Pandemi, Epidemi, Endemi dan Wabah | Apa perbedaannya?

Apa perbedaan antara Pandemi, Epidemi, Endemik dan Wabah?

Tidak semua istilah penyakit menular adalah sama, meskipun sering kali istilah tersebut digunakan secara salahdan secara bergantian. Perbedaan antara kata “pandemi”, “epidemi” dan “endemik” sering kali kabur, bahkan oleh pakar medis. Ini karena definisi setiap istilah adalah cairan dan berubah seiring dengan semakin atau kurang lazimnya penyakit dari waktu ke waktu.

Meskipun penggunaan kata-kata ini dalam percakapan mungkin tidak memerlukan definisi yang tepat, mengetahui perbedaannya penting untuk membantu Anda lebih memahami berita kesehatan masyarakat dan tanggapan kesehatan masyarakat yang sesuai.

Mari kita mulai dengan definisi dasar: Pandemi, epidemi, endemik dan wabah

EPIDEMI adalah penyakit yang menyerang sejumlah besar orang dalam suatu komunitas, populasi, atau wilayah.

PANDEMI adalah epidemi yang menyebar di banyak negara atau benua.

ENDEMI adalah suatu penyakit yang dimiliki oleh suatu populasi atau negara tertentu yang berlangsung tanpa adanya pengaruh dari luar.

WABAH adalah peningkatan yang lebih besar dari yang diantisipasi dalam jumlah kasus endemik. Ini juga bisa menjadi satu kasus di area baru. Jika tidak segera dikendalikan, wabah dapat menjadi epidemi.

Epidemi vs. Pandemi

Cara sederhana untuk mengetahui perbedaan antara epidemi dan pandemi adalah dengan mengingat “P” dalam pandemi, yang berarti pandemi memiliki paspor. Pandemi adalah epidemi yang menyebar.

3 Syarat menurut WHO dapat dikatakan PANDEMI jika:

  • Agen penyebab penyakit menginfeksi manusia dan menyebabkan sakit serius.
  • Timbulnya penyakit bersangkutan merupakan suatu hal baru pada populasi bersangkutan.
  • Agen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.

Epidemi vs. Endemik

Tapi apa perbedaan antara Epidemi dan Endemik? Epidemi menyebar secara aktif; kasus baru penyakit secara substansial melebihi apa yang diharapkan. Lebih luas lagi, ini digunakan untuk menggambarkan masalah apa pun yang di luar kendali, seperti “epidemi opioid”. Epidemi sering kali terlokalisasi di suatu wilayah, tetapi jumlah orang yang terinfeksi di wilayah itu jauh lebih tinggi daripada biasanya. Misalnya, ketika COVID-19 terbatas di Wuhan, Cina, itu adalah epidemi. Penyebaran geografis mengubahnya menjadi pandemi.

Endemik, di sisi lain, selalu ada di lokasi tertentu. Malaria endemik di beberapa bagian Afrika. Es endemik di Antartika.

Endemik vs. Wabah

Selangkah lebih maju, endemik dapat menyebabkan wabah, dan wabah dapat terjadi di mana saja. Wabah demam berdarah musim panas lalu di Hawaii adalah sebagai contohnya. Demam berdarah endemik di wilayah tertentu di Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, serta Karibia.

Nyamuk di daerah ini membawa demam berdarah dan menularkannya dari orang ke orang.

Namun pada tahun 2019 terjadi wabah demam berdarah di Hawaii yang tidak mewabah. Diyakini orang yang terinfeksi mengunjungi Big Island dan digigit nyamuk di sana. Serangga kemudian menularkan penyakit tersebut ke individu lain yang mereka gigit, yang menciptakan wabah.

Anda dapat melihat mengapa sangat mudah untuk mengacaukan istilah-istilah ini. Semuanya terkait satu sama lain dan ada pasang surut alami di antara mereka saat pengobatan tersedia dan langkah-langkah untuk pengendalian diberlakukan – atau saat gejolak terjadi dan penyakit mulai menyebar.

10 Cara Agar Tetap Sehat Pada Musim Hujan – Tips dan Tindakan Pencegahan

Cara agar tetap sehat pada musim hujan, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kondisi tubuh yang baik, selama musim penghujan. Klik disini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: World Health Organization (WHO), Very Well Health

By | 2021-01-13T15:58:28+07:00 Januari 9th, 2021|Geografi & Sejarah, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment