PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Speed dan Amfetamin / Metamfetamin | Definisi, efek jangka panjang, overdosis

6 min read

Speed dan Amfetamin / Metamfetamin

Apa itu Speed dan Amfetamin? Amfetamin adalah obat yang disetujui untuk pengobatan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Tetapi mereka juga dialihkan dari penggunaan terapeutik mereka dan diambil dalam bentuk obat-obatan (khususnya dengan nama “kecepatan”) dengan efek samping yang berat.

Amfetamin

Amfetamin adalah psikostimulan sintetik. Struktur kimianya menyerupai stimulan yang diproduksi tubuh secara alami: bioamina (adrenalin, noradrenalin, serotonin, dopamin, dan hidroksitriptamin).

Kita berbicara tentang “SPEED” dalam hal amfetamin yang diproduksi di laboratorium klandestin (kegiatan yang dilakukan secara rahasia atau diam-diam dengan tujuan tertentu).

Komposisi SPEED tidak pasti. Biasanya muncul sebagai bubuk putih, terkadang merah muda atau kekuningan.

Metamfetamin

Metamfetamin datang dalam bentuk pil (pil Thailand) atau bubuk kristal (“kristal”, “es”). Pil yang diimpor dari Asia itu mengandung sekitar 15 mg metamfetamin, termasuk kafein. “Kristal” sebagian besar berasal dari Republik Ceko; ia memiliki tingkat kemurnian tinggi, seringkali lebih dari 70%.
Struktur kimia metamfetamin mirip dengan amfetamin, tetapi dengan efek yang lebih intens dan tahan lama.

Karena potensi dan durasi efeknya yang lama, serta rasa tidak enak pada saat down selanjutnya, metamfetamin dianggap sebagai obat yang berpotensi menimbulkan kecanduan dan gangguan kesehatan. Saat dihisap, efeknya meningkat, seperti juga masalah terkait.

Itu disintesis di Jepang pada tahun 1919, mengambil molekul amfetamin sebagai model. Namun baru mulai dipasarkan pada tahun 1938 dengan nama methedrine. Ini awalnya digunakan dalam dekongestan hidung dan inhaler bronkial.

Di Partai Nazi Jerman, metamfetamin dijual tanpa resep, dengan merek dagang Pervitin. Selama Perang Dunia II itu digunakan oleh Sekutu dan Poros untuk merangsang pasukan mereka.

Pada tahun 1971, Convention on Psychotropic Substances mengontrol metamfetamin, menempatkannya dalam Jadwal II, sehingga peredarannya berkurang drastis, tetapi tetap legal.

AMPHETAMINE/METHAMPHETAMINE

SinonimSinonim yang paling umum adalah:

  • Kristal halus (dihisap atau disuntikkan): Crank, Sabu kristal (Crystal meth)
  • Bubuk (disuntikkan atau dihirup): Kapur, Meth
  • Tablet (ditelan): Permen, Kacang, Pil, Merah Muda, Speed

Nama jalan lainnya antara lain: Shabu-shabu, Sabu, Kristal,

Dalam bahasa Inggris:

222, Amp, C.R., Gak, Geek, Geet, Go, Go Fast, Jib, Ladies Speed, Mye, P2P, Pink Glass, Poor Man’s Coke, Prope Dope, Red Rock, Tweak, Zip, Peanut butter, Peanut, Hawaiian salt, High speed chicken feed, Koolaid, Kryptonite, Rock candy, Sketch, Soiks, Spooch, Stove top. 

KlasifikasiStimulant atau merangsang fungsi mental:

  • Mengacu pada zat yang merangsang fungsi mental dan meningkatkan aktivitas dan kewaspadaan otak secara keseluruhan.
Deskripsi visual
  • Metamfetamin:
    tablet (berbagai warna dan dicap dengan logo berbeda), kristal (halus, transparan dan mengkilap), bubuk (putih atau warna lain)
  • Amfetamin:
    tablet (sering mengandung campuran amfetamin)
Mekanisme aksi
  • Meningkatkan aktivitas neuron yang mengandung katekolamin.
  • Meningkatkan kadar dopamin di bagian otak yang memediasi kesenangan (area mesolimbik), yang menghasilkan perasaan euforia dan kebahagiaan.
  • Meningkatkan kewaspadaan karena efeknya pada noradrenalin dan meningkatkan iritabilitas karena efeknya pada serotonin. Penggunaan berulang menyebabkan penipisan dopamin dan individu menjadi tidak dapat mengalami kenikmatan kecuali mereka menggunakan metamfetamin / amfetamin.
Rute administrasi penggunaan
  • Metamfetamin:
    dihisap (kristal dimasukkan ke dalam pipa dan asapnya dihirup), dicerna, disuntikkan atau dihirup
  • Amfetamin:
    terutama secara lisan

Asal Amfetamin

Nenek moyang amfetamin adalah alkaloid ma-huang, tanaman yang telah digunakan selama ribuan tahun di Cina.
Pada tahun 1895, efedrin diekstraksi darinya, yang berfungsi sebagai pendukung untuk sintesis benzedrin, yang pertama dari serangkaian panjang amfetamin. Tersedia over-the-counter pada tahun 1930, amfetamin menikmati kesuksesan yang mempesona. Kekuatan stimulasi mereka digunakan untuk melawan kelelahan, merangsang aktivitas intelektual, melawan kelebihan berat badan. Setelah Perang Dunia Kedua, keracunan pertama muncul.

Setelah perang, meskipun amfetamin tidak lagi dijual bebas, pekerja paksa, atlet, pelajar, ibu rumah tangga, pengemudi truk, tentara, dll. akan terus menggunakannya secara luas, hingga saat ini.
Saat ini, penggunaan medis mereka terbatas pada pengobatan beberapa penyakit (narkolepsi dan hiperaktif infantil). Dijual secara sembunyi-sembunyi, amfetamin sekarang dikonsumsi selama acara jalan-jalan (klub, rave, festival, dll.), tetapi juga selama ujian, selama pelatihan dan kompetisi olahraga, dalam kegiatan profesional yang intens, dll.

Mode konsumsi

Speed dan Amfetamin bisa:

  • Ditelan (misalnya, sebagai tablet atau pelet dengan bubuk (“bom”) di dalamnya atau diencerkan dalam minuman;
    Dihirup (“mendengus” atau merokok);
    Disuntikkan.

Efek umum

Tergantung pada jumlah dan potensi produk, efeknya bertahan dari 4 hingga 15 jam, terkadang bahkan 24 jam.

Amfetamin mengurangi tidur atau sering mencegahnya sama sekali.

  • untuk sementara meningkatkan kewaspadaan dan membatasi perasaan lelah dan lapar.
  • memberikan kesan lebih baik dan berkomunikasi lebih baik.

Efek produk tidak hanya bergantung pada dosis, frekuensi penggunaan dan cara konsumsi, tetapi juga pada individu, kondisi psikisnya, kepribadiannya, suasana hatinya, dan harapannya terhadap sekrup produk. Ini bertindak sebagai penguat suasana hati: dengan demikian dapat membuat seseorang dalam suasana hati yang baik dan percaya diri atau, sebaliknya, cemas dan mudah tersinggung.

Di bawah ini, kami akan membedakan efek yang dapat diperkirakan menurut jenis konsumsi. Perhatian: jumlah yang dikutip dalam contoh di bawah ini harus dianggap sebagai urutan besarnya karena efeknya tergantung pada potensi dan tingkat kemurnian produk, serta pada karakteristik fisik dan psikis masing-masing produk.

Hati-hati, efek yang dicari mungkin berbeda dengan efek psikotropika (efek pada otak). Hal ini kemudian menjadi pertanyaan untuk menanggapi satu atau lebih kebutuhan mendasar yang dirasakan oleh konsumen daripada efek psikotropika itu sendiri. Misalnya, kebutuhan akan pelanggaran, untuk berani, untuk membentuk kelompok dapat menjadi alasan untuk mengkonsumsi suatu produk. Masing-masing produk memiliki citra sosial, misalnya heroin dan morfin merupakan produk dasar yang sama, tetapi yang pertama lebih membangkitkan perpecahan, pemberontakan dan klandestin, sedangkan yang lain lebih terkait dengan perawatan dan dunia medis. Citra ini dapat mendorong seseorang untuk mengkonsumsi satu produk daripada yang lain sesuai dengan kebutuhannya. Perhatikan bahwa kebutuhan ini sering tidak disadari.

Efek samping utama dan jangka panjang dari Speed dan Amfetamin

Efek amfetamin tergantung pada cara konsumsinya. Mereka cukup cepat dan umumnya berlangsung beberapa jam (6 sampai 30 jam tergantung pada molekul). Ketika mereka dialihkan dari penggunaannya, itu membawa efek euforia dan merangsang. Mereka meningkatkan kewaspadaan, kepercayaan diri, konsentrasi dan kapasitas kerja (mereka juga sering digunakan untuk tujuan ini oleh siswa atau atlet, misalnya). Mereka membatasi rasa lelah dan lapar dan mengurangi kebutuhan untuk tidur. Mengkonsumsinya secara teratur dapat menyebabkan kelelahan tubuh dan gangguan mental.

Setelah setiap dosis, fase penurunan yang dapat berlangsung beberapa hari menyebabkan kesedihan yang intens, perasaan kepala kosong, kelelahan fisik dan mental dan gangguan tidur yang signifikan dengan insomnia. Tidak jarang pengguna menggunakan obat lain seperti ganja atau obat anti kecemasan untuk membantu mengatasi kondisi ini.
Dalam jangka panjang, penggunaan amfetamin secara teratur dapat menyebabkan kecanduan yang menyebabkan pemakainya semakin sering menggunakan amfetamin merasa lebih baik, rileks dan tenang. Risiko konsumsi berulang dalam jumlah banyak adalah kejang-kejang (kekakuan tubuh dan kontraksi otot yang tersentak-sentak dan tidak disengaja), dehidrasi, gangguan irama jantung, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, dan overdosis yang bisa berakibat fatal. Konsekuensi kejiwaan sama seriusnya dengan risiko mengembangkan depresi, paranoia, halusinasi atau keinginan bunuh diri.
Sebaliknya, pada anak-anak hiperaktif, obat amfetamin memiliki efek menenangkan bila dikonsumsi dengan dosis yang ditentukan.

Efek pada otak

Amfetamin bekerja pada sistem saraf pusat dan perifer (yaitu otak dan saraf) dengan melepaskan katekolamin tertentu, dan khususnya dopamin dan norepinefrin. Pelepasan mereka meningkat dengan dosis amfetamin yang digunakan. Dalam dosis tinggi, mereka juga menyebabkan pelepasan serotonin di otak. Ini adalah bagaimana mereka mengarah pada peningkatan kewaspadaan dan konsentrasi, dengan hilangnya nafsu makan dan kecanduan.

Efek pada atlet

Beberapa atlet mungkin menggunakan amfetamin yang memberi mereka perasaan kekuatan fisik dan mental, penurunan nafsu makan dan kelelahan, peningkatan kewaspadaan (kemampuan untuk berkonsentrasi dan memperhatikan) dan perasaan euforia. Namun, risiko jangka panjangnya bukan hanya kecanduan, tetapi juga dehidrasi dan gangguan irama jantung yang mengancam jiwa. Karena alasan inilah penggunaan amfetamin tidak dianjurkan dengan aktivitas fisik.

Amfetamin tetap berada di dalam tubuh selama sekitar dua belas jam.

Narkoba – Contoh, Jenis, Pengertian, Efek jangka pendek dan panjang

Campuran

Komposisi sebagian besar produk tidak pasti, campuran berisiko karena menyebabkan efek yang tidak terduga dan tidak selalu menyenangkan.

  • Amfetamin + opiat (heroin, morfin): efeknya saling mengimbangi. Mencampur keduanya dalam jangka panjang dapat mengarah pada penggunaan jumlah yang lebih besar dari setiap produk. Ini meningkatkan risiko overdosis.
  • Amfetamin + halusinogen (LSD, psilocybin, jamur, dan lainnya): campuran ini sangat meningkatkan risiko serangan kecemasan (perjalanan buruk);
  • Amfetamin + XTC: meningkatkan risiko hipertermia (kepanasan berlebih) dan serangan panik. Dalam sebagian besar kematian yang terkait dengan penggunaan XTC dan turunannya, orang ditemukan telah mengonsumsi amfetamin dalam jumlah besar.
  • Amfetamin + alkohol: konsumsi kecepatan menutupi perasaan mabuk, yang terjadi tiba-tiba dalam “keturunan”. Selain itu, konsumsi alkohol mengurangi persepsi sinyal peringatan yang mengumumkan “stroke panas” (nyeri otot).
  • Amfetamin + minuman pintar (atau kopi): meningkatkan risiko masalah jantung (takikardia, dll.) dan menyebabkan gugup dan gemetar.
  • Amfetamin + antidepresan tipe MAOI: kombinasi ini sangat tidak disarankan dan berisiko menyebabkan krisis hipertensi yang serius.
  • Amfetamin + ganja: campuran ini, yang sering dipraktikkan untuk mengurangi efek penurunan kecepatan, dapat meningkatkan risiko serangan kecemasan pada beberapa pengguna.

Overdosis: tanda-tanda, apa yang harus dilakukan?

Konsumsi amfetamin dalam dosis besar atau sangat berdekatan dapat menyebabkan overdosis, yaitu overdosis yang berpotensi fatal. Konsumen kemudian merasakan percepatan pernapasan, berkeringat banyak, serta sakit perut, mual dan muntah. Otot-otot tegang, yang dapat menyebabkan kejang. Jika gejala tersebut muncul, Anda harus menghubungi layanan darurat, 15 atau 112, untuk perawatan medis darurat.

Apa risikonya? Heatsroke atau sengatan panas

Selain risiko yang terkait dengan konsumsi kecepatan secara teratur atau besar-besaran, kita harus menunjukkan “panas berlebih” dan dehidrasi. Amfetamin cenderung meningkatkan suhu tubuh. Jika aktivitas fisik yang intens dan berkepanjangan menyertai asupan ini, risiko hipertermia meningkat, terutama jika konsumsi dilakukan di tempat yang penuh sesak dan berventilasi buruk (diskotik, misalnya). Pengguna tidak lagi merasa lelah dan memaksakan diri tanpa menyadari bahwa tubuhnya menderita. Jika dia tidak cukup minum, dia kehilangan lebih banyak air daripada yang dia ambil. Dia menjadi dehidrasi, berkeringat semakin sedikit. Suhu tubuhnya naik.

Heat stroke (atau “overheating”) dapat disertai dengan serangan jantung atau kelelahan (kehilangan kesadaran, koma), terkadang berakibat fatal.

Beberapa tanda dan gejala menunjukkan heatstroke:

  • kelelahan tiba-tiba, lekas marah;
  • berhenti berkeringat;
  • kram terbakar di kaki, lengan, punggung;
  • pusing, vertigo, sakit kepala;
  • kesulitan buang air kecil, urin berwarna gelap;
  • pingsan, kehilangan kesadaran.

Tanda-tanda kecanduan Speed dan Amfetamin

Amfetamin tetap berada di dalam tubuh selama sekitar dua belas jam. Namun, efeknya hanya berlangsung selama beberapa jam, dan berhenti saat obat masih ada.

Beberapa konsumen merasakan dorongan kuat untuk mendapatkan kembali efek amfetamin. Mereka memiliki perasaan bahwa, tanpa kecepatan, mereka tidak akan bisa keluar, menari, belajar, bekerja, dll. Dalam hal ini, kita berbicara tentang ketergantungan psikologis.

Untuk peneliti lain, di sisi lain, ada ketergantungan fisik pada amfetamin. Ini akan mengakibatkan kelelahan fisik dan pengurangan cadangan bioamina serebral (adrenalin, dopamin, serotonin, dll.). Kekurangan inilah yang akan bertanggung jawab atas keadaan depresi yang serius, kadang-kadang disertai dengan upaya bunuh diri. Depresi ini dapat diobati dengan antidepresan. Melanjutkan kecepatan memperburuk situasi.

Efek pembiasaan ini berkontribusi pada risiko ketergantungan karena semakin banyak pengguna mengkonsumsinya, semakin dia berkewajiban untuk meningkatkan dosis untuk mendapatkan efek yang sama. Hilangnya kontrol konsumsi kemudian dapat menyebabkan masalah pada tingkat pribadi, profesional, relasional, keuangan, hukum… Bantuan medis diperlukan.

Bagaimana cara berhenti menjadi ketergantungan Speed dan Amfetamin?

Tidak ada pengobatan farmakologis untuk gejala yang terkait dengan penggunaan ekstasi. Ketika kecanduan muncul, pengobatan oleh seorang ahli kecanduan dianjurkan, baik di praktek swasta, di rumah sakit atau di pusat perawatan, dukungan dan pencegahan dalam ketergantungan narkotika. Perawatan ansiolitik dapat diusulkan untuk membantu mengelola fenomena penurunan dan kecemasan yang telah terjadi. Beberapa terapi seperti CBT (Cognitive and Behavioral Therapy) telah membuktikan diri dalam jenis tambahan ini.


Narkoba | Contoh, Jenis, Pengertian, Efek jangka pendek dan panjang


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Midwood Addiction Treatment Center, WebMD, The Freedom Center, ARK Behavioral Health

Sumber foto: DMTrott (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia Commons

Keterangan foto: amfetamin adalah stimulan sistem saraf pusat (SSP) ampuh yang tersedia dalam berbagai bentuk. Foto ini adalah jenis bubuk.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *