fbpx

Pertolongan Pertama Serangan Asma

Pertolongan Pertama Serangan Asma

Menjauhi pemicu merupakan komponen kunci dalam meningkatkan kendali dan mencegah serangan. Pemicu yang paling umum antara lain alergen, rokok (tembakau dan lainnya), polusi udara dan makanan yang mengandung sulfit. Pelajari Pertolongan pertama serangan asma:

 

1. Bantu orang tersebut duduk dalam posisi yang nyaman dan minum / memakai obat mereka.

Ketika seseorang mengalami serangan asma, saluran udara mereka menyempit, sehingga sulit bagi mereka untuk bernapas. Sebuah inhaler melemaskan otot-otot, memungkinkan saluran udara mengembang dan memudahkan pernapasan mereka.

2. Meyakinkan orang tersebut. Jika serangan itu menjadi parah, atau mereka tidak memiliki obat mereka, hubungi Ambulans di 118 atau 199 (dari HP nomer 112, pelayanan darurat: Polisi, Ambulans dan Kebakaran) sesegera mungkin.

Serangan ringan harus mereda dalam beberapa menit. Hubungi 999 jika serangan berlangsung lebih lama dari itu, mereka tidak memiliki obat atau inhaler tidak berpengaruh. Jangan tinggalkan mereka, kalau-kalau serangan menjadi cepat parah. Jika Anda tidak dapat menelepon 999, suruh orang lain untuk melakukannya.

3. Saya telah memberi mereka obat-obatan mereka. Apakah ada hal lain yang bisa saya lakukan untuk membantu meringankan serangan mereka?

Bantu mereka untuk duduk dan condong ke depan sedikit karena ini dapat mempermudah mereka untuk bernapas. Sarankan mereka untuk bernafas perlahan dan dalam.

 

Asthma attack-airway (bronchiole) constriction-animated

Serangan Asma penyempitan saluran napas (bronchiole). Sumber gambar: 7mike5000 [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons

Kapan saya harus memanggil ambulans untuk serangan asma?

  • Mengalami serangan pertama mereka.

  • Berhenti bernapas.

  • Merasa sulit untuk berbicara atau membuat suara yang besar (keributan).

  • Menjadi lelah.

  • Tidak dapat dibantu oleh obat-obatan mereka.

  • Tidak memiliki obat asma dengan mereka.

  • Memburuk.

 

Pertolongan Pertama Serangan Asma

Pertolongan Pertama Serangan Asma. Sumber foto: Jawa Pos – Wikipedia

 

Asma adalah

Kondisi medis yang mempengaruhi saluran udara – saluran yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Ketika seseorang mengalami serangan asma, tabung ini menjadi menyempit, sehingga sulit untuk bernapas masuk dan keluar.

 

Bagaimana saya bisa tahu apakah seseorang mengalami serangan asma?

Pertolongan pertama serangan asma, orang dengan asma harus dapat memberi tahu Anda jika mereka mengalami serangan.

Seseorang yang mengalami serangan asma akan mengalami kesulitan bernapas dan berbicara, dan dapat batuk dan mengi. Mereka mungkin sangat cemas dan sedih ketika mereka berjuang untuk bernafas. Dalam beberapa kasus, bibir, daun telinga dan alas kuku dapat berubah menjadi biru keabu-abuan karena tidak ada cukup oksigen di tubuh mereka.

 

Jenis obat apa yang akan digunakan seseorang dengan asma?

Seseorang yang menderita asma biasanya akan memiliki inhaler yang diresepkan dokter mereka. Mereka mungkin juga memiliki spacer, yang membuat inhaler lebih efektif.

Jika seseorang mengalami serangan asma, mereka harus tahu cara menggunakan inhaler dan spacer, tetapi mereka mungkin memerlukan bantuan Anda dalam menemukan mereka.

 

Asma
Contoh inhaler untuk asma.

 

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat lainnya

Pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Klik disini untuk mengetahui pertolongan pertama lainnya (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: Redcross

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-17T12:05:54+00:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment