fbpx

10 Cara Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan – Tips dan Tindakan Pencegahan

Pencegahan Sederhana Untuk Mempertahankan Kondisi Tubuh Sehat Pada Musim Hujan

Cara menjaga kesehatan pada musim hujan, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kondisi tubuh yang baik, selama musim penghujan.

Musim hujan mungkin memiliki daya tarik tertentu: cuaca yang sejuk dan kenikmatan yang luar biasa dengan meminum secangkir kopi panas. Akan tetapi hal ini memiliki bahaya tertentu, terutama dalam bentuk penyakit seperti demam berdarah, bakteri dan virus menular. Hal tersebut dikarenakan kelembaban tinggi yang ditimbulkan oleh hujan yang tak kunjung henti, dapat mengaktifkannya. Berikut adalah 10 tips dan cara menjaga kesehatan pada musim hujan:

 

Cara Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan

1. Cuci tangan Anda

Bakteri dan virus menjadi hidup selama musim hujan dan Anda bisa bersentuhan dengan mereka hanya dengan menyeberang jalan atau berpegangan pada pagar atau bangku yang terinfeksi. Salah satu cara menjaga kesehatan pada musim hujan adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air hangat (jika mungkin). Pastikan mengeringkan tangan Anda dengan baik.

 

2. Jangan sentuh wajah Anda

Virus flu biasanya masuk ke tubuh kita melalui mata, hidung dan mulut. Tahan keinginan untuk menggaruk mata Anda atau menyeka dahi berkeringat Anda. Bawa tisu atau saputangan yang bersih sebagai pengantinya. Berhati-hatilah pada saat membuang tisu bekas, jangan sampai tercecer, karena Anda dapat menyebar virus tersebut.

 

3. Lindungi diri Anda dari air kotor

Selokan tersumbat dan genangan air kotor merupakan pemandangan yang biasa terjadi pada musim hujan. Sayangnya, mereka adalah sumber penyakit bawaan dari air. Menutupi adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari penyakit ini.

 

4. Hindari makanan atau jajan di jalanan

Sementara pisang goreng, ketela goreng, soto, dll. yang dijual di jalanan terdengar seperti ide bagus dan sangat menggoda keiinginan, musim hujan adalah saat Anda harus menjauh diri dari mereka. Makanan yang dimasak dan dijual di udara terbuka cenderung bersentuhan dengan penyakit dan bakteri yang ditularkan melalui udara dan air.


5. Jauhkan nyamuk

Populasi nyamuk tumbuh selama musim hujan karena air yang stagnan menjadi lebih banyak. Untuk mengusir nyamuk dari hidup Anda, lakukan pembersihan rumah. Lihatlah melalui pot bunga, air mancur, sudut dan celah yang mungkin menahan air yang stagnan (genangan). Bersihkan mereka dan tutupi mereka rapat-rapat sampai akhir musim hujan.


6. Makan makanan yang sehat dan olah raga teratur

Mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara termurah untuk melindungi tubuh Anda dari penyakit. Anda bisa memasak sup panas untuk menghangatkan tubuh Anda atau mengonsumsi makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu untuk mengusir flu dan infeksi.

Waspadai diare, salah satu penyakit pada musim hujan biasa sering disebabkan oleh makan makanan basi atau terkontaminasi, jadi selalu ingat untuk mencuci buah dan sayuran dengan air bersih dan secara menyeluruh agar aman. Makanan yang lezat dan sehat inilah yang membuat hari hujan terasa sedikit lebih hangat.


7. Minum air putih yang bersih sesering mungkin

Minum sesering mungkin air, berapapun tingkat kesibukan dan aktivitas fisik Anda. Asupan air bisa berkurang secara alami karena tiba-tiba turunnya suhu udara.

Penyakit yang ditularkan melalui air sangat umum selama musim hujan. Hati-hati dengan sumber air yang terkontaminasi yang bisa membawa penyakit bawaan air seperti amoebiasis dan kolera. Jika Anda tidak yakin dengan persediaan air, rebus atau beli air minum yang dimurnikan agar aman.


8. Selalu bawa payung dan pakaian hangat

Menjadi basah akibat hujan yang jatuh secara tiba-tiba dapat menyebabkan perubahan mendadak dengan suhu tubuh Anda, yang dapat menyebabkan demam dan pilek.
Untuk menghindari sakit, jangan lupa bawa payung kemanapun anda pergi. Bukan hanya perlengkapan hujan terbaik, tapi juga sebagai perisai untuk jatuh sakit karena batuk, pilek atau demam saat Anda terjebak pada hujan.

Cegah batuk dan pilek dengan menjaga diri tetap hangat dan dalam kondisi kering.

Jika Anda keluar masuk dan berada di ruangan yang menggunakan AC, shal atau baju hangat sangat berguna. Perubahan cuaca dalam ruangan dan luar ruangan sebaiknya tidak berbeda lebih dari 10°C.


9. Sepatu bot karet

Mungkin sudah waktunya untuk membuat trend “kekinian” dengan menggunakan sepatu bot karet pada musim hujan!

Hindari berjalan di bawah hujan yang membuat Anda rentan terhadap sejumlah penyakit virus seperti leptospirosis (penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini), sementara juga membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai infeksi jamur di kaki dan kuku.

Salah satu cara menjaga kesehatan pada musim hujan adalah menjauhi genangan air setelah hujan selesai.


10. Mandi setelah basah kuyup terguyur hujan

Meski kedengarannya sangat tidak biasa, karena jika Anda basah kuyup saat hujan, Anda tidak akan ingin mandi lagi. Tetapi, jika Anda mandi setelah basah kuyup akan melindungi Anda dari berbagai infeksi. Jika tidak ada kesempatan untuk langsung mandi, selalu keringkan rambut kepala Anda.

Karena kepala bagaikan atap rumah yang melindungi tubuh Anda. Jangan lupa juga untuk mengeringkan kaki Anda, jika Anda tidak ingin terkena flu. Berikut cara untuk mencegah flu.

 

Penyakit Paling Umum Selama Musim Hujan

Perubahan cuaca memicu fluktuasi suhu dan sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah, sehingga sering menyebabkan flu di antara kita.

Klik disini untuk mengetahui “Penyakit Paling Umum Selama Musim Hujan”


Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: PractoEUOR

 


By | 2019-01-22T15:30:38+07:00 Februari 10th, 2016|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment