Mengapa Dinosaurus Punah?

1 min read

Dinosaurus punah - stegosaurus

Mengapa spesies Dinosaurus punah?

Dinosaurus terakhir mati sekitar 65 juta tahun yang lalu. Meskipun penyebab kepunahan mereka masih merupakan misteri, perubahan iklim, penyakit, perubahan komunitas tumbuhan dan peristiwa geologis semuanya bisa memainkan peran. Terdapat beberapa teori hepotesis mengapa dinosaurus punah, tetapi masih banyak ilmuwan yang berdebat tentang mengapa dinosaurus punah? Hal ini masih meninggalkan misteri!

Dinosaurus punah yang menandai akhir Kapur dan awal Paleogen adalah misteri ilmiah. Kepunahan menghapus dinosaurus sementara sebagian besar mamalia, kura-kura, buaya, salamander dan katak selamat. Burung-burung tertentu juga lolos. Begitu pula siput, bivalvia, bintang laut (bintang laut), dan babi. Bahkan tanaman-tanaman berpohon keras yang mampu menghadapi iklim ekstrem bernasib baik-baik saja.

Ilustrasi peristiwa kepunahan Kapur–Paleogen,dengan tumbukan meteorid. Sumber foto: Wikipedia

Kemana Semua Dinosaurus Pergi? Beberapa Teori Utama

  • Sebuah meteorit besar menabrak Bumi, mengubah kondisi iklim secara dramatis sehingga dinosaurus tidak dapat bertahan hidup.

  • Abu dan gas yang memuntahkan dari gunung api mencekik banyak dinosaurus.

  • Penyakit menyapu seluruh populasi dinosaurus.

  • Ketidakseimbangan rantai makanan menyebabkan kelaparan dinosaurus.

Jenis Dinosaurus

Dinosaurus pertama kali muncul selama periode Trias, antara 243 dan 233,23 juta tahun yang lalu, meskipun asal mula yang tepat dan waktu evolusi jenis dinosaurus adalah subjek penelitian yang masih aktif. Klik disini untuk membaca lebih lantut tentang jenis dinosaurus seperti: Abelisaurus, Albertosaurus, Allosaurus, Apatosaurus, Archaeopteryx, Baryonyx, Brachiosaurus, Carnotaurus, Diplodocus, Giganotosaurus, T-rex, dll.

Tyrannosaurus rex trex
Tyrannosaurus rex (T-rex). Sumber foto: Wikimedia

Teori hipotesis dinosaurus punah karena “peristiwa kepunahan zaman Kapur–Paleogen”

Terjadi sekitar 65,6 juta tahun lalu adalah peristiwa terjadinya kepunahan massal spesies hewan dan tumbuhan secara besar-besaran dalam masa waktu periode geologis yang singkat. Peristiwa ini sering disingkat sebagai peristiwa kepunahan K-T dan diasosiasikan dengan keberadaan tanda geologis batas K-T. Batas K-T ini berupa lapisan tipis pada sedimentasi di berbagai bagian dunia.

Para ilmuwan cenderung mengerumuni salah satu dari dua hipotesis yang mungkin menjelaskan kepunahan pada zaman Kapur: dampak luar angkasa, seperti asteroid atau komet atau serangan letusan gunung berapi besar-besaran.

Peristiwa ini menandai berakhirnya era Mesozoikum dan bermulanya era Senozoikum. Bagi para ilmuwan, penyebab kepunahan antara lain, tumbukan meteorit di Mexico, letusan gunung berapi raksasa di India,dan jatuhnya ketinggian laut secara drastis.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: National Geographic (Inggris)ScholasticIndependentWired

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.