fbpx

Terima Kasih Fans Pinter Pandai – Apa Cita-Cita Anda? – Cara Menemukan Cita-Cita Dan Pekerjaan Masa Depan

Terima Kasih Fans Pinter Pandai – Apa Cita-Cita Anda?

Facebook Kita Sudah Lebih Dari 430 000 Fans.

 

Untuk Masa Depan Kalau Sudah Besar Apa CIta-Citanya?

Memilih pekerjaan atau karir adalah salah satu keputusan terpenting dalam hidup Anda.

Jika Anda seperti kebanyakan anak-anak muda, Anda tidak tahu jawaban atas pertanyaan besar “apa yang Anda inginkan” dan Anda mungkin bisa merasa tertekan dengan hal itu. Itu terutama terjadi jika semua orang yang Anda kenal bertanya kepada Anda apa yang ingin Anda lakukan.
Anda mungkin memiliki beberapa gagasan atau gambaran tentang apa yang ingin Anda lakukan, namun Anda tidak tahu apakah gagasan ini realistis atau tidak:

  • Apakah sebaiknya mengikuti impian Anda atau apakah yang terbaik adalah bersikap praktis?
  • Kapan sebaiknya Anda memutuskan?
  • Bisakah Anda berubah pikiran atau Anda akan terkunci dalam pilihan karir Anda?

 

Dengan memiliki cita-cita, pendidikan Anda akan lebih terarah dan bertujuan. Jangan pernah menyerah! Jika gagal, ulangi kembali dan belajar dari kesalahan!

Gambaran Yang Dapat Membantu Anda Untuk Memutuskan Pilihan Pekerjaan

Tetapi bahkan jika Anda sudah merencanakan masa depan Anda semua, berikut beberapa gambaran yang mungkin bisa membantu Anda memutuskan apakah pilihan pekerjaan Anda benar atau apakah Anda harus mencari lebih banyak pilihan.

 

Apakah Anda Memiliki Karir Impian?

Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki minat dan bakat, ini adalah tempat yang baik untuk mulai mengeksplorasi pilihan, untuk apa yang dapat Anda lakukan dikemudian hari. Mungkin Anda suka bernyanyi, tapi tahukah Anda bahwa peluang Anda menjadi sebagai penyanyi yang sangat tenar atau mendunia banyak persaingan?. Bagaimana dengan pekerjaan lain di mana Anda bisa memanfaatkan bakat musik Anda – mungkin sebagai guru atau sebagai teknisi suara (sound engineer)?

Jika Anda suka seni, sastra dan budaya, Anda mungkin orang yang suka bergaul dengan orang lain. Kualitas ini sangat penting untuk kebanyakan pekerjaan dibidang penjualan atau sales & marketing. Pekerjaan yang keren mungkin sulit didapat, tapi beberapa orang cukup beruntung untuk mendapatkannya. Kenapa tidak? mungkin Anda juga dapat mendapat pekerjaan yang mengasyikan seperti hobi yang Anda sukai.


Perlu diingat, bakat, pekerjaan dan keterampilan dapat membayar tagihan-tagihan telpon, rumah, air, listrik, dll. Anda tidak memerlukan gelar Profesor, atau Dokter untuk mendapatkan pekerjaan dengan baik. Namun sebagian besar “pekerjaan terbaik” di bidang kewirausahaan yang pertumbuhan dengan cepat, Anda memerlukan pelatihan khusus, melebihi apa yang akan Anda dapatkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK).

 

Cara Memilih Karir

Untuk memilih karir pada masa depan Anda, membutuhkan pertimbangan yang matang. Berikut adalah cara efektif untuk memilih karir pada masa depan Anda:

 

1. Buat daftar 5 – 10 pekerjaan / karir yang telah Anda pikirkan

Jika Anda membutuhkan lebih banyak gagasan, inilah daftar list yang panjang kemungkinan pekerjaan yang berbeda. Ingatlah bahwa Anda selalu dapat menghapus dan menambahkan pekerjaan dari daftar saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa yang Anda sukai – dan tidak suka – tentang mereka.


2. Atur daftar list, letakkan favorit Anda di bagian atas


Untuk tiga pilihan utama Anda, cantumkan hal-hal positif dan negatifnya. Misalnya, jika “Dokter hewan” ada di urutan teratas daftar Anda, alasan positif untuk memilih bidang ini adalah Anda suka bekerja dengan hewan. Di sisi negatifnya, dibutuhkan kurang lebih 8 tahun kuliah untuk menjadi dokter hewan, dan tidak mudah masuk ke sekolah dokter hewan. Cantumkan hal positif dan negatif akan membantu Anda untuk mulai memikirkan apa yang penting bagi Anda. Misalnya, memulai bisnis sendiri merupakan komitmen besar.


3. Sekarang setelah daftar Anda selesai, ikuti beberapa tes karir secara online

Tes karir secara online: https://uquiz.com/36sqYE
Bandingkan hasilnya dengan daftar yang Anda buat. Jika Anda menemukan kecocokan, mungkin itu adalah tempat yang baik bagi Anda, untuk mulai menggalinya lebih dalam. Jangan khawatir jika Anda mendapatkan hasil yang sama sekali tidak Anda sukai. Tesnya tidak sempurna dan Anda bisa
saja melepaskan pekerjaan yang tidak menarik bagi Anda.


4. Berbicara dengan seorang guru atau pembimbing

Ini mungkin terdengar seperti ide aneh, tapi guru yang baik kemungkinan akan memiliki beberapa hal yang cerdas untuk dikatakan / dibacarakan tentang ide dan talenta yang Anda miliki. Mulai percakapan dengan membawa daftar Anda. Ini akan menunjukkan kepadanya bahwa Anda serius. Jika Anda tidak menyukai apa yang guru katakan, Anda tidak perlu mengikuti nasehat – tapi tidak ada salahnya untuk mendengarnya. Semakin banyak orang yang Anda ajak bicara, semakin banyak ide yang akan Anda dapatkan.


5. Pelajari lebih lanjut tentang pekerjaan itu dengan melakukan beberapa penelitian lewat internet / online

Berikut adalah beberapa tempat untuk mencari deskripsi pekerjaan yang terperinci:

  • Pelatihan apa yang Anda butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan itu?
  • Apakah itu memerlukan pendidikan perguruan tinggi? Jika ya, kelas / study macam apa yang perlu Anda ambil? Dapatkah Anda menangani mata pelajaran / kursus?
  • Jika pekerjaan tidak memerlukan gelar sarjana, apakah itu memerlukan pelatihan khusus? Apakah ada program di daerah Anda atau apakah Anda harus pindah ke tempat lain? Jika Anda bergabung dengan militer, bisakah Anda mendapatkan pelatihan khusus yang Anda butuhkan untuk pekerjaan itu?
  • Berapa gaji yang Anda bisa dapatkan? Jika jawabannya “tidak banyak,” apakah itu penting bagi Anda?
  • Maukah Anda bekerja secara teratur atau melakukan pekerjaan membutuhkan jadwal yang fleksibel?
  • Apakah pekerjaan itu terdengar terlalu menegangkan atau terlalu membosankan?
  • Apakah menurut Anda pekerjaan itu akan menyenangkan? Orang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, jadi penting untuk menikmati apa yang Anda lakukan.


6. Pelajari lebih lanjut dengan menguji atau mencoba pilihan karir Anda

Apakah sekolah atau perguruan tinggi Anda memiliki program pekerjaan yang dapat dicoba atau dilihat sebentar? Apakah ada konseling? Anda mungkin bisa meluangkan waktu dengan para profesional yang bekerja di pekerjaan yang Anda minati untuk mendapatkan gambaran pertama pada apa yang sebenarnya mereka sukai.

Menghabiskan beberapa jam atau sehari di tempat kerja (saudara / teman / orang tua tetapi harus mendapat izin dari atasannya), merupakan cara terbaik untuk mendapatkan informasi-informasi. Kesukarelaan atau melakukan magang adalah cara lain untuk belajar lebih banyak tentang sebuah peran sebelum memutuskan untuk mengejarnya atau menerjuninya. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, semakin mudah membuat keputusan.


Tetap Fleksibel Dan Terbuka Untuk Gagasan / Ide Baru

Seiring berjalannya waktu, Anda akan menemukan beberapa “pintu yang tertutup”, tapi “pintu lain terbuka”. Misalnya, jika Anda benar-benar mengira ingin menjadi dokter tapi Anda mendapat nilai “B-minus atau angka 85” dalam kimia organik. Dengan “B-minus atau angka 85” itu, Anda mungkin tidak bisa masuk ke salah satu sekolah kedokteran, namun ada ratusan pekerjaan terkait kesehatan yang tidak memerlukan kimia organik atau tidak akan mempertahankan nilai itu terhadap Anda. Beberapa pekerjaan ini sama memuaskannya dengan menjadi dokter, mendapat bayaran yang baik dan memberikan lebih banyak waktu untuk kehidupan pribadi.

Sifat orang berubah seiring berjalannya waktu, begitu pula “pasar kerja”. Kakek dan Nenek Anda mungkin tidak akan pernah berpikir untuk merencanakan bekerja dibidang komputer, karena mungkin masih belum ada pada saat itu. Sekarang jutaan orang memiliki pekerjaan yang merupakan bagian dari industri komputer – apakah mereka bekerja untuk perusahaan internet, menulis kode atau menjual produk di toko Apple atau Google Play.

Anda tidak bisa merencanakan pekerjaan yang belum ada, tapi Anda bisa yakin bahwa kebanyakan pekerjaan di industri-industri baru akan mengharuskan Anda mengetahui beberapa keterampilan komputer dan dapat menulis dengan baik dan benar (tanpa salah ketik). Semakin terampil Anda berada pada dasar-dasar (membaca, menulis, berhitung), semakin baik peluang Anda pada apa pun yang akan datang.

 

Never Give Up – Jangan Pernah Menyerah!


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T09:29:10+07:00 April 27th, 2017|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment