fbpx

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Diperingati Setiap Tanggal 26 April – Cara-Cara Untuk Melindungi Diri dari Bencana

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Diperingati Setiap Tanggal 26 April

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional adalah inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Tujuannya adalah untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak.

 

Siap Untuk Selamat

Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Bencana adalah sesuatu yang tak terpisahkan dalam sejarah manusia.

Luangkan waktu untuk cara mempelajari keterampilan menyelamatkan nyawa – seperti CPR dan pertolongan pertama, periksa polis dan cakupan asuransi Anda untuk bahaya yang mungkin Anda hadapi, seperti banjir, gempa bumi, dan tornado. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya yang terkait dengan bencana dan simpanan uang untuk keadaan darurat. Juga, ketahui cara mengambil langkah keamanan praktis seperti mematikan air dan menutup pipa gas. Berikut adalah beberapa cara:

 

 

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Diperingati Setiap Tanggal 26 April. Sumber foto: Air Force Reserve Command

 

Mengapa HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional) diperingati setiap tanggal 26 April?

Pemilihan tangal 26 April tersebut merupakan tanggal disahkannya Undang-Undang No.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Sejak saat itulah terjadi perubahan besar paradigma dalam Penanggulangan Bencana dari semula yang responsif ke prefentif.

 

Apa fungsi HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional)?

Melalui HKB ini selain meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan individu, keluarga dan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana, juga untuk meningkatkan partisipasi dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan serta kedermawanan para pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah, menuju Indonesia Tangguh Bencana.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-05T00:02:11+00:00 April 26th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment