda dapat melakukan tes tersebut di laboratorium. Anda juga dapat mempelajari tentang penanda tumor di bagian Jenis Kanker tertentu di PINTERpandai.com


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-08T23:43:46+07:00 November 4th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment