fbpx

Tempat dan Cara Menjual Barang Online – Untuk Menjual Barang dan Jasa

Cara Menjual Barang Online

Sebelum meluncurkan penjualan online, ada beberapa langkah yang mungkin perlu Anda ambil. Mereka akan memudahkan proses penjualan online. Berikut cara menjual barang online:

Pendiri Microsoft Bill Gates mengatakan: “Jika bisnis Anda tidak ada di Internet, maka bisnis Anda akan gulung tikar.”

 

1. Identifikasi pasar yang sesuai dengan barang dan jasa yang ingin dijual online

Langkah pertama dari cara menjual barang online adalah mengidentifikasi jenis pasar untuk barang-barang dan jasa Anda. Selama tahap awal, tidak mungkin untuk melayani pelanggan yang besar. Ini membantu Anda mengetahui kemana uang pergi dan memanfaatkan sumber itu untuk mengantongi pelanggan atau menambah basis klien.

Mengidentifikasi jenis pasar sangat berguna ketika Anda memiliki anggaran terbatas. Pemasaran ceruk menghemat banyak biaya yang seharusnya Anda keluarkan untuk iklan dan promosi.

Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada sekelompok orang tertentu daripada seluruh populasi global. Karenanya, item Anda akan memiliki visibilitas yang lebih baik di antara kelompok target.

Menjual melalui toko online lain yang mapan adalah cara yang bagus untuk menargetkan pasar khusus. Karena toko online ini memiliki pengikut merek, Anda bisa mendapatkan jarak tempuh yang cukup ketika orang mencari sesuatu di situs web mereka.
 

2. Jual Online di Amazon, eBay, dll.

Jika Anda ingin mendapatkan jarak tempuh dari popularitas toko online yang ada, daftar sebagai penjual di Amazon. Ini adalah pengecer online terbesar di dunia dengan kehadiran di banyak negara. Tentu saja, Anda dapat memutuskan di mana Anda ingin menjual.

Untuk cara menjual barang online di Amazon, Anda harus mendaftar sebagai penjual dan membuat akun. Setelah mendapatkan akun, Anda dapat mengunggah gambar dan deskripsi singkat produk di toko online mereka.

Demikian pula, Anda juga bisa menjual di eBay. Secara umum, eBay populer di kalangan orang yang ingin menjual barang bekas atau lama. Itu tidak sepenuhnya benar. Anda juga bisa menjual produk baru di eBay.

Daftarkan sebagai penjual di eBay, terima syarat dan ketentuan mereka. Langkah selanjutnya adalah mengunggah gambar produk, deskripsi singkat dan harga.

Keuntungan dari Amazon, eBay, dll

Menjual di toko online seperti Amazon, eBay, dan lainnya menawarkan satu keuntungan berbeda. Anda mendapatkan akses instan ke jutaan pelanggan potensial di seluruh dunia. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan penjualan, produk Anda mendapat publisitas gratis di antara jutaan pembeli potensial.

Amazon, eBay, dan lainnya juga menjamin pembayaran Anda. Setelah produk dijual dan dikirim ke pembeli, Anda perlu menunggu beberapa hari sebelum menerima uang. Jumlah ini dapat dikirim ke PayPal atau rekening bank Anda.

Kerugian Amazon, eBay, dll

Ada beberapa kelemahan yang melekat dari penjualan melalui pengecer online seperti Amazon dan eBay. Yang utama di antara mereka adalah peringkat kebijakan ‘Pengembalian’. Ini berarti, Anda mungkin harus menerima produk yang dikembalikan oleh pelanggan dan mengembalikan uang mereka.

Sisi kedua dari Amazon dan eBay antara lain adalah biaya yang mereka kenakan untuk menjual barang-barang Anda. Ini bisa menjadi jumlah yang besar jika Anda melakukan penjualan cepat, tanpa pengembalian.

Menambahkan mark-up untuk pengecer online dapat membuat biaya produk Anda meroket. Ini bisa menjadi kerugian besar jika Anda bersaing pada harga dengan pemain teratas di pasar.

Biasanya, produk mereka akan lebih murah atau biayanya sedikit lebih tinggi dari varian Anda.
 

3. Membuat Toko Online

Jika Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara menjual barang online, Anda dapat menyiapkan toko online Anda sendiri menggunakan satu atau lebih sumber daya yang luar biasa ini. Pikirkan terlebih dahulu untuk membuat toko online sendiri dan cara menjual barang online…

Flipsides (bagian belakang) dari Toko Online

Menyiapkan toko online Anda sendiri menggunakan Etsy atau Shopify memiliki flipsides sendiri juga. Pertama, Anda harus ‘menyewa’ toko dari dua portal e-commerce ini untuk berjualan secara online. Ini berarti, Anda akan menghabiskan bahkan sebelum Anda menghasilkan.

Uang tersebut dibebankan secara bulanan dan tahunan. Kedua, Etsy dan Shopify adalah pembeli utama yang mencari produk yang sangat unik. Karenanya, jumlah klien terbatas.

Orang yang ingin membeli online harus mengunjungi toko perorangan untuk memilih produk. Karenanya, toko online Anda akan berada dalam antrian panjang bersama pesaing lainnya.

Shopify

Shopify fitur lebih dari 600.000 toko online yang didirikan oleh pengusaha individu. Situs web ini digunakan oleh 10 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Ini telah menghasilkan penjualan senilai US $ 82 miliar sejak awal.

Anda dapat menggunakan Shopify untuk berjualan secara online. Ini melibatkan pengaturan toko online menggunakan platform e-commerce Shopify. Ini adalah proses yang sangat sederhana.

Selain itu, Anda dapat menyesuaikan situs web Anda dan mengakses beberapa fitur unggulan seperti pengiriman pihak ketiga, pembayaran ke bank atau dompet pilihan Anda dan analisis data seperti jumlah orang yang melihat produk Anda.

Etsy

Jika Anda membuat sesuatu yang unik, buka toko online di Etsy. Ini adalah tempat terbaik untuk menjual produk-produk kerajinan tangan. Anda dapat menjual apa saja mulai dari lukisan hingga perhiasan kostum, minyak buatan sendiri, campuran rempah dll, di Etsy.

Membuka toko online dengan Etsy juga cukup sederhana. Anda dapat mendaftar di situs web dan memberikannya uji coba gratis selama dua minggu. Setelah Anda tahu cara kerja toko online di Etsy, Anda dapat memilih untuk membuka pasar sendiri di portal ini.

Keuntungan cara menjual barang online lewat Toko Online

Menjual secara online dengan sumber daya seperti Etsy dan Shopify memberi Anda akses instan ke pasar dengan jutaan pembeli. Keuntungan terbesar dari penjualan di Etsy dan Shopify adalah Anda dapat menargetkan klien yang mencari sesuatu yang unik dan langka.

Keuntungan utama lainnya adalah, Anda dapat membuat syarat dan ketentuan sendiri, kebijakan pengembalian dan sistem pembayaran. Umumnya, penjual online di Etsy dan Shopify menggunakan PayPal.

Ini memberi Anda uang instan setiap kali ada yang membeli barang-barang Anda. Selain biaya kecil yang Anda bayarkan ke situs web ini untuk pasar Anda sendiri, Etsy dan Shopify tidak mengenakan biaya komisi penjual.

Tokopedia

Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Situs resmi: https://www.tokopedia.com

Tokopedia menghadirkan 4 bisnis utama bagi para penggunanya. Bisnis pertama Tokopedia, sekaligus yang menjadi bisnis paling dikenal masyarakat adalah marketplace. Tokopedia menyediakan serambi bisnis C2C gratis untuk penjual dan pembeli. Terdapat juga toko resmi untuk beberapa merek resmi terkemuka.

Tokopedia juga menyediakan produk digital seperti pulsa, pembayaran BPJS, listrik dan air, tagihan telepon, kartu kredit, tv berlangganan, dan lain sebagainya. Terdapat juga tiket pesawat, tiket kereta, acara, voucher permainan video, dan produk digital lainnya.
 

4. Memasang Iklan Gratis Online

Langkah ke-4 cara menjual barang online adalah memasang iklan gratis!

Dalam dunia busines Anda diajarkan untuk mendapatkan barang yang murah dan menjualnya lebih mahal. Tetapi jangan lupa untuk kualitas yang harus sepadan dengan harganya. Anda juga diajarkan untuk HEMAT!

Memasang iklan online secara gratis adalah salah satu cara menjual barang online yang ekonomis.

Dengan memasang iklan secara gratis pada website-website seperti Olx dan TokoPinter, Anda mengurangi jumlah pengeluaran untuk iklan Anda. Tentu saja, jika iklan Anda ingin lebih disorot, maka Anda harus memilih untuk membeli iklan premium mereka.

