fbpx

Cara Agar Tidak Tertipu Belanja Online

Cara Agar Tidak Tertipu Belanja Online

Membeli dan menjual pakaian dan sepatu kets, dll secara online adalah hal yang sangat mudah sekarang. Ada forum khusus, halaman Facebook, akun Instagram dan masih banyak lagi. Anda harus tahu persis bagaimana cara melindungi diri Anda sendiri ketika Anda menggunakan salah satu opsi yang kurang Anda ketahui. Baca sampai habis, bagaimana cara agar tidak tertipu belanja online,

1. Periksa identitas penjual

Selalu periksa detail kontak dari webshop untuk memverifikasi apakah benar-benar ada, dan di mana dan bagaimana mengadu jika ada masalah.

Berikut detail untuk memverifikasi:

  • Nama perusahaan atau nama asli orang tersebut.

  • Alamat geografis.

  • Alamat e-mail atau formulir kontak asli.

  • Nomor telepon dan faks, jika tersedia.

  • Jangan percaya alamat URL. Hanya karena alamat diakhiri dengan “.id”, “.sg”,.be”, “.fr”, “nl” atau ekstensi Eropa lainnya tidak selalu berarti bahwa perusahaan tersebut sebenarnya berada di dalam UE.

2. Jika ragu, minta opini kedua

Barang-barang palsu ada, dan itu adalah fakta kehidupan. Sayangnya, orang akan mencoba dan menjual Anda barang palsu itu. Jika Anda tidak yakin keaslian barang tersebut, selalu minta pendapat kedua.

Forum-forum, kelompok-kelompok Instagram, Facebook, mereka semua penuh dengan anggota dengan pengetahuan yang benar-benar harus Anda manfaatkan, dan mereka lebih dari bersedia membantu. Jangan takut untuk meminta pendapat kedua.

3. Cari ulasan konsumen lainnya

Gunakan alat pencarian Internet untuk memeriksa apakah konsumen lain meninggalkan komentar baik atau buruk tentang pedagang. Baca komentar ini dengan saksama, dan tetap waspada.

Mengetahui ulasan adalah salah salah satu cara agar tidak tertipu belanja online, jadi Anda harus pintar untuk mencarinya.

Ulasan positif berlebihan? Orang yang sama yang meninjau produk yang sama di beberapa situs web? Ulasan terlalu samar? Hati-hati! Ini bisa menjadi ulasan yang ditinggalkan oleh webshop itu sendiri, yang tentu saja ilegal.

4. Periksa apakah situs web mendapatkan manfaat dari tanda kepercayaan “htpps://”

Tanda tepercaya adalah stempel yang diberikan kepada pihak ketiga yang obyektif untuk sebuah webshop yang memenuhi persyaratan kualitas tanda tepercaya dan yang menjamin pembelian online yang aman.

Apakah situs web pedagang menyebutkan tanda kepercayaan? Untuk memastikan trustmark dibenarkan dan dapat dipercaya, kunjungi situs web tanda tepercaya untuk memeriksa apakah webshop benar-benar mendapatkan label kualitas ini. Perikasa website yang memiliki “https://” merupakan salah satu cara agar tidak tertipu belanja online,

5. Ketika membeli dengan orang asing, selalu gunakan orang tengah tepercaya

Perdagangan sangat sulit, terutama untuk jarak yang jauh. Untuk menghindari seseorang tidak benar-benar mengirimi Anda barang mereka atau hanya mengirimkan sesuatu yang acak, gunakan orang tengah tepercaya dan bayar biaya pengiriman tambahan.

Anggota forum atau grup tepercaya umumnya akan senang membantu Anda dengan layanan perantara dan umumnya, itu hanya akan membebani Anda biaya dengan pengiriman tambahan yang sangat sedikit. Itu sangat berharga untuk menjaga barang-barang Anda tetap aman.

6. Selalu gunakan pengiriman tercatat (recorded)

Ketika menjual atau membeli, yang terbaik adalah selalu menggunakan pengiriman tercatat, karena metode favorit scammers adalah membayar, menerima item dan kemudian mengklaim uang mereka kembali karena tidak ada bukti pengiriman.

Pengiriman tercatat membutuhkan tanda tangan dan memberikan Anda dan pembeli dengan nomor pelacakan, sehingga semua orang menyadari ketika hal-hal atau tidak tiba, dan itu menjamin paket yang Anda kirim, jadi jika tersesat, semua orang tertutup. Sempurna, kan?

Salah satu cara agar tidak tertipu belanja online, selalu menggunakan pengiriman secara tercatat (DHL, Pos Tercatat, JNE, dll). Hal ini aman untuk pembeli dan penjual.

7. Jika terlihat terlalu bagus untuk menjadi benar, tinggalkan!

Transaksi adalah penawaran, dan itu memang ada, tetapi tidak ada yang akan menjual kepada Anda jaket dengan harga mahal dengan harga miring atau kurang dari dari  harga eceran, itu tidak akan terjadi. Jika kesepakatan yang Anda tawarkan kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, itu mungkin, dan jika hasil referensi dan umpan balik tidak meyakinkan, beralasan dan pergilah. Simpan uang Anda untuk hari lain, ketika Anda dapat memastikan Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Coba bayangkan, apakah Anda dapat embeli emas yang 1 gramnya seharga kurang lebih Rp 600 000 dengan seharga Rp 300 000? Salah satu cara agar tidak tertipu belanja online, Anda harus mengetahui harga emas dipasaran!

8. Perhatikan harga barangnya

Produk palsu sering dijual dengan harga jauh lebih rendah dari harga yang dikutip di webshop pengecer resmi. “Jika harganya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, biasanya itu adalah” adalah prinsip yang harus Anda ingat ketika membeli di Internet.

Jangan ragu untuk membandingkan harga di beberapa situs web, dan selalu mempertimbangkan total harga (apakah PPN, biaya pengiriman, biaya perbankan, bea masuk, dll. Termasuk?).

9. Gunakan intuisi Anda

Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau mema-hami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati.

Intuisi Anda merupakan senjata terbaik Anda untuk tidak tertipu dalam penjualan. Meskipun tidak mungkin itu akan terjadi di tempat pertama, Anda akan tahu ketika Anda berbicara dengan seseorang yang membuat Anda tidak nyaman. Meskipun sedikit ketidaknyamanan akan sering mengesampingkan beberapa pembeli / penjual yang aman yang baru saja Kecuali Anda menjual beberapa barang langka, Anda harus bisa pilih-pilih dan masih menemukan seseorang yang nyaman untuk melakukan jual atau beli. Pada akhirnya, Anda hanya perlu bersabar.

10. Pembeli bisa menjadi penipu juga

Anda juga harus menyadari bahwa penjual tidak sedikit kebal terhadap penipuan belanja online. Contohnya seperti di eBay, Anda mungkin menemui pembeli yang membayar item dengan kartu kredit atau melalui Paypal, kemudian meminta biaya kembali ketika barang telah dikirim. Pembeli seperti itu biasanya akan mengklaim barang Anda rusak, tidak seperti yang dijelaskan, atau bahwa barang itu tidak pernah datang.

Sebagai penjual, selalu berikan deskripsi lengkap tentang item, hingga ke goresan dan penyok-penyok kecil dan berikan foto yang jelas. Gunakan pengirim yang akan memberikan nomor pelacakan dan bukti pengiriman, dan kirimkan hanya ke alamat yang terverifikasi. Jangan pernah mengirim ke alamat yang belum dikonfirmasi atau kotak P.O. box, hal seperti ini tidak tercakup dalam perlindungan penjual.

Di sana Anda memilikinya: cara-cara untuk menghindari kecurangan ketika bertransaksi online. Ikuti aturan ini dan Anda akan menikmati pengalaman belanja online Anda.

Pernahkah Anda menjadi korban penipuan belanja online? Bagikan pengalaman Anda di komentar, jadi tidak ada orang lain yang harus mengalami nasib yang sama.

Cara agar tidak tertipu belanja online

Cara agar tidak tertipu belanja online. Sumber foto: Pixabay

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Sale Hoo

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-15T20:56:23+00:00 Juli 3rd, 2018|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment