Menabung Mata Uang Asing – Mengapa? Apakah Untung, Rugi, Risiko?

Mengapa Menabung Mata Uang Asing?

Semua mata uang dinilai terhadap mata uang lain, sehingga selalu dinyatakan sebagai pasangan, mis. USD dengan Rp, EUR dengan Rp atau GBP dengan Rp. Nilai mata uang yang berubah inilah yang memberikan peluang untuk berdagang untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah keuntungan, kerugian dan risiko menabung mata uang asing:

Keuntungan menabung mata uang asing

1. Pengembalian Bunga

Di negara dengan tingkat suku bunga nol atau rendah, penduduk setempat tidak dapat menikmati keuntungan dengan menempatkan uang mereka di deposito lokal. Oleh karena itu, mereka akan menukar mata uang lokal mereka dengan mata uang asing yang dapat memperoleh suku bunga yang lebih tinggi, sehingga menikmati hasil yang lebih tinggi.

Ilustrasi: Untuk waktu yang lama, ibu rumah tangga Jepang terkenal karena menjual Yen dan membeli mata uang dengan imbal hasil lebih tinggi seperti Australia, dolar Selandia Baru, dan Rand Afrika Selatan. Alasan mengapa orang Jepang melakukan ini – tidak hanya ibu rumah tangga, juga pedagang institusional – adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi dalam lingkungan di mana Yen pada dasarnya tidak memperoleh bunga.

Pedagang yang canggih akan melangkah lebih jauh dan melakukan ‘carry trade‘ di mana mereka meminjam mata uang lokal (mata uang ‘dasar’) dengan tingkat bunga yang sangat rendah untuk membeli mata uang yang menghasilkan lebih tinggi, berharap mendapatkan selisih bunga antara kedua mata uang tersebut.

Baca juga 👉 Cara Termurah Transfer Uang ke Luar Negeri – Cara Transfer Mata Uang Asing Termurah

2. Apresiasi Modal

Seperti saham, Anda mungkin membeli mata uang asing dengan harapan nilainya akan naik terhadap mata uang dasar Anda. Dengan begitu, jika Anda menangkap pasar pada waktu yang tepat, Anda dapat menikmati keuntungan yang lebih tinggi atas mata uang dasar Anda saat menjual mata uang asing.

Jika Anda orang Indonesia tetapi memiliki bisnis internasional yang beroperasi dalam Dolar AS, mata uang dasar Anda mungkin Dolar AS, bukan Rupiah Indonesia.

5. Diversifikasi Mata Uang

Jika Anda memiliki komitmen keuangan asing, seperti biaya pendidikan, properti, atau investasi di luar negeri, memegang uang tunai atau aset lain dalam mata uang asing tersebut dapat membantu mengurangi dampak negatif dari devaluasi tajam pada mata uang dasar Anda.

Misalnya, selama Krisis Keuangan Asia tahun 1997-2000, orang Indonesia mendapati aset mereka dalam Rupiah lebih rendah dari mata uang lain karena nilai Rupiah menurun. Mereka yang memiliki komitmen keuangan luar negeri merasa beban pengeluaran luar negeri mereka  jauh lebih berat dalam mata uang lokal.

Baca juga 👉 Krisis Ekonomi – Krisis Keuangan (Finansial) – Pengertian, Perbedaan – Tanda, Contoh, Persiapan


Kerugian menabung mata uang asing

1. Biaya lain-lain

Anda mungkin akan dikenakan biaya penanganan uang tunai dan cerukan khusus pada beberapa transaksi Anda. Temukan biaya terendah yang berhak Anda terima saat memutuskan akun.

2. Persyaaratan saldo minimum tinggi

Bank Anda mungkin meminta jumlah minimum harian sebelum memukul Anda dengan biaya tinggi. Tanyakan dengan Bank Anda jika ada syarat untuk menaruh uang minimum.

3. Bunga rendah

Jika rekening Anda menawarkan bunga, jangan berharap bunganya setinggi rekening tabungan standar Anda. Rekening mata uang asing terkenal dengan suku bunga rendah.

4. Perubahan nilai mata uang

Nilai uang Anda berfluktuasi secara konstan. Kenaikan atau penurunan tiba-tiba memengaruhi total saldo akun mata uang asing Anda.



Mengapa menabung mata uang asing penting?

Mereka yang tinggal di luar negeri mungkin menemukan bahwa membuka rekening di negara tempat tinggal mereka memudahkan untuk mengakses dana mereka dan menghemat uang untuk biaya bank dan transaksi.

Menabung dalam mata uang asing paling cocok bagi mereka yang memiliki toleransi tinggi terhadap risiko dan kemauan untuk melacak nilai tukar dan bergerak cepat jika perlu.

Pasar mata uang sangat tidak stabil, dengan nilai berubah rata-rata antara 1% dan 3% setiap hari. Ada potensi keuntungan besar di rekening tabungan asing, tapi ada juga potensi kerugian besar.


Mengapa negara membutuhkan pertukaran mata uang?

Negara-negara menggunakan cadangan mata uang asing untuk menjaga nilai suku bunga tetap, menjaga ekspor dengan harga kompetitif, tetap likuid jika terjadi krisis, dan memberikan kepercayaan bagi investor.

Mereka juga membutuhkan cadangan untuk membayar hutang luar negeri, membeli modal untuk mendanai sektor-sektor ekonomi, dan mendapatkan keuntungan dari portofolio yang terdiversifikasi.


Bagaimana cara kerja akun mata uang asing?

Rekening bank Anda biasanya mengonversi uang ke dan dari dolar AS untuk transaksi dalam mata uang asing. Namun, rekening mata uang asing memungkinkan Anda mengirim dan menerima dana dalam berbagai mata uang. Anda menghemat waktu dengan transaksi dan uang yang efisien dengan menghindari biaya tinggi yang timbul dari konversi. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang fluktuasi mata uang jangka pendek yang memengaruhi laba Anda.

Kemampuan untuk beralih di antara mata uang membantu Anda memanfaatkan nilai tukar yang kuat dan mengirim uang ke luar negeri tanpa biaya tambahan yang biasanya Anda bayarkan untuk transfer kawat atau transfer antar bank.

Mata uang yang biasanya diterima dalam rekening mata uang asing meliputi:

  • Dolar AS (USD)
  • Euro (EUR)
  • Poundsterling Inggris (GBP)
  • Dolar Singapura (SGD)
  • Ringgit Malaysia (MYR)
  • Dolar Australia (AUD)
  • Dolar Hong Kong (HKD)
  • Dolar Kanada (CAD)
  • Yen Jepang (JPY)
  • Dolar Selandia Baru (NZD)
  • Renminbi (RMB), meskipun pembatasan mata uang sering kali berlaku

Risiko Perdagangan Mata Uang Asing

Mata uang dapat diperdagangkan dengan harga yang berbeda sepanjang hari perdagangan dan perbedaan waktu antara memulai perdagangan dan menyelesaikannya memungkinkan nilai tukar berfluktuasi. Selalu waspadai risiko nilai tukar seperti itu saat berdagang.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Finder, The Balance,

Informasi: investasi melibatkan risiko. Sebagai aturan umum, Anda hanya boleh memperdagangkan produk keuangan yang Anda kenal dan memahami risiko yang terkait dengannya. Peringatan risiko yang dijelaskan dalam setiap produk keuangan di atas ini tidak lengkap, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat pengalaman investasi Anda, situasi keuangan, tujuan investasi, tingkat toleransi risiko dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan independen Anda mengenai kesesuaian situasi Anda sebelum melakukan investasi apa pun.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-12T17:20:17+07:00 September 11th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment