PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Perang Ukraina tentang Chernobyl Power Plant Di Duduki Rusia

3 min read

Perang ukraina tentang chernobyl

Perang Ukraina tentang Chernobyl: apa yang kita ketahui tentang situasi pembangkit listrik Chernobyl, setelah di duduki kembali oleh tentara Rusia

Bentrokan berkecamuk di sekitar situs yang dilindungi, tempat terjadinya bencana nuklir pada tahun 1986. Otoritas keselamatan nuklir Ukraina dan Eropa menyerukan kewaspadaan terbesar untuk perang Ukraina tentang Chernobyl.

Meningkatnya tingkat radioaktivitas. Ini adalah temuan mengkhawatirkan yang ditweet oleh Parlemen Ukraina, Jumat, 25 Februari 2022. Menurut lembaga itu, tingkat batas radioaktivitas “telah terlampaui di sejumlah besar tempat” di zona eksklusi Chernobyl, di Ukraina utara.

Situs yang dilindungi ini, yang menampung bekas pembangkit listrik tenaga nuklir Soviet yang mengalami kecelakaan serius pada tahun 1986, berada di bawah kendali tentara Rusia pada Kamis 24 Februari 2022 pada awal malam.

Situs tersebut jatuh ke tangan tentara Rusia setelah pertempuran sengit

Sesaat sebelum jam 7 malam. pada hari Kamis, kepresidenan Ukraina mengumumkan bahwa bekas pembangkit listrik tenaga nuklir telah diambil oleh tentara tentara Rusia. “Setelah pertempuran sengit, kami kehilangan kendali atas lokasi Chernobyl,” kata Mikhaïlo Podoliak, penasihat kepresidenan, dikutip AFP.

Sebelumnya pada hari itu, Kiev melaporkan pertempuran di dekat tempat penyimpanan limbah nuklir. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim bahwa tentara Ukraina “mengorbankan hidup mereka” di sana untuk menghindari bencana seperti pada tahun 1986.

Penghancuran peralatan militer yang signifikan dan berbagai korban jiwa telah dilaporkan oleh kedua belah pihak, tanpa saat ini mungkin untuk memverifikasi mereka.

“Penangkapan situs Chernobyl oleh tentara Rusia hanyalah bagian dari strategi ofensif mereka”, jelas insinyur itu. Selain sebagai tempat simbolis, Chernobyl terletak di perbatasan antara Ukraina dan Belarusia, menjadikan pabrik tersebut sebagai titik masuk ke Ukraina. “Masuk akal bahwa itu adalah salah satu area pertama yang diserang”.

Daerah itu tetap sangat berbahaya, lebih dari 30 tahun setelah kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah

Bekas pembangkit listrik Soviet dan sekitarnya dinyatakan tidak ramah terhadap aktivitas manusia setelah kecelakaan mengerikan pada 26 April 1986, di mana reaktor pembangkit listrik No. 4 meledak sebelum meleleh. Pelepasan radioaktif dari bencana ini telah menyebabkan ribuan kematian langsung dan tidak langsung, serta lebih dari 6.000 kanker tiroid pada anak-anak, perkiraan Palang Merah, yang terus membantu penduduk sekitarnya.

Baca juga: Rusia Mencoba Melawan Sanksi Perang Ukraina | Bagaimana Usahanya? Apa Upaya Mereka?

Secara total, zona eksklusi Chernobyl mencakup area yang sangat luas, lebih dari 2.200 km² di Ukraina utara dan 2.600 km² di Belarus selatan. Situs nuklir itu sendiri, dinonaktifkan pada bulan Desember 2000, termasuk lengkungan penahanan besar ditempatkan pada reaktor yang rusak – serta 20.000 m³ limbah radioaktif, “padat dan cair”, kenang IRSN dalam catatan yang diterbitkan pada 25 Februari 2022.

Laporan otomatis masih diverifikasi untuk Perang Ukraina tentang Chernobyl

Dalam laporannya yang dikirim ke Parlemen Ukraina, Pusat Keamanan Nuklir negara itu mengatakan pihaknya mengamati peningkatan tingkat radiasi pada Jumat pagi dari pukul 6 pagi (waktu setempat). Secara total, 21 lampu menyala merah, dari lima puluh suar otomatis di zona pengecualian di sisi Ukraina.

Dalam batas-batas pabrik itu sendiri, empat dari enam sensor aktif mencatat tingkat batas yang terlampaui. Dengan hati-hati, Parlemen Ukraina mengklarifikasi pada hari Jumat bahwa “masih tidak mungkin untuk menetapkan penyebab perubahan ini (…) karena pendudukan [Rusia] dan pertempuran militer di daerah tersebut”.

Untuk bagiannya, Moskow menolak analisis ini, memastikan bahwa semuanya terkendali. “Tingkat radiasi di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir tetap dalam batasnya,” kata Mayor Jenderal Igor Konashenkov, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, dalam sebuah pernyataan. Tentara Rusia juga telah menyatakan bahwa tim pabrik terus menjaga tempat dan memantau radioaktivitas.

Apakah mereka disandera, seperti yang dikhawatirkan Jen Psaki, juru bicara Gedung Putih pada Kamis malam selama konferensi pers? Tak satu pun dari informasi ini yang telah dibatalkan atau dikonfirmasi oleh agen Ukraina Sauezm, yang bertanggung jawab atas situs tersebut.

Jika peningkatan radioaktivitas di situs diperdebatkan, alasan fenomena yang disebutkan oleh Kiev juga menjadi bahan dugaan. Mungkinkah kebocoran karena bombardir, di tempat penampungan sampah misalnya? Atau penyebaran kontaminasi di udara, yang disebabkan oleh lewatnya tank militer? Dalam catatannya tertanggal 25 Februari 2022, IRSN Prancis (Institut de Radioprotection et de Sûreté Nucléaire) mengatakan tidak dapat menyangkal atau mengkonfirmasi informasi ini mengenai “peningkatan atmosfer radiologi di sekitar lokasi”. “Disarankan untuk tetap sangat berhati-hati dengan langkah-langkah ini pada tahap ini”, kenang institut tersebut.

Pengawas nuklir Eropa tetap waspada terhadap Perang Ukraina

Sementara Rusia tampaknya telah mengunci cengkeramannya di Chernobyl, dan melanjutkan kemajuan tanpa henti di wilayah Ukraina, waktunya telah tiba untuk kewaspadaan mengenai kemungkinan pelepasan radioaktif yang disebabkan oleh pertempuran di zona eksklusi.

Jaringan Pemantau Radioaktivitas Eropa (Eurdep), yang dibuat setelah bencana Chernobyl, didasarkan pada lebih dari 5.500 stasiun otomatis di 39 negara mitra, dengan pembacaan yang dapat diperbarui setiap jam jika terjadi keadaan darurat. .

“Tidak ada peningkatan radioaktivitas yang terdeteksi di negara-negara Eropa”, Jumat meyakinkan IRSN, yang merupakan bagian dari jaringan ini.

Di pihak Prancis, peta yang dihasilkan dari sistem pemantauan Teleray melaporkan tingkat radioaktivitas Jumat malam jauh di bawah ambang batas bahaya yang ditetapkan oleh IRSN, termasuk sebagian besar pembacaan di bawah rata-rata harian. Pengamatan yang sama di tingkat Eropa, menurut peta interaktif yang disediakan oleh Komisi Eropa.


Perang di Ukraina | Mengapa Putin Mememilih Perang?


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, BBC, Aljazeera, The New York Times

Sumber foto: IAEA Imagebank / Flickr, Petr Pavlicek/IAEA via Wikimedia Commons (CC BY-SA 2.0)

Penjelasan foto: Blok ke-4 yang naas dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl di Ukraina. (Chernobyl, Ukraina, Agustus 2005).

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.