PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Gagap (dysphemia): definisi, penyebab, teknik dan cara menghentikannya

3 min read

Gagap (dysphemia): definisi, penyebab, teknik menghentikannya

Gagap

Gangguan bicara gagap ini, yang muncul pada anak usia dini, bisa sangat melumpuhkan secara sosial jika tidak ditangani sejak dini. Jadi, apa yang menjadi ciri gagap dan bagaimana Anda menanganinya secara efektif?

Ma-ma-mari kita lan-lan-jut-kan…

Definisi

Gagap adalah gangguan komunikasi (menurut DSM5) mencapai kelancaran, yang ditandai dengan pengulangan suku kata, ragu-ragu atau gangguan bicara. Hal ini adalah patologi yang sangat umum pada anak-anak karena hampir 5% terpengaruh. Biasanya, hal ini muncul pada tahun-tahun pertama berbicara dan menghilang sebelum dewasa. “Awitan kegagapan bisa tiba-tiba (terkait dengan pemicu psikologis, tetapi tidak harus) atau bisa muncul lebih berbahaya,” komentar Amy Jouberton, terapis wicara. Secara umum, pria jauh lebih terpengaruh daripada wanita (4 pria untuk 1 wanita).

Berbagai jenis gagap:

  • Perkembangan sementara (75% kasus): yang umumnya terjadi antara usia 2 dan 4 tahun dan menghilang secara spontan.
  • Perkembangan yang persisten, yang dimulai antara usia 2 dan 4 (atau jarang setelahnya) dan yang akan bertahan hingga remaja dan dewasa.

Secara klasik, gagap berfluktuasi dan ditekankan oleh unsur-unsur tertentu seperti kelelahan atau stres (lebih tepatnya emosi yang kuat, baik positif maupun negatif). “Saat ini tidak mungkin untuk membedakan gagap sementara dari gagap yang terus-menerus. Terapi wicara dini diperlukan untuk mengoptimalkan prognosis regresi gagap”, tambah terapis wicara.

Penyebab Gagap

Penyebab dan faktor risikonya belum diketahui secara pasti, meskipun tampaknya anak dari orang tua yang gagap lebih berisiko menderita gangguan ini. Gangguan ini umum terjadi karena mempengaruhi sekitar 1% dari populasi, terutama anak laki-laki. Umumnya hal ini dimulai pada tahun-tahun pertama pembelajaran bahasa, kemudian cenderung berkurang atau hilang sebelum dewasa.

Baca juga: Penyesalan Orang Tua Telah Memiliki Anak | Psikologi Parental Burnout, Hal Yang Tabu Tetapi Nyata

Faktor-faktor tertentu, seperti kelelahan atau stres, meningkatkan kegagapan, yang biasanya terjadi sebentar-sebentar. Sebaliknya, itu bisa berkurang dalam keadaan tertentu: jika orang itu sendirian, atau saat bernyanyi. “Penelitian tentang gagap berkembang, dan jejak penyebab genetik menjadi lebih jelas. Beberapa gen dianggap terlibat dalam munculnya gagap.

Akibatnya, seseorang yang memiliki orang gagap di lingkaran keluarganya hadir lebih dari risiko menyatakan gagap. Selain itu, para ilmuwan telah mendemonstrasikan modifikasi area neurologis yang terkait dengan bahasa pada beberapa orang yang gagap. Saat ini, para peneliti setuju pada fakta bahwa banyak faktor yang harus diperhitungkan dalam penyebab gagap “.

Apakap itu gagap neurologis?

Gagap neurologis berbeda dari gagap perkembangan. Ini dapat terjadi setelah cedera otak seperti stroke atau trauma kepala).

Gejala

Gagap dapat dimanifestasikan oleh gejala-gejala berikut:

  • Aliran bicara yang tidak normal;
  • Pengulangan dengan suku kata tertentu;
  • Keragu-raguan sebelum atau di antara kata-kata tertentu;
  • Pidato terbloklir di tengah kalimat, seolah-olah kata berikutnya tidak akan keluar.

Hal ini sering berfluktuasi dan menonjol jika terjadi kegembiraan atau stres. Hal ini kurang penting atau kadang-kadang tidak ada ketika pasien percaya diri, berteriak atau bernyanyi.

“Sangat penting untuk membedakan ketidaklancaran normal (kecelakaan bicara kecil ketika belajar berbicara dan bahkan di masa dewasa) dari gagap (ketegangan atau perjuangan untuk mengeluarkan kata-kata)”, menentukan terapis wicara.

Diagnostik

Ketika Anda melihat timbulnya gagap pada anak Anda, penting untuk berbicara dengan dokter Anda yang akan merujuk keluarga ke ahli terapi wicara. Dialah yang akan menilai diagnosis dan perlu atau tidaknya pengobatan.

Teknik apa untuk mengobati gagap?

“Ada banyak pendekatan untuk mengobatinya. Beberapa berhubungan dengan anak di bawah 7 tahun (antara lain program Lidcombe, yang efektivitasnya telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian) dan yang lain berhubungan dengan anak yang lebih besar dan orang dewasa.

Teknik dan cara yang berbeda ini sering kali menyertakan kemitraan yang kuat dengan mereka dan di sekitar lingkungan Anda.

Untuk apa terapi bicara digunakan?

Umumnya, pasien dirawat oleh terapis wicara. Spesialis ini akan melakukan penilaian dan memberikan nasihat berharga kepada orang tua untuk mengurangi gagap anak mereka.

Bersama-sama, terapis wicara, pasien, dan keluarganya akan memulai perawatan yang disesuaikan. Pada usia yang lebih lanjut, dukungan terapis wicara dapat disertai dengan dukungan psikologis jika pasien merasa perlu.

Latihan apa yang harus dilakukan?

Karena kegagapan tergantung pada banyak faktor, tidak ada jawaban standar. Terapis wicara, tergantung pada kegagapan pasiennya tetapi juga orang-orang di sekitarnya, akan menentukan dalam kemitraan dengan keluarga jenis perawatan yang paling cocokr.

Bi-bi-bisahkah ku-kita pergi-gi se-seka-kar-ang-ang?

Pencegahan

Perilaku tertentu harus dihindari agar gagap menghilang. “Misalnya kontraproduktif untuk memberi tahu anak yang gagap “bernapas, tenang”, menstigmatisasi ucapannya “berusaha, berusaha keras untuk berbicara” atau memintanya untuk mengulangi. tinggi, tatap matanya dan beri tahu dia bahwa kita siap mendengarkannya. Kita juga dapat memperlambat aliran kita atau meminjamkan kata yang dia temukan untuk membantunya”.


Kesehatan Mental Anak Remaja | Kesehatan mental pada masa remaja mengikuti kita seumur hidup


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Mayo Clinic, American Speech-Language-Hearing Association

Photo credit: Pixahive (CC0 Public Domain)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.