Jembatan Terindah di Dunia – Dari yang Cantik, Gagah sampai Mengerikan

6 min read

Jembatan terindah di dunia

Jembatan Terindah di Dunia

Terkadang, jembatan yang berasitektur indah dapat mendefinisikan kota. Coba bayangkan Paris tanpa Menara Eiffel atau Barcelona tanpa pengaruh kuat arsitek Gaudí. Meskipun jembatan berfungsi dan berguna, itu tidak berarti mereka harus membosankan dalam desain mereka, karena 10 jembatan terindah ini, dibuat beberapa oleh arsitek terkenal di dunia seperti Santiago Calatrava atau Zaha Hadid dan masih banyak lagi yang mengilustrasikan jembatan terindah di dunia.

Bagaimanapun juga, jembatan dapat diakses oleh semua orang untuk berjalan atau mengemudi atau keduanya. Dan jembatan mereka menghubungkan tempat satu sama lain.

 

Jembatan Zhangjiajie – China

Tetapi jika Anda menderita vertigo, lupakan saja! Anda tidak akan bisa berdiri di sebagian besar tempat ini. Terutama di Grand Canyon Glass Bridge, jembatan kaca penyeberangan terpanjang dan tertinggi (300 m!) Di dunia. Satu kata: menakutkan. Dibuka pada Agustus 2016.

Mereka juga memiliki lift tertinggi di dunia (330 m), membawa ke puncak puncak hingga 50 orang pada saat yang sama.

Jembatan Zhangjiajie - Cina
Jembatan Zhangjiajie – Cina. Dengan panjang 430 m dan lantai kacanya bertengger lebih dari 300 m.
Sumber foto: SCMB

 

Skywalk kaca, Zhangjiajie National Forest Park, Cina
Skywalk kaca, Zhangjiajie National Forest Park, Cina. Sumber foto: Most Beautiful Spots

 

Jembatan Golden Gate, San Francisco, California – Amerika Serikat

Sebuah selat yang menghubungkan Teluk San Francisco ke Samudra Pasifik. Sejak 1930-an Jembatan Golden Gate didirikan sepanjang selat ini. Untuk artikel Panjang Kabel Jembatan Golden Gate Di San Francisco Bisa Berputar Dunia 3 Kaliklik disini.

Jembatan Golden Gate - San Francisco
Jembatan Golden Gate – San Francisco. Sumber foto: Pixabay

 

Jembatan Golden Gate - San Francisco
Jembatan Golden Gate – San Francisco. Sumber foto: Pixabay

 

Jembatan Vecchio, Florence – Italia

Ponte Vecchio yang berarti jembatan lama. Melintasi Sungai Arno penghubung Lungarno dan Oltrarno yang dibangun pada 1345 oleh Taddeo gaddi adalah sebuah jembatan yang paling terkenal di Kota Florence Italia, jembatan ini sebenarnya lebih dari sebuah jembatan karena pada jembatan terdapat jalan dan juga pertokoan-pertokoan.

Jembatan Vecchio, Florence
Jembatan Vecchio, Florence – Italia. Sumber foto: Wallpaperstudio10.com

 

Jembatan Vecchio - Florence - Italia
Jembatan Vecchio pada saat matahari terbenam. Sumber foto: Pixabay

 

Jembatan Brooklyn, New York City, New York – Amerika Serikat

Salah satu jembatan suspensi tertua di Amerika Serikat. Selesai dibangun tahun 1883, jembatan ini menghubungkan borough Manhattan dan Brooklyn di New York City melintasi Sungai East. Jembatan ini adalah jembatan suspensi terpanjang di dunia sejak pembukaannya hingga 1903, serta jembatan suspensi kabel baja pertama.

Awalnya diberi nama Jembatan New York dan Brooklyn, jembatan ini diberi sebutan Jembatan Brooklyn dalam surat untuk editor Brooklyn Daily Eagle tanggal 25 Januari 1867 dan dinamai begitu oleh pemerintah kota pada 1915. Sejak pembukaannya, jembatan ini telah menjadi bagian utama dari kaki langit New York. Jembatan Brooklyn ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1964 dan National Historic Civil Engineering Landmark pada tahun 1972.

Jembatan Brooklyn - New York City
Jembatan Brooklyn, New York City. Sumber foto: Pixabay

 

Jembatan Alexander III, Paris – Prancis

Terdapat patung emas di atas pilar. Masing-masing dari keempat kepingan itu terbuat dari perunggu yang ditutupi lempengan emas dan terdiri dari seorang wanita dan seekor kuda dengan sayap. Patung ini mewakili seni, pertanian, perdagangan dan perang.

Jembatan Alexander III, Paris - Prancis
Jembatan Alexander III, Paris – Prancis. Sumber foto: Pixabay

 

Sheikh Zayed Bridge, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Adalah jembatan lengkung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dinamakan setelah arsitek utama negara itu dan mantan presiden Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, jembatan sepanjang 842 meter itu dikatakan sebagai jembatan paling rumit yang pernah dibangun. Lengkungan desainnya yang melengkung membangkitkan bukit pasir bergelombang di gurun pasir.

Fitur jembatan – di samping arsitekturnya yang mencolok – desain pencahayaan yang dinamis yang didasarkan pada warna halus yang mengalir melintasi tulang belakang jembatan, melambangkan sifat penghubung jembatan dan energi yang dipancarkan oleh ibukota Abu Dhabi.

Jembatan itu adalah rute lalu lintas ketiga yang menghubungkan daratan ke pulau Abu Dhabi dan gerbang utama baru di atas saluran Maqtah. Jembatan itu dirancang oleh arsitek Zaha Hadid sebagai landmark kemegahan bagi ibu kota UEA.

Jembatan Sheikh Zayed - Abu Dhabi
Jembatan Sheikh Zayed – Abu Dhabi. Sumver foto: Visit Abu Dhabi

 

Jembatan Helix – Singapura

Adalah jembatan pejalan kaki yang menghubungkan Pusat Marina dengan Marina South di daerah Marina Bay di Singapura. Secara resmi dibuka pada 24 April 2010 pukul 9 malam; Namun, hanya separuh dibuka karena konstruksi yang sedang berlangsung di Marina Bay Sands.

Terletak di samping Jembatan Benjamin Sheares dan didampingi oleh jembatan kendaraan, yang dikenal sebagai Jembatan Bayfront. Seluruh jembatan dibuka pada 18 Juli 2010 untuk menyelesaikan seluruh jalan di sekitar Marina Bay.

Jembatan Helix - Marina Bay - Singapura
Jembatan Helix – Marina Bay – Singapura. Foto: Wikimedia

 

Jembatan Millau Viaduct, Millau – Prancis

Sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Sir Norman Foster, Millau merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter; sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 meter lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.

Jembatan Millau Viaduct, Millau - Prancis
Jembatan Millau Viaduct, Millau – Prancis. Foto: Flickr

 

Tower Bridge, London – Inggris

Hari ini, Tower Bridge yang ikonis di London adalah objek wisata yang wajib dikunjungi. Dibuka pada tahun 1894, jembatan ini memungkinkan mobil dan pejalan kaki menyeberangi Sungai Thames, sementara juga memungkinkan lalu lintas sungai untuk berlalu, karena bascules dapat dinaikkan ke sudut 86 derajat.

Tower bridge London - Inggris
Tower bridge London – Inggris. Sumber foto: Pixabay

 

Jembatan Suramadu, Surabaya – Indonesia

Jembatan Nasional Suramadu (singkatan dari Surabaya-Madura) yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura. Jembatan dengan kabel pancang dengan desain elegan yang terdiri dari 2 kolom pilon tinggi.

Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge) dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Provinsi Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah Rp 4,5 triliun.

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu. Sumber foto: Pixabay

 

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu, Jawa Timur. Sumber foto: Nettik

 

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


One Reply to “Jembatan Terindah di Dunia – Dari yang Cantik, Gagah…”

  1. Ngeri kalau ngebanyagin jembatan Zhangjiajie! Hahahahha
    Pasti kaki bisa gemeteran. Tapi cakep banget. Salut gue sama arsiteknya. Dan lebih lagi, sama orang-orang yang bisa berjalan di jembatan itu ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.