Iklan baris pada umumnya gratis. Atau, Anda akan membayar biaya sekali saja yang sangat kecil untuk mendapatkan akses ke keanggotaan. Situs web Classifieds (iklan baris) memungkinkan Anda untuk menjual secara lokal, regional maupun pada tingkat nasional.

Jika beruntung, kiriman Anda dapat dilihat di luar negeri untuk menjaring Anda beberapa pelanggan asing.

TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, jasa layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?

3 Langkah super mudah untuk memasang iklan gratis di www.tokopinter.com:

  1. Tulis iklan Anda.
  2. Beri foto yang bagus.
  3. Terbitkan!

 

5. Membuat Situs web Sendiri untuk Menjual Online

Anda juga dapat membuat dan mengatur situs web Anda sendiri untuk berjualan secara online. Maklum, ini terdengar menakutkan mengingat pesaing langsung Anda akan mencakup Amazon, eBay, Walmart, Bukalapak dan ratusan bisnis mapan lainnya.

Tapi ini tidak perlu menjadi pencegah: ada ribuan usaha kecil yang menjual online melalui situs web mereka sendiri dan ini adalah salah satu cara menjual barang online, jika Anda ingin memegang kontrol usaha Anda sendiri.

Menetapkan Situs Web Sendiri

Menyiapkan situs web Anda sendiri untuk berjualan secara online cukup sederhana. Pertama, Anda perlu membeli nama domain luar biasa yang cocok dengan bisnis Anda dan identitas uniknya. Saat ini, nama domain tersedia hingga US $ 9,99 per tahun (sekitar Rp 150 000/tahun).

Setelah Anda memiliki nama domain, beli ruang hosting untuk situs web dari Bluehost atau penyedia hosting lainnya. Ketika situs web Anda dihosting, Anda hampir siap untuk pergi. Setelah Anda meng-host situs web, ada beberapa tema gratis dan berbayar yang dapat Anda pilih untuk toko online Anda.

Atur Portal Pembayaran

Tujuan utama setiap bisnis adalah menghasilkan uang. Karena itu, Anda perlu mengatur portal pembayaran yang aman di situs web Anda. Ini dapat dilakukan bekerja sama dengan bank atau melalui gateway pembayaran komersial.

Anda harus berlangganan gateway pembayaran untuk memanfaatkan layanan mereka. Ini akan memastikan bahwa uang yang dibayarkan oleh pelanggan masuk langsung ke rekening bank Anda.

Gunakan Sistem Pengiriman

Karena pelanggan ingin pengiriman pesanan mereka sampai di depan pintu, Anda dapat mendaftar dengan penyedia logistik yang hebat yang akan mengambil paket dari Anda dan menjatuhkannya di alamat pelanggan.

Tergantung pada lokasi Anda, akan ada beberapa penyedia logistik yang sangat baik yang bersedia menawarkan layanan. Periksa dengan kantor pos setempat Anda jika mereka memiliki penawaran khusus untuk paket e-commerce.

Ini akan tergantung pada lokasi dan negara Anda.

Tetapkan Aturan & Kebijakan

Sebelum Anda berjualan secara online, penting untuk menentukan kebijakan Anda mengenai pesanan dan pengiriman. Anda dapat belajar banyak tentang peraturan dan kebijakan ini dengan mengunjungi toko online terkemuka seperti Amazon.

Temukan kebijakan mereka yang paling sesuai untuk situs web Anda untuk berjualan secara online. Secara umum, kebijakan pengembalian adalah yang paling rumit. Ingat, menerima pengembalian barang bisa diwajibkan menurut hukum di beberapa tempat.

Untuk ini, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan pengacara.

Pemasaran & Publisitas

Ketika Anda meluncurkan situs web sendiri, pemasaran dan publisitas dapat membuktikan beban besar. Biaya iklan banyak. Salah satu cara terbaik adalah menggunakan SEO di situs web Anda untuk mendapatkan lalu lintas organik dari mesin pencari.

Jika Anda memiliki anggaran maka Google AdWords dan Facebook akan menjadi pilihan tepat untuk mengiklankan produk Anda secara online.

Anda dapat menggunakan sumber daya gratis seperti membuka halaman Facebook dan membuat orang menyukai toko online Anda. Juga gunakan Pinterest dan Instagram.

Sumber daya utama lain yang dapat digunakan untuk berjualan secara online melalui situs web Anda adalah YouTube. Buka saluran YouTube gratis dengan nama merek toko online Anda. Posting video pendek dan sederhana tentang barang yang Anda jual online dan manfaatnya bagi pengguna.

Keuntungan dari Situs Web Milik Sendiri

Memiliki toko online sendiri untuk berjualan secara online memiliki beberapa keunggulan. Anda mengembangkan kesadaran dan identitas merek. Anda juga dapat memperbaiki syarat dan ketentuan. Mendapatkan pembayaran instan dimungkinkan melalui gateway.

Memiliki situs web sendiri untuk berjualan secara online juga berarti tidak ada batasan berapa banyak produk yang dapat Anda kirim, jumlah gambar dan deskripsi.

Kerugian dari Situs Web Sendiri

Tetapi menyiapkan situs web Anda sendiri untuk berjualan secara online juga memiliki banyak sekali masalah. Pertama, Anda perlu melakukan upaya ekstra untuk mempromosikan situs web.

Anda mungkin harus meminta bantuan Pengoptimal Mesin Pencari (SEO) untuk memastikan situs web Anda menemukan peringkat teratas di mesin pencari seperti Google. Mengelola logistik dapat menjadi mimpi buruk, terutama selama festival dan musim hadiah seperti: Lebaran, Natal, dll.
 

6. Jual di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace adalah cara terbaik untuk cara menjual barang online. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjual barang online di Facebook, cukup kunjungi tautan ini. Anda akan kagum dengan jumlah produk yang dijual di Facebook Marketplace.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana tentang cara Anda dapat membuka akun gratis di Facebook Marketplace.

Buka Akun Facebook

Langkah pertama adalah membuka akun Bisnis Facebook atas nama toko online Anda atau produk atau merek. Untuk melakukannya, Anda memerlukan ID dan alamat email yang valid. Bisnis Facebook juga memiliki layanan premium seperti iklan. Anda dapat memilih ini jika diperlukan.

Atau, gunakan halaman Facebook Anda sendiri untuk membuat akun Facebook Marketplace. Ini berfungsi lebih sederhana karena Anda mendapatkan akses instan ke pelanggan dan tidak perlu menunggu Facebook untuk memvalidasi profil pengecer Anda.

Pengaturan Gateway Pembayaran

Menyiapkan gateway pembayaran di Facebook Marketplace sangat sederhana. Anda hanya perlu membuat tautan yang diperlukan untuk menerima pembayaran dan menautkannya ke akun PayPal. Ketika Anda menjual secara online melalui Facebook Marketplace, uang yang dibayarkan oleh pelanggan langsung masuk ke akun PayPal Anda.

Posting Produk

Posting Produk di Facebook Marketplace mirip dengan memperbarui profil Anda sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah gambar dan deskripsi produk yang luar biasa. Ingat juga untuk menyebutkan harga saat Anda membuat tautan ‘Beli’ untuk pelanggan.

Pemasaran & Publisitas

Halaman Facebook Marketplace dapat dipromosikan dengan cepat melalui akun Facebook Anda. Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk iklan dan publisitas. Kedua, Anda bisa membuat banyak orang menyukai toko online Anda dan mempromosikannya kepada orang lain melalui akun Facebook mereka.

Keuntungan Facebook Marketplace

Facebook Marketplace adalah salah satu cara menjual barang online dan mereka memiliki beberapa keunggulan utama: Ini memungkinkan Anda untuk menyebarkan berita tentang barang yang Anda jual secara online dengan lebih cepat.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda juga bisa membuat orang ‘Suka’ halaman Anda dan menyebarkan berita di sekitar. Kedua, Anda dapat memposting peluncuran yang akan datang dan yang baru segera di Facebook Marketplace.

Kerugian Facebook Marketplace

Facebook Marketplace hadir dengan kerugian yang adil dan sepadan. Utama di antara ini adalah batas geografis. Ini artinya, Facebook akan menampilkan barang-barang yang Anda jual secara online hanya kepada orang-orang yang berlokasi di atau dekat kota Anda.

Dengan demikian, jumlah orang yang melihat produk Anda dan membeli sangat rendah kecuali Anda tinggal di pusat kota yang padat penduduk. Lebih jauh, sebagian besar pembeli online tidak nyaman membeli barang di Facebook Marketplace.
 

7. Dropshipping (Pengiriman drop)

Dropshipping adalah bisnis yang relatif tidak dikenal di banyak bagian dunia. Namun, ini adalah cara terbaik untuk berjualan secara online. Dropshipping tidak melibatkan banyak biaya. Dropshipping adalah salah satu cara menjual barang online…

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengiklankan produk Anda di situs web dropshipping yang bagus seperti Alibaba.com dengan biaya murah.

Apa itu Dropshipping?

Dropshipping adalah cara sederhana untuk berjualan secara online. Anda memposting produk untuk dijual di situs web dropshipping. Ketika seseorang membeli produk, mereka akan melakukan pemesanan dengan Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan barang ke alamat yang disediakan. Biasanya, dropshippers tidak memesan barang sendiri. Sebagai gantinya, mereka mempromosikan berbagai produk dari situs web sendiri atau pemasaran afiliasi atau toko online di Shopify dan Etsy.

Dropshippers akan mempromosikan produk dengan menambahkan mark-up. Setelah mendapatkan pesanan dan pembayaran, mereka akan membeli barang dari penjual online seperti Anda. Dropshipper akan membayar Anda atas nama klien.

Keuntungan Dropshipping

Dropshipping tidak mengharuskan Anda memiliki toko atau situs web online. Sebagai gantinya, Anda akan mempromosikan barang yang Anda jual online di situs web dropshipping.

Setiap kali seorang dropshipper mencari suatu produk, barang-barang Anda akan tampil dalam pencarian bersama dengan harga dan spesifikasi. Jika klien menyukai produk Anda, mereka akan melakukan pemesanan dan melakukan pembayaran.

Dropshipping juga merupakan cara ideal untuk menemukan pasar grosir untuk produk Anda. Banyak dropshippers akan melakukan pemesanan massal atas nama toko bata dan mortir dan toko online. Ini menghemat Anda repot mencari klien juga.

Kekurangan Dropshipping

Menjual melalui situs web dropshipping dapat menimbulkan beberapa kerugian. Salah satunya adalah tawar-menawar. Kebanyakan dropshippers individu yang melakukan pemesanan akan tawar-menawar harga karena mereka mencari komisi yang lebih gemuk.

Juga, Anda tidak memiliki kendali atas harga yang dikenakan oleh dropshippers yang membeli barang-barang Anda dan menjual kepada orang lain. Ini dapat menyebabkan barang Anda kehilangan integritas di pasar.

Selain itu, sebagian besar situs web dropshipping dikenal untuk barang-barang murah. Produk Anda bisa mendapatkan tag yang tidak diinginkan itu sebagai produk yang lebih rendah ketika diposting di situs web dropshipping.
 

8. Jual Via Aplikasi

Berkat meningkatnya proliferasi smartphone di seluruh dunia, sekarang juga dimungkinkan untuk menjual barang online melalui aplikasi.

Biasanya, cara menjual barang online lewat aplikasi melibatkan biaya yang jauh lebih rendah daripada menyiapkan situs web Anda sendiri atau membuat toko online di platform e-commerce apa pun. Selain itu, aplikasi dapat ditingkatkan dengan cepat. Mereka memungkinkan pelanggan untuk mengambil keputusan instan.

Pentingnya Aplikasi

Ada baiknya mengetahui bahwa sekitar 63% dari penjualan online terjadi dari ponsel. Mereka memungkinkan pelanggan kemudahan membeli sesuatu bahkan saat bepergian atau terburu-buru. Anda dapat menjual secara online menggunakan aplikasi. Dapatkan satu yang dibuat khusus sesuai dengan keperluan Anda.

Keuntungan Aplikasi

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada beberapa keuntungan aplikasi saat Anda berjualan secara online. Mereka memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian instan tanpa perlu komputer, biayanya lebih murah daripada situs web dan pasar. Anda dapat memutakhirkannya dengan cepat. Aplikasi juga memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan menerima iklan pihak ketiga.

Kerugian Aplikasi

Aplikasi ini untuk berjualan secara online datang dengan beberapa batasan. Rintangan terbesar adalah membuat orang mengunduh aplikasi Anda di smartphone mereka. Selain itu, aplikasi perlu sering diperbarui. Kecuali Anda memiliki aplikasi yang sangat canggih seperti Amazon atau eBay, jumlah produk yang dapat Anda tawarkan bisa sangat terbatas.
 

Tempat cara menjual online

Tempat dan cara menjual barang online. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Money ConnexionShopify

                                    
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-11-05T20:26:32+07:00 Februari 15th, 2019|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment