PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Cara Merawat Kulit Bayi

6 min read

Cara merawat kulit bayi

Cara Merawat Kulit Bayi Yang Mudah

Sangat rapuh dan reaktif, kulit bayi membutuhkan perhatian khusus dan penggunaan produk yang disesuaikan dengan kebutuhannya, baik untuk kebersihan maupun perawatan sehari-hari. Cara merawat kulit bayi tidak boleh sembarangan. Setiap hari, perawatan harus dilakukan dengan lembut dan sederhana. Serum fisiologis atau air pembersih sangat dianjurkan.

Momen istimewa antara bayi dan orang tuanya, mandi memungkinkan untuk membasuh tubuh dan rambut secara bersamaan. Dua sampai tiga mandi per minggu sudah cukup di bulan-bulan pertama kehidupan.

Tergantung pada jenis kulit bayi, beberapa produk dapat digunakan: minyak atau krim pembersih, sabun surgras, gel pembersih, dll.

Hidrasi kemudian secara efektif melindungi kulit bayi dari agresi eksternal. Ini juga mencegah ketidaknyamanan kulit seperti ruam popok.

Dalam kasus kulit atopik, pelembap khusus direkomendasikan. Akhirnya, perlindungan matahari sangat penting segera setelah Anda keluar dan bayi berisiko terkena sinar matahari.

Serum fisiologis adalah larutan air murni dan natrium klorida (air laut dan garam). Kehadiran natrium klorida menjadikannya produk antiseptik. “Ada garam fisiologis dalam bentuk dosis tunggal steril yang dapat disimpan selama 24 jam setelah dibuka, asalkan Anda dapat menutupnya – di ujung tutupnya, harus ada peniti kecil yang memungkinkan Anda menyegel kembali polong – atau dalam bentuk semprotan yang memungkinkan Anda mengirim jet yang lebih besar. Kepentingan saline fisiologis adalah tersedia tanpa resep, tidak ada kontraindikasi, pekerja pengasuhan anak menggarisbawahi. Anda benar-benar dapat membeli larutan garam yang dijual di supermarket, ini adalah produk yang sama dengan yang dijual di apotek!

Cara merawat kulit bayi dan apa yang perlu diketahui

1. Ketahui ciri dan kekhasan kulit bayi

Hingga usia tiga tahun, kulit bayi membutuhkan perawatan yang maksimal karena tidak memiliki karakteristik yang sama dengan kulit anak yang lebih besar dan orang dewasa. Ambang toleransinya jauh lebih rendah dan modal selulernya sangat rapuh. Lima kali lebih tipis dari kulit orang dewasa, kulit bayi belum matang dan bereaksi sangat cepat saat terkena agresi. Dengan demikian rentan terhadap kondisi kulit seperti ruam popok atau dermatitis atopik (eksim). Ini cepat kering dan sangat permeabel, oleh karena itu perlu menggunakan produk yang disesuaikan dengan kebutuhannya untuk melindunginya dan membantunya mempertahankan diri hingga fungsi penghalangnya lebih efektif dan tahan.

Kami menyarankan Anda untuk tidak menggunakan terlalu banyak produk yang berbeda untuk merawat kulit bayi Anda, terutama selama bulan-bulan pertama kehidupan. Pastikan kebersihan tidak berlebihan, karena berisiko menyebabkan kulit kering, iritasi, dan sesak. Menyukai formula lembut yang dirancang khusus untuk kulit balita, dengan daftar bahan yang pendek (daftar INCI). Hindari menggunakan produk yang mengandung komponen yang mengiritasi seperti parfum, alkohol atau minyak esensial.

2. Kebersihan dan mandi harian

Pembersihan harian merupakan langkah penting dalam merawat kulit bayi karena menghilangkan kotoran dan kotoran yang menumpuk di sana sepanjang hari. Tidak ada alasan medis untuk memandikan bayi setiap hari dan toilet dapat dilakukan dengan produk yang sangat mudah digunakan.

Muka

Dengan area sensitif seperti mata dan hidung, pembersihan wajah setiap hari harus dilakukan dengan sangat lembut. Dengan tidak adanya kotoran yang menetap seperti sisa makanan atau debu, bola kapas lembut yang direndam dalam air hangat atau larutan garam sudah lebih dari cukup. Beralih ke air pembersih jika wajah lebih kotor.

Jenis produk ini umumnya “tanpa pembilasan” tetapi kami menyarankan Anda untuk mengikutinya dengan semprotan air panas untuk menghilangkan bahan pembersih yang dapat mengiritasi kulit bayi dengan sempurna. Untuk membersihkan mata, gunakan kain kasa untuk setiap mata, yang sebelumnya direndam dalam larutan garam, dan usapkan perlahan dari dalam ke luar. Lanjutkan dengan cara yang sama untuk membersihkan hidung dan telinga. Jangan menggunakan kapas atau membersihkan telinga bayi di bagian dalam dan liang telinga. Ini akan membatasi risiko pembentukan sumbat lilin.

Tubuh

Untuk pembersihan tubuh sehari-hari, susu pembersih sederhana yang dioleskan dengan bola kapas sudah cukup untuk membersihkan kulit bayi. Paling sering terdiri dari zat lemak dan zat penghidrasi, nutrisi dan menenangkan, susu pembersih bayi dengan lembut menghilangkan kotoran dan menjamin kenyamanan maksimal. Beberapa formula tidak perlu dibilas dan meninggalkan lapisan pelindung yang akan mengisolasi epidermis dari agresi eksternal dan melindunginya dengan tahan lama.

Area tempat duduk yang halus membutuhkan perhatian khusus. Selama bulan-bulan pertama kehidupan, bayi perlu diganti secara teratur, hingga delapan kali sehari. Kemerahan dan iritasi mungkin muncul, tanda-tanda peradangan kulit yang sangat umum yang disebut ruam popok. Fenomena ini disukai oleh kelembaban, kontak dengan tinja dan urin dan menggosok popok berulang kali. Untuk mencegah ruam popok, penting untuk mengganti bayi sesering yang diperlukan dan menggunakan produk kebersihan dan perawatan khusus. Obat gosok minyak-kapur terutama diindikasikan dalam kasus ini. Formula aslinya yang berbahan dasar air jeruk nipis (kalsium hidroksida) dan minyak zaitun membantu menetralkan keasaman urin tanpa menyerang kulit bayi.

Fase nutrisi melindungi, melembutkan epidermis dan mencegah perasaan tidak nyaman. Beberapa liniments mengandung bahan lain yang akan memperkuat tindakan pelindung dan menenangkan: gliserin, lilin lebah, lidah buaya, minyak sayur (almond manis, bunga matahari), air bunga. Setelah mengoleskannya ke pantat bayi dengan bola kapas, oleskan krim popok untuk meredakan kemerahan dan iritasi. Talc tidak dianjurkan karena mempromosikan maserasi dan menyebarkan partikel berbahaya untuk saluran pernapasan. Untuk mengetahui lebih lanjut, lihat lembar saran kami: “Mencegah dan mengobati ruam (radang kemerah-merahan) popok pada bayi”.

Meskipun sangat praktis dan mudah digunakan ketika Anda tidak memiliki akses ke titik air atau ruang yang disediakan untuk mengganti bayi, tisu yang telah diresapi dengan produk pembersih harus disediakan untuk situasi luar biasa seperti jalan-jalan atau bepergian. Mereka memang bisa mengiritasi kulit bayi.

Mandi bayi

Umumnya sangat dihargai oleh bayi, mandi adalah saat relaksasi yang memungkinkan dia menemukan lingkungan yang akrab, dekat dengan tempat dia tinggal selama kehamilan. Ini juga merupakan momen istimewa yang identik dengan berbagi, keterlibatan, dan kebangkitan. Pada bulan-bulan pertama, tidak ada gunanya memandikan bayi setiap hari, dua hingga tiga kali seminggu sudah cukup. Untuk bayi yang baru lahir, mandi sebaiknya pendek dan berlangsung tidak lebih dari lima menit. Seiring pertumbuhan anak, durasi dan frekuensi dapat ditingkatkan secara bertahap.

Produk apa yang baik untuk memandikan bayi?

Pilihan pembersih yang digunakan untuk memandikan bayi sangat tergantung pada jenis kulitnya. Jika ia memiliki kulit kering atau rentan atopik, pilihlah roti yang sangat berlemak, krim pembersih atau minyak yang formulanya diperkaya dengan zat-zat bergizi (shea butter, minyak nabati). Batasi sabun deterjen dan pewangi yang berlebihan serta mandi busa sebanyak mungkin. Jika kulit bayi Anda tidak menunjukkan masalah khusus, Anda dapat menggunakan sabun cair superfat, gel pencuci, atau syndet pH netral. Sebelum merendamnya di bak mandi, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak mandi ke dalam air untuk melembutkannya dan mencegahnya mengeringkan kulit bayi. Untuk mengoleskan pembersih, cukup gunakan tangan Anda atau spons sayuran daripada kain lap, yang bisa menjadi kasar, mengiritasi kulit dan menjebak bakteri. Bilas sampai bersih kemudian usap perlahan kulit dengan handuk, jangan lupa lipatannya, untuk menyerap semua kelembapan dan mengurangi risiko iritasi.

Sampo

Untuk membersihkan rambut bayi, gerakan ini bisa dilakukan saat mandi satu atau dua kali seminggu. Gunakan sampo ringan yang cocok untuk rambut balita, yang tidak perih di mata, dan busakan secara lembut dengan memijat kulit kepala. Jika bayi memiliki cradle cap, berikan perawatan khusus dan gunakan sikat atau sisir yang sangat lembut untuk menghilangkan sisiknya.

3. Hidrasi dan pencegahan reaksi kulit

Setiap hari, melembabkan kulit bayi adalah langkah penting. Ini berkontribusi pada perlindungannya terhadap elemen eksternal seperti angin, dingin, debu, dan polusi. Tidak semua bayi memiliki kebutuhan hidrasi yang sama dan ada juga yang lebih sensitif.

Kulit kering dan normal

Dalam kasus kulit kering, pilih tekstur yang kaya seperti balsem dan formula berdasarkan krim dingin. Bayi dengan kulit normal akan puas dengan krim pelembab atau susu. Seperti produk kebersihan dan perawatan lainnya, pilihlah pelembab yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bayi. Oleskan sekali atau dua kali sehari pada kulit wajah dan tubuh yang bersih, sambil dipijat dengan lembut. Perhatikan area di belakang telinga yang rawan kemerahan dan iritasi yang seringkali terlupakan!

Kulit atopik (kering, gatal): kasus khusus

Lebih dari satu dari sepuluh bayi terkena dermatitis atopik (atau eksim). Biasanya dimulai sekitar usia tiga bulan, tetapi beberapa bayi terpengaruh sejak minggu pertama kehidupan mereka. Ini disukai oleh latar belakang atopik familial, sistem kekebalan yang sangat reaktif dan anomali filaggrin. Molekul ini biasanya memungkinkan stratum korneum untuk mengatur dirinya sendiri dalam bentuk jaringan yang sangat ketat dari filamen keratin yang memungkinkan kohesi dan impermeabilitas kulit.

Dermatitis atopik ditandai dengan kekeringan kulit yang intens dan berbagai jenis lesi: kemerahan, gatal, lecet, koreng. Periode wabah bergantian dengan fase tenang. Pada bayi, gatal bisa sulit dikenali, tetapi tanda-tanda tertentu seperti gangguan tidur mulai terlihat. Eksim bayi hadir terutama di wajah dan lebih khusus lagi di bagian yang menonjol (dahi, pipi, dagu). Beberapa bayi memiliki lesi pada lengan luar dan paha atau keterlibatan yang lebih menyebar di seluruh permukaan tubuh.

Baca juga: Resep Makanan Bayi | Umur 6 Bulan Keatas | Buah, Sayur, Daging dan Kacang-Kacangan yang Bergizi dan Kaya Vitamin

Tidak ada perkiraan usia hilangnya dermatitis atopik. Kondisi kulit membaik dari waktu ke waktu dan kemudian eksim menghilang selama masa kanak-kanak. Ini mungkin bertahan hingga dewasa, tetapi ini hanya menyangkut sejumlah kecil kasus. Kulit bayi yang atopik memerlukan perawatan khusus, terutama dalam hal hidrasi. Dermatologis merekomendasikan penggunaan emolien sekali atau dua kali sehari untuk mencegah flare-up, mengembalikan fungsi penghalang epidermis dan membatasi dehidrasi dan kekeringan.

Bagaimana dengan tabir surya (sun screen)?

Untuk anak di bawah tiga tahun, hanya satu aturan yang berlaku: tidak boleh terkena sinar matahari! Memang, mekanisme pertahanan kulit terhadap sinar UV belum ada. Selain itu, terlalu banyak paparan di masa kanak-kanak telah terbukti menjadi faktor risiko melanoma di masa dewasa. Jika Anda pergi ke luar dan bayi Anda berisiko terkena sinar matahari, kami menyarankan Anda mengenakan pakaian penutup, topi bertepi lebar, kacamata hitam, dan pelindung matahari SPF 50+. Rekomendasi ini berlaku untuk semua fototipe dan terlepas dari indeks UV. Pilih pelindung matahari bayi khusus, sebaiknya yang mengandung filter mineral untuk meminimalkan risiko reaksi alergi.

Berikut adalah kriteria utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih pelindung matahari bayi:

  • efektivitas pada sinar UVA dan UVB;
  • formula hipoalergenik dan bebas alkohol;
  • produk diuji di bawah kendali dermatologis dan pediatrik;
  • tahan air dan gesekan.

Oleskan produk setidaknya dua puluh hingga tiga puluh menit sebelum pergi keluar dan tekankan dengan lembut pada area yang tidak tercakup. Oleskan kembali setiap dua jam untuk mempertahankan perlindungan, bahkan jika bayi tetap berada di tempat teduh atau jika ada awan.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Parents, WebMD, The Johns Hopkins University, OnHealth

Sumber foto: Tung256 / Pixabay

Informasi: selalu berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk memperkenalkan produk kulit untuk bayi Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *