fbpx

Pertolongan Pertama Tekanan Mental / Distress

Pertolongan Pertama Tekanan Mental / Distress

Bantuan psikologis pertama adalah “respons yang manusiawi” dan suportif terhadap sesama manusia yang menderita dan yang mungkin membutuhkan dukungan. Ini adalah dukungan yang diberikan kepada seorang individu yang menderita dari peristiwa krisis secara langsung. Berikut adalah beberapa cara untuk memberikan pertolongan pertama tekanan mental / distress:

 

1. Perkenalkan diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan. Tenang, tanyakan bagaimana Anda bisa membantu.

Cobalah untuk membangun kepercayaan dengan mendengarkan mereka dengan secara hormat. Selalu bertanya sebelum membantu dan akhirnya temukan tempat yang aman untuk berbicara.

2. Buat mereka merasa aman.

Ini dapat dilakukan dengan mengatasi kebutuhan praktis mereka dan melindungi privasi mereka dari paparan media.

3. Pertimbangkan apa yang terjadi di sekitar mereka dan apa yang mereka butuhkan.

Ingat bahwa mereka mungkin mengalami kesulitan membiarkan Anda tahu apa yang mereka butuhkan. Misalnya, mereka mungkin tidak dapat berbicara dengan baik atau dapat mendengar Anda dengan baik.

Orang-orang pada saat ini kewalahan dan bingung. Para penolong dapat memungkinkan mereka untuk mengenali kebutuhan mereka dan mengatasinya berdasarkan prioritas mereka. Juga perlu untuk membantu orang-orang menemukan dukungan untuk diri mereka sendiri seperti teman dan keluarga.

4. Kepedulian dan kebutuhan mereka.

Setelah menyediakan kebutuhan praktis, tanyakan kepada mereka apa yang paling penting bagi mereka dalam situasi itu dan cobalah untuk mengatasinya. Orang-orang pada situasi ini mungkin ingin berbicara tentang bagaimana perasaan mereka selama krisis atau tentang kehidupan mereka, para penolong harus tenang dan mendengarkan mereka.

Setelah penolong sadar tentang kebutuhan orang-orang yang dapat mereka berikan secara khusus. Jika tidak mungkin mereka dapat membantu orang membaca layanan yang akan membantu mereka memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Pertolongan Pertama Tekanan Mental - Distress

Pertolongan Pertama Tekanan Mental – Distress. Sumber foto: Pixabay

 

Apakah saya akan trauma jika saya membantu orang-orang yang mengalami tekanan mental?

Mayoritas orang tidak trauma dengan membantu orang lain. Biasanya, orang senang mereka mencoba membantu.

Jika Anda merasa bingung atau kaget setelah membantunya, berbicaralah dengan orang yang Anda percayai. Temui dokter Anda jika Anda khawatir tentang pengalaman Anda dan berpikir bahwa itu sangat memengaruhi kesehatan Anda.

 

Bagaimana jika mereka tidak tahu atau tidak dapat memberi tahu saya, apa yang mereka inginkan?

Tawarkan untuk mendengarkan. Coba hubungi orang lain, dengan atas nama mereka.

Ini dapat membantu untuk menjadi pengaruh yang mungkin dapat menenangkan dan meyakinkan orang yang dapat Anda bantu.

Orang-orang pada saat terkena tekanan mental cenderung merasa kewalahan dan bingung, pertolongan pertama tekanan mental sangat dibutuhkan bagi si penderita. Para penolong dapat memungkinkan mereka untuk mengenali kebutuhan mereka dan mengatasinya berdasarkan prioritas mereka. Juga perlu untuk membantu orang-orang menemukan dukungan untuk diri mereka sendiri seperti teman dan keluarga.

 

Apa yang harus saya lakukan jika mereka tampaknya bereaksi berlebihan?

Setiap orang memiliki kebutuhan dan pengalaman hidup yang berbeda dan mereka mungkin bereaksi berbeda dari Anda. Selalu perlihatkan mereka rasa hormat dan dengarkan apa yang mereka katakan.

 

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat lainnya

Pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Klik disini untuk mengetahui pertolongan pertama lainnya (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: RedcrossCadabam’s Hospital

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-17T09:52:56+00:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment