fbpx

Kenapa Banyak Orang Terkena Kanker?

Mengapa Kanker Menjadi Lebih Umum?

Setengah abad yang lalu, ceritanya, seseorang jauh lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung. Sekarang terkena kanker di ambang penyalipan sebagai penyebab kematian No. 1.

  • Ketika orang bertambah tua, sel mereka mengumpulkan lebih banyak potensi mutasi kanker. Mengingat kehidupan yang cukup panjang, kanker pada akhirnya akan membunuh Anda; kecuali Anda meninggal terlebih dahulu karena sesuatu atau hal lainnya. Itu akan benar bahkan di dunia yang bebas dari karsinogen dan dilengkapi dengan teknologi medis paling kuat. Dengan berjalannya waktu, mitokondria kita semakin lemah dan kita dapat memicu mutasi yang mengarah pada kanker. Mitokondria adalah pembangkit tenaga sel. Mitokondria memakai oksigen, lemak dan gula untuk membuat adenosin trifosfat (ATF). Proses ini dikenal sebagai ‘respirasi sel’.

  • Obesitas (terlampau gemuk), menambah risiko terkena kanker. Obesitas adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki jumlah yang tidak sehat dan / atau distribusi lemak tubuh. Sel-sel lemak visceral (jeroan) berukuran besar dan ada banyak sekali. Kelebihan lemak ini tidak memiliki banyak ruang untuk oksigen. Dan lingkungan rendah oksigen itu memicu peradangan. Namun peradangan jangka panjang yang disebabkan oleh kelebihan lemak visceral dapat merusak tubuh Anda dan meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker. Kanker terjadi ketika sel yang membelah dan berproduksi bereproduksi tak terkendali, merusak sel di sekitar mereka dan menyebabkan penyakit-penyakit. Semakin banyak sel membelah dan bereproduksi, semakin tinggi risiko bahwa sesuatu akan salah dan tumor akan terbentuk.

  • Pilihan Gaya Hidup dan mempertahankan gaya hidup sehat tidak mudah bagi banyak orang. Mengurangi penggunaan tembakau (karena bahan kimia karsinogenik), membatasi alkohol, mengendalikan berat badan dan mengubah kebiasaan makan untuk menghilangkan makanan yang diproses berlebihan, transgenik dan makanan yang mengandung bahan kimia merupakan langkah penting untuk mencegah dan bahkan mengobati kanker.

    Tidak peduli berapa banyak merokok, minum dan mengkonsumsi junk food mungkin tampak “menyenangkan” – mereka akan memperpendek umur Anda dari waktu ke waktu. Mereka melemahkan sistem kekebalan imune Anda, menyebabkan peradangan di seluruh tubuh dan membuat Anda rentan terhadap penyakit.

  • Kanker juga tampak lebih umum karena kemampuan kita untuk mendeteksi kanker lebih meningkat. Sudah sering terjadi beberapa tahun yang lalu bahwa orang meninggal karena penyebab yang tidak diketahui dan dokter tidak memiliki alat untuk mendiagnosis kanker dengan tepat sebagai alasannya. Hari-hari ini, kebanyakan orang menjalani mammogram, pap smear, dan tes PSA untuk kanker umum. Penilaian ini telah mengarah pada peningkatan dramatis dalam diagnosis kanker stadium awal (catatan samping – beberapa peneliti berpendapat bahwa kita sebenarnya melakukan overdiagnosing kanker tahap awal).

 

Kanker dimulai ketika sel-sel dalam tubuh kita mulai bereproduksi di luar kendali, membentuk sel baru dan abnormal. Sel-sel abnormal ini membentuk benjolan, yang dikenal sebagai tumor.

 

Memahami Kenaikan Tingkat Kanker untuk Membantu Anda Memahami Risiko Terkena Kanker

  • Kanker adalah penyakit kompleks yang dapat tumbuh dari berbagai faktor risiko, yang membuatnya sulit untuk dikelola seperti yang dijelaskan. Namun, kemajuan dalam penelitian dan terapi telah memperjelas bagaimana kanker dimulai. Tetapi mengapa tampaknya lebih banyak orang menderita kanker daripada sebelumnya?

  • Sebagian besar kanker dapat ditelusuri ke mutasi genetik yang, sampai batas tertentu, benar-benar alami. Ketika sel-sel Anda tumbuh, berkembang, mati dan mengulangi prosesnya, mutasi genetik acak akan terjadi yang membuat beberapa sel tahan terhadap kerusakan atau sel-sel sehat lainnya lebih rentan mati.

  • Setelah mutasi ini mengalahkan sel-sel sehat di sekitarnya, sel-sel yang bermutasi dapat tumbuh bersama untuk membentuk tumor kanker dan secara efektif mengambil alih wilayah jaringan tersebut.

  • Jadi, apa yang bisa menjelaskan peningkatan kasus terkena kanker? Sementara gen manusia tidak berubah secara drastis dalam beberapa tahun terakhir, kondisi di dalam dan di sekitar mereka telah bergeser.

  • Faktor gaya hidup, seperti makanan dan kebiasaan buruk, tentu memainkan peran dalam kesehatan sel Anda, seperti harapan hidup Anda dan bahkan pekerjaan yang Anda lakukan. Tingkat penyakit kronis telah menurun dalam beberapa dekade terakhir, tetapi kanker tidak berperilaku dengan cara yang sama, karena beberapa alasan.

 

Diagnosa yang Lebih Baik Berarti Kelangsungan Hidup Lebih Besar

Mungkin ada lebih banyak kasus kanker yang didiagnosa sekarang, tetapi tingkat kelangsungan hidup kanker telah mengalami peningkatan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Para ahli memperkirakan bahwa ada sekitar 14,5 juta penderita kanker di Amerika Serikat dan banyak yang menjalani hidup penuh dan sehat.

Karena kemajuan dalam alat dan teknik diagnostik berarti banyak kanker yang tertangkap sebelumnya, ketika mereka jauh lebih responsif terhadap pengobatan, penting untuk menjaga statistik kanker naik dalam perspektif. Menghadapi kanker tidak pernah mudah, tetapi Anda dapat mengambil beberapa kenyamanan dalam kenyataan bahwa prediksi tidak pernah lebih baik daripada sekarang.

 

Kenapa banyak orang terkena kanker

Kenapa banyak orang terkena kanker?

 

Daftar Jenis Kanker – Pemahaman Kanker – Mengenal Dasar-Dasar, Contoh Kanker, Stadium, Bentuk, Klasifikasi, Sel dan Pemahaman Penyakit Kanker Lebih Jelas

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel secara tidak terkendali. Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini untuk membaca artikel pemahaman penyakit kanker dan Daftar Jenis Kanker, untuk mengenal lebih baik!

 

Berita bagus

Meskipun tidak ada cara yang diketahui untuk benar-benar bertahan melawan terkena kanker seiring berlalunya waktu, Anda tidak sepenuhnya bergantung pada gen-gen yang bermutasi.

Bagaimana Anda memilih untuk memberi makan dan melindungi tubuh Anda dapat pergi jauh untuk mengurangi risiko Anda dari beberapa kanker yang sangat invasif – terutama, kanker kulit dan kanker usus besar – dan berkomunikasi dengan baik dan sering dengan dokter Anda dapat membantu Anda untuk mendiagnosa terkena kanker secara dini.

Riset kanker merupakan usaha ilmiah yang banyak ditekuni untuk memahami proses penyakit dan menemukan terapi yang memungkinkan. Meskipun pemahaman kanker telah tumbuh secara eksponen (perkalian yang diulang-ulang) sejak dekade terakhir dari abad ke-20, terapi baru yang radikal hanya ditemukan dan diperkenalkan secara bertahap.

Penghambat tirosin kinase (imatinib dan gefitinib) pada akhir 1990-an dianggap sebuah terobosan utama. Antibodi monoklonal telah terbukti sebuah langkah besar dalam perawatan kanker. Di Indonesia sendiri yang kaya akan keanekaragaman hayati, riset tanaman yang berpotensi anti kanker, seperti: keladi tikus, temulawak, temu putih, dll sangat menjanjikan.

David Porter, onkolog dari University of Pennsylvania Medical Center di Philadelphia, melaporkan pertama kali setelah upaya 20 tahun terapi sel GM modifikasi gen sel-T berhasil menghancurkan tumor kanker leukemia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-11T19:35:32+07:00 Mei 9th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment