fbpx

Langkah Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat – Jadilah Pahlawan, Selamatkan Nyawa Seseorang dan Lakukan yang Terbaik

Pelajari cara memberi pertolongan pertama – Jadilah Pahlawan – Selamatkan Nyawa Seseorang dan Lakukan yang Terbaik!

Pelajari hal dan langkah pertolongan pertama yang mendasar yang dapat digunakan dalam keadaan darurat. Langkah pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Mungkin Anda dapat menolong seseorang, teman, bahkan keluarga Anda sendiri!

Pertolongan Pertama atau biasa disingkat PP, adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit/cedera/kecelakaan yang membutuhkan pananganan medis dasar. Pertolongan pertama”PP”merupakan pengembangan dari P3K “Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan”.

 

Langkah Pertolongan Pertama Darurat

Langkah Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat – Jadilah Pahlawan, Selamatkan Nyawa Seseorang dan Lakukan yang Terbaik. Sumber foto: Pixabay. Foto edit: Pinter Pandai

 

Langkah Pertolongan Pertama Kedaruratan Untuk Penyakit atau Kecelakaan

Bagaimana saya tahu jika itu adalah reaksi alergi yang parah?
Orang tersebut mungkin memiliki alergi ringan, yang menyebabkan kulit dan mata gatal. Jika mereka memiliki reaksi alergi yang parah, mereka mungkin juga memiliki gejala seperti pembengkakan di lidah atau leher mereka dan kesulitan bernafas.

Orang tersebut dapat mengembangkan ruam, gatal-gatal atau bengkak di tangan, kaki atau wajah mereka. Nafas mereka mungkin melambat.

Seseorang yang mengalami serangan asma akan mengalami kesulitan bernapas dan berbicara, dan dapat batuk dan mengi. Mereka mungkin sangat cemas dan sedih ketika mereka berjuang untuk bernafas. Dalam beberapa kasus, bibir, daun telinga dan alas kuku dapat berubah menjadi biru keabu-abuan karena tidak ada cukup oksigen di tubuh mereka.

Apa yang bisa saya terapkan pada luka untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit?
Anda bisa membungkus handuk atau pakaian di sekitar sayuran beku atau es dan menerapkannya pada cedera.

Jangan pernah menempatkan es langsung di kulit, karena terlalu dingin.

CPR bertujuan untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup sama sekali. CPR sangat dibutuhkan bagi orang tenggelam, terkena serangan jantung, sesak napas karena syok akibat kecelakaan, terjatu, dan sebagainya. Di bawah ini adalah cara melakukan CPR untuk dewasa, anak dan bayi.

Bagaimana saya tahu jika ini adalah kondisi jangka panjang bagi orang tersebut?
Mereka harus dapat memberi tahu Anda, jadi dengarkan apa yang mereka katakan. Mereka mungkin memiliki beberapa bentuk identifikasi pada mereka (misalnya kartu, gelang atau kalung) yang akan memberi Anda informasi tentang kondisi mereka, atau mereka mungkin membawa pena insulin, glukosa gel atau tablet glukosa.

Bagaimana saya tahu jika mereka menderita epilepsi?
Dalam langkah pertolongan pertama, Anda mungkin menemukan beberapa bentuk identifikasi pada orang tersebut, seperti kartu, gelang atau kalung yang memberikan informasi tentang kondisi mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan apa pun dan tidak yakin jika sebelumnya mereka mengalami kejang, hubungi Ambulans.

Hipotermia juga dapat didefinisikan sebagai suhu bagian dalam tubuh di bawah 35 °C.

Minuman atau makanan apa yang bisa saya berikan kepada seseorang yang mengalami hipotermia?
Anda bisa memberi mereka minuman hangat seperti sup atau cokelat panas atau makanan kaya energi seperti cokelat. Jangan beri mereka alkohol.

Hindari meletakkan seluruh tubuh mereka di bawah pancuran air dingin atau mandi air dingin karena dapat menyebabkan hipotermia.

Haruskah saya mengoleskan mentega, krim atau pasta gigi pada luka bakar?
Tidak. Mentega, krim atau pasta gigi tidak akan mendinginkan area yang terkena. Mentega dan krim mengandung minyak. Minyak menahan panas, yang merupakan kebalikan dari apa yang Anda coba lakukan. Pasta gigi sering mengandung mentol, yang hanya dapat memberikan perasaan pendinginan sementara, tetapi tidak efektif membantu luka bakar.

Jika Anda menaruh sesuatu di atas luka bakar dan kemudian harus diangkat di rumah sakit, itu dapat menyebabkan rasa sakit dan kerusakan lebih lanjut.

Apa yang harus saya lakukan jika beberapa pukulan tidak menghentikan orang yang tersedak?
Jika pertolongan pertama tersedak dengan pukulan punggung tidak dapat menghilangkan penyumbatan, berdiri di belakang mereka, gabungkan tangan Anda di sekitar perut mereka dan bentuk kepalan tangan. Tarik tangan Anda ke dalam dan ke atas. Ulangi hingga lima kali.

Ini disebut manuver Heimlich atau dorongan perut. Jangan lakukan ini pada anak di bawah satu tahun.

Apa yang harus saya lakukan jika ada objek / benda yang melekat di lukanya?
Jangan keluarkan, benda itu berperan yang membantu sebagai penyumbat aliran darah. Sebagai gantinya, berikan tekanan di sekitar objek.

Jangan memindahkannya secara tidak perlu. Tempatkan bantalan lembut seperti pakaian atau selimut di sekitar dahan untuk menyelaraskannya, jika Anda bisa, tetapi jangan memaksanya.

Rata-rata orang menunggu 3 jam sebelum mencari bantuan untuk gejala serangan jantung. Banyak pasien serangan jantung meninggal sebelum mereka mencapai rumah sakit. Semakin cepat orang tersebut masuk ke ruang gawat darurat, semakin baik peluang untuk bertahan hidup. Perawatan medis yang cepat mengurangi jumlah kerusakan jantung.

Apa yang harus saya lakukan jika mereka tampaknya bereaksi berlebihan?
Setiap orang memiliki kebutuhan dan pengalaman hidup yang berbeda dan mereka mungkin bereaksi berbeda dari Anda. Selalu perlihatkan mereka rasa hormat dan dengarkan apa yang mereka katakan.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 3/06/2018.

Sumber bacaan: Redcross

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


 

By | 2018-06-03T23:35:48+00:00 Mei 16th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment