fbpx

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Anda Digigit Ular Berbisa?

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Anda Digigit Ular Berbisa? – Cara Mengatasi Gigitan Ular

Digigit ular berbisa bisa sangat menakutkan, dan dapat membuat orang bereaksi dengan cara yang salah: Mungkin mereka panik, mencoba menangkap atau membunuh ular, atau mengoleskan es atau tourniquet ke luka, yang bisa menjadi bencana di situasi tertentu. Baca cara mengatasi gigitan ular di bawah ini.
 

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Anda Digigit Ular Berbisa? - Cara Mengatasi Gigitan Ular

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Anda Digigit Ular Berbisa? – Cara Mengatasi Gigitan Ular. Sumber foto: Wikimedia Commons

 
Jadi, bagaimana seharusnya seseorang menanggapi gigitan? Dan apa yang terjadi dalam tubuh manusia ketika seseorang digigit ular berbisa?

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjauh dari ular – jangan mencoba menangkapnya, itu hanya akan memberikan potensi lebih banyak orang untuk terluka,” kata Dr. Nicholas Kman, profesor kedokteran darurat di The Ohio State University Wexner Medical Center.

1. Tetap tenang dan jangan panik. Cobalah untuk mengingat bentuk, ukuran dan warna ular. Segera hubungi nomor ambulans (118 atau 119) jika kamu tahu bahwa ular tersebut adalah ular berbisa dan membuat korban kesulitan bernapas serta hilang kesadaran

2. Jangan banyak bergerak. agar bagian tubuh Anda yang telah digigit tetap mungkin untuk mencegah racun menyebar ke seluruh tubuh Anda.

3. Lepaskan perhiasan dan arloji dari anggota tubuh yang tergigit. Karena dapat menghimpit kulit Anda jika anggota tubuh tersebut membengkak.

4. Jangan mencoba melepas pakaian apa pun. Tetapi kendurkan pakaian jika memungkinkan mencari pertolongan medis segera.

5. Jangan coba untuk menghisap racun keluar dari gigitan. Ini adalah salah satu cara mengatasi gigitan ular, karena Anda tidak tahu apakah ular tersebut berbisa atau tidak.

6. Jangan coba untuk memotong kulit dari gigitan ular. Atau membuatnya berdarah. Ini adalah cara mengatasi gigitan ular ke-6 yang harus Anda ingat.

7. Jangan gosokkan apapun ke luka. Jangan juga atau oleskan es, panas atau bahan kimia.

8. Jangan tinggalkan seseorang yang sudah digigit ular sendirian. Perhatikan dan ajak bicara orang tersebut sampai bantuan darurat datang. Ini adalah salah satu cara mengatasi gigitan ular.

9. Jangan letakkan apa pun di sekitar anggota tubuh yang tergigit untuk menghentikan penyebaran racun (seperti perban yang menekan). Karena tidak akan membantu, dan dapat menyebabkan pembengkakan atau memperburuknya; itu juga dapat merusak anggota badan, yang mengarah pada kebutuhan untuk amputasi.

10. Jangan coba tangkap atau bunuh ular itu.

Saat petugas medis datang, korban akan diberikan pengobatan antiracun. Selain itu, juga bisa diberikan suntik tetanus. Pertolongan pertama ini sangat berarti untuk menyelamatkan korban. Anda perlu mengingat langkah-langkah di atas, ya.

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: NHS (UK), Web MD

 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-11T12:33:51+07:00 Juni 10th, 2019|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment