Kanker Paru – Tanda Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

Kanker Paru-Paru

Kanker paru atau kanker paru-paru adalah penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Bila tidak dirawat, pertumbuhan sel ini dapat menyebar ke luar dari paru-paru melalui suatu proses yang disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau bagian tubuh yang lainnya.

Sebagian besar kanker yang mulai di paru-paru, yang dikenal sebagai kanker paru primer, adalah karsinoma yang berasal dari sel epitelium.

Jenis kanker lain bisa menyebar ke paru-paru, tapi ini penyakit yang berbeda dari kanker paru primer. Kanker yang dimulai di bagian tubuh lain dan menyebar ke paru-paru disebut metastasis paru; ini diperlakukan berbeda dari kanker paru-paru primer. Cari tahu lebih lanjut tentang metastasis paru.

Jenis kanker langka, mesothelioma pleura, sering disalahartikan sebagai kanker paru-paru. Meskipun mesothelioma dimulai di pleura yang menutupi paru-paru, ini sangat berbeda dengan kanker yang dimulai di paru-paru.

Gejala kanker paru

Biasanya tidak ada tanda atau gejala pada tahap awal kanker pada kanker ini, namun banyak orang dengan kondisi akhirnya mengalami gejala termasuk:

  • Batuk terus-menerus.

  • Batuk darah.

  • Sesak napas terus-menerus.

  • Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan dan penurunan berat badan.

  • Sakit saat bernafas atau batuk.

Gejala ini bisa terjadi dengan penyakit lainnya, Anda harus konsultasi ke dokter umum Anda jika Anda memiliki gejala ini. Perlu diingat bahwa gejala ini mungkin disebabkan oleh kondisi selain kanker paru-paru.

Gejala kanker paru-paru termasuk batuk yang semakin parah atau terus berlanjut dan nyeri dada yang terus-menerus.

Kanker ini mungkin tidak menimbulkan tanda atau gejala apa pun pada tahap paling awal penyakit. Tanda dan gejala sering muncul seiring dengan tumbuhnya tumor dan menyebabkan perubahan pada tubuh seperti batuk atau sesak napas. Kondisi medis lain dapat menyebabkan gejala yang sama seperti kanker paru-paru.

Banyak tanda atau gejala kanker paru-paru non-sel kecil dan kanker paru-paru sel kecil adalah sama. Temui dokter Anda jika Anda memiliki tanda atau gejala berikut dari kedua jenis kanker paru-paru ini:

batuk yang semakin parah atau tidak kunjung sembuh
sesak napas
nyeri dada yang Anda alami terus-menerus yang semakin parah saat Anda menarik napas dalam-dalam atau batuk
darah dalam lendir dikeluarkan dari paru-paru saat Anda batuk
mengi
penurunan berat badan
lelah
suara serak atau perubahan lain yang memengaruhi suara Anda
kesulitan menelan
pembengkakan kelenjar getah bening di leher atau di atas tulang selangka
sakit kepala

Kanker paru-paru

Dari gambar 3D komposit CT -Einzelschichten (tanda panah pada karsinoma). Sumber foto: Wikimedia Commons

Kanker paru-paru non-sel kecil

Kanker paru-paru non-sel kecil dapat menyebabkan sindrom Horner. Ini adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh kanker paru-paru yang telah menyerang saraf di bagian atas paru-paru. Jika Anda mengalami serangkaian gejala ini, temui dokter Anda:

perubahan mata – kelopak mata terkulai atau pupil yang menyempit
tidak ada atau sangat lemahnya keringat di sisi wajah yang mata telah berubah

Kanker paru-paru sel kecil

Sindrom paraneoplastik adalah sekumpulan gejala yang terjadi ketika zat yang dilepaskan oleh sel kanker mengganggu fungsi normal organ atau jaringan lain. Kanker paru-paru sel kecil lebih mungkin menyebabkan sindrom paraneoplastik daripada kanker paru-paru non-sel kecil.

Jika Anda mengalami salah satu dari rangkaian gejala ini, temui dokter Anda:

Sindrom antidiuresis yang tidak tepat (SIAD) terjadi ketika tubuh membuat terlalu banyak hormon antidiuretik (ADH). Gejala SIAD termasuk kelemahan otot dan kram, gelisah, kebingungan, kelelahan, mual, dan muntah.

Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh membuat kortikosteroid dalam jumlah besar. Gejala sindrom Cushing termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, wajah bulat, lengan dan kaki tanpa lemak, dan kelemahan otot. Itu juga dapat menyebabkan penambahan berat badan yang menyebabkan tanda ungu muncul di perut.

Sindrom Lambert-Eaton disebabkan oleh tidak adanya bahan kimia yang mengirimkan pesan antara otot dan saraf. Gejala sindrom Lambert-Eaton termasuk kelemahan otot, kehilangan gerakan, dan kesulitan mengunyah, menaiki tangga, atau mengangkat benda.

Degenerasi serebelar paraneoplastik adalah sindrom paraneoplastik yang sangat langka. Itu terjadi ketika sistem kekebalan bereaksi secara tidak normal dan menyerang sel-sel sistem saraf pusat. Gejala gangguan ini antara lain pusing, mual, kehilangan keseimbangan, penglihatan sedikit kabur, gerakan mata yang cepat, gemetar, dan kesulitan berbicara atau menelan.

Kapan menemui tim perawatan kesehatan Anda

Dalam beberapa kasus, kanker paru-paru atau pengobatannya dapat menyebabkan masalah yang serius.

Sindrom kompresi vena cava superior terjadi ketika kanker menghalangi vena besar (vena cava superior) yang membawa darah ke kepala dan lengan, menyebabkan sakit kepala dan pembengkakan pada kepala dan leher. Ini adalah keadaan darurat yang serius karena kanker yang harus segera ditangani.

Kompresi sumsum tulang belakang terjadi ketika kanker menyebar ke tulang belakang dan menekan sumsum tulang belakang, menyebabkan sakit punggung, kelemahan pada kaki, atau perubahan fungsi kandung kemih atau darah. ‘Usus. Ini adalah keadaan darurat yang serius karena kanker yang harus segera ditangani.

Temui tim perawatan kesehatan Anda sesegera mungkin jika Anda memiliki gejala sindrom kompresi vena cava superior atau kompresi sumsum tulang belakang.

Jenis kanker paru paru

  • Kanker paru jenis non-small cell, adalah jenis kanker paru-paru yang paling umum.
  • Kanker paru-paru jenis small cell kurang umum, tetapi menyebar dengan cepat ke bagian lain tubuh melalui darah.
Kanker paru

Foto rontgen dada yang menunjukkan sebuah tumor pada paru-paru (ditandai dengan panah).
Sumber foto: James Heilman, MD – Wkipedia

Penyebab kanker paru

Penyebab utamanya adalah merokok (rokok batangan, pipa, atau cerutu), walaupun tidak semua orang yang merokok akan terkena kanker ini. Zat yang berbahaya pada rokok, merusak sel paru-paru. Menghirup asap sebagai perokok pasif, dapat juga menyebabkannya pada sebagian orang yang tidak merokok.

Anda dapat juga berisiko terkena kanker paru-paru jika Anda:

  • Merokok. Rokok sigaret mengandung lebih dari 60 jenis karsinogen, termasuk di antaranya radioisotop dari peluruhan sekuens radon, nitrosamin dan benzopiren.
  • Berusia di atas 40 tahun, kebanyakan orang berusia di atas 65 tahun, ketika terdiagnosis kanker paru-paru.
  • Bersinggungan dengan sebagian zat, seperti radon (gas radioaktif), asbestos, arsenik, kromium, nikel dan polusi udara.
  • Memiliki anggota keluarga yang menderita kanker paru-paru.
Kanker paru-paru

Penampang melintang dari paru-paru manusia: Area berwarna putih di bagian lobus atas adalah kanker; area berwarna hitam adalah perubahan warna yang terjadi karena merokok.
Suber foto: Wikipedia

Pengobatan

  • Pembedahan untuk mengangkat tumor dan sebagian nodus (kelenjar) limfe.
  • Kemoterapi untuk menyusutkan atau membunuh kanker.
  • Terapi radiasi (sinar-X energi tinggi) untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Terapi yang ditargetkan untuk memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Perawatan penyakit kanker paru

  • Pengobatan tergantung pada jenis kanker, seberapa jauh penyebarannya dan seberapa baik kesehatan umum Anda.
  • Jika kondisinya didiagnosis lebih awal dan sel kanker terbatas pada area kecil, operasi untuk mengangkat daerah yang terkena paru-paru biasanya dianjurkan.
  • Jika operasi tidak sesuai karena kesehatan umum Anda, radioterapi untuk menghancurkan sel kanker mungkin direkomendasikan.
  • Jika kanker telah menyebar terlalu jauh untuk operasi atau radioterapi agar efektif, kemoterapi biasanya digunakan.

Kanker paru-paru biasanya tidak menimbulkan gejala yang nyata sampai menyebar melalui paru-paru atau ke bagian tubuh lainnya. Artinya, kondisi ini tidak sebaik jenis kanker lainnya.

Secara keseluruhan, sekitar 1 dari 3 orang dengan kondisi hidup setidaknya selama setahun setelah mereka didiagnosis dan sekitar 1 dari 20 orang hidup minimal 10 tahun.

Namun, tingkat kelangsungan hidup bisa sangat bervariasi, tergantung seberapa jauh kanker telah menyebar pada saat diagnosis. Diagnosis dini bisa membuat perbedaan besar.

Deteksi dini

Skrining berarti pengujian untuk penyakit bila tidak ada gejala atau riwayat penyakit itu. Dokter merekomendasikan tes skrining untuk menemukan penyakit lebih awal, saat pengobatan bisa bekerja lebih baik.

Satu-satunya tes skrining yang direkomendasikan untuk kanker paru adalah tomografi dengan dosis rendah (juga disebut CT scan dosis rendah atau LDCT). Dalam tes ini, mesin sinar-X memindai tubuh dan menggunakan radiasi dosis rendah untuk membuat gambar detil paru-paru.

Jangan tergoda untuk iklan pengobatan alternatif

Hal lainnya, pasien kanker harus mendapat pengobatan yang tepat dan tidak boleh melewatkan fase emas pengobatan. Namun, seringkali masyarakat yang terdiagnosis kanker pada fase awal, justru tergoda dengan iklan pengobatan alternatif yang menyesatkan yang ada di berbagai media, baik media massa maupun media sosial.

Kita perlu mengawasi dan mengevaluasi efektifitas dan meneliti dampak lain yang ditimbulkan. Iklan yang jelas-jelas melanggar ketentuan tersebut, akan berdampak buruk dan menimbulkan kerugian, bahkan bisa membahayakan karena pasien kehilangan fase emas pengobatannya dan menjadi tidak terselamatkan.

Banyak jenis pengobatan komplementer dan alternatif yang belum diuji secara ilmiah dan mungkin tidak aman. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat sebelum Anda memulai pengobatan komplementer atau alternatif.

Prognosis dan kelangsungan hidup untuk kanker paru-paru

Orang dengan kanker paru-paru non-sel kecil (NSCLC) mungkin memiliki pertanyaan tentang prognosis dan kelangsungan hidup mereka. Prognosis dan kelangsungan hidup bergantung pada banyak faktor.

Jika Anda menderita kanker paru-paru, Anda mungkin bertanya-tanya tentang prognosis Anda. Prognosis adalah tindakan di mana dokter menilai dengan baik bagaimana kanker akan mempengaruhi seseorang dan bagaimana mereka akan menanggapi pengobatan. Prognosis dan kelangsungan hidup bergantung pada banyak faktor. Hanya dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda, jenis kanker yang Anda derita, stadium dan karakteristik penyakit lainnya, pengobatan yang dipilih dan respons terhadap pengobatan yang dapat meninjau semua data ini bersama dengan statistik kelangsungan hidup.untuk sampai pada a prognosa.

Faktor prognostik adalah aspek kanker atau karakteristik orang tersebut, seperti kesehatan mereka secara keseluruhan, yang diperhitungkan oleh dokter saat membuat prognosis. Faktor prediktor memengaruhi bagaimana kanker merespons pengobatan tertentu. Kami sering membahas faktor prognostik dan prediktif bersama-sama. Keduanya berperan dalam memilih rencana pengobatan dan menetapkan prognosis.

Berikut ini adalah faktor prognostik atau prediktif untuk kanker paru.

Stadium
Stadium merupakan faktor prognostik terpenting dalam kanker paru. Stadium awal kanker paru bukan sel kecil (stadium 0 dan 1) memiliki prognosis yang lebih baik daripada stadium lanjut (stadium 2, 3 dan 4).

Pada kanker paru-paru sel kecil, penyakit stadium terbatas memiliki prognosis yang lebih baik daripada penyakit stadium lanjut.

Penurunan berat badan
Seseorang yang telah kehilangan lebih dari 5% berat badannya sebelum pengobatan memiliki prognosis yang kurang baik dibandingkan dengan orang yang tidak kehilangan banyak berat badan.

Indeks fungsional
Indeks Fungsional adalah ukuran kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan tugas rutin. Orang dengan indeks fungsional tinggi memiliki prognosis yang lebih baik daripada orang dengan indeks fungsional rendah.

Seks
Seorang wanita dengan kanker paru-paru memiliki prognosis yang sedikit lebih menggembirakan dibandingkan pria dengan penyakit yang sama.

Kesehatan secara keseluruhan
Orang dengan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan lebih mungkin untuk menjalani operasi pengangkatan kanker paru-paru, yang dapat meningkatkan kelangsungan hidup mereka. Mereka juga dapat mentolerir kemoterapi dan terapi radiasi lebih baik daripada orang yang tidak sehat.

Orang dengan masalah paru-paru dan jantung memiliki prognosis yang kurang baik jika mereka didiagnosis menderita kanker paru-paru.

Perubahan genetik pada sel kanker
Dalam proses diagnosa, dilakukan pemeriksaan terhadap sel kanker paru-paru untuk melihat apakah gen dalam sel kanker telah mengalami perubahan tertentu (mutasi). Kanker paru-paru yang memiliki perubahan genetik tertentu mungkin merespons lebih baik terhadap perawatan yang dirancang untuk menargetkan perubahan spesifik tersebut.


Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, NHS UKU.S. Department of Health & Human Services

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-14T19:26:35+07:00 Desember 16th, 2017|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|1 Comment

One Comment

  1. Hyat 09/02/2021 at 5:44 pm - Reply

    keren bang sharingnya. toppp

Leave A Comment