Penyebab Nafas Bau (Halitosis) Tak Sedap, Perawatan dan Pencegahan – Kondisi Medis

6 min read

Nafas Bau

Bau Mulut

Bau mulut, nafas bau tak sedap sering disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut Anda yang menyebabkan radang dan mengeluarkan bau atau gas berbahaya yang berbau seperti belerang; atau bahkan lebih buruk lagi. Semua orang memiliki nafas bau yang tidak enak di pada saat-saat tertentu, seperti saat Anda bangun di pagi hari.

Bau mulut, yang secara medis disebut halitosis, dapat diakibatkan oleh kebiasaan kesehatan gigi yang buruk dan mungkin merupakan pertanda adanya masalah kesehatan lainnya. Bau mulut juga bisa diperburuk dengan jenis makanan yang Anda makan dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Nafas Bau

Cara Mencegah Nafas Bau

Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Mencegah Nafas Buruk? Bau mulut bisa dikurangi atau dicegah jika Anda melakukan hal-hal ini:

1. Latih kebersihan mulut yang baik.

Sikat dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk menghilangkan sisa makanan dan plak. Sikat gigi setelah Anda makan (simpan sikat gigi di tempat kerja atau sekolah untuk disikat setelah makan siang). Jangan lupa sikat lidah juga.

Ganti sikat gigi Anda setiap 2 sampai 3 bulan atau setelah sakit. Gunakan benang atau pembersih interdental untuk menghilangkan partikel makanan dan plak di antara gigi sekali sehari. Bilas dengan obat kumur antibakteri dua kali sehari. Gigi palsu harus dilepas pada malam hari dan dibersihkan dengan saksama sebelum dimasukkan ke mulut Anda keesokan harinya.

2. Temui dokter gigi Anda secara teratur.

Setidaknya dua kali setahun. Dia akan melakukan pemeriksaan lisan dan pembersihan gigi profesional dan akan dapat mendeteksi dan mengobati penyakit periodontal, mulut kering, atau masalah lain yang mungkin menjadi penyebab bau mulut yang buruk.

3. Berhenti merokok (jika Anda merokok).

Berhenti merokok dan mengunyah produk berbasis tembakau. Mintalah dokter gigi Anda untuk tips menendang kebiasaan tersebut.

4. Minum banyak air putih.

Ini akan membuat mulut Anda lembab. Permen karet (lebih baik tanpa gula) atau mengisap permen (sebaiknya tanpa gula) juga merangsang produksi air liur, yang membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri. Gusi dan permen mengandung xylitol yang terbaik.

5. Simpanlah catatan makanan yang Anda makan.

Jika Anda pikir mereka mungkin menyebabkan bau mulut, bawalah catatan tersebut ke dokter gigi Anda untuk ditinjau. Demikian juga buat daftar obat yang Anda pakai. Beberapa obat mungkin berperan dalam menciptakan bau mulut.

6. Gosok lidah Anda.

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah Anda bisa menjadi tuan rumah bagi bakteri bau. Untuk menyingkirkannya, sikat perlahan lidah Anda dengan sikat gigi Anda.

Selanjutnya baca ? Cara Menghilangkan Bau Mulut – Yang Dapat Anda Lakukan Tentang Nafas Buruk!

Gejala Nafas Bau Tak Sedap

Bau nafas tak sedap bervariasi, tergantung dari sumbernya atau penyebabnya. Beberapa orang terlalu khawatir tentang nafas mereka meskipun mereka memiliki sedikit atau tidak ada bau mulut, sementara yang lain memiliki bau mulut dan tidak mengetahuinya. Karena sulit menilai bagaimana bau napas Anda sendiri, mintalah seorang teman atau kerabat dekat untuk mengkonfirmasi pertanyaan buruk Anda.

Penyebab Nafas Bau

1. Sisa makanan

Partikel makanan di dalam dan sekitar gigi Anda dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau busuk. Mengonsumsi makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah, juga bisa menyebabkan bau mulut. Setelah Anda mencerna makanan ini, mereka memasuki aliran darah Anda, dibawa ke paru-paru Anda dan mempengaruhi napas Anda.

2. Produk tembakau

Merokok menyebabkan bau mulutnya yang tidak enak. Perokok dan pengguna tembakau oral juga cenderung memiliki penyakit gusi, sumber bau mulut lainnya.

3. Kebersihan gigi yang buruk

Jika Anda tidak menyikat dan floss setiap hari, partikel makanan tetap berada di mulut Anda, menyebabkan bau mulut. Bakteri yang tidak berwarna dan lengket dari bakteri (plak) terbentuk di gigi Anda. Jika tidak disikat, plak bisa mengiritasi gusi Anda dan akhirnya membentuk kantong berisi plakat antara gigi dan gusi (periodontitis).
Lidah Anda juga bisa menjebak bakteri yang menghasilkan bau. Tambalan gigi yang retak, gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak sesuai dengan benar dapat menampung bakteri penyebab bau dan partikel makanan.

4. Mulut kering

Air liur membantu membersihkan mulut Anda, menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun. Mulut kering secara alami terjadi saat tidur, yang menyebabkan “napas pagi”, dan memburuk jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Mulut kering kronis bisa disebabkan oleh masalah kelenjar liur dan beberapa penyakit.

5. Obat-obatan

Beberapa obat secara tidak langsung dapat menghasilkan bau mulut dengan memberi kontribusi pada mulut kering. Yang lain bisa dipecah dalam tubuh untuk melepaskan bahan kimia yang bisa diangkut dengan napas Anda.

6. Infeksi di mulut Anda

Bau mulut bisa disebabkan oleh luka bedah setelah operasi mulut, seperti pengangkatan gigi, atau akibat kerusakan gigi, penyakit gusi atau luka mulut.

7. Kondisi mulut, hidung dan tenggorokan lainnya

Bau mulut kadang-kadang bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk dalam amandel dan ditutupi bakteri yang menghasilkan bau. Infeksi atau peradangan kronis di hidung, sinus atau tenggorokan, yang bisa menyebabkan tetes postnasal, juga bisa menyebabkan bau mulut.

8. Penyebab lainnya karena penyakit

Penyakit, seperti beberapa jenis kanker dan kondisi seperti gangguan metabolisme, dapat menyebabkan bau nafas khas sebagai akibat bahan kimia yang mereka hasilkan. Refluks kronis asam lambung (gastroesophageal reflux disease, atau GERD) dapat dikaitkan dengan bau mulut.

Beberapa kondisi medis internal juga bisa membuat napas Anda turun dengan cepat. Mereka termasuk diabetes, penyakit hati, infeksi saluran pernafasan, dan bronkitis kronis. Anda pasti ingin menemui dokter Anda untuk menyingkirkan hal-hal seperti acid reflux, postnasal drip, dan penyebab lain dari mulut kering kronis (xerostomia).

Bau mulut pada anak kecil bisa disebabkan oleh benda asing, seperti sepotong makanan, bersarang di lubang hidung.

Cara Mengobati Bau Mulut

Untuk penyebab yang berhubungan dengan kesehatan mulut, dokter gigi Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk membantu Anda mengendalikan kondisi itu dengan lebih baik. Tindakan gigi bisa meliputi:

1. Pembilas mulut dan pasta gigi

Jika bau mulut Anda disebabkan oleh penumpukan bakteri (plak) pada gigi Anda, dokter gigi Anda mungkin merekomendasikan pembilasan mulut yang membunuh bakteri. Dokter gigi Anda mungkin juga merekomendasikan pasta gigi yang mengandung agen antibakteri untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak.

2. Pengobatan penyakit gigi

Jika Anda menderita penyakit gusi, Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis gusi (periodontist). Penyakit gusi dapat menyebabkan gusi menjauh dari gigi Anda, meninggalkan kantong dalam yang penuh dengan bakteri penyebab bau. Terkadang hanya pembersih profesional yang menghilangkan bakteri ini. Dokter gigi Anda mungkin juga merekomendasikan mengganti restorasi gigi yang salah, tempat berkembang biak bakteri.

3. Pengobatan masalah lainnya

Jika dokter gigi Anda menentukan bahwa mulut Anda sehat dan baunya tidak berasal dari mulut, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter umum atau ke dokter spesialis untuk mengetahui sumber bau dan rencana perawatan. Jika bau itu disebabkan oleh penyakit gusi, misalnya, dokter gigi Anda dapat mengobati penyakit tersebut atau merujuk Anda ke seorang periodontis, dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam merawat kondisi gusi.

Nafas Bau

Bagaimana Apa yang Anda Makan Mempengaruhi Nafas Bau?

Pada dasarnya, semua makanan yang dimakan mulai dipecah atau dikunyah di mulut Anda. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan bau yang kuat (seperti bawang putih atau bawang merah), menyikat gigi dan membersihkan – bahkan obat kumur – hanya menutupi bau sementara. Bau tidak akan hilang sama sekali sampai makanan telah melewati tubuh Anda.

Produk apa yang dapat saya gunakan untuk menghilangkan nafas buruk?

Obat kumur antiseptik dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Tanyakan kepada dokter gigi Anda tentang produk mana yang terbaik untuk Anda.

Kenapa nafasku bau sekali?

Apa Penyebab Nafas Buruk? Bau mulut disebabkan oleh bakteri penghasil bau yang tumbuh di mulut. Ketika Anda tidak menyikat dan membersihkan gigi secara teratur, bakteri menumpuk pada potongan makanan yang tersisa di mulut Anda dan di antara gigi Anda. Senyawa belerang yang dilepaskan oleh bakteri ini membuat napas Anda berbau.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Web MDMayo ClinicWeb MD (oral health), Kids HealthNational Health Service (UK)

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.