GWK – Tempat Wisata Garuda Wisnu Kencana di Bali

GWK – Tempat Wisata Garuda Wisnu Kencana di Bali

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana  yang disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali.

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui seluk beluk GWK Bali dan harga tiket masuk GWK.

Bagi yang suka travelling tentunya sudah tidak asing lagi dengan GWK atau kepanjangan dari Garuda Wisnu Kencana yang ada di Pulau Bali.

Mungkin sebagian dari Anda pernah bermain atau hanya sekedar mendengar mengenai ketenaran destinasi wisata yang satu ini.

Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, sekitar 40km di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di taman budaya ini, adalah sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 120 meter. Dalam bahasa Inggris, GWK disebut sebagai: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park),.

Taman budaya GWK didedikasikan untuk merangkul serta melestarikan aspek seni, budaya dan spiritual Pulau Bali. Ditetapkan dalam 250-ha taman ini menjadi salah satu tempat favorit untuk pertunjukan seni & budaya, pameran, dan konferensi. GWK menawarkan tempat pemandangan yang menakjubkan bagi wisatawan untuk menghabiskan hari menikmati matahari terbenam yang spektakuler.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu.

Patung Garuda di belakang Plaza Wisnu

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond.

Kunjungan Wisata Tak Terlupakan Melalui Area yang Bertema Unik di Taman Budaya GWK

Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan – Jimbaran, Bali

Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.

Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi salah satu patung terbesar di Asia dan akan lebih tinggi daripada Patung Liberty.

Cara pergi ke GWK

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di Ungasan, Kabupaten Badung atau sekitar 10-15 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, 25 menit berkendara dari Kuta. Lama perjalanan tersebut kondisional dengan arus lalu lintas. Jika masih belum memahami ada baiknya jika menggunakan bantuan dari peta di aplikasi Google Map.

Sebuah bus shuttle pulang pergi menyediakan dari Kota Denpasar dengan biaya Rp3.500 untuk satu perjalanan. Kunjungan ke Taman Garuda Wisnu Kencana dapat diatur dengan agen tur lokal atau hotel Anda. Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. (harga dan jam dapat berubah-ubah).

Bagi yang tidak ingin ribet, disarankan untuk mencoba sewa mobil lengkap dengan sopirnya. Hal ini cukup beralasan karena di saat liburan GWK selalu dipenuhi pengunjung sehingga Anda akan merasa sulit untuk menemukan tempat parkir. Terlebih ketika Anda sudah membeli tiket masuk GWK secara online, lantas menikmati wisata GWK dengan leluasa tanpa berpikir kemacetan maka pilihan tersebut sangat tepat. Pikiran tenang liburan bisa berlanjut ke lokasi lainnya.  Horeeee!!!

Tempat Rekreasi di GWK

BALI adalah surga bagi patung-patung bernuansa magis dan juga unik. GWK yang merupakan milik Swasta ini mempunyai beberapa tempat rekreasi di antaranya:

  • Wisnu Plaza

 Wisnu Plaza adalah tanah tertinggi di daerah GWK dimana tempat kita sementara merupakan bagian paling penting dari patung Garuda Wisnu Kencana patung Wisnu.

Pada waktu tertentu hari, akan ada beberapa kinerja tradisional Bali dengan megah patung Wisnu sebagai latar belakang. Karena lokasinya yang tinggi, Anda dapat melihat panorama sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Wisnu Plaza, dikelilingi oleh air mancur dan air sumur di dekatnya suci yang katanya tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Parahyangan Somaka Giri ditempatkan di sebelah patung Wisnu. Ini tempat air berada, yang secara historis telah dipercaya oleh rakyat di daerah tersebut sebagai berkat dengan kekuatan magis yang kuat untuk menyembuhkan penyakitnya dan meminta para dewa hujan selama musim kemarau. Karena lokasinya di tanah tinggi (di atas bukit), fenomena alam ini dianggap orang suci dan lokal diyakini itu menjadi air suci.

  • Street Theater

Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi.

Pada beberapa kali sehari, kita dapat menikmati belanja dan makan sambil ditemani kinerja Bali khususnya seperti barong, rindik dan parade.

Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market. Kita bahkan dapat menemukan spa Bali dan produk aromaterapi di toko ini. Sementara di sini, mengapa tidak mencoba pijat refleksi kaki Bali setelah berjalan-jalan. Kita bisa mencicipi makanan yang baik dengan harga terbaik hanya di pengadilan makanan kita, Makanan Teater, dan restoran terbaru mereka, The Beranda dengan paket all you can eat.

  • Lotus Pond

Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Budaya, kemungkinan besar, di Bali. Dengan demikian, Lotus Pondadalah tempat yang tepat dan hanya untuk mengadakan acara outdoor skala besar.

Selama bertahun-tahun, GWK telah dipercaya untuk skala besar diadakan, baik nasional maupun internasional, acara di Lotus Pond seperti konser musik, pertemuan internasional, partai besar. Lotus Pond adalah tempat yang unik dengan pilar batu kapur di sisi dan patung megah Garuda di latar belakang.

Lotus Pond berawal dari teratai. Teratai adalah simbol utama keindahan, kemakmuran, dan kesuburan. Wisnu juga selalu membawa bunga teratai di tangannya dan hampir semua dewa dari dewa Hindu yang duduk di teratai atau membawa bunga.

Beberapa fakta menarik adalah bahwa tanaman teratai tumbuh di air, memiliki akar dalam ilus atau lumpur, dan menyebarkan bunga di udara di atas. Dengan demikian, teratai melambangkan kehidupan manusia dan juga bahwa kosmos.

Akar teratai tenggelam dalam lumpur merupakan kehidupan material. Tangkai melewatkan melalui air melambangkan eksistensi di dunia astral. Bunga mengambang di atas air dan membuka ke langit adalah emblematical spiritual sedang.

  • Amphitheatre

Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

  • Indraloka Garden

Taman ini diberi nama Indraloka setelah surga Dewa Indra karena pandang panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di Garuda Wisnu Kencana untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Kita bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden

  • Tirta Agung

Tirta Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah. Anda juga dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu, bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.

Baca ini sebelum datang ke GWK di Bali

1. Tentang GWK Bali

GWK Bali merupakan karya seniman bernama I Nyoman Nuarta. I Nyoman Nuarta ini adalah maestro seni patung asal Bali, ia adalah lulusan Fakultas Seni Rupa ITB.

Peresmian patung GWK Bali ini dilakukan pada tanggal 22 September 2018 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

2. Proses Pembangunan

GWK Bali adalah salah satu patung tertinggi di dunia. Hal ini tak mengherankan karena patung ini sudah dirintis sejak 28 tahun lalu. Bentuknya begitu rumit dan izin pembangunan GWK sendiri didapatkan I Nyoman Nuarta dari Presiden Soeharto tahun 1993.

Sayap garuda ini membentang hingga 64 meter ke kanan dan ke kiri. Para pekerja yang membantu memasang patung GWK Bali ini melibatkan 1.000 pekerja. Dengan ukuran patung Garuda Wisnu Kencana yang mencapai 121 meter, ini artinya tinggi patung melebihi patung Liberty.

3. Pertunjukan

Tak hanya bisa melihat megahnya patung Garuda Wisnu Kencana, akan tetapi Anda juga dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukkan seni khas Bali. Ada sekitar 7 tarian yang ditampilkan setiap harinya. Berikut ini jadwal pertunjukkan tari di Amphiteater GWK Bali:
– 10.00 Balinese Dance
– 11.00 Barong Keris Dance
– 12.00 Garuda Wisnu Ballet
– 13.00 Nusantara Dance
– 14.00 Barong Keris Dance
– 15.00 Balinese Dance
– 18.30 Kecak Garuda Wisnu

4. Berkeliling dengan GWK Loop

Luas dari GWK Cultural Park Bali ini adalah 60 hektar. Kalau Anda harus berjalan mengelilingi ini tentu akan melelahkan. GWK Loop bisa Anda manfaatkan untuk berkeliling ke sekitaran GWK Bali. GWK Loop selalu tersedia di dekat loket penjualan tiket dengan membayar Rp 20.000-an.

5. Spot Instagramable – buat foto-fotoan yang asik

Di GWK Bali terdapat banyak spot foto cantik. Salah satunya adalah di tebing batu yang terdapat di kawasan Lotus Pond dengan latar patung-patung tinggi yang sangat menarik.

Ukuran patung raksasa di GWK ini menjadi simbol dari salah satu kebesaran kebudayaan Indonesia khususnya budaya asli Bali. Disamping patung Garuda wisnu yang spektakuler ini, wisatawan juga akan disuguhi dengan eksotisme budaya berbalut indahnya alam Bali. Dapatkan momen matahari terbenam yang begitu indah dari GWK Bali ini!

6. Belanja Oleh-oleh

Di GWK Bali juga terdapat toko dan restoran yang menjual beragam merchandise dan juga oleh-oleh khas Bali. Namun sayangnya harga dari beberapa barang di sana cukup tinggi.

7. Harga Tiket Masuk

Untuk masuk kawasan GWK Cultural Park, traveler bisa membeli tiket terlebih dahulu di loket yang tersedia. Biayanya sekitar Rp 80 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp 125 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Jam Buka 08.00 – 21.00 WITA.
Tiket Buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WITA.

(jam dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya)

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Indonesian Tourism

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2020-09-03T15:01:56+07:00 April 5th, 2020|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment