Tempat Wisata di Kamboja yang Terkenal – Angkor Wat (Siem Reap)

Kamboja

Kerajaan Kamboja atau Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara, ibu kotanya bernama Phnom Penh. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14. Industri pariwisata adalah penghasilan terbesar kedua di Kamboja setelah industri tekstil. Beberapa tempat wisata di Kamboja yang wajib Anda kunjungi adalah Candi Angkor Wat.

 

Tempat Wisata di Kamboja

  • Candi Angkor Wat (Siem Reap)

Situs akerkeologis Angkor, ibu kota kuno Kekaisaran Khmer yang terletak di provinsi Siem Reap. Candi Angkor wat dibangun antara abad ke-8 dan 16. Candi-candinya gabungan antara Hindu Buddha, menyebar di hutan yang dibangun secara elegan. Yang paling terkenal adalah Candi Angkor Wat, memiliki 5 menara dengan rancangan empat persegi, galeri-galeri dan relief yang merupakan contoh paling akurat tentang arsitektur Khmer.

Angkor Wat merupakan tempat wisata di Kamboja yang wajib Anda kunjungi! Angkor Wat juga termasuk dalam daftar situs UNESCO World Heritage.

Cara pergi ke Angkor Wat:

– Cara termudah, pergi dengan pesawat terbang dan mendarat di Siem Reap.
– Kompleks candi ini letaknya hanya sekitar 15 menit naik kendaraan bermotor (5.5 km utara kota Siem Reap). Kita bisa memilih ikut tour atau menyewa Tuk Tuk (semacam bajaj) untuk berkeliling sendiri.
– Untuk sunrise tour, dijemput sekitar jam 5 pagi dari hotel. Sesampai di gerbang masuk kawasan Angkor Wat, di loket pembelian tiket kita akan di foto. Nanti foto tersebut akan langsung tercetak di karcis (ID card) yang harus kita tunjukkan ketika memasuki satu kawasan candi ke candi lainnya yang memang letaknya tersebar. Harga tour berbeda-beda dari USD $ 50 – 70an (tergantung pada karcis masuk ke Candi Angkor Wat sudah termasuk atau tidak).
–  Jika Anda memilih untuk menyewa Tuk Tuk. Tinggal nego dengan pengendara Tuk Tuk untuk dijemput di hotel Anda. Biasanya biaya sewa sehari untuk ke Angkor adalah sekitar US$20. Anda juga bisa menyewa jasa pemandu wisata resmi yang menunggu di dekat loket pintu masuk kawasan candi, karena pengendara Tuk Tuk tidak diijinkan untuk memberikan guided tour. Jika pergi beramai-ramai, ini bisa jadi pilihan yang lebih murah.

Candi Angkor Wat

Candi Angkor Wat. Foto: Wikipedia

 

Candi Angkor Wat

Candi Angkor Wat. Sumber foto: Pixabay

  • Ta Prohm (Siem Reap)

Inilah yang dipilih sebagai lokasi shooting film Hollywood “Lara Croft: Tomb Rider” (tahun 2001). Dengan satu adegan dimana Angelina Jolie ber-tank top dan hot pants hitam memegang 2 pistol beraksi di salah satu sudut candi ini.

Candi Ta Prohm berada di provinsi Siem Reap, Kamboja, dibangun dengan gaya Bayon kurun akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13. Nama asli candi ini adalah Rajawihar). Candi ini terletak sekitar satu kilometer ke arah timur dari Angkor Thom dan pada tepi selatan Baray Timur.

Candi ini dibangun oleh Raja Khmer Jayawarman VII sebagai wihara dan universitas beraliran Buddha Mahayana. Tidak seperti candi lainnya di Angkor, Ta Prohm tidak dipugar dan dibiarkan dalam kondisi asal sebagaimana ditemukan. Hal ini menimbulkan efek fotogenik dengan melestarikan suasana rimba liar yang asli seperti membiarkan lilitan akar pohon besar yang memeluk tubuh candi, karena keunikan inilah Ta Phrom menjadi salah satu candi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. UNESCO memasukkan Ta Prohm ke dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1992.

Film ini menginspirasi jutaan wisatawan untuk berbondong-bondong datang ke Angkor Wat dan menjadikan candi Ta Prohm sebagai lokasi wajib untuk berfoto!

Candi Ta Prohm - Kamboja

Candi Ta Prohm. Sumber foto: Wikipedia

 

  • Candi Bayon di Angkor Thom (Siem Reap)

Candi Bayon memiliki patung berlusin-lusin dengan wajah misterius dan menara-menara tempat ibadah dengan relief yang elegan. Bayon berdiri di pusat ibu kota kuno Angkor Thom, kota dewa-dewa dan kosmologi Buddha. Total ada 54 candi berbentuk kepala yang memiliki empat sisi wajah. Angka 54 ini melambangkan daerah yang dikuasai oleh Khmer dan empat sisi wajah melambangkan empat arah mata angin, mengawasi segala penjuru arah.

Angkor Thom adalah reruntuhan kompleks ibu kota kerajaan Khmer kuno di Kamboja. Angkor Thom melingkupi bagian tengah kompleks kota kuno Angkor. Ibu kota ini didirikan oleh raja Jayawarman VII dan mencakup kawasan seluas 9 km².

Angkor Thom - Gerbang Selatan - Kamboja

Gerbang Selatan Angkor Thom untuk menuju ke Candi Bayon. Foto: Wikipedia

 

Candi Bayon - Angkor Thom

Candi Bayon – Angkor Thom – Kamboja. Sumber foto: Wikipedia

 

  • Istana Kerajaan Kamboja (Phnom Penh)

Indah mungkin bukan hanya kata pertama yang terlintas dalam pikiran ketika orang berpikir tentang Phnom Penh. Tetapi dengan bangunan-bangunan kolonial yang indah dan balkon tepi sungai yang indah. Kecantikan Phnom Penh bersinar bahkan lebih terang ketika Anda mengenali bagaimana kota yang tangguh ini telah muncul dari kerusakan perang untuk mengubah dirinya sekali lagi sebagai “Mutiara Asia”.

Dari Istana Kerajaan yang berkilauan dan pasar yang ramai hingga bar dan restoran kontemporer yang canggih, keindahan Phnom Penh sangat kompleks dan mengungkapkan dirinya perlahan kepada pengunjung.

Istana Kerajaan Kamboja, Terletak di ibu kota Phnom Penh, Kamboja, adalah kompleks bangunan istana yang berfungsi sebagai kediaman resmi Raja Kamboja dan keluarga kerajaan. Nama lengkap dalam bahasa Khmer adalah Preah Barum Reachea Veang Chaktomuk Serei Mongkol. Para raja Kamboja telah menghuni istana ini sejak dibangun pada tahun 1860-an, dengan pengecualian istana sempat kosong karena keluarga kerajaan pergi mengungsi, mengasingkan diri ketika negara jatuh dalam kekacauan akibat berkuasanya rezim Khmer Merah.

Istana ini dibangun setelah Raja Norodom memindahkan ibukota kerajaan dari Oudong ke Phnom Penh pada pertengahan abad ke-19. Istana ini dibangun secara bertahap di atas benteng kuno yang disebut Banteay Kev. Istana ini menghadap ke arah Timur dan terletak di tepi barat dari cabang pertemuan Sungai Tonle Sap dan Sungai Mekong yang disebut Chaktomuk (Sansekerta:catur mukkha yang berarti empat muka), sebuah kiasan untuk dewa Brahma yang memiliki empat muka menghadap empat penjuru.

Istana Kerajaan Kamboja

Balairung Singgasana adalah tempat di mana pejabat kepercayaan raja, jenderal dan pejabat kerajaan langsung melakukan tugasnya. Sumber foto: Wikipedia

 

Lanskap dan Pantai di Kamboja

  • Danau Tonle Sap

Di sebelah selatan Angkor, merupakan danau yang unik, karenna mulai banjir pada bulan Juni selama musim angin dan hujan muson dan arah aliran air dapat berubah-ubah. Pada akhir bulan November, para nelayan merayakan melimpahnya hasil tangkapan ikan, dengan cara membuat festival balapan perahu dan meletakkan sesaji di sungai.

Istilah “Tonlé” berarti “Sungai Besar Air Tawar” akan tetapi secara umum diterjemahkan sebagai “Danau Besar”.

Tonle Sap adalah danau air tawar terbesar di Asia Tenggara, dan merupakan titik penting keanekaragaman hayati yang dijadikan biosfer UNESCO pada 1997.

Danau Tonle Sap - Siem Reap

Rumah panggung di atas air di Tonle Sap dekat Siem Reap. Sumber foto: Wikipedia

 

  • Sihanoukville

Sihanoukville juga dikenal sebagai Kampong Som, adalah kota pelabuhan dan resor pantai di Teluk Thailand. Kota ini adalah satu-satunya pelabuhan laut dalam di Kamboja. Nama kota ini berasal dari nama raja Kamboja, Norodom Sihanouk.

Daya tarik besar di sini adalah pantai pasir putih dan beberapa pulau tropis yang belum berkembang. Sihanoukville adalah tempat yang baik untuk beristirahat dan bersantai, meskipun bersiaplah untuk melawan burung gagak selama musim liburan atau akhir pekan.

Cara pergi ke Sihanoukville

Dengan pesawat ke Bandara Sihanoukville yang kecil (IATA: KOS | ICAO: VDSV) terletak 17 km di sebelah timur kota, di tepi Taman Nasional Ream. Cambodia Angkor Air mulai terbang ke dan dari Siem Reap pada 14 Desember 2011 dengan 3 penerbangan dalam seminggu. Mereka juga terbang tanpa henti ke dan dari Vietnam (Kota Ho Chi Minh) 3-4 kali per minggu. AirAsia mulai terbang ke dan dari Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan Agustus 2017, 4 kali seminggu.

Pantai Sihanoukville - Kamboja

Pantai Sihanoukville – Kamboja. Sumber foto: Wikimedia

 

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

 

Bacaan Lainnya

 

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


 

By | 2018-04-29T11:23:44+07:00 Maret 28th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment