Ra­dium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ra dan nomor atom 88

5 min read

Rumus radium adalah kimia RA 88

Radium

Radium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ra dan nomor atom 88.

Bentuk Fisik Radium

Radium adalah keperakan, berkilau, lembut, sangat radioaktif. Ini mudah mengoksidasi pada paparan udara, berbalik dari putih hampir murni menjadi hitam.

Radium adalah luminescent, corrodes dalam air untuk membentuk hidroksida radium. Meskipun adalah anggota terberat dari kelompok alkali tanah ini adalah yang paling stabil.

Rumus radioaktif
Ra­dium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ra dan nomor atom 88. Sumber foto: Pixabay

Kegunaan Radium

  • Radium digunakan dalam memproduksi cat yang bersinar, juga sebagai sumber netron. Dalam kedokteran, radium digunakan dalam terapi kanker dan penyakit-penyakit lainnya. Radium kehilangan sekitar 1% dari aktifitasnya dalam 25 tahun, karena tertransformasikan menjadi unsur-unsur yang lebih ringan. Timbal merupakan hasil akhir disentegrasi radium. Radium harus disimpan diruangan dengan ventilasi yang baik untuk menghindari pembentukan radon.

  • Timbal merupakan hasil akhir disentegrasi radium. Radium harus disimpan di ruangan dengan ventilasi yang baik untuk menghindari pembentukan radon.

  • Jenis radium yang digunakan untuk mengobati penderita kanker prostat metastatik yang hanya menyebar ke tulang adalah Radium Ra 223.

  • Campuran radium dan berilium akan memancarkan neutron dan digunakan sebagai sumber neutron. Radium digunakan untuk menghasilkan radon, gas yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker. Satu gram radium-226 akan menghasilkan 0.000l mililiter radon sehari. Radium-226 banyak digunakan dalam pembuatan peralatan medis seperti kalibrator, lightening rod, lightening rods, dll. Dalam kombinasi dengan plutonium, ini adalah komponen generator neutron.

Bahaya dan Risiko dengan Radium

Bahaya Radium sangat radioaktif dan produk peluruhan nya, gas radon juga radioaktif. Karena radium secara kimiawi mirip dengan kalsium, ia memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan besar dengan mengganti dalam tulang. Radium adalah lebih dari satu juta kali lebih reaktif daripada massa setara Uranium. Penanganan radium telah disalahkan untuk kematian dini Marie Curie.

Radium sangat radioaktif dan produk peluruhannya, gas radon juga bersifat radioaktif. Karena radium secara kimiawi mirip dengan kalsium, radium berpotensi menyebabkan kerusakan besar dengan menggantinya di tulang. Radium lebih dari satu juta kali lebih reaktif daripada massa setara Uranium. Penanganan radium disalahkan atas kematian dini Marie Curie.

Efek kesehatan

Efek radiasi pengion telah ditetapkan dengan jelas untuk tingkat paparan yang sangat tinggi dan dalam kasus menelan elemen radioaktif. Ini karena paparan tingkat tinggi melibatkan sejumlah besar mutasi DNA. Mereka akhirnya tidak dapat diperbaiki oleh organ pengontrol kualitas DNA dan mutasi ini akhirnya menyebabkan kerusakan pada kesehatan sel-sel yang bersangkutan. Kehadiran sel-sel tersebut dengan demikian dapat menyebabkan suatu organ tidak lagi berfungsi secara normal dan penyakit muncul.

Dari semua penelitian yang dilakukan, tampak peningkatan statistik dalam jumlah kanker, khususnya leukemia dan kanker tulang jenis sarkoma – tumor ganas jaringan ikat – ketika dosis yang diterima cukup besar.

Peningkatan jumlah penyakit genetik juga telah diamati setelah penyinaran yang ekstensif. Selain itu, terjadi pula peningkatan jumlah malformasi dan retardasi mental pada populasi yang terpapar in utero selama kehamilan. Akhirnya, masih ada keraguan tentang risiko multiplikasi penyakit kardiovaskular.

Dalam kasus radon tertentu, ada peningkatan risiko kanker paru-paru setelah paparan berlebihan, bahkan lebih besar pada individu yang menderita merokok. Mengenai efek dosis yang lebih rendah terhadap kesehatan, secara umum dianggap bahwa penurunan tersebut sebanding dengan dosis yang diterima (efek linier).

Berbagai jenis eksposur

Ada tiga jenis paparan radiasi dari radium dan turunannya:

  • eksposur eksternal.
  • paparan internal melalui penghirupan.
  • eksposur internal dengan menelan.

Jenis paparan yang berbeda ini tidak memiliki konsekuensi biologis yang sama pada individu.

Paparan eksternal

Hal ini terutama disebabkan oleh radiasi γ dan X yang dihasilkan oleh radium dan turunannya selama peluruhannya. Dosis yang diterima di sini tergantung pada waktu individu terpapar ke sumber serta jarak dari sumber radiasi. Hal penting yang perlu dipertimbangkan di sini adalah bahwa pemaparan berhenti segera setelah individu meninggalkan tempat yang terkontaminasi, yang tidak terjadi pada dua jenis pemaparan lainnya.

Paparan internal melalui penghirupan

Itu bisa terjadi dalam dua kesempatan. Jika kita menganggap radon – yang dihasilkan oleh peluruhan radium – pemaparan terjadi karena elemen ini berbentuk gas: ketika subjek bernafas, ia menyimpan radon di paru-parunya dan masuk ke dalam tubuh terjadi pada tingkat pertukaran udara-darah. Mengenai elemen lain dari keluarga radium, hanya resuspensi partikel radioaktif di udara yang dapat menyebabkan inhalasi karena tidak dalam bentuk gas.

Paparan internal melalui konsumsi

Penggabungan dengan menelan elemen tersebut hanya dapat terjadi dalam dua kasus:

jika individu menanam makanan di lahan yang terkontaminasi dan mengkonsumsinya setelahnya;
jika individu bersentuhan, terutama dengan tangan, dengan tanah yang terkontaminasi dan kemudian meletakkan anggota badan yang terbuka menyentuh mulut mereka.
Dalam kedua kasus tersebut, kontaminasi terjadi di seluruh saluran pencernaan.

Penting untuk dicatat bahwa jika terjadi paparan internal, itu adalah kemampuan tubuh individu untuk mengeluarkan – melalui urin, tinja dan keringat – unsur radioaktif yang terlibat: ditambah ini akan dihilangkan dengan cepat, yang kurang serius akan menjadi konsekuensi di tingkat biologis. Dari perspektif ini, menarik untuk dicatat bahwa periode biologis – waktu setelah separuh zat yang telah memasuki organisme dihilangkan secara eksternal – radium adalah 900 hari di seluruh organisme dan 66 bulan terutama di tulang. Periode biologis penting dalam kasus tulang ini dijelaskan oleh substitusi yang terjadi di kalsium oleh radium.

Penanganan Bahaya Radium

Radium, jika tertelan, terhirup ataupun terekspos pada tubuh menjadi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kanker. Batas maksimum untuk 226Ra adalah 7400 becquerel.

Sumber luminescence

Radium digunakan hingga tahun 1950-an karena sifat radioluminescentnya dalam cat untuk pembuatan jam tangan, penerbangan, dan perangkat sinyal darurat. Jenis cat ini diperoleh dengan memasukkan radium (226Ra atau lebih jarang 228Ra) dalam bentuk sulfat, klorida atau bromida dalam fosfor seng sulfida38. Penggunaan Amerika pertama yang diidentifikasi adalah untuk George F. Kunz, yang telah mengecat tangan jam tangannya dengan radium untuk melihatnya dalam gelap, dan mengajukan paten atas proses ini pada September 1903.

Sumber ionisasi

Pada awal 1914, fisikawan Hongaria Béla Szilárd mengusulkan untuk memperkuat ionisasi alami di sekitar instalasi proteksi petir dengan sumber radioaktif ditempatkan di dekat ujung penangkal petir. Idenya mengarah pada komersialisasi penangkal petir radioaktif, yang lebih sederhana dijuluki parad. “Parad” ini memiliki aktivitas beberapa puluh MBq untuk pemancar alfa, dan mampu mencapai 1 GBq untuk orang lain.

Senyawa Radium

Metode elektrolisis radium. Logam radium diperoleh dari elektrolisis lelehan RaCl2 sebagai berikut:
Katode: Ra2+(l) + 2e- –> Ra(l)
Anode: 2Cl(l) –> Cl2(g) + 2e-
Di sini digunakan katode Hg yang memberikan senyawa radium amalgam. Logam radium kemudian dipisahkan dari Hg dengan destilasi.

Radium
Radium dilapisi dengan sampel foil tembaga yang sangat kecil dan ditutup dengan poliuretan untuk mencegah reaksi dengan udara. Sumber foto: Wikipedia

Isotop Radium

Isotop Radium terstabil

Iso­topKelim­pahanWaktu paruh(t1/2)Moda peluruhanPro­duk
223Rarenik11.43 dα219Rn
224Rarenik3.6319 dα220Rn
225Rarenik14.9 dβ225Ac
226Ratrace1600 yα222Rn
228Ratrace5.75 yβ228Ac

Sejarah Radium

Radium ditemukan pada tahun 1898 oleh Marie Curie dalam pitchblende atau raninit di Bohemia Utara. Ada sekitar 1 gram radium dalam 7 ton pitchblende.

Unsur ini diisolasi oleh Marie Curie dan Debierne di tahun 1911, dengan cara elektrolisis solusi radium klorida murni, menggunakan katoda air raksa. Cara lainnya adalah dengan distilasi radium klorida murni di atmosfir hidrogen.

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, New World EncyclopediaLenntech

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.