Underwriting – Penjaminan Emisi Efek (PEE) – Pengertian, Peran Jenis Kontrak dan Contoh

Penjaminan Emisi (Underwriting)

Penjaminan emisi atau Underwriting adalah kegiatan pendukung transaksi pasar uang atau pasar modal oleh pihak yang turut menjamin dan bertanggung jawab apabila terjadi wanprestasi dari pemilik proyek (emiten).

Penjamin emisi (underwriter) adalah bank investasi, bank komersial, atau perusahaan pialang yang bekerja dengan emiten untuk menjual emisi baru.

Penjamin emisi sering disebut underwriter, berawal dari jasa yang ditawarkan oleh Lloyd of London pada perdagangan maritim terhadap risiko kapal karam.

Pihak yang bersedia turut menjamin dengan melakukan penggantian kepada pemilik kapal atas nilai kerugian yang disepakati, dengan imbalan premi asuransi, akan turut menuliskan namanya (write under/ menulis di bawah nama pemegang polis) di kolom formulir yang disediakan Lloyd of London.

Emiten dapat memilih penjamin emisi dengan pelelangan atau penetapan atas dasar negosiasi. Penjamin emisi potensial dapat membentuk kelompok yang disebut sindikat penjamin emisi untuk menawar secara kolektif.

Perlu ditekankan bahwa penjamin emisi adalah organisasi, sedangkan orang-orang yang berprofesi sebagai penjamin emisi disebut Wakil Penjamin Emisi Efek (WPPE).

Dasar-dasar underwriting

Praktik penjaminan emisi terutama melibatkan penelitian dan penilaian tingkat risiko setiap entitas sebelum memutuskan apakah akan mengambil risiko tersebut.

Penelitian ini diperlukan untuk memutuskan berapa tingkat suku bunga pinjaman yang seharusnya dan untuk menetapkan premi yang sesuai untuk menutupi biaya sebenarnya dari pemegang polis asuransi. Penjamin emisi dapat menolak untuk melindungi entitas jika mereka menganggap bahwa risikonya terlalu tinggi.

Underwriting adalah

Underwriting adalah sebuah proses identifikasi dan seleksi resiko dari calaon tertanggung yang mengasuransikan dirinya di sebuah perusahaan asuransi.

Underwriter adalah

Individu atau seseorang yang bekerja dan melakukan proses underwriting.

Emiten adalah

Emiten adalah Pihak yang melakukan Penawaran Umum, yaitu penawaran Efek yang dilakukan oleh Emiten untuk menjual Efek kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam peraturan Undang-undang yang berlaku. Pada umumnya, Emiten melakukan penawaran Efek melalui Pasar Modal untuk saham, obligasi dan sukuk (istilah dalam bahasa Arab yang digunakan untuk obligasi yang berdasarkan prinsip syariah).



Jenis kontrak penjaminan emisi (Underwriting)

Beberapa macam kontrak penjaminan emisi yang dikenal seperti:

  • Full Commitment (kesanggupan penuh), PEE bertanggung jawab untuk mengambil sisa efek yang tidak terjual.
  • Best Effort Commitment (kesanggupan terbaik), PEE tidak bertanggung jawab atas sisa efek yang terjual, tetapi PEE akan berusaha sebaik-baiknya agar efek yang ditawarkan dapat terjual dalam kuantitas yang paling tinggi.
  • Standby Commitment (kesanggupan siaga), PEE berkomitmen agar saham yang tidak terjual di pasar perdana dapat dibeli oleh PEE pada harga tertentu.
  • All or None Commitment (kesanggupan semua atau tidak sama sekali), PEE akan berusaha menjual semua efek, agar laku semuanya, tetapi apabila efek tersebut tidak laku semuanya, maka transaksi dengan pemodal yang ada akan dibatalkan.

Baca juga 👉 Pasar Modal (Capital Market) – Pengertian, Jenis, Fungsi, Risiko, Manfaat dan Contoh


Jasa Penjamin Emisi Efek

Jasa Penjamin Emisi Efek merupakan layanan jasa terkait dengan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering), secondary offering, obligasi dan sukuk (obligasi syariah).

Divisi Investment Banking akan membantu dan mendampingi klien dalam pendanaan pasar modal, baik dalam hal penggalangan dana melalui penjualan saham di pasar modal, mekanisme penawaran umum kepada masyarakat maupun penggalangan dana melalui surat berharga yang ditawarkan melalui penawaran umum kepada investor pasar modal.

Pendanaan pasar modal ini dapat menjadi alternatif opsi pendanaan bagi klien yang tidak hanya berasal dari pinjaman perbankan.


Peran Underwriter di Pasar Modal

Di dalam suatu perusahaan memiliki keberadaan lembaga penunjang Pasar Modal, seperti Penjamin Emisi Efek (Underwriter) yang memiliki faktor penting untuk melihat bagaimana perkembangan suatu perusahaan di dalam Pasar Modal.

Apakah Anda tahu apa saja peranan penting Underwriter di dalam Pasar Modal? Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja peranan nya, sebaiknya Anda harus mengerti apa yang di maksud dengan Underwriter?

Underwriter adalah pihak yang membuat kontrak dengan emiten  untuk melakukan penawaran umum bagi kepentingan emiten tanpa berkewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.

Underwriter memiliki peran sebagai berikut:

1. Mematuhi semua ketentuan yang ada di dalam kontrak penjaminan emisi,

2. Mengungkapkan nya di dalam bentuk prospektus atau dokumen resmi yang di gunakan oleh perusahaan untuk memberikan gambaran mengenai saham yang di tawarkan untuk di jual ke publik, yang bersifat material diantara perusahaan efek dan emiten.

Selain peranan yang di miliki oleh underwriter tersebut, Underwriter juga memiliki tiga sifat yang menjadi kemungkinan terkait penawaran – penawaran yang di tawarkan oleh pihak Underwriter, yaitu sebagai berikut:

1. Kemungkinan yang pertama itu adalah Penjaminan secara penuh(full commitment), dimana jika efek yang di tawarkan didalam penawaran umum tidak habis terjual, maka Underwriter bertanggung jawab sepenuhnya untuk membeli semua efek tersebut.

2. Kemungkinan yang kedua itu adalah Penjualan yang dilakukan dengan kinerja yang terbaik (best effort commitment ), dimana jika efek yang ditawarkan di dalam penawaran umum tidak dapat menarik perhatian investor, maka tugas Underwriter hanya bekerja semaksimal mungkin menawarkan efek tersebut kepada investor.

3. Kemungkinan yang ketiga itu adalah Underwriter hanya bertugas membantu dan berjaga-jaga terkait penjualan efek (stand by commitment), dimana Underwriter hanya menjadi pendamping atau partner untuk melakukan penjualan efek yang ditawarkan di dalam penawaran umum.

Dilihat dari ketiga kemungkinan tersebut, emiten akan lebih tertarik untuk melakukan perjanjian secara full commitment, dimana adanya kepastian jika semua efek yang tidak terjual, akan di pertanggung jawabkan oleh Underwriter itu sendiri.


2 Jenis kelompok Underwriting

Selain itu Underwriter sendiri di bagi menjadi dua kelompok , yaitu sebagai berikut:

1. Penjamin Utama Emisi (Lead Underwriter)

Yang dimana memiliki tugas pokok seperti:

1. Menjamin terkait penjualan efek dan pembayaran terhadap keseluruhan nilai efek yang ditawarkan kepada emiten.

2. Menjadi perwakilan dari para penjamin efek ke dalam hubungannya dengan emiten dan juga pihak ketiga.

3. Menentukan kewajiban dari masing-masing bagian emisi efek yang sesuai dengan ketentuan yang telah di sepakati dalam perjanjian antara  penjamin emisi.

2. Penjamin Peserta Emisi (Co-Underwriter)

Yang dimana memiliki fungsi sebagai penjamin penjualan dan pembayaran nilai efek sesuai dengan efek yang diberikan kepadanya, yang di kaitkan dengan suatu perjanjian penjaminan emisi, serta penjamin peserta ini tidak bertanggung jawab secara langsung kepada emiten tetapi itu tugas dari Lead Underwriter.


Perusahaan Penjamin Emisi

Ketika penjamin emisi berkomitmen untuk mengambil sejumlah saham / surat hutang tertentu dari suatu perusahaan — apakah saham atau surat hutang yang sama tersebut diambil oleh publik atau tidak — hal yang sama dikenal sebagai Penjamin Emisi Efek .

Contoh:

X, Y dan Z menjamin pemesanan untuk masing-masing 5.000 saham, 3.000 saham dan 2.000 saham. Perusahaan penjamin emisi masing-masing adalah 2.000.1000 dan 500 saham X, Y dan Z.

Dengan kata lain, hanya 6.500 saham (yaitu 5000 + 3.000 + 2.000 saham – 2.000 – 1.000 – 500) yang dapat dikeluarkan untuk umum.

Jika terjadi kelebihan permintaan saham, misalnya dalam kasus di atas, jika permohonan 7.000 saham diterima, maka penjatahan yang akan dibuat untuk publik hanya 6.500 saham.

Singkatnya, jika masalah kelebihan permintaan, hanya jumlah saham / surat hutang yang disepakati yang dapat diambil — dalam hal penjaminan emisi perusahaan.

Entri Akuntansi:

Entri berikut harus dibuat dalam pembukuan perusahaan:

(a) Untuk Komisi atau Pialang karena:

Komisi / Pialang Penerbitan Saham / Debet A / c Dr.

Kepada Penjamin Emisi Efek / A / c Pialang

(b) Untuk Komisi / atau Pialang dibayarkan:

Penjamin Emisi Efek / Pialang A / c Dr.

Kepada Kas / Bank / Saham / Debet A / c

(c) Untuk memperoleh tanggung jawab apa pun jika langganan kurang:

A / c Penjamin Emisi Efek Dr.

Untuk Berbagi Modal / Debentures A / c

(d) Untuk menerima pembayaran:

Bank A / c Dr.

Kepada Penjamin Emisi Efek,

Ilustrasi Umum:

Penjaminan emisi perusahaan diperlakukan sebagai aplikasi yang ditandai:

Ilustrasi 1:

Penjaminan emisi berikut dilakukan untuk sebuah perusahaan:

X 6.000 saham; Y 2.500 saham; Z 1.500 saham.

Selain itu, ada penjaminan emisi perusahaan sebagai:

X 800 saham; Y 300 saham; Z 1.000 saham.

Masalah saham adalah 10.000 saham. Jumlah langganan termasuk penjaminan emisi perusahaan adalah 7.100 saham dan formulir termasuk formulir bertanda berikut:

X 1000 saham; Y 2000 saham; dan Z 500 saham.

Tunjukkan alokasi Liabilitas (tanggung jawab liability) penjamin emisi.

alokasi Liabilitas (tanggung jawab liability) penjamin emisi.

alokasi Liabilitas (tanggung jawab liability) penjamin emisi. Sumber foto: Your Article Library


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Yahoo Finance, Capital,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-09T15:44:25+07:00 September 8th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment