PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kiyoshi Kuromiya | Anti-perang, pembebasan gay, dan aktivis HIV/AIDS

3 min read

Kiyoshi kuromiya and friend

Kiyoshi Kuromiya

Kiyoshi Kuromiya adalah seorang penulis Jepang-Amerika dan hak-hak sipil, anti-perang, pembebasan gay, dan aktivis HIV/AIDS.

Kiyoshi Kuromiya (9 Mei 1943 – 10 Mei 2000) adalah seorang penulis Jepang-Amerika dan hak-hak sipil, anti-perang, pembebasan gay, dan aktivis HIV/AIDS. Lahir di Wyoming di kamp interniran Jepang-Amerika Perang Dunia II yang dikenal sebagai Heart Mountain, Kuromiya menjadi ajudan Martin Luther King Jr. dan penentang utama Perang Vietnam pada 1960-an.

Salah satu pendiri Front Pembebasan Gay Philadelphia

Salah satu pendiri Front Pembebasan Gay Philadelphia, Kuromiya juga mendirikan Proyek Jalur Kritis dan buletinnya; dia juga editor Standar Perawatan ACT UP, pedoman kompetensi perawatan medis dan budaya pertama yang dibuat untuk Odha oleh Odha.

Kiyoshi Kuromiya lahir pada 9 Mei 1943 di Wyoming di Kamp Konsentrasi Heart Mountain, tempat keluarganya dipindahkan dari Monrovia, California, tempat Kuromiya dibesarkan. Kedua orang tua Kuromiya lahir di California dan setelah 15 tahun tinggal di Monrovia dan satu tahun antara Arizona dan Nevada pada tahun 1961, Kuromiya memutuskan untuk meninggalkan Pantai Barat untuk pergi ke Universitas Philadelphia untuk belajar di Universitas Pennsylvania. motivasi sendiri untuk pindah ke Philadelphia pada tahun 1961 semata-mata karena nama “Kota Cinta Persaudaraan”, dan aktivisme Kuromiya benar-benar dimulai pada tahun 1960-an ketika ia terlibat dalam pengorganisasian hak-hak sipil.

Kiyoshi Kuromiya mengaku sebagai gay kepada orang tuanya ketika dia berusia sekitar 8 atau 9 tahun di California

Kiyoshi Kuromiya mengaku sebagai gay kepada orang tuanya ketika dia berusia sekitar 8 atau 9 tahun di California dan mengatakan dia cukup aktif secara seksual. Kuromiya, yang menggunakan Steve dan bukan Kiyoshi saat itu, pada awal 1950-an, menyebutkan dalam sebuah wawancara dengan Tommi Mecca pada tahun 1983 bahwa dia tidak tahu istilah apa pun karena kurangnya literatur – dia belum pernah mendengar kata gay. dan tidak tahu apa itu homoseksual. Akibatnya, Kuromiya menggunakan Perpustakaan Umum Monrovia untuk mencari tahu lebih banyak tentang identitas yang dia tahu “sangat penting baginya”.

Baca juga: Diskriminasi Pengertian, Definisi, Contoh dan Cara Menghindari Diskriminasi

Kuromiya adalah generasi ketiga Jepang-Amerika dan sebagian besar dibesarkan di sekolah-sekolah Kaukasia (orang kulit putih) di pinggiran kota Los Angeles, katanya dalam sebuah wawancara tahun 1997 dengan Marc Stein. Dia ditangkap di sebuah taman umum dengan seorang anak laki-laki berusia 16 tahun. ketika dia baru berusia 9 atau 10 tahun karena kecabulan dan ditempatkan di aula remaja selama tiga hari sebagai hukuman. Kuromiya menyebutkan dalam wawancaranya dengan Stein bagaimana penangkapannya membuatnya merasa seperti penjahat yang tidak tahu apa-apa, dan membuatnya merasa malu yang memaksanya untuk merahasiakan kehidupan seksnya, bahkan sejak dini.

Google menyoroti Kiyoshi Kuromiya dalam doodle, aktivis hak LGBTQ

Kiyoshi Kuromiya tahu banyak tentang perjuangan untuk hak. Seorang homoseksual lahir di kamp interniran Jepang-Amerika selama Perang Dunia II, Kuromiya telah menghabiskan sebagian besar hidupnya berjuang untuk hak-hak sipil dan bantuan untuk pasien AIDS.

Untuk menghormati kontribusinya terhadap perjuangan hak-hak sipil dan gerakan anti-perang, Google mendedikasikan Doodle-nya untuk Kiyoshi Kuromiya pada hari Sabtu ini, pada ulang tahun ketiga pelantikannya ke dalam National LGBTQ Wall of Honor, sebuah dinding peringatan Amerika yang didedikasikan untuk LGBTQ ” pelopor dan pahlawan”.

Google Doodle untuk menghormati Kiyoshi Kuromiya menggambarkan sebuah bangunan di kota, dilukis dengan mural Kuromiya. Dalam thumbnail di sebelah kiri, sebuah protes dapat dilihat di luar Philadelphia’s Independence Hall, sementara di sebelah kanan menunjukkan sebuah smartphone dan bendera Progress Pride.

Baca juga: SOPHIE ikon trans: Kematian musisi umur 34 dalam kecelakaan serius, pop berkabung

Aktivisme hak-hak sipilnya dimulai dengan sungguh-sungguh selama tahun pertamanya di University of Pennsylvania. Dia memimpin demonstrasi menentang Perang Vietnam dan berpartisipasi dalam aksi duduk di restoran untuk memprotes ketidaksetaraan rasial. Pada tahun 1963, Kuromiya bertemu Pendeta Martin Luther King Jr. dan mulai bekerja sama dengan legenda hak-hak sipil. Dua tahun kemudian, Kuromiya dirawat di rumah sakit setelah dipukuli oleh deputi sheriff selama pawai pendaftaran pemilih di Montgomery, Alabama.

Kuromiya juga sangat aktif dalam gerakan hak-hak gay, ikut mendirikan Gay Liberation Front setelah kerusuhan Stonewall 1969 dan mendirikan organisasi gay pertama di kampus University of Pennsylvania. Dia adalah delegasi gay secara terbuka ke konvensi Black Panthers tahun 1970, yang mendukung perjuangan untuk pembebasan gay, dan mendirikan ACT UP cabang Philadelphia, sebuah organisasi yang berfokus pada perang melawan AIDS.

Perjuangannya

Dia mendirikan buletin Critical Path, salah satu sumber informasi pertama tentang AIDS dan pengobatan HIV, dan mengubahnya menjadi situs web, yang membuatnya berjuang untuk mempertahankan kebebasan berekspresi di Internet. Kuromiya adalah penggugat utama dalam tantangan sukses untuk Undang-Undang Kepatutan Komunikasi 1996, yang melarang posting informasi “jelas ofensif” tentang AIDS di internet.

Kuromiya juga berteman dengan Buckminster Fuller dan berkolaborasi dalam enam buku terakhir sang techno-futurist, termasuk Critical Path, sebuah buku yang diterbitkan pada 1981 yang membahas kemungkinan meningkatkan dunia melalui kemajuan teknologi.

Kuromiya meninggal karena komplikasi terkait AIDS pada tahun 2000, satu hari setelah ulang tahunnya yang ke-57.


Asal Simbol Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan – Jenis Kelamin Secara Biologis Dan Sains: Laki-Laki, Perempuan Dan Interseks


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, WikipediaOutHistory

Sumber foto:

Photo: Martin for Philadelphia Inquirer. Urban Archives, Temple University. The Gay Dealer, 1970, 16. GLBT Archives, Philadelphia.

by Marc Stein. Copyright © Marc Stein 2009. All rights reserved. – file:///Users/naven/Zotero/storage/I3SURPEL/kiyoshi-kuromiya.html CC BY-SA 4.0 via Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!