Online Marketing – Penjelasan dan Contoh – Strategi Yang Paling Efektif!

Penjelasan Online Marketing

Online marketing adalah seperangkat alat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui internet.


Panduan Strategi Online Marketing Paling Efektif

Online marketing juga dikenal sebagai internet marketing (pemasaran internet), pemasaran web, atau pemasaran digital.

Ada sejumlah alat yang dapat digunakan untuk membangun dan memelihara program pemasaran online yang kuat:

Ini mencakup beberapa alat seperti:

1. Pemasaran media sosial (SMM: Social Media Marketing)

Social media marketing merupakan salah satu channel yang digunakan untuk menarik perhatian warganet tentang bisnis online yang dijalankan melalui situ-situs media sosial. Hal ini tergolong ke dalam cara pemasaran digital yang sangat efektif dan membantu Anda menciptakan hubungan baik antara pebisnis dengan klien.

Contoh akun sosial media yang terkenal di antaranya: Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Flickr, Foursquare, Path, BBM, Youtube, dan Yahoo Mail. Kesebelas akun sosmed tersebut bisa Anda coba sesuai dengan target konsumen / pelanggan Anda.

Sosial media dapat digunakan dengan mudah untuk mempromosikan merek dan konten melalui foto dan video. Dengan begitu, kesadaran mereka akan meningkat seiring dengan peningkatan traffic website. Tak hanya itu saja, bahkan bisnis online yang tengah Anda jalani pun dapat menghasilkan leads dari penggunaan sosmed marketing.

Dengan menggunakan sosial media, akan terbentuk interaksi yang lebih intim antara pelanggan dengan pebisnis. Karena konsumen bisa berbicara langsung mengenai apa yang mereka butuhkan meskipun melalui dunia maya.

    • Campaign organik di media sosial

Dengan sebagian besar pengguna internet yang pastinya aktif di media sosial, pemasar melihat saluran ini sebagai kesempatan untuk mendistribusikan konten, mengarahkan traffic ke situs mereka sendiri, dan terlibat dengan konsumen. Sebagian besar bisnis online biasanya memiliki akun di Facebook, Twitter, Instagram, atau LinkedIn.

    • Campaign berbayar di media sosial

Selain menayangkan konten untuk menarik pengikut mereka, bisnis memanfaatkan native ads di platform media sosial untuk menjangkau segmen target tertentu. Media sosial berbayar memungkinkan pemasar mengidentifikasi, kepada siapa saja konten tersebut akan didistribusikan.

Baca juga 👉 Social Media Marketing (SMM) – Teknik Pemasaran Dengan Media Sosial dan Contoh Efektif

2. Optimisasi mesin pencari (SEO: Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencarian merupakan adalah proses yng mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah web maupun halaman web di hasil pencarian alami dari sebuah mesin pencarian. Banyak sekali SEO gratis atau tak berbayar yang sengaja disediakan untuk melengkapi fitur website.

Baca juga 👉 SEO: Search Engine Optimization (0ptimisasi Mesin Pencarian) – Penjelasan, Cara dan Contoh

3. Iklan bayar per klik (PPC: Pay-Per-Click Advertising)

PPC merupakan salah satu jenis channel digital marketing yang digunakan dalam hal bisnis yang akan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh penayang. PPC ini termasuk model periklanan di internet yang tergolong ampuh dalam meningkatkan traffic website Anda.

Jenis PPC yang paling popular di kalangan para blogger yakni Google Adwords. PPC sendiri terdiri dari berbagai macam iklan yang ditayangkan yang meliputi search advertising, social advertising, remarketing, display advertising, dan google shopping.

Ada beberapa alasan mengapa PPC sangat diperlukan untuk optimisasi traffic sebuah website, sebab:

Pebisnis akan mendapatkan target customer yang lebih cepat.
Pengeluaran budget untuk pemasangan iklan akan lebih terkontrol.
Return on Investment (ROI) makin meningkat.
Memiliki pengaruh baik terhadap SEO.

4. Pemasaran mesin pencari (SEM: Search Engine Marketing).

5. Email Pemasaran (Email Marketing)

Email marketing merupakan channel yang paling efektif untuk membangun koneksi antara digital marketer dengan calon pelanggan serta mengarahkan mereka menjadi pelanggan yang setia. Promosi digital dengan mengirim email ke pelanggan termasuk cara yang mudah dan menghemat biaya.

Contoh pesan email yang Anda kirimkan pun harus singkat padat jelas dan tidak bertele-tele dalam hal penyampaiannya. Ada beberapa email marketing tool terbaik yang perlu Anda ketahui, yakni MailChimp, Constant Contact, serta HubSpot.

Biasanya dengan menggunakan email marketing ini, Anda bisa mengirimkan banyak hal. Mulai dari informasi mengenai produk baru, diskon pelanggan, tawaran promosi, hingga acara / event tertentu yang diselenggarakan oleh perusahaan digital marketing tersebut.

Adapun tahapan awal dalam membangun email marketing yang harus Anda lakukan adalah meminta izin kepada pelanggan maupun calon pelanggan untuk mengirim informasi tertentu melalui email tersebut. Sehingga ke depannya tidak dianggap spam.

Baca juga 👉 Email Marketing Platform Terbaik dan Reviewnya – Alat Pemasaran Email Massal (Email Broadcast) Gratis untuk Menghemat Waktu dan Uang Anda

6. Penampilan iklan (Display Advertising)

Display advertising adalah penempatan gambar, grafik, atau modul interaktif di situs dan saluran lainnya, dengan harapan pengguna akan meng-klik iklan tersebut dan mengarahkan audiens ke laman yang ingin dipromosikan. Satu kritik tentang display advertising (dikenal juga sebagai banner ads), adalah mengganggu pengalaman audiens.

7. Acara event & Webinar dan Podcast

Web seminar dan podcast juga cara yang baik bagi bisnis untuk mengedukasi konsumen dan secara bersamaan mendapatkan data diri mereka lewat formulir registrasi. Webinar dan podcast juga bisa mempermudah brand untuk menjalin kedekatan dengan konsumen.

Strategi pemasaran digital yang baik akan menggabungkan berbagai taktik ini untuk bisa mencapai tujuan bisnis dan menggiring konsumen melalui berbagai saluran pemasaran, dari pengenalan produk sampai pembelian. Jadi, saluran dan taktik apa yang akan Anda lakukan untuk strategi digital campaign Anda?

8. Pengujian A / B & Pengoptimalan Situs Web (A/B Testing & Website Optimization)

9. Mobile Marketing

Mobile marketing merupakan alat pemasaran yang memeanfaatkan perangkat mobile phone / smartphone / Hp Android. Jika dulunya mobile marketing hanya bisa dilakukan melalui SMS, saat ini cara tersebut sudah dikurangi dan beralih ke aplikasi dari smartphone.

Media marketing ini tak hanya menghubungkan seseorang ke dalam akses internet tanpa batas, namun juga memperuat media komunikasi yang lebih mudah dan efisien. Para marketer tentunya selalu memikirkan cara yang terbaik untuk promosi melalui mobile marketing dengan menciptakan konten-konten yang antimainstream. Jenis-jenis mobile marketing yang sedang marak saat ini di antaranya video mobile dan mobile website.

Baca juga 👉 Mobile Marketing (Pemasaran seluler) – Penjelasan, Saran dan Contoh – Tips yang Mendorong Prospek dan Penjualan

10. Pemasaran Video (Video Marketing)

Video konten marketing bukan merupakan ide yang baru dalam hal pemasaran digital. Istilah ini disebut sebagai adalah cara pemasaran yang menggunakan tools video sebagai kontennya. Sebab sebuah penawaran brand / produk / jasa memerlukan video sebagai strategi pemasrannya.

Selain di Youtube, video-video tersebut dapat disisipkan di dalam akun medsos, blog, maupun website. Rupanya, video marketing ini memiliki peran yang sangat besar dalam upaya menjangkau pelanggan yang potensial dan sebagai penyalur dari kampanye brand yang dimiliki oleh digital marketer.

Adapun jenis video konten marketing seperti video demo, video event, video petujuk, video edukasi, video branding, serta video studi kasus dan testimonial pelanggan.

11. Pemasaran Konten (Content Marketing)

Content marketing fokus pada kreasi dan distribusi konten yang bernilai, relevan, konsisten dalam menarik dan membuat sasaran audiens bertahan; serta mendorong tindakan menguntungkan dari pelanggan. Ini termasuk media berbayar, earned, dan media pribadi.

12. Analisis Pemasaran (Marketing Analytics)

13. Otomasi Pemasaran (Marketing Automation)

Otomatisasi pemasaran adalah teknologi yang mengelola proses pemasaran dan kampanye multifungsi, di berbagai saluran, secara otomatis. Dengan mengotomatisasi kampanye digital marketing, Anda dapat menghemat waktu sehingga bisa melakukan banyak hal berharga lainnya.

Jenis pemasaran ini memungkinkan bisnis Anda melakukan otomatisasi satu klik. Dibanding dengan cara tradisional yang mengharuskan mendelegasikan berbagai tugas ke tangan dan talenta terbaik, digital marketing mengambil keuntungan dari metode yang lebih mengerti teknologi. Dengan cara digital semua selesai dengan otomatis.

14. Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM: Customer Relationship Management)

15. Sistem Manajemen Konten (CMS: Content Management System)

16. Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing)

Contohnya seperti: Amazon, eBay, dan Rakuten adalah beberapa perusahaan penyedia program afiliasi dari luar negeri. Perusahaan Indonesia pun juga banyak yang menyediakan program afiliasi. Dari Bukalapak, BliBli, Tokopedia, Matahari Mall, Tiket.com, hingga Niagahoster menyediakan program afiliasi dengan komisi bermacam-macam.

Dengan affiliate marketing Anda bisa mengajak pelanggan reguler untuk mengiklankan produk Anda ke teman-teman atau followernya di media sosial.

Contoh lainnya seperti Toko Pinter yang menerapkan strategi marketing ini dan berhasil mengajak lebih dari ribuan orang untuk mempromosikan produk Toko Pinter. Anda pun bisa menerapkan affiliate marketing di bisnis yang Anda kelola.

Baca juga 👉 Affiliate Marketing Online di Indonesia dan Luar Negeri (Pemasaran Afiliasi) – Daftar Merchant Online


Elemen Online Marketing

Digital online mencakup elemen pemasaran yang lebih luas daripada pemasaran bisnis tradisional karena saluran tambahan dan mekanisme pemasaran yang tersedia di internet.

Digital online dapat memberikan keuntungan seperti:

  • Pertumbuhan potensi
  • Pengurangan biaya
  • Komunikasi yang elegan
  • Kontrol yang lebih baik
  • Peningkatan layanan pelanggan
  • Keunggulan kompetitif

Baca juga 👉 Internet Marketing (Pemasaran Lewat Internet) – Penjelasan, Belajar, Strategi dan Contoh


Manfaat Pemasaran Online

Manfaat utama menggunakan saluran online untuk memasarkan bisnis atau produk adalah kemampuan untuk mengukur dampak saluran tertentu, serta bagaimana pengunjung yang diperoleh melalui saluran yang berbeda berinteraksi dengan situs web atau pengalaman laman landas. Dari pengunjung yang berubah menjadi pelanggan yang membayar, analisis lebih lanjut dapat dilakukan untuk menentukan saluran mana yang paling efektif dalam memperoleh pelanggan yang berharga.

Pengalaman Analytics untuk web atau aplikasi seluler dapat membantu menentukan hal berikut:

1. Saluran online marketing dapat menghemat banyak biaya dalam memperoleh pelanggan, berdasarkan rasio konversi pengunjung ke pelanggan, dan biaya pengunjung tersebut.

2. Lebih efektif dalam memperoleh dan mendorong nilai umur yang lebih tinggi bagi pelanggan – seperti pemasaran email, yang mendorong pembelian berulang ke pelanggan sebelumnya.

3. Kelompok pelanggan mana yang menunjukkan perilaku keterlibatan yang lebih kuat dan potensi penjualan yang tinggi – seperti perangkat lunak atau aplikasi seluler, yang berharap dapat menjual lebih banyak produk kepada pelanggan dengan keterlibatan tinggi.


Bagaimana cara melakukan online marketing?

Berikut adalah cara-cara untuk membawa kampanye pemasaran Anda ke tangan Anda sendiri.

  • Terlibat di Media Sosial.
  • Mulai Blogging.
  • Bangun Hubungan Dengan Media.
  • Tawarkan Konten yang Diinginkan Audiens Anda.
  • Perhatikan Analytics.
  • Pastikan Email Anda Berbicara Dengan Penerima.
  • Sempurnakan SEO Di Situs Anda.

Strategi online marketing

Strategi online amarketing adalah cara untuk mempromosikan layanan Anda dan menghasilkan pelanggan baru melalui saluran digital. Hal-hal seperti media sosial, mesin pencari, iklan bergambar, dan lainnya dapat digunakan untuk menyebarkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak audiens di platform yang paling sering mereka gunakan.

Tetapi strategi online marketing mana yang terbaik? Tidak ada jawaban tunggal untuk menentukan strategi pemasaran online terbaik, tip, atau pedoman untuk bisnis kecil. Strategi Anda akan berbeda dari yang lain tergantung pada kebutuhan bisnis Anda sendiri. Membuat strategi digital yang sempurna hanya terjadi setelah riset, trial & error, dan mengetahui cara mengoptimalkan kampanye Anda untuk hasil terbaik. Ini adalah kombinasi alat & taktik, yang disesuaikan untuk bisnis Anda, yang akan berhasil.

Tentu, ada beberapa dasar digital marketing yang perlu Anda pahami sebelum Anda dapat menggunakan taktik pemasaran online terbaik. Tapi percayalah, ini bukan ilmu roket. Dan jika Anda sangat ingin melihat bisnis Anda berkembang secara online, Anda tidak akan butuh waktu lama untuk menyadari nilainya yang sebenarnya.

Melalui artikel ini, kami ingin membahas beberapa ide & taktik pemasaran online terbaik yang akan membantu Anda menentukan rencana pemasaran online terbaik untuk bisnis Anda. Dan kami tidak akan mengecewakan Anda!

Baca juga 👉 IPO (Initial Public Offering) – Penawaran Umum Perdana – Penjelasan dan Panduan, Proses Langkah-Langkahnya


Kesimpulan

Online Marketing menawarkan sejumlah besar kemungkinan bagi perusahaan. Ini adalah dunia yang berkembang, itulah sebabnya pengembangan strategi yang konstan diperlukan. Jauh lebih mudah bagi pelanggan untuk menemukan pengganti dari pesaing di internet karena upaya minimal yang harus dilakukan seseorang untuk membuka situs web lain.

Setiap halaman internet penuh dengan jenis titik kontak yang berbeda sebagai iklan dan penawaran yang menyulitkan perusahaan untuk memandu calon pembeli ke situs web tertentu tanpa “kehilangan” mereka melalui jalan internet mereka.

Inilah mengapa pemahaman mendasar tentang perilaku konsumen sangat penting. Terlepas di dunia mana – online atau offline – pelanggan hampir berperilaku dengan cara yang sama.

Langkah pertama adalah selalu menarik perhatian pelanggan. Ada berbagai jenis strategi yang digunakan untuk berhubungan dengan kelompok sasaran tertentu. Strategi mana yang digunakan pada akhirnya tergantung pada perilaku pembeli potensial dan bagaimana perusahaan dapat memahami tindakan ini. Saat ini tampaknya menjalankan bisnis sangat diperlukan tanpa kehadiran online karena angka-angka menunjukkan bahwa tren konsumsi di toko-toko mengarah ke konsumsi online.

Oleh karena itu, setiap perusahaan harus memiliki setidaknya satu departemen online yang bertanggung jawab atas keberadaan web perusahaan. Itu harus disesuaikan dengan lingkungan dan diperbarui sesering mungkin untuk mencapai loyalitas pelanggan yang maksimal juga dalam dunia online yang terus berkembang.

Jadi, tujuan utama perusahaan adalah untuk menciptakan merek yang didefinisikan dengan jelas yang mewakili nilai dan kekuatan perusahaan dan menarik perhatian calon pembeli dan konsumen setia secara offline maupun online. Interaksi kedua dunia ini memungkinkan hasil yang maksimal bagi perusahaan mengenai keuntungan moneter dan non-moneter.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Optimizely, Marketing Land, Lyfe Marketing, Techopedia

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-11T15:12:18+07:00 September 8th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment