fbpx

Pertolongan Pertama Kedaruratan diabetes

Pertolongan Pertama Kedaruratan Diabetes (kencing manis)

Diabetes disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin. Berikut adalah cara pertolongan pertama kedaruratan diabetes:

 

1. Berikan mereka sesuatu yang manis untuk dimakan atau minuman non-diet.

Jika seseorang mengalami kedaruratan diabetes, kadar gula darahnya bisa menjadi terlalu rendah. Ini bisa membuat mereka jatuh. Memberi mereka sesuatu yang manis akan membantu meningkatkan kadar gula darah mereka dan memperbaiki fungsi tubuh mereka. Hindari memberi mereka minuman diet, karena tidak akan memiliki gula di dalamnya dan tidak akan membantu mereka.

2. Meyakinkan orang tersebut. Kebanyakan orang secara bertahap akan meningkat, tetapi jika ragu, hubungi ambulans ambulans di nomer: 118 atau 119 sesegera mungkin.

Dari HP Anda tekan 112, nomer telpon yang menyatukan keadaan darurat Indonesia (Polisi, Ambulans, Kebakaran) dari HP Anda: nomer 112.

 

Pertolongan Pertama Kedaruratan diabetes

Pertolongan Pertama Kedaruratan diabetes. Animasi medis 3D dari Diabetes. Sumber foto: Wikimedia

 

Hari Diabetes internasional diperingati setiap tanggal 14 November

 

Apakah diabetes itu?

Diabetes adalah kondisi medis yang mempengaruhi kadar gula darah. Biasanya, tubuh orang mempertahankan kadar gula darah yang ideal secara otomatis. Ketika seseorang menderita diabetes, tubuhnya gagal mempertahankan keseimbangan gula darah, sehingga mereka perlu mengelolanya melalui diet, tablet atau suntikan insulin.

Kadang-kadang, seseorang yang menderita diabetes dapat menderita keadaan darurat diabetes, yang memerlukan pertolongan pertama.

 

Apa saja tanda dan gejala darurat diabetes?

Tanda dan gejala bervariasi, tetapi yang paling umum termasuk:

  • Kelaparan.

  • Kulit lembab.

  • Banyak berkeringat.

  • Mengantuk atau kebingungan.

  • Kelemahan atau perasaan pingsan.

  • Kehilangan respon secara tiba-tiba.

 

Apa yang terjadi dalam keadaan darurat diabetes?

Dalam banyak kasus, kadar gula darah seseorang menjadi terlalu rendah. Ini disebut hipoglikemia. Itu bisa terjadi ketika orang itu melewatkan makan atau terlalu banyak berolahraga. Jika tidak ditangani, keadaan darurat diabetes bisa menjadi sangat serius.

 

Apa yang harus saya berikan kepada mereka untuk makan atau minum?

Dalam pertolongan pertama kedaruratan diabetes, Anda dapat memberi mereka minuman manis seperti cola, limun, jus buah dan minuman olahraga isotonik. Anda juga dapat memberikan makanan manis seperti jelly, cokelat dan gula. Orang itu mungkin juga membawa gel glukosa atau tablet. Hindari memberi mereka minuman diet, karena tidak akan memiliki gula di dalamnya dan tidak akan membantu mereka.

 

Tetapi beberapa orang memiliki kadar gula darah yang tinggi, sehingga tidak akan memberi mereka minuman manis atau makanan membuat kedaruratan diabetes mereka memburuk?

Beberapa orang memang memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi memberi mereka minuman manis atau makanan tidak akan membahayakan.

 

Bagaimana saya tahu jika ini adalah kondisi jangka panjang bagi orang tersebut?

Mereka harus dapat memberi tahu Anda, jadi dengarkan apa yang mereka katakan. Mereka mungkin memiliki beberapa bentuk identifikasi pada mereka (misalnya kartu, gelang atau kalung) yang akan memberi Anda informasi tentang kondisi mereka, atau mereka mungkin membawa pena insulin, glukosa gel atau tablet glukosa.

 

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat lainnya

Pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Klik disini untuk mengetahui pertolongan pertama lainnya (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: Redcross

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-24T23:13:09+07:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment