Perbedaan Alzheimer dan Demensia

3 min read

Perbedaan alzheimer dan demensia

Perbedaan Alzheimer dan Demensia

Mempelajari dua istilah dan perbedaan Alzheimer dan Demensia adalah hal penting dan dapat mengenali individu dengan Alzheimer atau demensia lain, keluarga dan pengasuhnya dengan pengetahuan lebih yang diperlukan.

Ringkasan Demensia

Demensia menggambarkan sekelompok gejala yang terkait dengan penurunan daya ingat, penalaran, atau keterampilan berpikir lainnya. Ada banyak jenis demensia, dan banyak kondisi yang menyebabkannya. Demensia campuran adalah suatu kondisi di mana perubahan otak lebih dari satu jenis demensia terjadi secara bersamaan. Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia, terhitung 60-80% dari kasus demensia.

Demensia bukanlah bagian normal dari penuaan. Hal ini disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak yang memengaruhi kemampuannya untuk berkomunikasi, yang dapat memengaruhi pemikiran, perilaku, dan perasaan.

Baca lebih lanjut tentang ? Demensia | Apa itu Demensia? Gejala, Penyebab, Jenis, Pencegahan dan Pengobatan

Ringkasan Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit otak degeneratif yang disebabkan oleh perubahan otak yang kompleks setelah kerusakan sel. Ini menyebabkan gejala demensia yang secara bertahap memburuk seiring waktu. Gejala awal Alzheimer yang paling umum adalah kesulitan mengingat informasi baru karena penyakit tersebut biasanya memengaruhi bagian otak yang terkait dengan pembelajaran pertama.

Seiring perkembangan Alzheimer, gejalanya semakin parah dan termasuk disorientasi, kebingungan, dan perubahan perilaku. Akhirnya, berbicara, menelan, dan berjalan menjadi sulit. Tidak ada cara untuk mencegah, menyembuhkan atau bahkan memperlambat penyakit Alzheimer.

Meskipun faktor risiko terbesar yang diketahui untuk Alzheimer adalah bertambahnya usia, penyakit ini bukanlah bagian normal dari penuaan. Dan meskipun kebanyakan orang dengan Alzheimer berusia 65 tahun ke atas, sekitar 200.000 orang Amerika di bawah 65 tahun mengidap penyakit Alzheimer yang lebih muda.

Baca lebih lanjut tentang ? Penyakit Alzheimer – Apa yang Terjadi di Otak? Penyebab, Gejala, Pengobatan, Perawatan dan Pencegahan

Gejala Perbedaan Alzheimer dan Demensia

Gejala perbedaan Alzheimer dan demensia bisa tumpang tindih, tetapi ada beberapa perbedaan.

Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan:

penurunan kemampuan berpikir
gangguan memori
gangguan komunikasi

Gejala Alzheimer meliputi:

  • Kesulitan mengingat peristiwa atau percakapan baru-baru ini
  • Apati (kurangnya emosi, motivasi, tau entusiasme)
  • Depresi
  • Penilaian yang terganggu
  • Disorientasi
  • Kebingungan
  • Perubahan perilaku
  • Kesulitan berbicara, menelan, atau berjalan pada penyakit stadium lanjut

Beberapa jenis demensia akan berbagi beberapa gejala ini, tetapi termasuk atau mengecualikan gejala lain yang dapat membantu membuat diagnosis banding. Demensia tubuh Lewy (LBD: Lewy body dementia), misalnya, memiliki banyak gejala di kemudian hari yang sama seperti Alzheimer. Namun, penderita LBD lebih cenderung mengalami gejala awal seperti halusinasi visual, kesulitan dengan keseimbangan, dan gangguan tidur.

Orang dengan demensia karena penyakit Parkinson atau Huntington lebih cenderung mengalami gerakan tidak sadar pada tahap awal penyakit.

Baca juga ? Evaluasi Tes Ingatan Otak – Pertanyaan yang dapat Mengungkapkan Apakah Saya Mengidap Alzheimer

Pengobatan Perbedaan Alzheimer dan Demensia

Perawatan untuk demensia akan bergantung pada penyebab pasti dan jenis demensia, tetapi banyak perawatan untuk demensia dan Alzheimer akan tumpang tindih.

Pengobatan Alzheimer

Tidak ada obat untuk Alzheimer yang tersedia, tetapi opsi untuk membantu mengelola gejala penyakit tersebut meliputi:

  • Obat untuk perubahan perilaku, seperti antipsikotik
  • Obat untuk kehilangan memori, yang meliputi penghambat kolinesterase donepezil (Aricept) dan rivastigmine (Exelon) dan memantine (Namenda)
  • Pengobatan alternatif yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi otak atau kesehatan secara keseluruhan, seperti minyak kelapa atau minyak ikan
  • Obat untuk perubahan tidur
  • Obat untuk depresi
  • Pengobatan demensia

Dalam beberapa kasus, mengobati kondisi yang menyebabkan demensia dapat membantu. Kondisi yang paling mungkin merespons pengobatan termasuk demensia karena:

  • Narkoba
  • Tumor
  • Gangguan metabolisme
  • Hipoglikemia

Dalam kebanyakan kasus, demensia tidak dapat disembuhkan. Namun, banyak bentuk yang bisa diobati. Pengobatan yang tepat dapat membantu mengatasi demensia. Perawatan untuk demensia tergantung pada penyebabnya.

Misalnya, dokter sering menangani demensia yang disebabkan penyakit Parkinson dan LBD dengan penghambat kolinesterase yang juga sering mereka gunakan untuk mengobati Alzheimer.

Perawatan untuk demensia vaskular akan berfokus pada pencegahan kerusakan lebih lanjut pada pembuluh darah otak dan pencegahan stroke.

Orang dengan demensia juga dapat memperoleh manfaat dari layanan dukungan dari pembantu kesehatan di rumah dan perawat lainnya. Fasilitas tempat tinggal atau panti jompo mungkin diperlukan saat penyakit berkembang.



Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Mayo Clinic, Health Line

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *