fbpx

Pertolongan Pertama Tersedak

Pertolongan pertama tersedak

Seseorang yang tersedak mungkin mencengkeram dada atau leher mereka dan tidak dapat berbicara, bernapas atau batuk. Berikut adalah pertolongan pertama tersedak:

1. Beri semangat orang itu untuk tetap batuk untuk mencoba dan membersihkan sumbatan. 

Jangan meletakkan jari Anda di mulut mereka untuk membantu mereka karena mereka dapat menggigit Anda secara tidak sengaja.

2. Pukul dengan kuat di punggung mereka di antara tulang belikat. Ini akan membantu menghilangkan sumbatan. Coba pukulan 5 kali (sesuaikan dengan ukuran tubuh masing-masing).

Menekannya di punggung mereka untuk menciptakan getaran dan tekanan kuat di saluran napas, yang sering cukup untuk menghilangkan sumbatan. Berikan beberapa pukulan-pukulan. Sumbatan yang tercabut akan memungkinkan mereka untuk bernapas lagi.

 

3. Hubungi ambulans 118 atau 119 sesegera mungkin, jika tersedak tidak kunjung selesai.

Dari HP Anda tekan 112, nomer telpon yang menyatukan keadaan darurat Indonesia (Polisi, Ambulans, Kebakaran) dari HP Anda: nomer 112.

 

Pertolongan Pertama Tersedak 2

Ilustrasi foto pertolongan pertama tersedak – Pelajari cara untuk membantunya. Sumber foto: Flickr

 

Apa yang harus saya lakukan jika beberapa pukulan tidak menghentikan orang yang tersedak?

Jika pertolongan pertama tersedak dengan pukulan punggung tidak dapat menghilangkan penyumbatan, berdiri di belakang mereka, gabungkan tangan Anda di sekitar perut mereka dan bentuk kepalan tangan. Tarik tangan Anda ke dalam dan ke atas. Ulangi hingga lima kali.

Ini disebut manuver Heimlich atau dorongan perut. Jangan lakukan ini pada anak di bawah satu tahun.

 

Pertolongan Pertama Tersedak

Pergerakan dorong perut manuver Heimlich. Digunakan untuk merawat penyumbatan saluran udara atas (tercekik) yang disebabkan oleh kemasukan objek asing. Sumber foto: Wikipedia

 

Haruskah saya membantu seorang anak yang tersedak dengan cara yang berbeda bagaimana saya membantu orang dewasa?

Bantu anak-anak berusia lebih dari satu tahun dengan cara yang sama seperti orang dewasa. Berikan hingga lima pukulan di belakang, kurangi kekuatan pukulan untuk anak yang lebih kecil.

Cari tahu lebih banyak tentang bagaimana cara membantu seorang anak yang tersedak.

 

Bagaimana saya membantu bayi yang tersedak?

Bayi berusia di bawah satu tahun harus dipegang menghadap ke bawah di sepanjang paha Anda (pada saat duduk) dengan kepala lebih rendah dari bawah mereka. Sangga kepala bayi. Pukul mereka di punggung mereka lebih lembut dengan bayi yang lebih kecil, hingga lima kali untuk mengusir penyumbatan. Harap lakukan ini dengan sangat hati-hati.

 

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat lainnya

Pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Klik disini untuk mengetahui pertolongan pertama lainnya (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: NHS (UK)Redcross

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-17T09:55:04+00:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment