Surat-Surat Paulus (Letters of Paul)

1 min read

Surat-Surat Paulus

Surat-Surat Paulus (Letters of Paul)

Surat-surat Paulus adalah satu set 13 surat yang dikaitkan dengan rasul Paulus dari Tarsus dan ditujukan kepada komunitas Kristen yang berbeda pada abad ke-1. Surat keempat belas, Surat Ibrani, karya seorang penulis tanpa nama, kadang-kadang ditambahkan ke dalamnya. Mereka dengan cepat menjadi bagian dari kanon Kitab Suci. Sejak akhir abad pertama, sebagian besar komunitas Kristen menggunakan teks-teks ini dalam liturgi mereka.

Baca jiuga: Nama 12 Murid Yesus | Nama-Nama Menurut Injil: Matius, Markus, Lukas, Yohanes dan Kisah para Rasul

Meskipun beberapa penulisnya masih diperdebatkan, Surat-Surat Paulus, di antara surat-surat ini adalah beberapa dokumen Kristen paling awal yang masih ada. Mereka memberikan wawasan tentang kepercayaan dan kontroversi dari Kekristenan awal. Sebagai bagian dari kanon Perjanjian Baru, mereka adalah teks-teks dasar bagi teologi dan etika Kristen. Surat Ibrani, meskipun tidak menggunakan namanya, secara tradisional dianggap Paulus (meskipun Origen, Tertullian dan Hippolytus antara lain, mempertanyakan kepenulisannya), tetapi dari abad ke-16 dan seterusnya pendapat terus bergerak menentang kepenulisan Paulus dan beberapa sarjana sekarang menganggapnya itu kepada Paulus, terutama karena itu tidak dibaca seperti surat-suratnya yang lain dalam gaya dan isinya.

Surat-surat Paulus memiliki karakteristik hubungan pribadi antara penulis dan penerima surat. Paul menyapa banyak orang dengan namanya dan sering kali diberi informasi tentang nilai persahabatan mereka dan terima kasih atas kebaikan yang mereka berikan kepadanya.

Kebanyakan ahli setuju bahwa Paulus benar-benar menulis tujuh surat Paulus (Galatia, 1 Korintus, 2 Korintus, Roma, Filemon, Filipi, 1 Tesalonika), tetapi empat dari surat dalam nama Paulus adalah pseudepigrafik (Efesus, Satu Timotius, Kedua Timotius, dan Titus) dan bahwa dua surat lainnya yang kepenulisannya diragukan (Kedua Tesalonika dan Kolose). Menurut beberapa ahli, Paulus menulis surat-surat ini dengan bantuan seorang sekretaris, atau amanuensis, yang akan mempengaruhi gaya mereka, jika bukan isi teologis mereka.

Surat-surat Paulus biasanya ditempatkan di antara Kisah Para Rasul dan Surat-surat Katolik dalam edisi modern. Kebanyakan manuskrip Yunani, bagaimanapun, menempatkan surat-surat umum terlebih dahulu, [4] dan beberapa kecil (175, 325, 336, dan 1424) menempatkan surat-surat Paulus di akhir Perjanjian Baru.

Sesuai urutan kemunculannya dalam Perjanjian Baru, Surat-surat Paulus adalah:

NamaBahasa YunaniBahasa LatinSingkatan
PenuhMin.
Surat RomaΠρος ΡωμαίουςEpistola ad RomanosRomRo
Surat 1 KorintusΠρος Κορινθίους ΑEpistola I ad Corinthios1 Kor1C
Surat 2 KorintusΠρος Κορινθίους ΒEpistola II ad Corinthios2 Kor2C
Surat GalatiaΠρος ΓαλάταςEpistola ad GalatasGalG
Surat EfesusΠρος ΕφεσίουςEpistola ad EphesiosEfe; EfE
Surat FilipiΠρος ΦιλιππησίουςEpistola ad PhilippensesFlpPhi
Surat KoloseΠρος ΚολασσαείςEpistola ad ColossensesKolK
Surat 1 TesalonikaΠρος Θεσσαλονικείς ΑEpistola I ad Thessalonicenses1 Tes1Th
Surat 2 TesalonikaΠρος Θεσσαλονικείς ΒEpistola II ad Thessalonicenses2 Tes2Th
Surat 1 TimotiusΠρος Τιμόθεον ΑEpistola I ad Timotheum1 Tim1T
Surat 2 TimotiusΠρος Τιμόθεον ΒEpistola II ad Timotheum2 Tim2T
Surat TitusΠρος ΤίτονEpistola ad TitumTitT
Surat FilemonΠρος ΦιλήμοναEpistola ad PhilemonemFlmP

Sumber bacaan: Cleverly Smart, BiblicaBible Study ToolsWikipedia

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Lukisan Santo Paulus menulis suratnya oleh Valentin de Boulogne (1618-1620), Museum of Fine Arts, Houston.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”. Diterima pada 17...
PinterPandai
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *